logo web

10 Film Tentang Perampokan Bank yang Seru & Menegangkan

Ditulis oleh Sera Serinda A
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Salah satu aksi kriminal yang sering diangkat menjadi sebuah film adalah perampokan. Film sejenis ini disukai banyak orang karena menyajikan dua sisi manusia, yaitu sisi jahat dan sisi baik. Dan dari semua film aksi perampokan, yang paling seru dan menegangkan adalah tentang perampokan bank.

Jalan cerita film perampokan bank pasti sangat berbeda dengan film perampokan rumah. Untuk itu, para penulis skenario perlu memutar otak agar film yang dibuat bisa menjadi tontonan yang menarik. Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang perampokan bank yang seru dan menegangkan untuk kamu saksikan.

1. Hell or High Water

film perampokan bank_Hell or High Water [2016]_

Biasanya di dalam film tentang perampokan bank, yang menjadi pelaku adalah komplotan penjahat. Namun, bagaimana kalau pelakunya adalah keluarga?

Hell or High Water menampilkan seorang duda beranak dua, Toby Howard (Chris Pine), yang mengajak kakaknya yang bekas napi bernama Tanner Howard (Ben Foster) untuk merampok bank. Lokasi yang diambil adalah kota Texas yang memang dikenal keras.

Mereka merampok demi menyelamatkan tanah keluarganya. Bank akan menyita tanah tersebut seandainya mereka tidak bisa melunasi utang dalam waktu tertentu. Sebelum beraksi, mereka berencana untuk merampok bank-bank kecil terlebih dulu selama beberapa hari. Apakah aksi mereka akan berjalan mulus?

2. Now You See Me

film perampokan bank_Now You See Me [2013]_

Biasanya aksi perampokan bank diwarnai dengan adegan tembak-menembak dan kejar-kejaran. Akan tetapi, hal yang berbeda ditampilkan dalam film ini.

Aksi perampokan bank di film Now You See Me jauh lebih unik dari aksi perampokan bank lainnya, yakni dengan menggunakan sulap. Bahkan, aksi mereka dilakukan di atas panggung dan di hadapan ribuan penonton.

Semuanya berawal dari pertemuan empat pesulap jalanan dengan keahlian berbeda. Mereka adalah J. Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), Merritt McKinney (Woody Harrelson), Jack Wilder (Dave Franco) dan Henley Reeves (Isla Fisher). Keempatnya dikumpulkan oleh seseorang yang misterius.

Aksi mereka dengan cepat menarik perhatian masyarakat, termasuk agen FBI Dylan Rhodes (Mark Ruffalo) dan seorang Interpol Alma Dray (Melanie Laurent). Dylan dan Alma yakin kalau aksi perampokan keempat pesulap ini hanyalah pengalih perhatian untuk skema kejahatan yang lebih besar. Apakah dugaan ini benar?

3. Triple 9

film perampokan bank_Triple 9 (2016)_

Ada yang unik dalam film tentang perampokan bank yang satu ini. Dalam Triple 9, aksi kriminal tersebut melibatkan Marcus (Anthony Mackie), seorang polisi yang korup. Dia diperintahkan untuk merampok bank dan memikirkan cara untuk mengelabui pihak kepolisian.

Marcus tidak sendiri, dia beraksi bersama para penjahat suruhan mafia Rusia. Mereka diperintahkan untuk melakukan operasi itu oleh Irina (Kate Winslet), istri bos mafia Rusia.

Namun, perampokan bank yang mereka lakukan menjadi rumit karena ada hal lain yang diincar selain uang. Selain itu, pengkhianatan juga terjadi dan para karakter harus bergelut dengan konflik pribadi di antara mereka. Film ini cukup menegangkan dan seru untuk kamu saksikan.

4. Stockholm

film perampokan bank_Stockholm (2018)_

Seorang perampok berpenampilan nyentik berhasil menguasai Kreditbank, Lembaga bank terbesar di ibu kota Swedia. Sang perampok yang diketahui identitas aslinya sebagai Lars Nystrom (Ethan Hawke) tersebut menggunakan jaket kulit, wig lebat, dan berkumis tebal sambil mengacungkan senjata laras panjangnya.

Tak hanya menyandera para petugas dan pengunjung bank, Lars juga menuntut polisi untuk membebaskan mantan rekannya yang masih berada di penjara, yakni Gunnar (Mark Strong). Lars mengatakan ingin melarikan diri dengan Ford Mustang 1971 berkekuatan tinggi yang dipenuhi dengan satu juta dolar AS.

Namun, di situasi perampokan yang makin memanas, ikatan psikologis antara Lars dan dua sandera wanitanya, Bianca Lind (Noomi Rapace) dan Klara Mardh (Bea Santos), mulai terbentuk. Kesiagaan Lars pun mulai menurun. Apakah Lars akan berhasil mewujudkan semua impian anehnya?

Sesuai dengan judulnya, film besutan Robert Budreau ini terinspirasi dari peristiwa perampokan bank yang terjadi pada tahun 1973 di Stockholm. Peristiwa absurd namun nyata ini menjadi asal mula munculnya Sindrom Stockholm.

5. Going in Style

film perampokan bank_Going in Style (2017)_

Joe (Michael Claine) mengalami kemalangan. Rumahnya akan disita dalam sebulan terakhir, lantas uang pensiunannya sudah dibekukan.

Ketika Joe ingin melapor, Bank yang ia kunjungi malah dirampok 3 pemuda yang sopan pada orang tua. Bukannya marah, Joe malah kagum dengan kesopanan para perampok itu. Malah Joe menganggap perampok itu lebih baik daripada pihak Bank yang tega terhadap orang tua.

Lantas cerita perampokan tersebut disampaikan Joe kepada dua kerabat baiknya, Willie (Morgan Freeman) dan Al (Alan Arkin). Kocaknya, setelah mendengar cerita keren tersebut, mereka malah berencana untuk ikutan merampok.

Meski usia mereka sudah senja, mereka tetap semangat untuk merampok bank. Apakah dengan kemampuan nol besar, Joe, Willie dan Al berhasil merampok bank tanpa tertangkap?

6. Inside Man: Most Wanted

film perampokan bank_Inside Man Most Wanted (2019)_

Film ini menjadi sekuel resmi dari Inside Man (2006) arahan Spike Lee. Kisahnya pun memiliki benang merah yang terhubung dengan film yang diperankan Denzel Washington tersebut.

Kisah dimulai ketika sekelompok perampok berhasil membobol Federal Reserve Bank of New York dan menyandera semua orang yang berada di dalam Gedung.

Hal ini membuat polisi sigap bertindak, termasuk seorang negosiator dari NYPD bernama Remy Darbonne (Aml Ameen) dan seroang agen FBI, Dr. Brynn Stewart (Rhea Seehorn) yang bekerjasama untuk menyelesaikan situasi.

Tim perampok itu ternyata dipimpin oleh seorang wanita yang menyebut dirinya Most Wanted (Roxanne McKee). Namun anehnya, Most Wanted dan tim tampaknya bukan perampok biasa karena mereka tidak tertarik dengan tumpukan emas yang berada dalam bank. Mereka memiliki motif lain dalam perampokan tersebut.

Bukan hanya itu, penyelidikan Darbonne dan Dr. Stewart terhadap Most Wanted juga berhubungan dengan perampokan yang terjadi di tahun 2006 silam. Apakah motif dari perampokan ini?

7. The Vault

film perampokan bank_The Vault (2017)_

Film tahun 2017 ini mengawalinya dengan kejadian kebakaran di gudang dekat sebuah bank. Tiga orang pemadam kebakaran pun masuk ke dalam bank untuk memastikan tidak ada bagian bank yang ikut terbakar. Akan tetapi, ternyata tiga orang tersebut bukanlah anggota pemadam kebakaran sungguhan, melainkan perampok yang juga menjadi biang kerok kebakaran.

Michael (Scott Haze), Kramer (Michael Milford) dan Cyrus (Keith Loneker) kemudian bergabung dengan dua pengunjung bank; Leah (Francesca Eastwood) dan Vee (Taryn Manning). Ketiga perampok ternyata bersekongkol dengan dua pengunjung bank tersebut, dan mereka bahkan bersaudara.

Berniat untuk memboyong banyak uang, lima perampok tersebut hanya berhasil mendapatkan $70.000. Saat itulah Ed Maas (James Franco), sang manager bank, memberitahu bahwa ada brankas kedua yang dirahasiakan dan memiliki jumlah uang jauh lebih besar.

Mereka tentu langsung bergegas menuju brankas tersebut. Namun, ternyata ada alasan mengapa brankas tersebut dirahasiakan. Ketika para perampok membukanya, mereka sadar telah melepaskan sesuatu hal yang mistis, yang bahkan lebih mengerikan dibandingkan para polisi yang tengah memburu mereka.

8. Ambulance

film perampokan bank_Ambulance (2022)_

Seorang mantan marinir, Will Sharp (Yahya Abdul-Mateen II) membutuhkan uang ratusan ribu dolar untuk biaya operasi istrinya yang menderita kanker. Ia lalu meminta bantua kakak angkatnya yang dikenal sebagai penjahan paling berbahaya di Amerika, Danny Sharp (Jake Gyllenhaal).

Danny menawarkan gagasan perampokan bank pada Will, yang membuatnya ragu. Namun, karena teringat kembali dengan kondisi istrinya, Will pun setuju. Mereka melancarkan aksi dengan bantuan beberapa anggota lain suruhan Danny.

Rencana hampir berhasil sampai seorang polisi bernama Zach Parker (Jackson White), memasuki bank karena ingin mengajak kencan seorang teller. Alhasil, Zach ikut bergabung dengan sandera lain di dalam bank.

Tak lama, terjadi baku tembak antara pihak polisi dan perampok. Ketika LAPD datang, semua kru perampok pun berhasil dijatuhkan. Hanya Will dan Danny yang berhasil melarikan diri ke arah garasi. Dalam kondisi genting, Zach berusaha melarikan diri namun tak sengaja tertembak oleh Will.

Will dan Danny terus melarikan diri hingga akhirnya menemukan ambulans. Di dalam ambulan tersebut, terdapat seorang paramedis Cam Thompson (Eiza González) yang tengah merawat Zach yang terluka.

Berhasil “membajak” ambulan tersebut, Dhany dan Will kabur walau tetap harus kejar-kejaran dengan polisi. Di saat bersamaan, mereka juga mencoba membantu Cam memulihkan Zach yang sekarat.

9. Bandit

film perampokan bank_Bandit (2022)_

Seorang kriminal (Josh Duhamel) melarikan diri dari penjara di Michigan dan sampai di Kanada. Ia lalu menggunakan identitas baru sebagai seorang warga biasa bernama Robert Whiteman dan menjalani kehidupan dengan jujur. Robert bahkan mulai jatuh cinta pada seorang wanita bernama Andrea Hudson (Elisha Cuthbert).

Sayang, kehidupan jujur tidak berjalan mulus baginya. Karena terdesak, Robert pun memutuskan untuk terjun kembali ke dunia kriminal. Dia kembali menjadi perampok dan sadar bahwa ia sangat mahir melakukannya.

Menyamar sebagai seorang security analyst, Robert terbang ke berbagai wilayah di Kanada untuk merampok. Kisahnya pun menarik perhatian media dan bahkan ia mendapatkan sebutan “The Flying Bandit.” Namun, ketenarannya ini menarik perhatian seorang detektif (Nestor Carbonell) yang mencoba mengejar Robert tanpa ampun.

10. 10 Minutes Gone Wrong

film perampokan bank_10 Minutes Gone Wrong (2019)_

Frank Sullivan (Michael Chiklis) merupakan seorang ahli dalam merampok bank. Kemampuannya bahkan tak pernah diragukan oleh bosnya, Rex (Bruce Willis). Hingga suatu tugas mengubah hidupnya.

Pasca merampok bank bersama saudaranya, Joe (Tyler Jon Olson), mereka diserang hingga Frank tak sadarkan diri. Ketika terbangun, Frank sangat hancur ketika melihat Joe sudah meregang nyawa.

Namun, Rex tidak mau tahu dengan kejadian itu dan mendesak Frank untuk membawa hasil rampokan mereka. Padahal, hasil rampokan tersebut sudah tidak ada ditangannya.

Dalam situasi penuh tekanan dan waktu yang terbatas, Frank mencoba mencari tahu siapa dalang di balik penyarangannya sambil mencari koper hasil rampasan yang menghilang. Berhasilkah Frank melakukannya?

Itulah rekomendasi film-film tentang perampokan bank yang seru dan menegangkan untuk disaksikan. Semuanya menyajikan premis perampokan bank yang ditenggarai oleh backtory para pelakunya yang menarik. Dari semua daftar di atas, kira-kira mana yang paling menarik perhatianmu? Jawab lewat kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram