logo web

10 Film Terbaik Tentang Kisah Terdampar di Sebuah Pulau

Ditulis oleh Gerryaldo

Tema survival atau bertahan hidup adalah salah satu tema film yang banyak diminati oleh penonton. Tema ini mengajarkan kita tentang nilai moral dan empati, sekaligus menampilkan aksi dan drama yang seru. Salah satu subtema survival yang populer adalah terdampar di pulau asing.

Film-film ini biasanya menunjukkan bagaimana karakter utama berusaha untuk bertahan hidup di pulau yang tidak berpenghuni, dengan segala rintangan yang ada. Selain itu, film-film ini juga sering memperlihatkan pemandangan pulau yang indah dan eksotis, sehingga membuat penonton terpesona.

Jika kamu suka dengan jenis film ini, pastikan untuk menonton kompilasi film bertema terdampar di pulau yang telah Showpoiler kumpulkan. Simak daftarnya, ya!

1. Cast Away

Tahun Rilis 2000
Genre
Sutradara
Pemeran Tom Hanks Helen Hunt
Selengkapnya →

Chuck Noland (Tom Hanks), merupakan seorang systems analyst executive FedEx yang berdedikasi pada pekerjaannya. Ia ditugaskan untuk memecahkan persoalan di gudang Fedex dan memastikan semua barang yang harus diantarkan, selamat, dan sampai tepat waktu. Rencana pernikahan Noland dengan Kelly pun bahkan jadi terhambat akibat tugas yang harus Noland selesaikan.

Suatu hari, saat sedang dalam perjalanan dalam rangka pekerjaan, pesawat yang ditumpangi Noland jatuh di Samudera Pasifik dan membuatnya terdampar di sebuah pulau. Berbagai cara ia lakukan guna bertahan hidup dan mencari cara untuk bisa menyelamatkan diri dan keluar dari pulau tersebut. Akankah Noland berhasil selamat dan bertemu kembali dengan Kelly?

Dalam film ini Tom Hanks nyatanya tidak hanya berperan sebagai aktor utama, namun ia juga turut andil sebagai produser. Film ini sukses besar dengan meraih keuntungan sebesar $429 juta, dengan biaya produksi yang ditaksir sebesar $90juta.

Lewat film Triangle of Sadness, para penonton akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai siapa yang ‘memakan’ atau yang ‘dimakan’. Kisah seru ini ditulis oleh Ruben Östlund yang juga menyutradarai debut film layar lebarnya. Film ini mengisahkan tentang pasangan selebriti yang berlayar dengan kapal pesiar mewah namun berujung pada perjuangan hidup.

Film dibagi menjadi 3 bagian cerita yang dimulai dari perkenalan tokoh utama. Salah satunya adalah pasangan seleb Carl (Harris Dickinson) dan Yaya (Charlbi Dean). Mereka adalah sepasang model yang diundang untuk naik kapal pesiar mewah bersama dengan para tamu VIP lainnya. 

Sayangnya, perjalanan menyenangkan itu terhenti ketika terjadi badai yang membuat kapal hancur dan orang-orang terdampar di sebuah pulau. Yang selamat hanyalah segelintir orang saja dan satu orang kru kapal kelas bawah. Kini para tamu snoob tersebut bergantung pada kru kapal yang sebelumnya mereka rendahkan. Ironis ya?

Hank Thompson terdampar di sebuah pulau terpencil seorang diri. Ia merasa frustasi dan mencoba mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Akan tetapi, ia mengurungkan niatnya setelah melihat ada sesosok mayat yang terdampar di pantai. Tidak disangka, mayat tersebut nyatanya banyak membantu Hank bertahan hidup.

Hank selanjutnya memberi nama mayat tersebut dengan panggilan Manny. Tanpa disangka-sangka, Manny bisa berbicara dengan gerakan lambat. Hank tentunya ketakutan melihat mayat Manny mampu berbicara. Namun, keduanya lambat laun menjadi teman dekat, bahkan Manny pun membantu Hank untuk bisa keluar dari hutan.

Selama perjalanan, Hank mengajari Manny tentang konsep kehidupan dengan segala kesenangannya. Dengan alat seadanya dan set yang terbuat dari sampah hingga tanaman, Hank lalu memperagakan berbagai macam kegembiraan seperti berpesta, acara makan malam serta menonton bioskop.

Berdurasi 95 menit, film karya sutradara Daniel Scheinert dan Daniel Kwan ini mendapat rating 7/10 dari situs IMDB. Jika kamu penasaran, segera saksikan filmnya sekarang juga!

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Nathaniel Philbrick, film yang mengambil latar di tahun 1982 ini mengisahkan tentang sejumlah awak kapal yang berusaha bertahan hidup setelah kapal yang mereka gunakan untuk berburu paus tenggelam.

Kala itu, satu-satunya sumber penghasil minyak berasal dari ikan paus. Oleh sebab itu, tidak heran banyak perusahaan minyak dunia yang melakukan perburuan paus hingga ke belahan samudera.

Diceritakan sebuah misi perburuan paus dimulai. Dipimpin oleh kapten George Polland, Chase Owen dan kru kapal lainnya siap melakukan pelayaran. Naas, kapten George kerap menyalahi prosedur pelayaran sehingga berujung dengan adu argumen dengan Owen. Fatalnya, kapal berakhir tenggelam dan seluruh awak kapal berusaha menyelamatkan diri. Akankah mereka berhasil selamat?

Nim’s Island adalah film petualangan asal Amerika yang ditulis sekaligus disutradarai oleh Jennifer Flackett dan Mark Levin. Berdurasi 96 menit, film ini diangkat dari cerita anak-anak berjudul sama yang ditulis oleh Wendy Orr yang menceritakan tentang seorang gadis muda yang berpetualang di sebuah pulau terpencil dan berusaha mencari bantuan untuk bisa keluar dari sana.

Gadis muda itu bernama Nim (Abigail Breslin). Satu waktu, ia diajak oleh sang Ayah yang bekerja sebagai ahli biologi kelautan untuk melakukan misi ilmiah di sebuah pulau. Di pulau itu hanya ada mereka berdua, tetapi Nim menghabiskan waktunya berteman dengan hewan yang dia temui, mengobrol di depan komputer dan membaca buku.

Suatu hari, sang Ayah pergi ke laut untuk melakukan risetnya. Namun badai tiba-tiba datang menghantam pulau. Sang Ayah tidak kembali membuat Nim sendirian dan sangat ketakutan.

Nim lantas meminta bantuan dengan mengirim surel kepada Alex Rover, berharap bahwa Alex akan menyelamatkannya. Namun ternyata surel yang dikirimkan oleh Nim dikirim kepada Alex yang lain (Jodie Foster). Apakah Alex akan tetap datang menolong Nim yang tengah berjuang di pulau seorang diri?

6. Six Days, Seven Nights

Tahun Rilis 1998
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Harrison Ford Anne Heche David Schwimmer Jacqueline Obradors
Selengkapnya →

Film-film tahun 1990-an rasanya tidak ada yang failed dalam menghibur penontonnya ya? Apalagi para kojo yang menjadi pemeran utama, salah satunya si serba bisa Harrison Ford. Ia dipercaya untuk menjadi tokoh penting dalam film berjudul Six Days, Seven Nights karya sutradara Ivan Reitman.

Film yang banyak menerima pujian beragam secara keseluruhan ini mengisahkan tentang seorang editor majalah mode, Robin Monroe (Anne Heche) yang pergi berlibur ke sebuah pulau di Pasifik Selatan bersama pacarnya, Frank (David Schwimmer). Naas, pesawat yang dibawa oleh pilot Quinn (Harrison Ford) mengalami kecelakaan dan membuat mereka terdampar di sebuah pulau terpencil.

Di pulau itu, mereka bertiga harus berurusan dengan para bajak laut yang menguasai wilayah. Dipimpin oleh Quinn, ketiganya melarikan diri dengan menggunakan pesawat yang telah dimodifikasi. Petualangan seru itu berujung dengan kedekatan Quinn dengan Robin, apalagi setelah Frank ketahuan selingkuh membuat keduanya jadi semakin dekat. Ada untungnya ya ternyata terjebak di pulau terpencil?

7. Sweetheart (2019)

Tahun Rilis 2019
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kiersey Clemons
Selengkapnya →

Sweetheart merupakan sebuah film bergenre survival horor yang disutradarai oleh J.D. Dillard. Film ini di distribusikan oleh Universal Pictures dan rilis di pasaran untuk pertama kali di tahun 2019. Dibintangi oleh Kiersey Clemons sebagai pemeran utama, film Sweetheart mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis yang hanyut dan terdampar di sebuah pulau terpencil.

Jennifer Remming (Kiersey Clemons) dan temannya memutuskan untuk berlayar saat musim libur. Namun sebuah badai menenggelamkan kapal mereka. Beruntung Jennifer bisa selamat, sedangkan temannya tidak. Mereka berdua terdampar di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni. Saat di darat, Jennifer segera mengubur temannya dengan layak.

Saat Jennifer menjelajahi pulau itu, ia menemukan petunjuk bahwa ada makhluk misterius lain yang ternyata mengintai Jennifer. Makhluk itu adalah monster laut humanoid yang haus daging dan darah. Menggunakan akal dan peralatan seadanya, Jennifer pun harus bisa bertahan hidup dan keluar dari pulau itu hidup-hidup.

8. Blue Lagoon: The Awakening

Tahun Rilis 2012
Genre ,
Sutradara ,
Pemeran Indiana Evans Brenton Thwaites
Selengkapnya →

Blue Lagoon: The Awakening adalah sebuah film TV drama romantis karya sutradara Mikael Salomon dan Jake Newsome. Film tahun 2012 ini kisahnya berdasarkan pada novel tahun 1908 dengan judul The Blue Lagoon. Film ini dibintangi oleh Indiana Evans dan Brenton Thwaites sebagai tokoh utamanya. 

Kisahnya meliputi dua orang muda mudi bernama Emma (Indiana Evans) dan Dean (Brenton Thwaites). Mereka adalah siswa SMA yang tengah melakukan perjalanan kelas ke Trinidad untuk membantu membangun sekolah bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Pada malam kedua mereka di Trinidad sebuah insiden terjadi, membuat Emma dan Dean terjatuh ke laut dan akhirnya terdampar di pulau terpencil. Keduanya pun harus bergantung pada satu sama lain untuk bertahan hidup. Bersama-sama, mereka belajar membuat api unggun, memancing, dan mencari makanan.

Pada awalnya mereka hanya berteman, namun akhirnya ikatan mereka berkembang menjadi hubungan romantis. Bersama, mereka menunggu untuk diselamatkan meskipun mereka tidak tahu kapan pastinya bantuan akan datang. Selagi bersama, mereka yakin akan bertahan.

9. Welcome to the Jungle (2013)

Tahun Rilis 2013
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jean-Claude Van Damme
Selengkapnya →

Seorang pekerja kantor ambisius dan pekerja keras bernama Chris (Adam Brody), harus rela pekerjaannya berakhir sia-sia ketika Phil (Rob Huebel), rekan kerjanya yang licik mencuri ide Chris hingga mendapatkan klien penting.

Kondisi kantor yang canggung tersebut mendorong seorang mantan marinir sekaligus pelatih kekompakan tim, Storm Rothschild (Jean-Claude Van Damme), untuk mengadakan kegiatan di sebuah pulau tepencil di tengah lautan demi mengembalikan kekompakan tim di kantor tersebut.

Perjalanan mereka pun dimulai. Tak lama setelah sampai di pulau tak berpenghuni tersebut, sang pilot pesawat yang mereka tumpangi ditemukan tewas. Alhasil, semua anggota tim kini harus bertahan hidup di pulau dengan sumber daya yang terbatas. Apakah tim kantor itu bisa bertahan hidup di pulau tersebut?

Film arahan Rob Meltzer ini menawarkan kisah survival yang mengocok perut dengan unsur komedi slapstick di dalamnya. Kamu juga akan terkejut dengan penampilan Jean-Claude Van Damme yang mencoba peruntungannya kembali dalam film bergenre komedi.

10. Castaways

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Paige McGarvin Sofia Masson
Selengkapnya →

Kisah Castaways berfokus pada dua orang gadis yang berusaha bertahan hidup setelah terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Kedua gadis itu ialah Emily (Paige McGarvin) dan Cara (Sofia Masson). Mereka bersama beberapa orang mencoba melarikan diri dari kota setelah adanya kabar karantina besar-besaran akibat pandemi yang terjadi di seluruh negeri.

Saat di atas kapal, badai datang menghantam dan menenggelamkan semua orang. Beruntung, Emily dan Cara terseret ombak dan terdampar di sebuah pulau. Masalahnya, pulau itu tak berpenghuni. Maka cara untuk bertahan hidup adalah berburu, dan melakukan hal purba lainnya.

Kedekatan Emily dan Cara akhirnya membuat keduanya jatuh cinta dan saling melindungi untuk bisa keluar dari pulau itu dan hidup bahagia bersama.

Castaways adalah sebuah film drama tragedi asal Amerika yang tayang sebagai salah satu film original kanal Tubi. Film karya sutradara Ilyssa Goodman ini dibintangi oleh Paige McGarvin dan Sofia Masson sebagai pemeran utamanya. Keduanya menunjukkan kemampuan akting yang memukau dalam film ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram