logo web

10 Film Terbaik dan Terpopuler yang Diperankan Tom Hanks

Ditulis oleh Syuri K.N.

Jika diminta menyebutkan satu aktor Hollywood yang memiliki kualitas akting bagus maka Tom Hanks adalah jawaban pertamanya. Pria kelahiran California, 9 Juli 1956 ini telah mengoleksi dua Oscar dari kategori Best Actor yang membuktikan kualitas aktingnya.

Memulai karir dari serial televisi dan film-film kelas B, pada akhirnya namanya mulai dikenal sejak suksesnya film Splash [1984]. Wajahnya yang unik dan suaranya yang khas, membuat moviegoers mudah mengenalinya.

Empat tahun kemudian, lewat Big [1988], Hanks kembali memenangi hati penonton dengan penampilan comedic-nya yang baik. Tetapi karirnya tidak langsung melejit, butuh waktu beberapa tahun dan beberapa film untuk mengasah bakat aktingnya.

Begitu dirinya mencoba genre drama, namanya langsung diperhitungkan di dunia perfilman dengan menyabet Oscar pertamanya lewat Philadelphia [1993] dan Forrest Gump [1994]. Kemudian karirnya menjulang dan selalu bermain dalam film-film berbujet besar dengan para sutradara ternama.

Ternyata mempertahankan lebih sulit daripada meraih, hal ini dibuktikan oleh Tom Hanks yang hingga kini masih belum meraih Oscar lagi dari beberapa filmnya, meski di situ dia sudah menunjukkan kemampuan akting kelas wahidnya. Berikut ini kami pilihkan sepuluh film terbaik Tom Hanks.

1. Forrest Gump

Forrest Gump [1994] review

Seorang pria bernama Forrest Gump (Tom Hanks) sedang menunggu di bangku halte bus ketika dia melihat sehelai bulu burung putih melayang di udara dan mendarat di dekatnya. Di sana, Forrest menceritakan kejadian-kejadian dalam hidupnya kepada siapa pun yang duduk di sebelahnya.

Forrest menceritakan tahun-tahun awal hidupnya yang dia habiskan bersama ibunya, hingga perkenalannya dengan Jenny Curran (Robin Wright), seorang gadis yang muncul dan menghilang sepanjang hidupnya, hingga hari kematiannya.

Uniknya, tanpa kesengajaan, Forrest selalu hadir di beberapa momen bersejarah dunia. Padahal saat itu dia hanya bermaksud mendapatkan cinta dari Jenny, kekasih hatinya.

Dengan penampilan bersahaja dan terlihat natural, Tom Hanks mampu membawakan karakter Forrest Gump dengan sangat baik. Dia pun diganjar Oscar sebagai Best Actor sekali lagi, yang membuatnya menjadi salah satu dari sedikit aktor yang meraih Oscar untuk kategori yang sama dalam dua tahun berturut-turut.

2. Cast Away

Cast Away

Sekali lagi, Tom Hanks dan sutradara Robert Zemeckis berkolaborasi dalam sebuah film masterpiece. Film Cast Away menceritakan kurir FedEx yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni ketika dalam tugasnya mengirimkan barang.

Tom Hanks memerankan karakter utama, Chuck Noland. Chuck adalah seorang eksekutif FedEx yang terjebak di sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik setelah pesawatnya mengalami kecelakaan.

Akibat kecelakaan itu, Chuck harus berjuang untuk bertahan hidup. Namun, untuk berjuang bertahan hidup sendirian membuat psikologis dan emosionalnya terganggu. Bahkan, Chuck hampir terlihat setengah gila karena lama tidak bersosialisasi dengan manusia.

Salah satu adegan yang mengharukan adalah ketika bola volly terjatuh dari rakit dan mengambang menjauh, dan adegan itu berhasil membuat penonton terharu. Adegan tadi hanyalah satu dari sekian banyak scene yang cukup membuat hati saya terenyuh.

Selain itu, dedikasi dan perkembangan Tom Hanks dalam film Cast Away juga menuai pujian. Dia mengalami transformasi fisik yang luar biasa untuk peran tersebut. Ia menurunkan berat badan secara drastis untuk membuat karakternya terlihat lebih natural saat sedang terdampar di sebuah pulau.

3. Apollo 13

Apollo 13 (1995)

Di film berjudul Apollo 13 ini, Tom menjadi Jim Lovell, salah satu astronot yang ikut serta dalam ekspedisi Apollo 13. Walau berdasarkan peristiwa nyata, film ini sebenarnya diangkat dari novel Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13 karya astronot Jim Lovell dan jurnalis Jeffrey Kluger. Jadi bisa dikatakan bahwa kisah nyata film ini sudah didramatisir.

Film ini bercerita tentang perjalanan Apollo 13 ke bulan yang gagal pada tahun 1970. Tiga astronot Commander Jim Lovell (Tom Hanks), Command Module Pilot Jack Swigert (Kevin Bacon), dan Lunar Module Pilot Fred Haise (Bill Paxton) diutus menjalankan misi ke bulan, dan seharusnya ini adalah misi ketiga untuk mereka.

Naas, sebuah ledakan di dalam pesawat ruang angkasa menghabiskan sebagian besar oksigen dan listrik. Insiden ini memaksa NASA membatalkan rencana pendaratan di Bulan dan mencari solusi lain untuk membawa ketiga astronot kembali ke Bumi dengan selamat. Lantas, apakah mereka berhasil menyelamatkan tiga astronot itu?

Sinergi akting Tom bersama Kevin Bacon dan Bill Paxton sangat baik, dan ini semua tak luput dari arahan sutradara Ron Howard. Sebagai sutradara, Howard berusaha keras membuat film yang akurat secara teknis.

Dia bahkan meminta NASA melatih para aktornya untuk menjadi astronot. Dia juga mendapatkan izin untuk merekam adegan di pesawat asli dengan gravitasi rendah untuk menunjukkan bagaimana rasanya astronot tidak berbobot di luar angkasa.

Film ini dipuji oleh para kritikus dan mendapat 9 nominasi Academy Awards, termasuk kategori Film Terbaik. Film ini memenangkan Penyuntingan Film Terbaik dan Tata Suara Terbaik. Apollo 13 juga memenangkan dua British Academy Film Awards dan Screen Actors Guild Award untuk Penampilan Luar Biasa oleh para Pemeran Utama dalam Film.

4. Philadelphia

Philadelphia [1993]

Di film yang mengantarkan dirinya meraih Oscar lewat kategori Best Actor ini, Tom Hanks berperan sebagai penderita HIV yang dipecat dari pekerjaannya. Saat itu, mengidap AIDS dan pelaku homoseksual merupakan aib dan ditakuti, sehingga Andrew Beckett alias Andy terpaksa kehilangan pekerjaannya.

Padahal Andrew adalah seorang senior di firma hukum korporat terbesar di Philadelphia. Dia percaya seseorang dengan sengaja menyembunyikan dokumen yang salah dan memberikan alasan kepada perusahaan untuk memecatnya.

Dia memikirkan satu orang yang kemungkinan melakukan hal keji itu, yakni Joe Miller, pengacara Afrika-Amerika yang sebelumnya pernah dilawan Andrew dalam menangani sebuah kasus.

Andrew pun berjuang di dalam persidangan untuk menuntut hak-haknya. Penampilan Tom Hanks sangat meyakinkan sebagai pengidap penyakit yang belum diketahui obatnya dan masih menjadi tabu pada masa itu.

Hanks sampai menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dan menipiskan rambutnya agar sesuai dengan gejala-gejala yang diderita pengidap penyakit ini, loh!

5. Captain Phillips

captain philips

Film docudrama tentang pembajakan kapal di tengah lautan oleh perompak Somalia ini mampu menguras emosi dan pikiran kita saat menontonnya. Dalam film yang disutradarai oleh Paul Greengrass ini, Tom Hanks memerankan karakter utama, Kapten Richard Phillips.

Film ini didasarkan pada kisah nyata tentang bagaimana perompak Somalia mengambil alih MV Maersk Alabama pada tahun 2009. Tom Hanks yang berperan sebagai tokoh sentral film ini mampu menampilkan sosok seorang kapten yang tenang meski dalam situasi genting.

Kapten Phillips juga menjelma menjadi penyelamat seluruh kru kapal dengan kerelaannya sebagai sandera. Karena berdasarkan peristiwa nyata yang sampai saat ini juga masih seringkali terjadi, kisah ini begitu lekat dan terasa realistis dari berbagai sisi.

6. A Man Called Otto

sinopsis a man called otto_

Setelah kematian istrinya, Sonya, Otto (Tom Hanks) menjadi mudah marah. Otto yang dikenal perfeksionis dan berperan sebagai pengawas komunitas tempat tinggalnya bertanggung jawab untuk memastikan para penghuni lingkungan tersebut mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

Setiap harinya, Otto berpatroli di seluruh area perumahan, memeriksa setiap sudut agar tidak ada kesalahan sedikit pun. Ketika Otto mengetahui ada keluarga muda yang pindah ke lingkungannya, segalanya mulai berubah.

Bersama dengan kedua anak mereka, pasangan suami istri bernama Marisol (Mariana Trevio) dan Tommy (Manuel Garcia-Rulfo) mulai menjalin hubungan baik dengan Otto. Relasi Otto dan keluarga Marisol dimulai dengan perkenalan yang kikuk, apalagi Otto mempertahankan sikap kasarnya di setiap interaksi mereka. Meskipun demikian, Otto dan keluarga Marisol akhirnya menjadi teman, yang mengubah kehidupan Otto.

Apabila melihat dari sinopsisnya, bisa saya simpulkan bahwa film ini memiliki plot yang sederhana, namun bermakna. Akan tetapi, A Man Called Otto mengandung beberapa adegan yang triggering. Jadi, bagi kamu yang kurang bisa menonton tema kesehatan mental (depresi, keinginan untuk mengakhiri hidup), mungkin perlu berpikir ulang untuk menonton film ini.

Walau ada beberapa scene yang sensitif, A Man Called Otto dikemas dengan drama, komedi, dan kisah haru yang menyentuh hati. Jadi, kita sebagai penonton akan merasa hati penuh dan hangat setelah selesai menontonnya.

7. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan tom hanks

Bersama sutradara Steven Spielberg, Tom Hanks berperan sebagai Captain Miller yang melakukan pencarian terhadap seorang prajurit untuk dipulangkan ke negaranya di tengah Perang Dunia 2 di Eropa.

Film ini menampilkan banyak adegan perang yang dianggap mendekati realita. Bahkan, film ini juga dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah diproduksi.

Berkat aktingnya yang mengesankan sebagai Captain Miller, Tom Hanks masuk nominasi Best Actor di Academy Awards, walau tidak membawa pulang pialanya.

Film Perang Dunia II ini berkisah tentang penyelamatan Prajurit James Ryan. Karena ketiga saudara laki-lakinya tewas dalam perang, Ryan diminta untuk mengunjungi ibunya. Namun, di perjalanan, Ryan terjebak masalah sehingga harus diselamatkan.

Memang, tampak konyol ketika Angkatan Darat AS mengirimkan tim yang terdiri dari 8 orang untuk menyelamatkan satu prajurit saja. Walau begitu, kekonyolan tersebut adalah bagian dari perjuangan yang memperkuat cerita ini.

Misi ini memang tidak ada gunanya, tapi diperlukan. Kapten John Miller (Tom Hanks) pun didapuk sebagai pemimpin untuk menuntaskan misi ini.

Sangat disayangkan, terutama bagi penggemar film perang, jika melewatkan film ini. Karakter, alur cerita, dan tembakan serta ledakan perang, yang penuh dengan peluru dan aksi heroik, membuat Saving Private Ryan menjadi salah satu film perang terbaik sepanjang masa.

8. Inferno

Inferno tom hanks_

Setelah membantu Vatikan dengan bahaya antimateri, profesor Universitas Harvard, Robert Langdon (Tom Hanks), terbangun di sebuah rumah sakit di Florence. Dia memiliki penglihatan yang mengerikan, tapi tidak ingat apa yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Dr Sienna Brooks (Felicity Jones), dokter yang merawat Langdon, mengatakan bahwa dia mengalami amnesia akibat peluru yang bersarang di kepalanya. Di saat yang bersamaan, tiba-tiba pembunuh bayaran dengan kode nama Vayentha menembak petugas di lorong setelah mengatakan bahwa polisi sedang menginterogasi Langdon.

Langdon (Tom Hanks) pun melarikan diri dengan Brooks ke apartemennya. Di sana, Langdon dan Brooks menemukan sebuah penunjuk Faraday, sebuah proyektor gambar kecil yang menampilkan versi modifikasi dari Peta Neraka karya Sandro Botticelli, yang didasarkan pada Inferno karya Dante.

Mereka berpikir bahwa ini adalah petunjuk pertama dalam jejak Bertrand Zobrist, seorang penjahat yang yang percaya bahwa tindakan tegas diperlukan untuk mengurangi populasi Bumi. Namun, Zobrist melakukan bunuh diri tiga hari sebelum melakukan misinya setelah diburu oleh pejabat pemerintah bersenjata.

Dari petunjuk itu pula, Langdon dan Brooks menemukan Zobrist telah membuat Inferno, senjata biologis super yang dapat memusnahkan separuh populasi dunia. Langdon dan Brooks pun memulai aksi untuk menghentikan Inferno, sambil menghindari kejaran Vayentha.

Film Inferno merupakan angsuran kisah Robert Langdon yang ketiga dan terakhir, setelah The Da Vinci Code (2006) dan Angels & Demons (2009). Pro tips: tonton semua film tadi agar kamu paham ceritanya, ya.

9. Asteroid City

Asteroid City tom hanks

Asteroid City adalah film drama-komedi tahun 2023 yang ditulis, disutradarai, dan diproduseri oleh Wes Anderson, sutradara asal Amerika Serikat yang sangat terkenal. Makanya, film ini sangat dinantikan sejak pra-rilis, terutama bagi penggemar Wes Anderson.

Film ini juga dimeriahkan oleh empat aktor pemenang Oscar: Adrien Brody, Fisher Stevens, Tilda Swinton, dan Tom Hanks tentunya, sehingga makin diantisipasi oleh penonton. Bagi kamu yang belum pernah menonton film karya Wes Anderson sebelumnya, mungkin akan sedikit bingung dengan alur cerita film ini.

Sesuai judulnya, latar tempat movie ini adalah di Asteroid City, sebuah dusun di gurun pasir yang dihuni oleh sekelompok kecil orang. Akan tetapi, sebenarnya, seluruh cerita film ini merupakan karya seorang penulis sandiwara yang menciptakan narasi Broadway berjudul 'Asteroid City'.

Lalu, sandiwara tersebut dipentaskan seakan-akan itu adalah sebuah film. Jadi, singkatnya, ini seperti sedang syuting film di dalam film. Memusingkan, bukan? Well, itulah ciri khas Wes Anderson. Bryan Cranston didapuk sebagai narator dari drama play tersebut.

So, seperti apa drama Broadway 'Asteroid City' yang ada di dalam film Asteroid City (2023)? Diceritakan ada seorang wartawan perang Augie Steenbeck (Jason Schwartzman), yang sedang menuju konvensi astronomi muda 'Junior Stargazer' yang diadakan di Kota Asteroid.

Dia seharusnya tiba lebih awal di konferensi bersama Woodrow, putranya yang sangat cerdas, serta tiga putrinya yang masih kecil-kecil. Namun, ban mobilnya tiba-tiba kempes dan dia tidak bisa memperbaikinya sendiri. Augie pun terpaksa menelepon Stanley Zak (Tom Hanks), ayah mertuanya, meminta bantuan untuk mobilnya yang rusak.

Stanley yang tidak menyukai menantunya itu, pada akhirnya membantu Augie. Kemudian, Stanley juga mendesak sang menantu untuk memberi tahu cucu-cucunya bahwa istri Augie, alias anak Stanley, telah meninggal dunia. Selama ini Stanley hanya mengatakan pada anak-anaknya kalau ibu mereka sedang pergi, bukannya meninggal!

Tak lama setelah kehadiran Stanley di Asteroid City, kota kecil tersebut disambangi oleh U.F.O dan alien sungguhan. Warga setempat cukup gelisah akan hal ini. Apakah hubungan Stanley dan Augie bisa membaik karena kedatangan alien ke kota mereka?

10. Toy Story 1-4

Toy Story 1-4 tom hanks

Siapa di sini yang baru tahu kalau pengisi suara Sheriff Woody, tokoh utama dalam film kartun anak-anak terkenal Toy Story, tak lain dan tak bukan adalah Tom Hanks? Dia telah mengisi suara boneka Woody sejak pemutaran perdana waralaba ini di tahun 1995 hingga film terakhirnya yang rilis tahun 2019 lalu.

Toy Story sendiri menceritakan mainan milik Andy Davis (John Morris), seorang bocah lelaki yang sangat sayang pada mainan-mainannya. Setiap hari, Andy bermain dengan semua mainan miliknya, tapi dia punya satu favorit, yaitu boneka pull string cowboy Sheriff Woody (Tom Hanks).

Suatu hari, status mainan favorit Andy milik Woody terancam karena pemiliknya itu membawa pulang mainan figur aksi space ranger, Buzz Lightyear (Tim Allen). Segera Woody menganggap Buzz saingannya, tapi seiring waktu, hubungan mereka berubah jadi bestie.

Film Toy Story sangat sukses, hingga dibuat empat angsuran dan beberapa film spesial. Film Toy Story 4 merupakan penutup dari franchise besar film tersebut. Terimakasih Tom Hanks sudah mewarnai hari-hari anak-anak (termasuk saya juga) sebagai Woody.

Itulah sepuluh film terbaik yang pernah dibintangi oleh Tom Hanks yang mampu menampilkan kepiawaiannya dalam berakting. Sebagai aktor papan atas, sudah pasti masih banyak proyek film yang akan dibintanginya, terutama film-film berbujet besar dari para sutradara handal yang sudah sering menjadi rekannya. Jadi, film mana yang jadi favorit kamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram