logo web

14 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi oleh Ben Affleck

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Ben Affleck adalah salah satu aktor top papan atas Hollywood saat ini. Meski karirnya pernah terpuruk sangat drastis, dia mampu kembali masuk ke dalam jajaran aktor kelas A kembali.

Sedari kecil, Affleck sudah terjun ke dunia akting, tepatnya di usia 8 tahun dalam sebuah film independent. Kemudian dia tampil dalam beberapa acara televisi, seperti program edukasi dan sebuah serial TV. Setelah berakting dalam School Ties [1992] bersama Brendan Fraser, Affleck membintangi sebuah serial TV lagi, Against the Grain.

Berikut ini kami pilihkan deretan film Ben Affleck yang menampilkan performa aktingnya yang baik secara berurutan, sehingga kita akan tahu bersama-sama fluktuasi karirnya dimana dia sempat terjatuh dan bangkit kembali.

1. Argo

argo

Selain menjadi aktor, Affleck juga mahir dalam mengasah kemampuannya menyutradarai sebuah film. Ini dibuktikan lewat film historical drama tentang pembebasan sandera dengan penyamaran menjadi produser film yang ingin melakukan syuting.

Kisah ini berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi di Teheran, Iran, pada tahun 1979-1981. Berkat tangan dinginnya, film ini berhasil masuk nominasi Oscar di 7 kategori dan memenangkan tiga di antaranya, yaitu sebagai Best Picture, Best Adapted Screenplay dan Best Film Editing

2. Good Will Hunting

good will hunting

Bersama sahabatnya, Matt Damon, Affleck menghasilkan sebuah naskah yang sangat bagus dan juga berhasil diolah dengan baik oleh sutradara Gus Van Sant. Dengan akting yang sangat baik juga yang ditampilkan oleh Robin Williams dan Damon sendiri.

Film ini mendapat banyak pujian dan penghargaan. Affleck dan Damon berhasil meraih Oscar dan Golden Globe sebagai Best Original Screenplay. Meski Affleck hanya mendapat peran kecil, tetapi karakternya sangat berpengaruh terhadap jalan cerita dan dia membawakannya dengan cukup baik. Adiknya, Casey Affleck, juga ikut berperan di film ini.

3. Shakespeare in Love

shakespeare in love

Meski hanya kebagian peran yang sangat kecil, tetap saja Affleck mampu menampilkan akting yang memikat dan terkesan comedic. Terutama dalam salah satu adegan pentas teater. Di sana kita bisa lihat talenta akting yang baik dari Affleck di film yang menceritakan kisah fiktif tentang percintaan William Shakespeare dan Viola de Lesseps ini.

Ned Alleyn, karakter yang diperankan Affleck, adalah seorang aktor yang menjadi sosok penting di Elizabethan Theater, selain itu ia juga adalah pendiri Dulwich College dan Alleyn’s School.

4. Gone Girl

gone girl

Nick Dunne adalah seorang guru yang menghadapi sebuah kasus, yaitu menghilangnya sang istri. Kasus ini mendapat sorotan media dan kemudian seiring proses penyidikan, dia pun terbawa sebagai salah satu kandidat tersangka. Ternyata semua itu hanya sebuah rekayasa yang disusun oleh sang istri.

Akting Affleck yang mampu menampilkan kerapuhan akibat kehilangan yang kemudian disusul oleh tekanan dan intimidasi sangat natural serta berkesan bagi penonton, meski terkesan sedikit stereotype dengan karakternya di film State of Play (2009).

Meski yang mendapat banyak pujian ialah performa Rosamund Pike sebagai sang istri, tapi setidaknya Affleck tetap mampu menunjukkan kualitas aktingnya dalam sebuah film drama karya David Fincher ini.

5. Dazed and Confused

dazed and confused

Dalam film karya Richard Linklater ini, Affleck berperan sebagai Fred O’Bannion, senior di sekolah yang selalu mem-bully juniornya dengan memukul pantat mereka menggunakan tongkat kriket.

Aktingnya sangat menyebalkan dan kita pasti akan tertawa setiap kali dia hendak memukulkan tongkat tersebut. Dan di salah satu adegan, dia akhirnya kena batunya dan dikerjai balik oleh juniornya dengan menyiramkan sekaleng cat ke kepalanya.

Selain Affleck, banyak aktor/aktris muda lainnya yang nantinya menjadi aktor/aktris papan atas berperan di film remaja ini, antara lain Milla Jovovich, Matthew McConaughey, Parker Posey dan Adam Goldberg.

4. Air

Film Ben Affleck._Air_

Sebelum menghentikan produksi sepatu basketnya, pendiri dan CEO Nike Phil Knight ingin mencoba usaha terakhir dengan merekrut atlet basket untuk menjadi icon mereka.

Sonny Vaccaro yang ditugaskan mencari sang atlet memilih Michael Jordan. Phil awalnya menolak karena Michael Jordan adalah fans Adidas dan kontraknya terlalu mahal bagi mereka. Namun setelah pertimbangan yang matang, Phil menyediakan anggaran sebesar $250 ribu untuk merekrut Michael Jordan.

Penawaran mereka disaingi oleh Adidas. Namun, Michael Jordan akan memilih Nike apabila dia mendapat bonus dari penjualan sepatunya. Phil merasa memang langkah ini perlu diambil untuk mengikat Michael Jordan. Dan hasilnya, prediksi Phil bahwa penjualan sepatu di tahun awal hanya $3 juta, justru terjual $162 juta.

Di film drama dari kisah nyata ini, Ben Affleck tidak hanya berakting sebagai Phil Knight saja, dia juga adalah sutradara sekaligus produsernya. Ceritanya yang lugas dan tepat sasaran membuat film tentang bisnis ini sangat mudah untuk dinikmati.

7. The Town

the town

Film tentang pencurian bank ini merupakan film kedua yang disutradarai oleh Affleck. Di sini juga dia bertindak selaku penulis naskah dan aktor utama.

Diadaptasi dari novel karya Chuck Hogan berjudul Prince of Thieves, Affleck mampu menampilkan sisi kriminalitas kota Boston dengan baik dan mampu mengolah alur cerita serta berakting dengan cukup bagus juga. Lewat film ini, Jeremy Renner dinominasikan di Academy Awards untuk kategori Best Supporting Actor.

8. Chasing Amy

chasing amy

Di film ketiga dari serial View Askewniverse karya Kevin Smith ini, Affleck berperan sebagai Holden McNeil, seorang pelukis komik. Dia jatuh cinta kepada seorang wanita yang ternyata adalah seorang lesbian.

Sinergi aktingnya bersama Jason Lee sangat baik dan membuahkan banyak penghargaan bagi Jason Lee dan Joey Lauren Adams di Independent Spirit Awards. Film ini adalah kali kedua Affleck bekerjasama dengan sutradara Kevin Smith, setelah sebelumnya berakting juga di film Mallrats [1995].

9. The Last Duel

Film Ben Affleck._The Last Duel_

Jean menantang Jacques untuk berduel di hadapan Raja Charles VI karena telah memperkosa istrinya saat dia sedang pergi. Jacques menerima tantangan ini karena dia merasa tidak bersalah.

Di film action drama dengan latar belakang sejarah Prancis di abad ke-14 ini, alur cerita digelar dalam tiga sudut pandang. Cerita versi siapa yang benar, tergantung interpretasi kita sebagai penonton.

Di film arahan Ridley Scott yang naskahnya ditulis oleh Ben Affleck dan Matt Damon ini, Ben Affleck juga turut berakting sebagai Count Pierre d’Alencon. Pierre dipercaya oleh Raja Charles VI untuk memimpin wilayah di mana Jean dan Jacques tinggal. Pierre mengangkat Jacques sebagai penasihat keuangan dan menjadi teman dekatnya.

Pierre sebenarnya adalah orang yang bertanggung jawab menjatuhkan harga diri Jean dengan memberikan tanah warisan ayah Marguerite kepada Jacques. Dia juga yang mengangkat Jacques sebagai kapten bagi pasukan keluarga Carrouges setelah kematian ayah Jean.

Pierre tahu benar letak kesalahannya yang bisa membuat jiwa Jacques terancam. Pierre pun tahu kabar perselingkuhan Marguerite dan Jacques yang membuatnya semakin khawatir.

Dia sudah mengingatkan Jacques, namun tidak digubrisnya. Dan di saat duel terjadi, Pierre merasa tidak tenang di kursi kehormatannya. Namun, dia harus menerima kematian temannya itu.

9. State of Play

state of play

Setelah sempat terpuruk dengan membintangi film-film berkualitas buruk dan vakum selama dua tahun, akhirnya Affleck comeback ke dunia akting dengan beberapa film di tahun 2009, salah satunya adalah film adaptasi dari miniseri TV yang disutradarai oleh Kevin Mcdonald dan juga dibintangi oleh Russell Crowe.

Peran Affleck sebagai anggota kongres yang istrinya mati terbunuh, memancing penyelidikan dari seorang jurnalis senior, yang ternyata adalah sahabat lama sang anggota kongres. Kita bisa lihat talenta akting yang memikat di salah satu adegan dimana Affleck berpidato di depan orang banyak sambil menangis.

11. The Way Back

Film Ben Affleck._The Way Back_
Tahun Rilis 2020
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ben Affleck
Review Baca di sini

Dulu, Jack adalah bintang basket di sebuah sekolah Katolik, namun kini dia hanyalah pekerja bangunan yang sering mabuk-mabukan.

Suatu hari, pihak sekolah memintanya untuk melatih tim basket untuk menempuh sisa musim kompetisi. Jack menerapkan kedisiplinan yang tinggi dan perbaikan sikap. Hal ini awalnya membuat para pemain tidak senang, namun akhirnya mereka mulai bisa menghormati Jack.

Film drama tentang olahraga bola basket karya Gavin O’Connor ini menampilkan kisah motivasi yang menyentuh hati. Tim basket dan Jack sama-sama berada di bawah dan berusaha untuk saling memperbaiki keadaan.

Tim yang awalnya dianggap underdog, kini menjadi kuda hitam dan lolos ke playoff. Sementara Jack yang biasanya tenggelam dalam kelamnya hidup, sudah mulai membuka diri dan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Ben Affleck tampil tidak mengecewakan dan kita dapat merasakan apa yang dialami oleh Jack di masa lalu berkat performa aktingnya yang penuh penghayatan.

12. Changing Lanes

Film Ben Affleck._Changing Lanes_

Di suatu pagi di kota New York, Gavin dan Doyle yang sama-sama memburu waktu ke pengadilan, terlibat kecelakaan kecil di jalan raya.

Gavin memberikan cek kosong sebelum berlalu, namun Doyle tidak mau menerimanya. Mereka sama-sama kalah di persidangan masing-masing. Doyle gagal mendapat hak asuh anaknya dan Gavin kehilangan berkas penting yang kini ada pada Doyle.

Gavin meminta berkas itu kepada Doyle, namun dia enggan memberikan. Gavin menggunakan jasa hacker untuk mengosongkan rekening bank Doyle dan membuatnya bangkrut.

Kesal, Doyle merobek satu halaman berkas itu dan mengirimkannya kepada Gavin. Datang ke sekolah anak Doyle, Gavin bilang bahwa Doyle ingin menculik anaknya yang membuat Doyle ditahan polisi.

Semakin kesal, Doyle melepas mur roda mobil Gavin yang membuatnya kecelakaan di jalan raya. Menyadari bahwa mereka sudah kelewat batas, Gavin dan Doyle saling memaafkan. Doyle memberikan berkas itu dan Gavin membantunya menyelesaikan kasus perceraian Doyle.

Film drama thriller garapan Roger Michell ini menampilkan kekuatan akting Ben Affleck dan Samuel L. Jackson. Saling membalas perbuatan antara mereka membuat film ini menjadi seru dan semakin menegangkan. Dan memang, saling memaafkan adalah kunci dari berhentinya sebuah perselisihan.

Mereka berdua adalah orang baik yang terjebak situasi dan berubah menjadi sosok yang tidak pernah mereka harapkan. Oleh karena itu, ketika merasa aksi mereka sudah melewati batas kewajaran, meminta maaf adalah jalan terbaik sebelum hal terburuk terjadi.

13. The Company Men

the company man

Film drama tentang PHK karyawan ini dibintangi Affleck bersama Kevin Costner, Chris Cooper dan Tommy Lee Jones. Ceritanya memaparkan tentang bagaimana PHK banyak memberi pengaruh kepada kehidupan mereka, terutama kepada keluarga.

Lewat film ini, penonton dibuat bersimpati kepada tiga orang karakter yang di PHK, padahal mereka adalah karyawan senior yang sangat loyal kepada perusahaan.

14. The Accountant

the accountant

Film action-thriller ini seolah-olah mengingatkan kita akan aksi Affleck di film Daredevil (2003), di mana dia menjadi penegak hukum yang dengan segala kekurangannya mampu menumpas kejahatan yang ada di depan mata.

Bedanya kali ini, karakternya bukanlah superhero, tetapi hanya seorang akuntan yang masa kecilnya menderita autis dan pernah dididik oleh ayahnya ilmu bela diri di Jakarta, Indonesia.

Motifnya pun hanya untuk melindungi diri sendiri dan orang yang dia sayangi. Aktingnya yang dingin mampu ditampilkan dengan cukup baik dan believable, sehingga kita akan tetap terpaku untuk menyimak film ini hingga akhir.

Ada catatan tersendiri pada Affleck yang belum pernah dilakukan oleh aktor lainnya, yaitu dia pernah memakai kostum Superman dan Batman sepanjang karir filmnya hingga saat ini.

Dia juga pernah memerankan tokoh George Reeves dalam Hollywoodland (2006). Saat itu Reeves adalah pemeran Superman dalam serial TV, maka dia pun terlihat dalam sebuah adegan menggunakan kostum Superman.

Affleck juga dipercaya memerankan Batman sejak film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) yang diteruskan hingga Justice League. Selain itu, dia pun pernah berperan sebagai superhero Marvel, Daredevil, dan tokoh CIA, Jack Ryan.

Filmography ini akan terus bertambah, mengingat karirnya baru menanjak lagi seiring berhasilnya comeback setelah keterpurukan akibat star syndrome. Kita tunggu, karya apa lagi yang akan dihasilkan oleh Ben Affleck beberapa tahun ke depan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram