logo web

20 Film Terbaik Aktris Asal Inggris, Kate Winslet

Ditulis oleh Syuri K.N.

Kate Winslet adalah seorang aktris asal Inggris yang berhasil mempertahankan karirnya di Hollywood dengan deretan film berkualitas. Dia juga sering bermain dalam film-film berbujet raksasa. Meski begitu, dia juga mau bermain dalam film-film indie yang mampu mengangkat sisi idealisnya dalam level lain di dunia film.

Sudah ada puluhan film yang Kate Winslet bintangi sejak film perdananya pada tahun 1994. Hebatnya, rata-rata film yang dibintangi Kate memiliki kualitas yang baik hingga mengantongi banyak award.

Berikut ini Showpoiler pilihkan 20 film terbaik Kate Winslet yang berhasil menampilkan performa akting kelas atas dan pesona wanita Inggris yang elegan dalam dirinya. Ada apa saja? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Titanic

Titanic

Siapa yang tidak tahu film Titanic? Kisah cinta tragis antara Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) di atas kapal pesiar mewah RMS Titanic ini begitu dicintai semua orang dari semua usia. Rose adalah seorang lady dari keluarga kaya. Dia merasa terbelenggu oleh perjodohan yang diatur oleh orang tuanya.

Di sisi lain kapal pesiar tersebut ada Jack, seorang seniman miskin yang menaiki Titanic sebagai penumpang kelas ketiga. Jack dan Rose bertemu secara tidak sengaja ketika Rose hendak bunuh diri dengan terjun ke air laut. Dalam hitungan hari, cinta memenuhi hati keduanya, mengabaikan perbedaan kelas sosial mereka.

Kisah cinta Rose dengan Jack sangat romantis dan dramatis. Kate Winslet dan Leo sebagai aktornya memiliki chemistry yang sempurna. Maka, wajar jika film ini masuk daftar film terlaris di dunia, Kate Winslet bahkan mendapatkan Oscar di kategori Best Actress lewat Titanic.

Saking timeless-nya, film Titanic pernah ditayangkan ulang di bioskop dengan versi remastered pada tahun 2003, loh! Penayangan ulang tersebut juga merupakan perayaan ulang tahun ke-25 dari film ini.

2. Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Eternal Sunshine of the Spotless Mind adalah film romantis yang mengikuti perjalanan emosional Joel Barish (Jim Carrey) setelah putus dari mantan kekasihnya, Clementine Kruczynski (Kate Winslet). Bukan dengan healing, Joel melakukan sebuah prosedur ilmiah yang kontroversial dalam proses move on-nya.

Sangat patah hati setelah putus dengan Clementine, Joel bersedia menjalani prosedur penghapusan kenangan yang ditawarkan oleh perusahaan Lacuna. Namun, saat prosedur berjalan, Joel menyadari kalau dia tidak ingin melupakan Clementine.

Dalam film dengan narasi non-linear ini, Kate Winslet mendapat karakter Clementine yang cerewet, suka bertindak spontan, dan terkadang sedikit gila dalam bersikap, sangatlah jauh berbeda dengan sifat aslinya. Tetapi, justru karakter ini sangat memorable bagi moviegoers terutama penggemar Kate.

Untuk kedua kalinya, Kate Winslet berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Actress berkat aktingnya sebagai Clementine. Banyak kritikus film beranggapan jika film ini adalah film terbaik yang pernah diperankannya yang mampu menampilkan sisi lain dirinya dalam berakting.

Chemistry-nya dengan Jim Carrey juga sangat padu yang membuat film karya Michel Gondry ini sangat layak untuk ditonton.

3. Ammonite

Ammonite

Ammonite adalah film romantis yang terinspirasi dari kehidupan Mary Anning (Kate Winslet), seorang ahli paleontologi pada abad ke-19 asal Inggris. Mary menghabiskan waktunya dengan mengumpulkan fosil-fosil di pesisir Lyme Regis.

Ketika dia diminta merawat Charlotte Murchison (Saoirse Ronan), istri orang kaya, keduanya menjadi sangat dekat. Hubungan yang pada awalnya canggung, berkembang menjadi cinta yang tak terduga di antara kedua wanita tersebut.

Dalam deburan pantai yang indah, Mary dan Charlotte ingin mempertahankan perasaan mereka walau saat itu penuh dengan batasan tentang bagaimana LGBTQ+ diperlakukan.

Jika dibandingkan Kate Winslet, Saoirse yang masih muda tentu memiliki pengalaman yang lebih sedikit. Akan tetapi, akting mereka berdua melebur jadi satu dan menghasilkan karya yang apik.

4. Sense and Sensibility

Sense and Sensibility

Salah satu film terbaik adaptasi novel karya Jane Austen ini menampilkan Kate Winslet yang berperan sebagai Marianne Dashwood, adik dari Elinor Dashwood yang diperankan oleh Emma Thompson.

Marianne Dashwood sendiri merupakan seorang wanita muda yang penuh gairah. Dia sangat emosional, sementara Elinor memiliki sikap yang lebih rasional dalam mencari cinta.

Nahas, kedua saudari ini terpaksa bertahan hidup dengan cara menikah dengan bangsawan kaya setelah kehilangan warisan mereka. Akankah mereka menemukan cinta sejati dalam pernikahan paksa ini?

Film ini masuk di tujuh nominasi Oscar, salah satunya untuk Kate Winslet sebagai Best Supporting Actress. Selain Oscar, Kate juga berhasil mendapat penghargaan di BAFTA Award dan Screen Actors Guild Award dan dinominasikan di Golden Globe Award berkat aktingnya dalam film ini.

5. Finding Neverland

Finding Neverland

Kate Winslet sendiri merupakan seorang ibu di kehidupan nyatanya, hal ini lah yang membuat dia sangat tertarik untuk berperan sebagai Sylvia Llewelyn Davies di film Finding Neverland. Film ini mengisahkan romansa antara Sylvia dengan J.M. Barrie (Johnny Depp), seorang penulis yang membuat karakter Peter Pan berdasarkan anak dari Sylvia.

Sylvia merupakan seorang ibu tunggal dari empat anak. Suatu hari, dia bertemu dengan J.M. Barrie di taman. Barrie tertarik pada kehidupan Sylvia karena dia sangat kuat mengurus semua anak-anaknya yang masih kecil seorang diri. Barrie mendekatkan diri pada keluarga Sylvia, dan akhirnya dia jadi tahu keempat anak Sylvia memiliki imajinasi tinggi.

Dari mereka, Barrie mendapatkan inspirasi untuk menciptakan karakter Peter Pan dalam novelnya. Bersama keluarga Sylvia, Barrie menjalani petualangan magis dan membantu mereka melewati masa-masa sulit.

6. Revolutionary Road

revolutionary road_

Tak hanya dalam Titanic, Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio dipasangkan kembali dalam film yang sama ikoniknya, yaitu Revolutionary Road. Disutradarai oleh Sam Mendes, film ini membawa Kate dan Leo sebagai April dan Frank Wheeler, pasangan suami istri di tahun 1950-an.

Mereka berjuang dengan kehidupan di pinggiran kota dan menyesuaikan diri dengan norma yang ada. Film ini mengeksplorasi tema ketidakpuasan dan pengejaran impian dalam kehidupan pasangan tersebut. Film ini adalah cerita yang menggugah dan penuh emosi tentang kehidupan pernikahan dan impian yang terkubur.

April (Kate Winslet) dan Frank Wheeler (Leonardo DiCaprio) adalah pasangan yang terlihat sempurna, namun terjebak dalam rutinitas hidup yang membosankan. April bermimpi untuk memiliki kehidupan yang lebih berarti, sementara Frank merasa terjebak dalam pekerjaannya yang monoton.

Mereka merencanakan untuk menata kembali hidup dengan pindah ke Paris, mengikuti impian April untuk menjadi seorang aktris. Namun, tantangan dan konflik mulai menghantui ketika mereka harus berurusan dengan tekanan sosial, perasaan terjebak, dan pertentangan dalam pernikahan.

7. Avatar: The Way of Water

Avatar The Way of Water_

Avatar: The Way of Water merupakan sekuel dari film blockbuster Avatar (2009) yang disutradarai oleh James Cameron. Kate Winslet juga tergabung dalam jajaran aktris dalam film yang sangat dinantikan sekuelnya ini, loh!

Musim kedua film Avatar ini masih berlangsung di planet Pandora. Kate Winslet berperan sebagai seorang peneliti bernama Ronal. Dia datang ke Pandora untuk mempelajari lingkungan dan makhluk-makhluk unik yang ada di sana. Ronal kemudian menemukan dunia bawah air yang menakjubkan yang disebut The Way of Water.

Tempat tersebut penuh dengan keindahan alam yang luar biasa dan makhluk laut yang menakjubkan. Sayang, kehidupan di Pandora tidak selalu damai. Konflik antara manusia dan suku Na'vi yang menjaga Pandora masih berlanjut.

Ronal harus berjuang untuk menjaga kedamaian antara manusia dan Na'vi sambil menjelajahi keindahan bawah air yang menakjubkan. Walau sedang mengandung, Ronal tetap beraksi sebagai prajurit Na'vi.

8. The Reader

The Reader

Walau terlihat seperti kisah cinta ringan, film produksi Jerman dan Amerika ini sebenarnya mengangkat tema seputar kesadisan Nazi. Michael Berg (Ralph Fiennes), yang saat itu masih remaja, memiliki hubungan intens dengan Hanna Schmitz (Kate Winslet) pada tahun 1958 di Jerman.

Mereka berdua terikat karena sama-sama menyukai buku. Sayang, hubungan keduanya berakhir tragis. Beberapa tahun kemudian, Michael yang telah menjadi mahasiswa hukum, bertemu dengan Hanna di pengadilan yang saat itu dihadapkan pada tuntutan serius.

Hanna dipenjara karena keterlibatannya dalam kejahatan selama Perang Dunia II. Hanna dituduh sebagai mantan penjaga SS wanita di Auschwitz, kamp konsentrasi Nazi yang kejam, dan dia akan diadili atas tindakannya. Dia dituduh berpartisipasi dalam penganiayaan, pelecehan, dan pembunuhan para tahanan selama menjadi penjaga.

9. Little Children

Little Children

Film bertema perselingkuhan ini mengantarkan kembali Kate Winslet masuk nominasi Oscar di kategori Best Actress setelah dua tahun absen dari dunia film karena memilih fokus untuk membesarkan anaknya. Karakter Sarah Pierce yang diperankannya cenderung mellow dan sendu.

Sarah Pierce hanyalah seorang ibu rumah tangga yang merasa terjebak dalam rutinitasnya. Di dekat rumahnya, tinggal seorang ayah muda bernama Brad Adamson (Patrick Wilson). Sama seperti Sarh, Brad juga merasa tidak puas dengan hidupnya.

Sarah dan Brad bertemu di taman bermain saat mereka membawa anak masing-masing untuk bermain. Mereka berdua merasa tertarik satu sama lain dan memulai hubungan rahasia yang akan mengguncang kehidupan mereka.

Banyak kritikus film yang menilai performa Kate di film ini yang menampilkan totalitasnya dalam berakting. Kate mampu menampilkan perubahan diri dari sosok yang kehilangan kepercayaan diri menjadi wanita yang hidup kembali dari pernikahannya yang cenderung datar.

10. Divergent

Divergent

Divergent merupakan film pertama dari trilogi Divergent Series. Film yang diangkat dari novel ini langsung mendapat sambutan baik pada saat perilisannya. Film ini mengangkat cerita tentang dunia di masa depan yang penduduknya dibagi menjadi beberapa faksi.

Faksi dibangun untuk kelangsungan hidup manusia yang tersisa. Kelima faksi tersebut adalah Candor yang memiliki sifat jujur dan pemegang tonggak keadilan, Erudite yang merupakan kumpulan orang-orang jenius, Amity kelompok orang pecinta damai, Abnegation si penolong tanpa pamrih, dan Dauntless yang pemberani dan tak kenal takut.

Cerita berpusat pada Tris (Shailene Woodley), remaja yang dilanda kebingungan untuk menemukan faksi yang cocok untuk dirinya. Tanpa dia sadari, Tris adalah seorang Divergent, orang yang tidak memiliki faksi dominan di dalam dirinya. Divergent adalah ‘ancaman’ karena cocok di semua faksi.

Kate Winslet sendiri memerankan Jeanine Matthews, tokoh antagonis dalam film yang juga merupakan pemimpin faksi Erudite. Jeanine memiliki keinginan untuk memburu dan memanfaatkan orang-orang Divergent. Kita masih bisa menyaksikan Jeanine di sekuel Divergent, yaitu Insurgent (2015).

11. The Dressmaker

The Dressmaker

The Dressmaker merupakan film komedi satir tentang pembalasan dendam. Setelah dua dekade, Myrtle 'Tilly' Dunnage (Kate Winslet) kembali ke Dungatar, kota kecil di pinggiran Victoria, Australia, untuk merawat ibunya yang sakit.

Namun, tujuan utama kembalinya Tilly bukan untuk merawat sang ibunda, melainkan untuk membalas dendam sekaligus meluruskan masalah yang dulu menimpa dirinya. Rupanya, 25 tahun yang lalu, Tilly dituduh sebagai tersangka kasus kematian.

Sekarang, Tilly siap mengungkap misteri yang sebenarnya terjadi di balik peristiwa yang menjatuhkan reputasinya setengah dekade yang lalu. Berhasilkah Tilly membalaskan dendam dan membersishkan namanya?

12. Heavenly Creatures

Heavenly Creatures

Film debut layar lebar Kate Winslet ini disutradarai oleh Peter Jackson, seorang sutradara muda yang meretas karirnya untuk menjadi sutradara papan atas dunia. Film bergenre psychological drama ini juga menampilkan Melanie Lynskey sebagai aktris debutan.

Uniknya, walau tergolong aktris baru, Kate dan Melanie langsung mendapat pujian dan respon yang baik dari para kritikus film. Jadi, seperti apa kisah Heavenly Creatures? Film Hollywood yang dirilis pada tahun 1994 ini diangkat dari kisah nyata di New Zealand pada tahun 1954.

Kisahnya berkisar pada dua gadis remaja, Pauline Parker (Kate Winslet) dan Juliet Hulme (Melanie Lynskey). Keduanya bertemu di sekolah dan segera menjadi teman akrab. Mereka membentuk ikatan yang sangat kuat dan mulai menjalani fantasi bersama.

Fantasi mereka melibatkan alam imajinasi. Mereka menciptakan dunia sendiri yang mereka sebut Borovnia. Ketika orang dewasa dalam hidup mereka mulai menghalangi persahabatan ini, Pauline dan Juliet merencanakan sesuatu yang mengerikan. Pauline merencanakan pembunuhan orang tua Juliet, dan mereka benar-benar melakukannya.

13. Quills

Quills

Marquis de Sade (Geoffrey Rush) adalah seorang penulis novel dengan unsur pornografi di dalamnya. Karya-karyanya yang kontroversial membuat Marquis dianggap gila dan harus menjalani perawatan di rumah sakit jiwa.

Di rumah sakit jiwa, Marquis didampingi oleh seorang pastor bernama The Abbe du Coulmier (Joaquin Phoenix). Abbe menempatkan Marquis di ruangan istimewa dengan fasilitas mewah dibanding pasien-pasien lainnya. Soalnya, Abbe percaya perawatan seperti ini bisa membuat Marquis cepat sembuh.

Alih-alih sembuh, imajinasi liar Marquis justru semakin berkembang sehingga dia bisa kembali menulis novel berbau pornografi. Bahkan, Marquis dibantu oleh Madeleine 'Maddy' LeClerc (Kate Winslet), petugas laundry di rumah sakit jiwa tersebut, untuk menerbitkan novel-novel yang dia buat. Maddy melakukan itu karena diam-diam mengagumi karya Marquis.

14. The Holiday

the holiday kate winslet_

Iris (Kate Winslet) dan Amanda (Cameron Diaz), tengah mengalami perasaan yang rumit dalam kehidupan cinta mereka. Keduanya pun memutuskan untuk bertukar rumah demi menghindari kesulitan dan menemukan ketenangan. Iris pergi ke rumah Amanda yang mewah di Los Angeles, sementara Amanda pergi ke cottage cantik milik Iris di Inggris.

Selama pertukaran rumah ini, keduanya bertemu dengan pria yang benar-benar berbeda dengan kehidupan mereka sebelumnya. Iris berkenalan dengan seorang penulis terkenal bernama Miles (Jack Black), sementara Amanda jadi dekat dengan Graham (Jude Law), saudaranya Iris.

Siapa sangka, perjalanan iseng ini membawa perubahan besar dalam hidup mereka semua. Akankah para wanita ini menemukan cinta sejati dan makna kehidupan yang sesungguhnya?

15. The Life of David Gale

The Life of David Gale

David Gale (Kevin Spacey) dulunya adalah seorang profesor universitas. Kini, dia menjadi seorang aktivis yang sangat menentang hukuman mati. Mirisnya, ketika dia dituduh membunuh seorang teman sejawatnya, dia terpaksa menunggu eksekusi mati.

Kate Winslet yang memainkan peran Bitsey Bloom, ia mencoba mengungkap kebenaran di balik tuduhan David Gale sebagai seorang jurnalis. Dia mewawancarai Gale di penjara dan mencari petunjuk yang akan membantu membersihkan namanya.

Di awal peredarannya, film ini menuai banyak kritikan dan gagal di tangga box-office. Uniknya, setelah beberapa tahun, film ini mendapat respon positif dari para moviegoers. Entah apa alasannya, tetapi kemungkinan karena banyaknya orang yang menilai film ini layak untuk diapresiasi, terutama dari akting para pemerannya.

16. Carnage

kate winslet Carnage

Kalau kamu suka menonton film keluarga dengan sentuhan komedi, Carnage bisa menjadi rekomendasi yang tepat untukmu. Film ini mengisahkan tentang dua pasang orang tua yang merencanakan pertemuan. Bukan karena ingin liburan bareng, melainkan untuk mencari jalan keluar atas perkelahian yang dilakukan oleh anak masing-masing.

Kisahnya dimulai ketika dua anak yang merupakan teman sekelas terlibat dalam perkelahian di taman bermain. Orangtua dari kedua anak ini, Alan (Christoph Waltz) dan Nancy (Kate Winslet), berkumpul dengan pasangan orangtua anak lainnya, Michael (John C. Reilly) dan Penelope (Jodie Foster), untuk membahas insiden tersebut secara dewasa.

Namun, pertemuan ini menjadi kacau ketika pertengkaran dan ketidaksepakatan muncul. Perdebatan yang semakin memanas mengungkap ketegangan yang tersembunyi dalam hubungan romantis masing-masing orang tua.

Nancy, karakter yang diperankan Kate Winslet, selalu berusaha untuk menjaga ketenangan dalam situasi yang semakin tidak kondusif. Tapi, dia juga punya sisi lucu yang menambah punchline komedi film ini.

17. Wonder Wheel

Wonder Wheel

Dalam film berjudul Wonder Wheel yang disutradarai oleh Woody Allen ini, Kate Winslet berperan sebagai Ginny Rannell. Wonder Wheel sendiri merupakan film drama yang berlatar belakang tahun 1950-an di Coney Island, New York.

Walau profesi utamanya adalah sebagai seorang aktris, Ginny terpaksa bekerja sebagai pelayan di rumah kerang karena kekurangan pemasukan. Suami Ginny, seorang operator komidi putar, tidak berperan sebagai kepala keluarga sebagaimana seharusnya.

Kehidupan Ginny berubah menjadi menarik ketika dia terlibat dengan seorang penjaga pantai bernama Mickey Rubin (Justin Timberlake) yang bercita-cita menjadi penulis naskah. Wonder Wheel mendapat ulasan beragam dari para kritikus, dengan pujian untuk penampilan Kate Winslet yang pandai dalam menghidupkan karakter Ginny.

18. Collateral Beauty

Collateral Beauty

Kehidupan Howard Inlet (Will Smith), seorang eksekutif periklanan yang sukses di New York, berubah tragis ketika dia kehilangan putrinya yang masih kecil karena penyakit mematikan. Diliputi kesedihan dan tidak mampu mengatasi rasa kehilangannya, Howard menarik diri dari masyarakat.

Teman-temannya, Whit (Edward Norton), Claire (Kate Winslet), dan Simon (Michael Peña), menjadi saksi kehidupan pribadi dan profesional Howard yang runtuh. Yang mengejutkan, mereka menemukan bahwa Howard telah menulis surat untuk tiga konsep abstrak: Cinta, Waktu, dan Kematian.

Dia menulis surat tersebut sebagai cara untuk mengatasi rasa sakitnya. Dalam upaya untuk menghidupkan kembali semangat Howard, teman-temannya menyewa tiga aktor untuk memerankan Love (Keira Knightley), Time (Jacob Latimore), dan Death (Helen Mirren).

Mereka berharap para aktor ini dapat berinteraksi dengan Howard dan memberikan jawaban yang Howard cari. Claire Wilson yang diperankan Kate Winslet merupakan sosok teman yang sangat peduli terhadap rekannya yang sedang down, Howard.

19. The Mountain Between Us

kate winslet

Dalam film The Mountain Between Us (2017), Kate Winslet memerankan karakter Alex Martin. Film bergenre drama, romansa, dan survival ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Charles Martin.

Alex Martin adalah seorang jurnalis foto yang mendapati dirinya terdampar di padang gurun High Uintas di Pegunungan Rocky setelah mengalami kecelakaan pesawat. Tak sendiri, dia terdampar bersama dengan seorang ahli bedah saraf bernama Dr Ben Bass (Idris Elba).

Dua orang asing ini terpaksa bekerja sama untuk bertahan hidup di kondisi yang sangat menantang. Bisakah mereka selamat dan kembali ke peradaban, atau akan mereka terjebak selamanya di pegunungan es?

20. Iris

Iris kate winslet_

Kisah nyata antara novelis Iris Murdoch dan suaminya, John Bayley, dipertontonkan dalam film ini. Kita akan diperlihatkan hubungan Iris dan John sejak masa sekolah hingga perjuangan keduanya memerangi penyakit Alzheimer yang diderita Iris.

Versi muda Iris diperankan oleh Kate Winslet, sementara versi tuanya diperankan oleh Judi Dench. Di usia mudanya, Iris berjiwa bebas, sangat berbanding terbalik dengan kekasihnya pada saat itu. Walau begitu, John dan Iris tetap klop dan saling mencintai hingga tua.

John sebagai suami mengabdi pada Iris yang semakin hari semakin tidak bisa mengingat tentang apa pun karena penyakit Alzheimer yang merusak ingatannya. John dan Iris menunjukkan bahwa penyakit, usia, dan kematian tidak dapat menghancurkan cinta yang ada di antara mereka.

Berkat aktingnya dalam film ini, Kate Winslet berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Supporting Actress mendampingi Judi Dench yang juga masuk nominasi di kategori Best Actress.

Hingga saat ini, Kate Winslet dianggap sebagai aktris Inggris terbaik. Dia bahkan mendapat gelar kebangsawanan dari kerajaan, Commander of the Most Excellent Order of the British Empire, atas dedikasinya dalam mengharumkan nama bangsa lewat dunia seni, terutama film.

Kecantikannya yang evergreen dipadukan dengan akting memikat adalah nilai lebih yang dimiliki oleh Kate Winslet. Jadi, apa nih film Kate Winslet favoritmu? Apakah ada di dalam list ini? Kalau belum ada, beritahu kami di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram