logo web

17 Film Thriller Indonesia Paling Seru dan Menegangkan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Coba di sini, siapa yang suka nonton film thriller? Mungkin pasar film thriller, khususnya film thriller Indonesia nggak sebesar film komedi atau drama. Buat kamu yang nggak suka film thriller mungkin bingung kenapa orang-orang ada yang suka film thriller?

Memproduksi film thriller punya kerumitan sendiri. Karena itulah film thriller Indonesia nggak sebanyak film thriller luar negeri. Selain karena pasarnya yang nggak sebesar drama, pembuatannya pun rumit luar biasa.

Meski begitu, bukan berarti kita nggak punya atau nggak bisa bikin film thriller. Anak bangsa kita mampu bikin film thriller, meskipun jumlahnya nggak sebanyak film drama atau film komedi.

Berikut ini beberapa film thriller Indonesia yang Showpoiler rekomendasikan, yuk simak daftar film thriller Indonesia seru berikut ini!

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Marlina Si Pembunuh Empat Babak

Marlina Si Pembunuh Empat Babak

Marlina Si Pembunuh Empat Babak (2017) adalah film thriller Indonesia yang disutradarai oleh Mouly Surya dan diproduksi oleh Kaninga Pictures. Diperankan oleh Marsha Timothy, film ini bercerita tentang Marlina, seorang janda dari Sumba yang membunuh sekelompok perampok yang mencoba merampok dan memperkosanya.

Kenapa disebut empat babak? Karena film ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu Perampokan, Perjalanan, Pengakuan, dan Kelahiran. Bergenre thriller, film ini mengambil latar belakang budaya dan pemandangan Sumba.

Film ini mendapat banyak pujian dari kritikus dan penonton, serta meraih berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri dan jadi perwakilan Indonesia untuk Oscar.

2. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam (2019) adalah film horor Indonesia yang disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini bercerita tentang Maya, seorang wanita yang kembali ke desa asalnya untuk mencari warisan.

Namun, ia tidak menyadari bahwa desa tersebut dikutuk dan penduduknya menginginkan kematiannya. Film ini menggabungkan genre horor, misteri, dan thriller dengan latar belakang budaya Jawa Timur.

Film ini dibintangi oleh deretan aktor populer di Indonesia, mulai dari Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail dan Ario Bayu sebagai pemeran utamanya.

Salah satu hal yang paling iconic dari film ini adalah penampilan Christine Hakim yang disebut “Memukau”. Film ini mendapat banyak pujian dari kritikus dan penonton, hingga jadi film terbaik di Festival Film Indonesia 2020.

3. Berbalas Kejam

Berbalas Kejam

Beralih ke film yang dibintangi oleh Reza Rahadian yang berjudul Berbalas Kejam (2023). Film ini bercerita tentang Adam, yaitu seorang arsitek yang trauma pasca melihat keluarganya dibunuh di depan matanya sendiri.

Ia memutuskan untuk membalas dendam kepada para pembunuh tersebut dengan cara yang kejam. Namun, ia juga harus menghadapi dilema antara move on atau terus dibayangi oleh dendam.

Tak hanya itu, Adam juga tidak tahu kalau salah satu pelakunya adalah kakak kandung dari psikiaternya. Selain Reza Rahadian, film ini juga dibintangi oleh Laura Basuki, Baim Wong, Yoga Pratama, dan Kiki Narendra

4. Fiksi

Fiksi

Fiksi (2008) adalah film drama thriller Indonesia yang disutradarai oleh Mouly Surya dan dirilis pada tahun 2008. Diproduksi oleh Cinesurya Productions, film satu ini memang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Film ini bercerita tentang Alisha, seorang wanita muda yang memiliki kecenderungan psikopat dan terobsesi dengan Bari, seorang pria yang bekerja sebagai tukang bersih kolam renang di rumahnya.

Alisha melakukan berbagai hal gila untuk mendapatkan cinta Bari, bahkan sampai menyakiti dan membunuh orang lain.

Film ini dibintangi oleh Ladya Cheryl, lalu ada Donny Alamsyah, Kinaryosih, Inong Ayu, dan Egi Fedly yang hadir sebagai pemeran pendukungnya. Film ini mendapat banyak pujian dari kritikus, sampai-sampai meraih beberapa penghargaan di Festival Film Indonesia 2008.

5. Rumah Dara

Rumah Dara

Di kancah Internasional, film thriller Indonesia yang satu ini hadir dengan judul Macabre. Dengan begitu, kualitas film ini sudah diakui di dunia perfilman internasional. Rumah Dara menyajikan kengerian yang nyata. Apa yang ada di dalam ceritanya mungkin bisa terjadi kepada siapa saja.

Ini tentang sekelompok orang biasa yang tadinya hanya berniat untuk mengantar kepergian teman mereka ke Bandara. Sebuah kegiatan yang sama sekali nggak aneh.

Sampai kemudian mereka bertemu dengan Maia yang mengaku baru saja dirampok. Atas nama simpati, mereka mengajak Maia untuk pulang bersama.

Dari sanalah semuanya berawal, ketika Maia mengajak mereka mampir di rumah keluarganya. Keluarga Maia, bukan keluarga pada umumnya.

Keanehan mulai tampak ketika mereka semua bersantap malam bersama. Satu demi satu pingsan, lalu semuanya harus menghadapi sesuatu yang lebih mengerikan daripada kematian.

6. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Banyak orang nggak bisa tidur setelah menonton film ini. Perasaan mereka diaduk-aduk selama menonton film ini. Semuanya berkat kepiawaian sutradara Joko Anwar, juga kualitas akting para pemain yang dipilihnya.

Pengabdi Setan adalah film lawas yang melegenda sehingga menarik minat seorang Joko Anwar untuk membuat ulang film ini. Film ini menjadi menegangkan bukan cuma karena setan yang ada di dalamnya, tetapi juga karena penulisan cerita yang sangat baik.

Kamu akan dibawa masuk ke dalam kehidupan keluarga itu, yang mana sang Ibu adalah seorang pengabdi setan. Lalu, anak-anaknya harus menanggung semuanya setelah kepergian sang Ibu.

Kepergian sang Ibu menjadi awal dari sebuah teror mengerikan untuk mereka. Terutama karena keterlibatan sang Ibu ke dalam sekte pengabdi setan dan kemungkinan diambilnya anak bungsu di keluarga itu oleh sekte tersebut. Film ini juga tayang secara Internasional dengan judul Satan's Slave.

Pengabdi Setan juga masuk dalam daftar film nasional yang sukses go international. Kamu juga bisa mengecek film-film nasional lainnya yang berhasil go international di artikel film Indonesia yang sukses mendunia.

7. Hoax

Hoax

Film thriller Indonesia berjudul Hoax (2018) adalah film drama yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan dirilis pada tahun 2018. Diproduksi oleh Falcon Pictures dan Fourcolors Films, film satu ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Film ini bercerita tentang tiga kisah yang mewakili dari tiga genre, yaitu drama, thriller, dan komedi yang saling berkaitan. Kisah pertamanya mengenai Ragil, seorang pria yang mencari warisan ayahnya yang meninggal.

Kisah kedua bercerita tentang Adek, seorang wanita yang terlibat dalam kasus pembunuhan. Sementara untuk kisah ketiga tentang Raga, seorang pria yang terjebak dalam situasi konyol saat mencoba membantu temannya.

8. Killers

Killers

Kali ini beralih ke film karya The Mo Brothers atau Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto, inilah Killers (2014). Film bergenre thriller ini menjadi kolaborasi pertama antara rumah produksi Indonesia Guerilla Merah Film dan rumah produksi Jepang yaitu Nikkatsu.

Film ini bercerita tentang dua pembunuh berantai dari negara yang berbeda tapi saling terhubung melalui internet. Aktor Jepang Kazuki Kitamura akan berperan sebagai Nomura Shuhei dan Oka Antara dari Indonesia akan berperan sebagai Bayu Aditya.

Film ini juga melibatkan Gareth Evans yaitu sutradara The Raid (2011) dan Daniel Mananta sebagai produser eksekutifnya. Film ini mendapatkan dua penghargaan di Festival Film Indonesia tahun 2014, yaitu di kategori musik terbaik dan penata suara terbaik.

9. Night Bus

Night Bus

Film thriller Indonesia kali ini mengisahkan tentang perjalanan sebuah bus malam menuju Sampar. Kota yang terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya dan dijaga demikian ketat oleh tentara yang siaga melawan para militan pemberontak.

Semua yang menjadi penumpang, punya tujuan masing-masing. Mereka semua berpikir kalau pada awalnya perjalanan itu cuma akan menjadi perjalanan menuju daerah konflik seperti biasa. Tanpa disadari, ada penyusup yang membawa pesan penting yang harus disampaikan ke Sampar.

Pesan penting yang dibawa penyusup itu bisa mengakhiri konflik yang terjadi, tetapi kehadirannya membahayakan penumpang lainnya. Sebab, dia dicari oleh kedua belah pihak yang bertikai. Ketegangan semakin meningkat ketika semua orang harus menyelamatkan diri masing-masing ditengah hujan peluru.

Kalau kamu ingin merasakan bagaimana jadinya kalau bus yang kamu tumpangi berubah jadi arena pertaruhan hidup dan mati, cobalah untuk menonton film ini. Seperti kamu, penumpang bus di dalam film ini pun nggak tahu kalau menumpang bus itu membuat nyawa mereka terancam.

10. Modus Anomali

Modus Anomali
Tahun Rilis 2012
Genre
Sutradara
Pemeran Rio Dewanto

Nama Joko Anwar nggak bisa dikesampingkan kalau urusan film thriller Indonesia. Kali ini adalah film berjudul modus Anomali yang rilis tahu 2012. Rio Dewanto yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Nggak cuma di Indonesia, film ini juga rilis secara internasional. Judul rilis internasional untuk film ini adalah Ritual.

Berkisah tentang sebuah keluarga dengan dua orang anak yang sedang berlibur di sebuah kabin di hutan. Kegiatan umum untuk sebuah keluarga yang suka bertamasya.

Namun, kegiatan itu dikejutkan dengan kehadiran seorang tamu tak diundang. Sebelum menyadari apa yang terjadi, laki-laki kepala keluarga itu mendapati dirinya terpisah dari keluarganya.

Lalu, ketika dia menemukan beberapa jam alarm di hutan itu, dia harus berpacu dengan waktu jika ingin bertemu dengan keluarganya. Sementara itu, di sana juga ada satu keluarga lain yang mungkin berkaitan dengan keanehan yang sedang dialaminya.

11. Belahan Jiwa

Belahan Jiwa

Film thriller lainnya yang akan kita bahas adalah Belahan Jiwa (2005), film yang disutradarai oleh Sekar Ayu Asmara dan diproduksi oleh Multivision Plus.

Film ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Rachel Maryam, Nirina Zubir, dan beberapa artis lainnya. Film ini bercerita tentang empat wanita yang memiliki masalah psikologis yang berbeda, tapi sama-sama dihamili oleh pria yang sama.

Bahkan pria itu juga menjalin hubungan dengan Cempaka, seorang wanita misterius yang juga mengalami trauma masa lalu. Konfliknya bakalan terasa sangat padat, tapi hal ini diikuti dengan alur ceritanya yang sangat runtut.

Film ini memenangkan penghargaan Best International Feature Film di New York International Independent Film & Video Festival tahun 2007.

12. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang

Pintu Terlarang (2009) adalah film thriller Indonesia yang diproduksi oleh Lifelike Pictures dan disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara dengan judul yang sama.

Sementara untuk jajaran pemeran utamanya, film ini bakal dibintangi oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, dan beberapa artis lainnya.

Film ini bercerita tentang Gambir (Fachri Albar), seorang pematung sukses yang menyimpan rahasia gelap di balik karya-karyanya.

Suatu hari ia menemukan sebuah pintu terlarang di rumahnya yang menyimpan misteri tentang masa lalu sang istri yang bernama Talyda (Marsha Timothy). Film ini mendapatkan penghargaan Best of Puchon di Puchon International Fantastic Film Festival yang digelar di Korea Selatan.

13. Membabi Buta

Membabi Buta

Membabi Buta (2017) bisa menjadi salah satu rekomendasi film horor-thriller Indonesia untuk kamu tonton. Film yang diproduksi oleh SAS Films ini bakalan disutradarai oleh Joel Fadly.

Kali ini Prisia Nasution, Ivanka Suwandi, dan Lenny Charlotte bakalan didapuk sebagai pemeran utamanya. Fyi, film satu ini diadaptasi dari kisah nyata mengenai dua nenek yang hidup di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur.

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Mariatin, seorang asisten rumah tangga yang tinggal di rumah dua kakak beradik lanjut usia, Sundari dan Sulasmi.

Selama tinggal di rumah tersebut, Mariatin merasakan berbagai kejanggalan dan teror yang mengancam keselamatannya. Tak hanya itu, nyawa dari anak-anaknya juga ikut terancam, sebenarnya apa yang sedang terjadi?

14. Midnight Show

Midnight Show

Midnight Show (2016) menjadi salah satu film thriller Indonesia yang bisa banget masuk dalam watchlist-mu. Jajaran pemeran utamanya, mulai dari Acha Septriasa, Gandhi Fernando, Ratu Felisha, hingga Ganindra Bimo.

Film ini mengisahkan misteri pembunuhan di sebuah bioskop tua saat sedang memutarkan film kontroversial tentang seorang anak yang membunuh keluarganya.

Film ini menjadi debut penyutradaraan Ginanti Rona, serta menjadi penampilan perdana Acha Septriasa di film bergenre thriller. Film ini berhasil ditayangkan di Puerto Rico Horror Film Festival dan Tokyo Scream Queen Festival.

15. Keira

Keira

Gimana jadinya jika kamu harus hidup berdampingan dengan tujuh kepribadian yang ada dalam dirimu? Hal inilah yang akan kamu temui saat menonton film psikologi dan thriller berjudul Keira (2018).

Film yang diproduksi oleh Tu7uh ini bakalan digarap oleh sutradara Harry Dagoe Suharyadi. Sedangkan untuk pemeran utamanya, film ini dibintangi oleh Angelica Simperler.

Tak hanya itu, Ray Sahetapy, Djenar Maesa Ayu, Tiga Setia Gara hingga Ferly Putra juga bakalan didapuk sebagai karakter pendukungnya.

Film ini mengisahkan tentang Keira, seorang gadis yang mengalami trauma masa kecil hingga ia memiliki tujuh kepribadian yang berbeda. Fyi, katanya film ini terinspirasi dari kisah nyata dan berhasil tayang di berbagai festival film beberapa negara.

16. Rien Pembunuh Berantai

Rien Pembunuh Berantai
Tahun Rilis 2008
Genre ,
Sutradara
Pemeran Guntur Triyoga Bari Nindy

Dari judul saja sudah kebayang bagaimana ketegangan yang akan dirasakan. Ada kata pembunuh dan berantai dalam satu kalimat. Film thriller Indonesia yang satu ini berkisah tentang Rien, sosok dibalik hal mengerikan itu.

Sejak kecil, Rien sukanya main sama teman perempuan sampai dia jadi bahak ejekan teman lelaki. Ejekan itu membuat dia nggak tahan. Suatu ketika dia 'membunuh' temannya. Seorang teman tenggelam di sungai dan Rien membiarkannya tenggelam.

Dia juga benci sama Ibunya yang selingkuh waktu Ayahnya pergi bekerja. Kepahitan masa kecil inilah yang membuat Rien dewasa dingin terhadap perempuan. Dia nggak tahan melihat perselingkuhan dan pengkhianatan. Melihat hal-hal seperti itu, keinginan membunuhnya selalu muncul.

Rien nggak peduli siapa yang menjadi korbannya. Entah itu anak-anak, ibu rumah tangga, bahkan teman serumahnya. Masa lalu menjadikan Rien seorang pembunuh yang dingin dan sadis.

Pembunuhan demi pembunuhan dilakukan Rien tanpa adanya rasa bersalah sedikitpun. Seolah-olah membunuh adalah sesuatu yang layak dilakukan pada para korbannya.

Kamu mungkin sering membaca kasus pembunuhan berantai di berita kriminal. Kalau kamu ingin menyimak bagaimana kasus itu bisa terjadi, film Rien Pembunuh Berantai bisa jadi salah satu pilihan. Film yang menegangkan karena orang yang sadis dan jahat seringkali nggak terlihat seperti itu.

Di dalam film ini, Rien digambarkan sebagai sosok pemuda yang baik, pendiam dan nggak banyak tingkah. Dia kerja di perusahaan swasta dan disukai banyak orang. Nggak ada yang menyangka kalau dialah yang membunuh teman serumahnya, dan korban-korbannya yang lain.

17. Pesantren Impian

Pesantren Impian

Meski berjudul Pesantren Impian (2016), sebenarnya film garapan sutradara Ifa Isfansyah ini bukanlah film bergenre romantis dan religi. Justru film ini bergenre thriller-psikologi yang diangkat dari novel berjudul sama karya Asma Nadia dengan judul yang sama.

Film ini menceritakan tentang sepuluh gadis yang mendapatkan undangan misterius untuk tinggal di Pesantren Impian, sebuah pondok terpencil yang didirikan oleh Gus Budiman.

Katanya, pesantren ini memberi kesempatan kedua bagi mereka yang memiliki masa lalu gelap. Namun, pesantren tersebut diserang oleh teror mengerikan yang menyebabkan kematian demi kematian aneh.

Dari beberapa film thriller Indonesia yang dibahas di atas, ada yang sudah pernah kamu tonton? Seru nggak? Kamu boleh kasih ulasan singkat atau sudut pandangmu terhadap film itu di kolom komentar ya! Siapa tahu ulasan kamu bikin para pembaca semakin tertarik buat nonton film thriller Indonesia.

Menonton film thriller menghadirkan sensasi tersendiri buat orang-orang yang menyukai ketegangan. Apa yang diceritakan di dalam film itu adalah sesuatu yang mungkin nggak akan kita lihat di kehidupan sehari-hari. Jadi, selain hiburan, menonton film thriller juga bisa jadi menambah wawasan dan pengalaman.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram