showpoiler-logo

10 Film Terbaik Zoe Saldana, Mulai dari Star Trek, Avatar, dan Marvel

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Zoe Saldana yang lahir pada 19 Juni 1978 dengan nama Saldana Nazario ini, adalah salah satu aktris Hollywood yang berada pada masa karier terbaiknya. Namanya tercantum di beberapa franchise film terbaik yang masih berlangsung dan belum diketahui kapan berakhirnya.

Mengawali karier sebagai dancer, maka sangat wajar beberapa film di awal kariernya memperlihatkan kehandalannya dalam menari. Selain itu, dia juga piawai dalam mengisi suara untuk film animasi. Dengan talenta yang banyak ini, peluangnya untuk memiliki karier yang panjang sangat terbuka lebar.

Sudah lebih dari dua dekade dia berkarir di industri perfilman Hollywood dan banyak film yang sudah dibintanginya. Berikut ini adalah 10 film terbaik di antaranya.

1. Franchise Star Trek

film zoe saldana_Franchise Star Trek_

Di film reboot dari franchise sci-fi terkenal ini; (Star Trek; Star Trek Into Darkness; Star Trek Beyond) Zoe Saldana berperan sebagai Nyota Uhura, awak USS Enterprise. Dia adalah seorang penerjemah dan petugas komunikasi yang memiliki spesialisasi ilmu bahasa, kriptografi dan filologi.

Di film pertama, dia berjibaku membantu James T. Kirk dan Spock melawan Nero dari bangsa Romulan di masa depan yang mengancam kestabilan alam semesta.

Di film Star Trek Into Darkness, dia bersama awak USS Enterprise dikirim ke dunia asal bangsa Klingon untuk mencari mantan anggota Starfleet yang menjadi teroris, John Harrison. Dan di film Star Trek Beyond, kisah cinta antara Uhura dan Spock menjadi bumbu di antara petualangan mereka mencapai batas terjauh alam semesta dan bertemu musuh yang berat.

J.J. Abrams memilih Zoe Saldana karena menyukai aktingnya di film-film yang pernah dibintanginya, terutama karena dia pernah berperan sebagai fans Star Trek di film arahan Steven Spielberg, The Terminal (2004). Ternyata, ibu dari Zoe Saldana adalah fans berat Star Trek yang mendukungnya dengan penuh semangat.

Dukungan lain juga datang dari pemeran Nyota Uhura sebelumnya, Nichelle Nichols, yang mengajarkan segala hal tentang karakter wanita kulit hitam satu-satunya di USS Enterprise ini. Zoe Saldana juga tekun mempelajari bahasa Vulcan untuk tampil lebih meyakinkan di dalam filmnya.

2. Franchise Marvel

film zoe saldana_Franchise Marvel_

Popularitas dan kualitas akting Zoe Saldana dalam membintangi film-film besar Hollywood membawanya turut serta dalam proyek Marvel Cinematic Universe sebagai Gamora di film Guardians of the Galaxy; Guardians of the Galaxy Vol. 2, Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame

Dia adalah anak angkat Thanos yang bergabung dengan Star-Lord dan rekan-rekannya di Guardians of the Galaxy. Di rangkaian film ini, Zoe Saldana memamerkan kelincahannya dalam melakukan adegan aksi.

Di film pertamanya, Guardians of the Galaxy berusaha melarikan diri setelah mencuri sebuah artefak dengan kekuatan besar. Di film keduanya, pertikaian dua saudari Gamora dan Nebula mereda, namun Gamora tidak bisa menahan Nebula yang hendak membunuh Thanos.

Selain di dua film tersebut, Gamora dan rekan-rekannya juga ikut andil di film Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Dia dijadikan tumbal oleh Thanos untuk mendapatkan Soul Stone. Namun, dirinya di masa lalu berhasil diyakinkan oleh Nebula dari masa depan untuk mengkhianati Thanos.

3. Franchise Avatar

film zoe saldana_Franchise Avatar_

Kali ini Zoe berperan sebagai Neytiri di film Avatar dan Avatar: The Way of Water. Neytiri adalah putri dari pemimpin suku Omaticaya dari bangsa Na’vi yang menghuni Pandora. 

Dia diminta ayahnya untuk mengajari avatar Jack Sully cara hidup mereka. Semakin sering bersama, cinta tumbuh antara mereka. Sempat marah kepada Jack Sully setelah mengetahui identitas sebenarnya, dia berjuang bersama untuk melawan bangsa “Langit” manusia yang hendak menjajah Pandora.

Di film keduanya, Avatar: The Way of Water, Neytiri dan Jack Sully telah memiliki tiga orang anak dan satu anak adopsi. Mereka terpaksa harus pergi jauh dari sukunya karena diburu oleh recombinants Miles Quatrich dan pasukannya.

Meminta perlindungan dari suku Metkayina, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan dan cara hidup suku yang hidup di lautan tersebut.

Peran sebagai Neytiri ini adalah salah satu yang mengatrol kariernya di Hollywood. Dan posisinya sepertinya tidak akan tergoyahkan di franchise fantasy sci-fi ini di rencana tiga film lanjutannya.

Meski tampil dalam bentuk fisik bangsa Na’vi, namun berkat teknologi motion-capture yang canggih, ekspresi dan gerak tubuhnya tampil natural.

4. Missing Link

film zoe saldana_Missing Link_

Adelina Fortnight memiliki peta Himalaya peninggalan mendiang suaminya yang membawanya mengikuti petualangan Sir Lionel Frost dan Mr. Link, seekor Bigfoot yang hendak bertemu dengan Yeti.

Dalam perjalanannya, dia memahami bahwa Lionel melakukan ini agar bisa diterima di komunitas elit para ilmuwan, begitu juga Mr. Link di spesies Yeti yang justru mencampakkannya.

Zoe Saldana adalah aktris yang tepat untuk mengisi suara petualang wanita yang pintar dan lincah seperti Adelina Fortnight di film ini. Karakter suaranya sudah menggambarkan semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi petualang sejati.

Jadi, sangat wajar apabila film yang masuk nominasi di Academy Awards dan Annie Awards ini sebagai salah satu film terbaiknya.

5. The Book of Life

film zoe saldana_The Book of Life_

Maria Posada menjadi rebutan kedua teman masa kecilnya yang kini sama-sama mencintainya. Dia jatuh hati kepada Manolo sejak melihatnya di arena matador karena tidak mau membunuh banteng, tapi dia dipaksa untuk menikahi Joaquin.

Saat Maria dan Manolo melarikan diri, dia digigit oleh ular berkepala dua yang membuatnya koma. Manolo yang mengira Maria telah wafat, rela dibunuh oleh Xibalba dengan niat bertemu Maria di akhirat. Ternyata Maria terbangun dari koma dan Manolo berusaha kembali ke alam dunia untuk merebut Maria dari tangan Joaquin.

Perannya sebagai pengisi suara Maria di film ini membawanya masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan film, seperti Behind the Voice Actor Awards dan Black Reel Awards.

6. Vivo

film zoe saldana_Vivo_

Rosa dan putrinya, Gabi, menghadiri pemakaman Andres, pamannya yang mantan musisi. Dia sangat marah menyadari Gabi pergi berpetualang bersama Vivo untuk menyampaikan lagu milik Andres kepada Marta, kekasih Andres.

Tapi setelah mengetahui alasan Gabi adalah karena dia rindu kepada mendiang ayahnya, Rosa turut membantu mereka untuk tampil di konser Marta.

Film original Netflix ini adalah kali keempat bagi Zoe Saldana menyumbangkan suaranya di film animasi. Dan terbukti lagi bahwa dia berhasil mengisi suara karakter Rosa yang penuh kasih sayang dan rasa khawatir yang besar dengan baik.

Meskipun tidak ada penghargaan secara individu, dia dan para pemeran lainnya berhasil mengantarkan film ini masuk nominasi di 5 kategori Annie Awards.

7. Infinitely Polar Bear

film zoe saldana_Infinitely Polar Bear_

Maggie harus pindah ke rumah yang lebih kecil bersama dua putrinya ketika suaminya, Cameron, menderita bipolar disorder. Dia berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka bertiga.

Tapi ketika dia diterima kuliah di Columbia University, kedua anaknya harus diasuh oleh Cameron selama 18 bulan. Lulus dengan gelar M.B.A., Maggie kemudian memboyong kedua anaknya ke New York.

Tapi melihat pekerjaannya menyita waktu sehingga tidak bisa lebih sering bersama kedua anaknya, dia harus merelakan mereka kembali kepada ayahnya di Boston. Maggie akan terus bekerja keras sehingga mereka bisa mengenyam pendidikan di sekolah yang bagus.

Memang film drama komedi ini menampilkan performa akting terbaik dari Mark Ruffalo, tapi penampilan Zoe Saldana sebagai Maggie juga cukup kuat. Guratan kelelahan demi merangkai masa depan yang lebih baik bagi kedua anaknya dengan bekerja dan kuliah sangat jelas terlihat di wajahnya.

8. Drumline

film zoe saldana_Drumline_

Devon Miles masuk ke Atlanta A&T University dan bergabung di tim marching band yang menjadi kebanggan kampus. Dia berpacaran dengan salah satu anggota cheerleader, Laila.

Karena berbagai masalah yang dihadapi di dunia perkuliahan dan tim marching band, sikap Devon berubah menjadi angkuh dan cuek. Bahkan, Laila dibuat malu oleh sikapnya itu di depan orang tuanya.

Laila dan Devon berbaikan ketika sikap Devon berubah menjadi baik, setelah dia memahami kapasitasnya sebagai mahasiswa dan pemain drum di marching band.

Di film drama komedi remaja ini, Zoe Saldana membawakan karakternya dengan sangat manis. Kelihaiannya sebagai dancer ditunjukkan pada saat penampilan cheerleader di jeda pertandingan.

9. I Kill Giants

film zoe saldana_I Kill Giants_

Mrs. Molle berusaha untuk berkomunikasi dengan Barbara yang kesehariannya diisi dengan membuat senjata dan jebakan untuk menangkap serta membunuh raksasa yang diyakininya akan menyerang kota. Mengingatkan hobi Barbara bermain baseball justru membuat muridnya itu semakin tenggelam dalam dunia fantasinya.

Molle juga berusaha mengenalkan Barbara kepada keluarganya yang membuat dirinya tidak nyaman. Molle ingin menyadarkan Barbara bahwa semua yang dia yakini hanya berada di alam fantasinya saja, bukan kenyataan. Tapi, semua yang dilihat Barbara seolah nyata.

Peran Zoe Saldana sebagai Mrs. Molle di film drama fantasi ini cukup krusial dan sangat berpengaruh kepada perubahan karakter Barbara sebagai tokoh utamanya.

Lewat film ini, Zoe Saldana membuktikan diri bahwa dia juga bisa tampil dalam performa yang apik tidak hanya di film-film blockbuster saja, tapi juga di film indie seperti I Kill Giants ini.

10. The Adam Project

film zoe saldana_The Adam Project_

Di film drama komedi bernuansa sci-fi dengan balutan action arahan Shawn Levy ini, Zoe Saldana berperan sebagai Laura Shane, istri Adam yang berprofesi sebagai pilot dan dinyatakan hilang dalam sebuah misi. Ternyata dia berada di tahun 2022, mengumpulkan informasi sambil menunggu kedatangan Adam.

Saat mereka bertemu, perpisahan adalah jalan terbaik, dimana Laura mengorbankan dirinya agar Adam bisa selamat dari kejaran Sorian dan membongkar kejahatan yang dilakukan oleh pimpinannya tersebut.

Walau hanya tampil sejenak saja, karakter Laura adalah kunci utama jalan cerita film ini. Kombinasinya dengan Ryan Reynolds sangat padu di adegan pertarungan melawan pasukan Sorian.

Itulah 10 film terbaik yang dibintangi oleh Zoe Saldana. Berada di tiga franchise paling populer di industri perfilman Hollywood membuat namanya selalu bertengger di papan atas.

Tapi dia juga tidak segan untuk tampil di film indie dan mengisi suara untuk film animasi. Dengan semua pencapaian ini, tentunya akan membuat karirnya cenderung stabil.

Kalau kalian, suka film Zoe Saldana yang mana? Boleh layangkan komentar dan masukannya, ya! Kita harapkan karier ibu dari tiga anak ini semakin cemerlang di masa depan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram