logo web

10 Musuh Terkuat Doctor Strange yang Miliki Sihir Hebat

Ditulis oleh Suci Maharani R
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Setiap pahlawan super pasti memiliki musuh yang harus dihadapi. Begitu pula dengan Doctor Stephen Strange yang juga memiliki banyak sekali musuh.

Berbeda dengan musuh pahlawan super lainnya dari Marvel, sosok para musuh dari Doctor Strange lebih beragam lho. Kalau mengutip dari komiknya, musuh Doctor Strange tidak hanya sesama penyihir, tapi ada juga drakula hingga makhluk mistis lainnya.

Beberapa karakter musuh Doctor Strange sudah pernah ditampilkan dalam filmnya, sebut saja Kaecilius yang hadir di film pertama, Doctor Strange (2016). Hingga sosok Scarlet Witch yang sebenarnya teman satu grupnya dalam The Avengers.

Selain dua musuh tadi, ada beberapa musuh Doctor Strange populer lainnya lho. Sebut saja Baron Mordo, Nightmare, hingga Dormammu yang sangat dinantikan para penggemar.

Nama-nama musuh Doctor Strange di atas mungkin terdengar asing. Makanya Showpoiler akan memberikan informasi mengenai siapa saja musuh terkuat Doctor Strange. Biar nggak ketinggalan informasinya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Baron Mordo

musuh doctor strange_Baron Mordo_

Baron Mordo adalah musuh sejati dari Doctor Strange. Kisah mereka memang menarik, karena Baron adalah mantan mentor Strange.

Dia adalah anggota Master of the Mystic Arts dan orang yang membantu Strange mengalahkan Kaecilius dan Zelot. Rasa sakit hatinya melihat Yang Kuno menarik kekuatan dari Dimensi Gelap, membuatnya berpikir bahwa para penyihir adalah masalah untuk dunia.

Baron memilih untuk memulihkan keseimbangan dengan melucuti kekuatan para penyihir. Baron Mordo sangat ahli dalam seni mistik, tak heran kalau ia memiliki kekuatan magis yang besar.

Saat Strange mengetahui kalau Mordo berusaha membunuh The Ancient One untuk menggantikan posisinya, dari sinilah permusuhan mereka dimulai. Baron ingin menjadi Sorcerer Supreme menggantikan Strange.

2. Dormammu

musuh doctor strange_Dormammu_

Dormammu menjadi musuh Doctor Strange lainnya yang sangat merepotkan. Dormammu adalah salah satu entitas iblis paling kuat yang ada dalam semesta Marvel.

Dormammu memiliki kekuatan yang luar biasa, makanya ia bisa menguasai dimensi kegelapan. Ia bisa bertarung dengan tangan kosong, hingga menggunakan tongkat sihirnya. Tak heran kalau Doctor Strange agak kerepotan melawannya.

Dormammu memiliki ambisi soal kehancuran dan kekejaman. Ia ingin memperluas dimensi gelapnya dan menaklukkan semua multiverse.

Pada awalnya, Dormammu sangat menikmati pembuat Strange berada di jurang kematian. Hingga ia terjebak dalam putaran waktu yang diciptakan oleh Strange. Meski kejam, Dormammu memiliki rasa hormat yang tinggi, ia benar-benar memegang janjinya pada Strange.

3. Satana Hellstrom

musuh doctor strange_Satana Hellstrom_

Satana Hellstrom atau Setan adalah makhluk magis yang terlahir dengan kemampuan supernatural. Sebagai hibrida manusia dan succubus, sejak lahir ia sudah dipersiapkan sebagai penjahat.

Satana hidup di neraka dengan ayahnya. Barulah saat dirinya dewasa, Satana dibuang ke bumi oleh succubus. Di sinilah Satana mulai mengkonsumsi jiwa manusia dengan tipu daya sihirnya. Jiwa-jiwa ini dijadikan sumber kekuatannya.  

Lalu, bagaimana Satana dan Doctor Strange bisa bermusuhan? Semua berawal ketika Basilisk mendekatinya. Dari sini ia mengetahui, kalau Doctor Strange menggunakan Shartra's Book of the Damned yang membuatnya dikutuk jadi manusia serigala.

Mengetahui Strange sangat penting, Satana membantu Strange terbebas dari kutukan. Namun, setelahnya Satana memilih kembali ke sisi gelap.

4. Nightmare

musuh doctor strange_Nightmare_

Seperti namanya, Nightmare adalah penguasa alam bawah sadar yang dijuluki dengan nama Fear Lord. Sebagai penguasa dimensi mimpi, ia mendapatkan energi dengan menarik kekuatan manusia lewat mimpi.

Terkadang, Nightmare berusaha menyesatkan manusia dalam mimpinya. Hal inilah yang membuat manusia harus memilih: mencari jalan keluar atau bergabung dengannya.

Musuh Nightmare yang paling besar adalah Doctor Strange, meski ia pernah berhadapan dengan pahlawan super lainnya dari Marvel.

Bertemu saat datang ke mimpi pejabat korup, Nightmare takut Doctor Strange mengetahui kelemahannya. Makanya ia berusaha membunuh Strange dengan segala cara, salah satunya masuk ke dimensi mimpi dan melawan Strange disana.

5. Mephisto

musuh doctor strange_Mephisto_

Mephisto dan Doctor Strange sepertinya akan sulit untuk dipisahkan. Berdasarkan komiknya, mereka sudah 12 kali bertemu selama bertahun-tahun. Mephisto diketahui sebagai perwujudan tradisional dari iblis yang menguasai Neraka.

Pertemuan keduanya berawal dari Strange yang menolak James Mandarin yang begitu terobsesi menjadi muridnya. Kecewa dengan penolakan Strange, Mephisto yang berwujud setan, menawarkannya sebuah kerjasama dengan Mandarin.

Namun, Mephisto malah merasuki tubuh Mandarin dan menjadikannya sebagai alat untuk membunuh Strange. Untungnya usaha Mephisto ini kembali gagal. Ia pun kembali ke neraka dan Strange memutuskan untuk menghapus semua ingatan Mandarin.

6. Umar

doctor strange_Umar_

Tak kalah merepotkan dengan saudara kembarnya, Dormammu, Umar adalah penyihir jahat yang berhasil bikin Doctor Strange kewalahan. Berasal dari dimensi Faltine, Umar memiliki kemampuan sihir dan tingkat kekejaman yang luar biasa.

Berbeda dengan Dormammu yang tidak memiliki tubuh fisik, Umar tetap berada di tubuh fisiknya sebagai seorang wanita. Namun, tubuh fisiknya ini yang menjadi kelemahan terbesarnya.

Awalnya Umar membantu kakaknya untuk membalaskan dendam pada Strange. Di sisi lain, Umar telah menikah dan memiliki putri bernama Clea yang beraliansi dengan Doctor Strange. Demi menyelamatkan anak, Umar memilih untuk membantu Strange untuk terbebas dari pengaruh sang kakak.

7. Doctor Doom

villain doctor strange_Doctor Doom_

Doctor Doom adalah salah satu musuh terbesar yang pernah dimiliki oleh Doctor Strange. Sebelum bermusuhan, Doctor Doom dan Strange sempat bekerjasama untuk membebaskan Ibu Doom dari Mephisto.

Doctor Doom memiliki banyak sekali pengikut, memiliki kemampuan untuk mengendalikan sihir hingga mistisme, tapi kehidupannya sangat miris. Hal inilah yang membuat ia dan Doctor Strange saling berbenturan.

Adu kekuatan dari keduanya menyuguhkan pertarungan yang luar biasa. Makanya Doctor Doom disebut sebagai salah satu musuh terbesar yang dimiliki oleh Doctor Strange. Belum lagi, Doctor Doom dapat melakukan hal mengerikan apapun untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

8. Dweller-in-Darkness

villain doctor strange_Dweller-in-Darkness_

Dweller-in-Darkness memang salah satu musuh Doctor Strange terkuat yang diperlihatkan di komik. Berusia 10.000 tahun, Dweller-in-Darkness berasal dari alam semesta yang lebih tua.

Sosok jahat ini pertama kali muncul dan membuat masalah di Atlantis Kuno. Hingga Agamotto menjebaknya dan mengirim Dweller-in-Darkness  ke sebuah dimensi di mana penghuninya tidak bergerak.

Namun, Dweller-in-Darkness tumbuh semakin kuat, hingga penjahat ini berhasil kabur dari dimensi tersebut. Untuk memperkuat diri, Dweller-in-Darkness sengaja membuat pasukan bernama D’Spayre. Ketertarikan Dweller-in-Darkness pada Doctor Strange berawal ketika ia melihat penyihir itu tidak memiliki rasa takut.

9. Imperator

villain doctor strange_Imperator_

Imperator adalah pemimpin dari Empirikul penghancur sihir yang hampir saja membinasakan Doctor Strange. Kok bisa? Tinggal di dimensi bernama Shuma-Gorath dan disembah layaknya Dewa, Imperator mengabdi pada sains dan menolak sihir dalam hidupnya.

Bagi Imperator, sihir sama seperti kanker yang berbahaya bagi alam semesta dan harus dibasmi hingga ke akarnya. Makanya Imperator memburu para penyihir dari berbagai dimensi dan membunuh mereka dengan kejam.

Saat sampai di dimensi Doctor Strange, Imperator menyerang beberapa landmark magis terkuat yang ada di bumi. Meski sudah menghisap semua sihir di Bumi, Doctor Strange tetap tidak berdaya untuk melawan kekuatan Imperator.

10. Vlad Dracula

musuh doctor strange_Vlad Dracula_

Musuh terakhir yang tidak bisa kita lewatkan adalah Vlad Dracula. Dikenal dengan nama Count Dracula, ia adalah penyihir dan bangsawan yang jadi penguasa tertinggi para Vampir. Usianya sudah sangat tua, namun Bangsa Vampir baru membawanya masuk dalam konflik dengan Avengers.

Dalam komik Doctor Strange #59-62, vampirisme tengah menguasai dunia. Untuk mengatasi hal ini, Doctor Strange membantu Blade the Vampire Hunter untuk mengakhiri teror tersebut.

Demi mengalahkan Drakula, Doctor Strange harus berurusan lagi dengan Darkhold. Dalam buku tersebut ada mantra bernama Montesi yang bisa membunuh seluruh vampire di Bumi. Demi menyelamatkan diri, Dracula menggunakan berbagai cara untuk mengalahkan Strange dan Blade.

Inilah beberapa musuh terkuat Doctor Strange yang mungkin belum banyak diketahui oleh para penggemar Marvel.

Selain 10 musuh yang sudah kami jelaskan, sebenarnya masih banyak musuh Doctor strange lainnya yang ditampilkan dalam komik. Tapi, beberapa musuh di atas disinyalir menjadi musuh Doctor Strange yang kemungkinan tampil dalam versi film.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram