logo web

10 Pemeran Alice in Wonderland yang Unik dan Menggemaskan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Alice in Wonderland menjadi salah satu film bergenre fantasi yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Alice yang masuk ke sebuah dunia bernama Wonderland. Dunia itu dipenuhi dengan mahluk-mahluk unik yang mustahil ditemukan di dunia nyata. 

Lalu siapa saja mahluk-mahluk ajaib yang ditemui oleh Alice di Wonderland? Ini dia sepuluh karakter dalam film Alice in Wonderland dengan keunikannya masing-masing. 

1. Alice Kingsleigh (Mia Wasikowska) 

pemeran-alice-in-wonderland-1_

Seperti judulnya, pemeran utama dalam film Alice in Wonderland ini adalah tokoh Alice yang diperankan oleh aktris Mia Wasikowska. Alice digambarkan sebagai sosok gadis yang penuh rasa ingin tahu dan memiliki daya imajinasi tinggi.

Sejak kecil, Alice selalu memimpikan hal yang sama dan bertemu dengan mahluk-mahluk aneh di mimpinya. 

Pada hari pertunangannya, Alice mengikuti seekor kelinci berjas yang membawanya ke sebuah dunia bernama Wonderland atau Underland. Alice bertemu mahluk-mahluk aneh yang selama ini ia temui di mimpinya. Sesuai dengan ramalan, Alice akhirnya berhasil membunuh Jabberwocky dan mengembalikan kedamaian di Wonderland. 

2. Hatter (Johnny Depp) 

pemeran-alice-in-wonderland-2_

Tokoh Hatter yang diperankan oleh aktor Johnny Depp sebenarnya memiliki nama Tarrant  Hightopp. Ia memiliki penampilan unik mirip badut lengkap dengan topi kebanggaannya. Hatter juga dikenal sebagai pembuat topi untuk para ratu. Di Wonderland, Hatter memihak pada Ratu Putih dan memimpin rakyat lainnya untuk memerangi Ratu Merah. 

Hatter juga yang membantu dan menemani Alice selama berada di Wonderland. Demi bisa mengantarkan Alice bertemu Ratu Putih, Hatter mengorbankan dirinya untuk ditangkap Ratu Merah.

Hatter akhirnya berhasil menyelamatkan diri dan keluar dari istana Ratu Merah dan merayakan kemenangan Alice dengan menari seperti janjinya. 

3. Ratu Merah / Iracebeth of Crims (Helena Bonham Carter) 

pemeran-alice-in-wonderland-3_

Sosok antagonis di film Alice in Wonderland adalah Iracebeth of Crims yang diperankan oleh aktris Helena Bonham Carter. Iracebeth juga dikenal sebagai Ratu Merah yang tinggal di Istana Crims. Ratu Merah memiliki karakter fisik berupa kepalanya yang besar, tubuhnya yang mungil, dan rambutnya yang berwarna merah. 

Ratu Merah juga dikenal memiliki sifat yang kejam dalam memerintah rakyatnya. Ia merebut mahkota milik Ratu Putih dan membuat Wonderland menjadi dunia yang terasa begitu mengerikan. Pada hari Frabjous yang telah diramalkan, Ratu Merah akhirnya mengalami kekalahan dan ia pun dihukum dengan hukuman pengasingan. 

4. Ratu Putih / Mirana of Marmoreal (Anne Hathaway) 

pemeran-alice-in-wonderland-4_

Tokoh Ratu Putih yang diperankan oleh aktris Anne Hathaway merupakan ratu sebenarnya dari Wonderland. Ia memiliki nama asli Mirana yang tinggal di istana Marmoreal. Ratu Putih sebenarnya adalah adik dari Ratu Merah, namun ia memiliki sifat yang begitu baik, bijaksana, dan dicintai oleh rakyatnya di Wonderland. 

Mahkota milik Ratu Putih direbut oleh Ratu Merah sehingga membuatnya kehilangan kekuasaan. Sesuai dengan ramalan, Alice pun datang dan membantu Ratu Putih untuk melawan Ratu Merah. Melalui kemenangan Alice, Ratu Putih pun akhirnya bisa kembali memiliki mahkotanya dan menjadi penguasa asli dari Wonderland. 

5. Ilosovic Stayne (Crispin Glover) 

pemeran-alice-in-wonderland-5_

Ratu Merah diceritakan memiliki seorang ksatria dan tangan kanan yang setia. Ia adalah Ilosovic Stayne yang diperankan oleh aktor Crispin Glover. Stayne merupakan prajurit yang tampak kejam dan kuat, sehingga ia ditakuti oleh para rakyat di Wonderland. Ratu Merah pun begitu mencintai Stayne dan menaruh hati padanya. 

Stayne pula yang menangkap Hatter dan membawanya ke istana Ratu Merah. Saat Alice datang dan menyamar sebagai Um ke istana Ratu Merah, Stayne mengungkapkan rasa Sukanya pada Alice sehingga membuat Ratu Merah cemburu. Di akhir film, Stayne diperintahkan Ratu Putih untuk ikut menemani Ratu Merah ke pengasingannya. 

6. Tweedledee & Tweedledum (Matt Lucas) 

pemeran-alice-in-wonderland-6_

Aktor Matt Lucas memerankan dua karakter dalam film ini. Dua karakter itu adalah si kembar yang bernama Tweedledee dan Tweedledum. Meskipun diceritakan sebagai kembar, namun keduanya justru tak pernah memiliki pemikiran yang sepaham. Tweedledee dan Tweedledum selalu mengatakan hal-hal yang saling berlawanan satu sama lain. 

Tweedledee dan Tweedledum memiliki fisik yang gendut yang mungil, dengan kostum yang mirip satu sama lain. Keduanya bahkan tak bisa dibedakan satu sama lain. Saat Alice pertama kali datang ke Wonderland, Tewedledee dan Tweedledum juga menyaksikan bagaimana Alice berhasil keluar dari pintu yang membawanya menuju Wonderland. 

7. Absolem (Alan Rickman) 

pemeran-alice-in-wonderland-7_

Absolem merupakan seekor ulat biru yang selalu tampak bijaksana. Pengisi suara karakter Absolem ini adalah Alan Rickman. Absolem juga yang menentukan apakah Alice yang dibawa ke Wonderland tersebut adalah Alice yang tepat ataupun Alice yang salah.

Saat Alice pertama kali datang ke Wonderland, para penghuni Wonderland langsung membawanya menghadap Absolem. 

Absolem hanya muncul di hadapan Alice pada momen-momen tertentu saja, namun kehadirannya memiliki peranan penting yang mempengaruhi pemikiran Alice.

Saat bertemu dengan Alice terakhir kali, Absolem berubah menjadi kepompong dan memberi sebuah nasihat yang menyadarkan Alice bahwa Wonderland adalah dunia nyata yang berasal dari ingatannya. 

8. Cheshire (Stephen Fry) 

pemeran-alice-in-wonderland-8_

Aktor Stephen Fry menjadi pengisi suara karakter Cheshire dalam film ini. Cheshire merupakan seekor kucing yang bisa berbicara, terbang, dan memiliki kemampuan untuk menghilang. Saat Alice berlari kebingungan, ia bertemu dengan Cheshire yang kemudian membawanya bertemu dengan Hatter. 

Cheshire merupakan pihak yang membela Ratu Putih. Dengan kemampuan menghilangnya, Cheshire banyak membantu Alice dan teman-temannya untuk bisa melarikan diri dari Ratu Merah.

Cheshire pula yang membuat Hatter bisa kabur dari eksekusi mati di istana Ratu Merah dan mengambil kembali mahkota Ratu Putih setelah Jabberwocky dikalahkan. 

9. Mallymkun (Barbara Windsor) 

pemeran-alice-in-wonderland-9_

Selain si kembar Tweedledee dan Tweedledum, sosok lain yang menemui Alice saat pertama kali datang ke Wonderland adalah Mallymkum. Mallymkum merupakan seekor tikus putih yang bisa berbicara dengan pengisi suaranya adalah aktris Barbara Windsor. Meski memihak Alice, Mallymkun seringkali tampak sinis terhadap Alice. 

Mallymkun selalu mengira jika Alice yang datang ke Wonderland tersebut adalah Alice yang salah dan bukan Alice yang disebutkan di ramalan akan membunuh Jabberwocky. Saat Alice berada di istana Ratu Merah, Mallymkun juga datang untuk menyelamatkan Hatter, meski akhirnya ia ikut tertangkap dan sempat ditahan Ratu Merah. 

10. Bayard (Timothy Spall) 

pemeran-alice-in-wonderland-10_

Aktor Timothy Spall menjadi pengisi suara karakter Bayard, seekor anjing yang patuh pada perintah Stayne dibawah kekuasaan Ratu Merah. Selayaknya seekor anjing, Bayard memiliki kemampuan untuk melacak sesuatu. Saat Ratu Merah mencari Alice, Stayne memerintahkan Bayard untuk melacak keberadaan Alice. 

Bayard mau melakukan hal itu dengan janji bahwa kelak ia dan seluruh keluarganya akan dibebaskan oleh Ratu Merah. Kemampuan melacak Bayard berhasil membuat Hatter tertangkap.

Namun Alice berhasil membujuk Bayard agar berpihak kepada Ratu Putih dan membantunya untuk bisa bertemu dengan Ratu Merah untuk menyelamatkan Hatter. 

Itulah sepuluh karakter unik yang ada dalam film Alice in Wonderland. Dari semua karakter di film ini, siapakah yang menurutmu paling unik dan kamu sukai? Ceritakan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram