logo web

8 Pemeran Film Spiderhead, Duet Chris Hemsworth dan Miles Teller

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Sutradara Joseph Kosinski yang baru saja sukses lewat Top Gun: Maverick melanjutkan kerjanya dengan mengarahkan film yang menjadi kolaborasi ketiganya bersama aktor Miles Teller, Spiderhead.

Mengusung tema fiksi ilmiah di masa depan yang dekat, film ini mencoba menampilkan kisah praktik eksperimen medis kepada manusia.

Naskahnya ditulis oleh Rhett Reese dan Paul Wernick yang juga pernah menyusun naskah untuk film Netflix lainnya, 6 Underground (2019).

Mereka mengembangkan cerita pendek karya George Saunders dengan pendekatan psikologis dan trauma masa lalu. Melakukan syuting di masa pandemi Covid-19 di Australia, film ini memiliki pemeran dalam jumlah yang minim.

Mungkin beberapa diantaranya sudah kita kenal dengan baik, tapi tidak ada salahnya kita ulas lagi dengan menitikberatkan pada karakter yang mereka bawakan. Yuk, langsung saja ditelusuri artikel berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Spiderhead, Eksperimen di Penjara Distopia

1. Steve Abnesti (Chris Hemsworth)

Steve Abnesti (Chris Hemsworth)

Steve Abnesti adalah pemilik fasilitas eksperimen Spiderhead. Sosoknya yang simpatik dan ramah membuat para tahanan yang menjadi objek eksperimen merasa nyaman.

Dia dekat dengan asistennya Mark, meski sering pula menyepelekan peran Mark dalam eksperimen ini. Walau itu hanya hal kecil saja, seperti kopi yang belum diisi ulang.

Steve memiliki buku catatan kecil dimana semua hasil dan rencana eksperimen ditulis di dalamnya. Dia memperlakukan Jeff secara istimewa, berbeda dengan tahanan lainnya. Bahkan Jeff sering dimintai pendapat dan diajak berdiskusi tentang eksperimen ini.

Tapi ternyata Steve menyimpan misteri yang selalu disembunyikan. Oleh karena itu, dia sering berbohong kepada orang-orang disekitarnya. Selain tentang rencana eksperimen, efek buruk serum, dan kepemilikan perusahaan, Steve juga berbohong tentang lama masa tahanan para penghuni fasilitas itu.

Masa lalunya sedikit diceritakan oleh Steve sendiri. Dia ditinggal oleh ayahnya seorang diri dengan menitipkannya di panti asuhan tanpa menjemputnya lagi.

Kejadian ini membuat mentalnya menjadi dingin sehingga dia tidak peduli dengan nyawa para objek eksperimen. Sudah cukup lama kita tidak melihat Chris Hemsworth di layar film. Terakhir kali kita lihat aksinya di film Netflix Extraction (2020).

Di film Spiderhead, selain berakting, Hemsworth juga bertindak sebagai salah satu produsernya. Aktingnya cukup baik dan berhasil menampilkan sosok ilmuwan yang fashionable. Sayang, karakternya dibuat dangkal, sehingga kesan misteriusnya mudah ditebak.

2. Jeff (Miles Teller)

 Jeff (Miles Teller)

Sebagai salah satu tahanan dan objek eksperimen di Spiderhead, Jeff mendapat perlakuan yang istimewa dari Steve. Selain selalu dimintai saran dan pendapat, Jeff juga bisa menemui Steve dimana saja tanpa harus meminta izin sebelumnya.

Jeff mulai merasakan ada hal yang ganjil dari eksperimen ini ketika dia dimintai saran perihal siapa yang akan disuntikkan Darkenfloxx. Tetapi setiap kali meminta penjelasan dari Steve, dia selalu mendapat jawaban bahwa ini adalah perintah dari atasan Steve.

Dan ketika Jeff mengetahui bahwa Steve adalah pemilik perusahaan dan fasilitas Spiderhead, dia mulai berniat membongkar misteri eksperimen ini.

Jeff memiliki trauma dari masa lalu akibat dari kecelakaan yang membuatnya menjalani hukuman penjara. Jeff mengemudikan mobil bersama seorang teman dan kekasihnya dalam keadaan mabuk.

Mobilnya lalu menabrak pohon dan meledak dimana hanya dia yang berhasil keluar dari mobil itu. Jeff jatuh cinta kepada Lizzy. Mereka pun selalu bersama di waktu luang, berbincang dan tertawa.

Saat Jeff mengetahui rencana Steve atas eksperimen ini, orang pertama yang dia beri tahu adalah Lizzy. Jeff berhasil menyadarkan Mark untuk pergi dari fasilitas itu sebelum dia menjalankan rencana nekatnya.

Spiderhead adalah film ketiga kerja sama antara Miles Teller dengan Joseph Kosinski. Karakternya cenderung pendiam dan penuh dengan kegalauan.

Kebahagiaannya hadir hanya saat bersama Lizzy saja. Miles Teller cukup sering memerankan karakter seperti Jeff yang dibayangi rasa bersalah atas masa lalunya, sehingga dia cukup bisa menjiwainya dengan baik.

3. Lizzy (Jurnee Smollett)

Lizzy (Jurnee Smollett)

Lizzy adalah salah satu tahanan yang dekat dengan Jeff dalam kesehariannya. Mereka sering membuat kue sebagai camilan bagi tahanan lainnya. Sebenarnya Lizzy bukanlah objek eksperimen, tetapi petugas kebersihan dan konsumsi di fasilitas itu. Terlihat dia hanya sekali masuk ke ruang eksperimen.

Lizzy dipenjara karena dianggap telah melakukan pembunuhan kepada anaknya sendiri yang masih berusia 9 bulan. Dia lupa meninggalkan anaknya di dalam mobil yang dia tinggal untuk bekerja.

Perasaan sedihnya baru dia nyatakan saat Jeff dipaksa menyuntikkan Darkenfloxx. Pemeran Black Canary di film Birds of Prey (2020) ini tampil cukup baik, meski hanya di adegan terakhir saja.

Sebelum sampai ke adegan tersebut, aktingnya terkesan biasa saja sebagai penambal cerita. Selain itu, Smollett tidak bisa membangun chemistry yang padu di layar dengan Miles Teller.

4. Mark Verlaine (Mark Paguio)

Mark Verlaine (Mark Paguio)

Asisten dari Steve ini lebih banyak diam ketika satu ruangan dengan bosnya. Padahal di awal film kita melihat mereka sangat senang dengan keberhasilan eksperimen yang dilakukan. Tapi semakin cerita masuk lebih dalam, Mark lebih banyak bungkam dan pasrah dengan ledakan emosi Steve.

Sebenarnya dia sedang merasakan keresahan hati, dilema moral atas eksperimen yang dilakukannya. Meski selalu menjalankan setiap perintah Steve, Mark selalu berusaha untuk menolak tapi tidak bisa.

Sampai akhirnya dia menerima nasihat Jeff untuk meninggalkan pulau dan melaporkan kegiatan di fasilitas ini kepada polisi. Mark Paguio adalah aktor pendatang baru yang belum banyak bermain film, tapi aktingnya di film ini cukup baik.

5. Heather (Tess Haubrich)

Heather (Tess Haubrich)

Heather adalah salah satu tahanan yang menjadi objek eksperimen di fasilitas Spiderhead. Dia pernah disuntikkan Luvactin yang membuatnya bercinta dengan Jeff.

Di eksperimen lainnya, dia hendak disuntikkan Darkenfloxx, tapi ditolak oleh Jeff ketika diminta menjatuhkan pilihan. Dia juga pernah diminta memilih siapa antara Jeff dan Rogan yang hendak disuntikkan serum berbahaya itu.

Tapi pada akhirnya, Heather dipilih oleh Steve untuk disuntikkan Darkenfloxx. Dijanjikan hanya berlangsung selama 5 menit saja.

Tapi sebelum waktu berakhir, Heather sudah membunuh dirinya sendiri dengan melukai lehernya menggunakan patahan kaki meja.

Heather diperankan oleh Tess Haubrich, model dan aktris asal Australia. Sebenarnya dia sudah sering tampil di film-film besar, meski hanya sebagai figuran.

Antara lain di The Wolverine (2013) dan Alien: Covenant (2017). Karakternya di film Spiderhead sebenarnya sangat kecil, tapi cukup memberikan efek kejut yang menegangkan saat Heather disuntikkan Darkenfloxx.

6. Angie Milliken

Angie Milliken

Sarah adalah salah satu tahanan yang juga menjadi objek eksperimen di fasilitas Spiderhead. Penampilannya yang acak-acakan dengan sifat urakan sempat membuat Jeff sedikit enggan.

Tapi ketika Luvactin sudah disuntikkan, mereka lupa diri dan mulai memuaskan birahi. Di eksperimen lain, dia menjadi satu dari dua pilihan untuk disuntikkan Darkenfloxx.

Angie Milliken adalah aktris Australia yang pernah tampil di film The Condemned (2007) dan Jungle (2017). Hanya tampil sepintas, aktingnya tidak begitu menonjol, karena tidak ada pengembangan untuk karakternya dalam cerita film ini.

7. Rogan (Nathan Jones)

Rogan (Nathan Jones)

Sebagai tahanan dan objek eksperimen di Spiderhead, Rogan juga disuntikkan berbagai serum yang sama dengan tahanan lainnya.

Dia sempat berada satu ruangan dengan Jeff dimana mereka belum tahu akan disuntikkan serum yang mana. Rogan dan Jeff bukanlah teman di dalam fasilitas ini, tapi mereka juga tidak saling bertikai.

Nathan Jones adalah mantan pegulat WWE. Dia pernah berakting di film The Protector (2005) melawan Tony Jaa dan Fearless (2006) sebagai lawan dari Jet Li.

Dia tidak mengucapkan satu patah kata pun di film Spiderhead, hanya menampakkan ekspresi menakutkan di wajahnya yang penuh tattoo.

8. Emma (BeBe Bettencourt)

Emma (BeBe Bettencourt)

Emma adalah kekasih Jeff yang tewas dalam kecelakaan mobil yang membuat Jeff dijebloskan ke dalam penjara. Terlihat Emma sangat mencintai Jeff dan tidak mau lepas darinya.

Sehingga ketika Jeff hendak pergi sebentar dari pesta bersama temannya, Emma memilih untuk ikut. Karena Jeff mengemudi dalam keadaan mabuk, Emma menjadi korban dari kelalaian kekasihnya itu.

Bebe Bettencourt adalah aktris Australia yang pernah tampil apik di film The Dry (2020). Karakternya hanya tampil dua kali dalam adegan kilas balik sebagai latar belakang kehidupan masa lalu Jeff.

Jika merasa familiar dengan nama keluarganya, memang dia adalah putri dari gitaris Extreme, Nuno Bettencourt.

Itulah 8 aktor dan aktris yang bermain di film Spiderhead. Diproduksi di masa pandemi Covid-19, membuat film ini tidak memiliki jumlah pemeran yang banyak.

Dan mungkin karena itu pulalah, potensi film ini tidak bisa digali dengan baik. Bagi kalian yang menyukai film sci-fi beraroma psikologis, maka film ini bisa dimasukkan ke dalam watchlist yang bisa kalian tonton di waktu luang.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram