logo web

8 Pemeran The Social Network, Film tentang Mark Zuckerberg

Ditulis oleh Siti Hasanah

Film The Social Network yang dirilis pada tahun 2010 bercerita seputar pendirian Facebook dan kasus hukum yang menjerat Mark Zuckerberg. Dia dianggap sudah mencuri ide dari Winklevoss bersaudara.

Tak hanya dengan si kembar Winklevoss, Mark juga berseteru dengan teman baiknya sendiri, Eduardo Saverin yang menjadi penyuplai dana untuk Facebook.

Di film ini, Mark yang diperankan oleh Jesse Eisenberg, digambarkan sebagai orang yang benar-benar menyebalkan. Tak hanya mulutnya yang tajam, dia juga sangat sinis.

Tak mengherankan jika akhirnya dia diputuskan oleh pacarnya dan tak memiliki banyak teman meski dia sukses menjadi seorang miliuner muda. Penasaran siapa saja pemeran The Social Network yang lainnya? Berikut ulasannya.

1. Jesse Eisenberg (Mark Zuckerberg)

Pemeran The Social Network_Jesse Eisenberg – Mark Zuckerberg_

Karakter Mark Zuckerberg yang diperankan oleh Jesse Eisenberg di film ini digambarkan sebagai orang yang sangat tidak menyenangkan, baik untuk temannya juga pacarnya.

Di awal film diperlihatkan bagaimana Mark bersitegang dengan pacarnya, Erica. Mark ingin Erica mendukungnya untuk masuk Final Clubs supaya dia bisa bertemu dengan orang-orang penting.

Menurut Erica, Mark sudah terlalu terobsesi dan baginya akan lebih baik jika Mark melakukan sesuatu yang luar biasa agar orang mengenal Mark.

Karena Mark orang yang sinis dan bermulut pedas, responsnya terhadap ucapan Erica malah berupa hinaan sehingga membuat Erica sakit hati. Pacarnya tersebut langsung meminta putus darinya.

Dia pun melancarkan serangan pada Erica dengan mencaci Erica di blog pribadinya. Sambil menulis blog itu, dia kemudian terpikir membuat sebuah situs yang dia beri nama Facemash.com. Untuk membuat situs itu dia meretas database dari perkumpulan lain di Harvard. 

Situsnya ternyata menarik banyak peminat sehingga banyak orang yang membukanya. Akibatnya, jaringan internet Harvard mengalami kerusakan. Mark pun dipanggil pihak kampus dan mendapatkan sanksi 6 bulan masa percobaan akademik.

Ternyata karena ulahnya itu Mark menjadi terkenal, sehingga Winklevoss bersaudara dan Divya Narendra mengajaknya untuk bergabung dan membesarkan TheHarvardConnection.com.

Mark setuju untuk bergabung, tapi dia akhirnya malah mengembangkan situs web sendiri yang diberi nama The Facebook. Untuk pendanaan, dia meminta bantuan temannya Eduardo Saverin. 

The Facebook rupanya menarik perhatian Sean Parker, sang pendiri Napster. Mark akhirnya bertemu dengannya dan tertarik dengan ide-ide Sean.

Nama Facebook tanpa The pun merupakan ide dari Sean. Tanpa memberi tahu Eduardo, Mark memasukkan Sean ke dalam tim. Berkat Sean juga akhirnya Facebook mendapatkan investor besar. Namun, karena itu pula hubungannya dengan Eduardo menjadi bermasalah.

Eduardo merasa Mark sudah menyingkirkannya. Buntut perseteruannya itu, Mark dituntut oleh Eduardo. Tak hanya Eduardo, Mark juga bermasalah dengan Winklevoss bersaudara yang menuntutnya. Di akhir cerita Mark memberikan penggantian pada Eduardo dan si kembar Winklevoss. 

2. Andrew Garfield (Eduardo Saverin)

Pemeran The Social Network_Andrew Garfield – Eduardo Saverin_

Eduardo Saverin merupakan teman Mark. Dia membantu Mark menemukan algoritma untuk Facemash yang dibuat oleh Mark. Berkat algoritma darinya, Facemash berhasil tercipta dan membuat kehebohan di Harvard.

Keduanya kemudian bekerja sama membuat The Facebook.com. Eduardo sendiri lebih banyak membantu di bidang keuangan. Jika Mark butuh dana maka dia akan menyiapkannya.

Tak mengherankan jika Eduardo bisa menyuplai dana untuk proyek mereka karena Eduardo selain berasal dari keluarga kaya, juga berhasil mendapatkan uang sebesar 300.000 dolar AS.

Uang tersebut dihasilkan berkat investasi di minyak berjangka panjang. Itu semua berkat kemampuannya memprediksi pola badai. Diketahui memang Eduardo memiliki minat pada meteorologi. 

Eduardo menginvestasikan uangnya sebesar 1.000 dolar AS di awal pendirian Facebook. Mark pun mengangkat dirinya menjadi Chief Finansial Officer (CFO) atau direktur keuangan. Ketika Mark mengajaknya bertemu dengan Sean, Eduardo tidak senang karena mengetahui reputasi Sean. 

Saat Mark pindah ke California dan Eduardo ke New York untuk mendatangi institusi periklanan agar bisa mendapatkan dana, Mark memasukkan Sean ke dalam tim. Mengetahui fakta itu, Eduardo komplain pada Mark.

Namun, Mark mengatakan Sean bisa membantunya mendapatkan investor. Sayangnya, Eduardo tetap keberatan karena Sean ikut dalam pembuatan keputusan untuk Facebook. Hal inilah yang membuat Eduardo membekukan rekening bank perusahaan.

Namun, saat Mark mengatakan dia mendapatkan investasi sebesar 500.000 dolar AS dari Peter Thiel, Eduardo akhirnya mengalah. Akan tetapi, ternyata kesepakatan itu membuatnya kehilangan saham di Facebook hingga jadi 0,03% dari asalnya 34%. Dia pun bersumpah untuk menuntut Mark.

Akhirnya Eduardo berhasil mendapatkan uang yang dituntutnya. Namanya juga dikembalikan lagi sebagai Co-founder dari Facebook.

Baca juga: 10 Film Keren dan Seru yang Diperankan Andrew Garfield

3. Justin Timberlake (Sean Parker)

Pemeran The Social Network_Justin Timberlake – Sean Parker_

Sean Parker merupakan seorang jutawan pendiri Napster, situs berbagi musik seperti Spotify saat ini. Namun karena tuntutan dari para pemegang hak cipta, akhirnya dia menutup situs tersebut.

Secara tidak sengaja dia menemukan The Facebook saat berada di tempat tinggal perempuan yang dia ajak berkencan. Dia langsung tertarik pada situs itu dan menghubungi Mark.

Di akhir pertemuan tersebut, Sean mengajukan ide pada Mark agar menghilangkan The di awal kata Facebook. Ide itu kemudian dituruti oleh Mark.

Sean membantu Mark mendapatkan investor sehingga Facebook bisa berkembang. Namun kebiasaannya dengan narkotika dan perempuan di bawah umur membawanya pada masalah. Dia pun ditangkap oleh polisi.

4. Rooney Mara (Erica Albright)

Pemeran The Social Network_Rooney Mara – Erica Albright_

Diceritakan di awal film, Erica adalah pacar Mark. Namun dia segera meminta putus dengan Mark karena tak tahan mendengar hinaan Mark.

Mark ingin Erica mendukungnya masuk Final Clubs sehingga Mark bisa membawa dirinya bertemu orang-orang yang penting yang akan berguna baginya. Tentu saja ini membuatnya marah sehingga meminta putus pada Mark.

Erica menjadi tambah murka saat Mark mengatakan kalau Erica tak perlu belajar karena dia hanya mahasiswi Universitas Boston. Balasan Erica pada Mark pun semakin pedas. Menurut Erica, Mark dijauhi perempuan bukan karena dia seorang kutu buku, tapi karena dia seorang yang menyebalkan.

Di saat Mark sudah berhasil membuat Facebook, keduanya bertemu lagi. Saat itu Erica bersama teman-temannya. Meski Mark terus memaksa untuk mengajaknya berbicara berdua saja, Erica dengan tegas menolaknya.

Dia mengingatkan Mark akan umpatan yang dia tulis di blog Mark mengenai dirinya. Sikapnya tersebut membuat Mark akhirnya meninggalkannya.

5. Brenda Song (Christy Lee)

Pemeran The Social Network_Brenda Song – Christy Lee_

Christy Lee yang diperankan oleh Brenda Song adalah kekasih Eduardo Saverin. Keduanya bertemu saat Mark dan Eduardo berhasil meluncurkan Facebook. Saat itu Christy dan temannya mengikuti sebuah acara yang juga dihadiri oleh Mark dan Eduardo. 

Ketika acara selesai dan keduanya bertemu di luar, Christy meminta Eduardo untuk menjadi temannya di Facebook dengan mengatakan Facebook me. Setelah itu, Christy jadi terlibat dalam pertemuan yang melibatkan Mark juga Eduardo, seperti ketika bertemu dengan Sean Parker. 

Ternyata sifat Christy membuat Eduardo takut. Dia terlihat begitu posesif dan mudah marah jika Eduardo tidak membalas pesan atau menjawab teleponnya. Terakhir dia membakar hadiah pemberian Eduardo dan tentu saja ini membuat Eduardo ketakutan sekaligus meminta untuk berpisah darinya.

6. Rashida Jones (Marylin Delpy)

Pemeran The Social Network_Rashida Jones – Marylin Delpy_

Rashida Jones yang merupakan anak dari produser dan komposer musik Quincy Jones ini berperan sebagai Marilyn Delphy. Dia adalah salah satu pengacara junior di tim pengacara Mark. Marilyn terlihat beberapa kali menyapa dan berbicara pada Mark. 

Saat Mark mengatakan bahwa dia bukan orang jahat, Marilyn pun memberikan komentarnya. Menurutnya Mark bukan seorang jahat, tapi berusaha keras untuk menjadi orang jahat. Di akhir film, Marilyn menawarkan opsi kepada Mark mengenai tuntutan yang dia hadapi sekarang.

Menurut Marylin, Mark lebih baik membayar orang-orang yang menuntut dirinya daripada harus menyelesaikan kasus ini di pengadilan. Melihat cara Mark berbicara, menurut Marylin Mark tak akan mendapatkan simpati para juri saat sidang nanti.

7. Armie Hammer (Cameron & Tyler Winklevoss)

Pemeran The Social Network_Armie Hammer – Cameron & Tyler Winklevoss_

Armie Hammer memerankan karakter Cameron dan Tyler Winklevoss sekaligus. Namun untuk tubuh Tyler diperankan oleh Josh Pence.

Diceritakan kalau Cameron dan Tyler Winklevoss merupakan saudara kembar identik. Keduanya adalah mahasiswa Harvard yang menjadi anggota Porcellian Club. Selain itu, si kembar ini juga merupakan atlet dayung Olimpiade. 

Sebelum mengajak Mark, si kembar Winklevoss bekerja sama dengan Divya membangun situs web TheHarvardConnection.com yang dikhususkan untuk mahasiswa Harvard. Situs kencan ini kemudian mereka tawarkan kepada Mark untuk dipoles menjadi situs kencan eksklusif.

Kedua kakak adik ini marah saat tahu Mark malah membangun situs TheFacebook.com. Mereka merasa ide mereka telah dicuri oleh Mark. Setelah berusaha untuk menyelesaikan persoalan ini di lingkungan kampus saja dengan tidak membuat tuntutan, mereka akhirnya membawa kasus ini ke meja hijau.

Hal tersebut dipicu oleh fakta bahwa Facebook sudah berhasil mencapai benua Eropa. Si kembar dan Divya sukses mendapatkan penggantian sebesar 65 juta dolar AS.

8. Max Minghella (Divya Narendra)

Pemeran The Social Network_Max Minghella – Divya Narendra_

Karakter yang diperankan oleh Max Minghella bernama Divya Narendra. Dia merupakan teman dan mitra bisnis dari Winklevoss Twins. Bersama si kembar Winklevoss, Divya menjadi salah satu pendiri dari TheHarvardConnection.com. Situs ini merupakan sebuah situs kencan yang ditawarkan kepada Mark. 

Dia adalah anggota Porcellian Club di Harvard. Divya merupakan orang pertama yang menemukan Mark dan memberitahukan pada Winklevoss bersaudara. Begitu tahu Mark mencuri ide timnya, dia begitu murka dan sangat ingin menuntut Mark.

Film The Social Network sukses mendapatkan posisi nomor satu pada debutnya dengan meraup keuntungan sebesar 22,4 juta dolar AS di 2.771 bioskop. Posisi teratas ini berhasil diamankan hingga dua pekan.

Di situs-situs ulasan seperti Rotten Tomatoes dan Metacritic, film ini berhasil meraih rating yang hampir sempurna. Di Rotten Tomatoes skornya 96% dan Metacritic 95.

Meski demikian, reaksi dari Mark Zuckerberg sendiri bertolak belakang dengan para penonton. Dia menganggap film itu tidak menggambarkan fakta sebenarnya.

Yang paling dia setuju dari film itu adalah pakaian yang dikenakan oleh Jesse Eisenberg ketika memerankan Mark. Nah, kalau masih penasaran dengan karakter Mark versi film ini, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca sinopsis dan review film The Social Network.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram