logo web

Sinopsis & Review Cutie Pie 2 You (2023), Pilihan Akhir Kuea

Ditulis oleh Suci Maharani R
Cutie Pie 2 You
2.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Satu lagi drama bergenre boys love asal Thailand terbaru yang sangat dinantikan oleh para penggemar, inilah Cutie Pie 2 You. Sejak meluncurkan trailer pertamanya, media sosial dihebohkan dengan chemistry dan teka-teki soal hubungan Kuea dan Lian Kilen Wang.

Ketika Hia Lian mengutarakan niatnya untuk menikahi Kuea, pria ini justru ingin mengejar impiannya sebagai Kirin. Tak hanya kisah pasangan Kuea dan Hia Lian saja yang bikin penasaran. Kisah cinta Hia Yi dan Khon Diao jadi salah satu perbincangan hangat.

Mulai mengudara pada 6 Januari 2023, Mandee Channel mengumumkan kalau drama ini hanya akan berisikan empat episode. Hal ini membuat penonton kurang puas, sebab empat episode dirasa tidak cukup untuk melepas rindu pada pasangan Zee Pruk dan NuNew.

Lalu, masa depan seperti apa yang ingin Kuea dapatkan? Apakah ia akan terus bersama Hia Lian atau memilih menjalani hidup sebagai Kirin? Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa mencari tahu sinopsis dan ulasan Cutie Pie 2 You hanya di Showpoiler.

Sinopsis

review cutie pie 2 You_Sinopsis_

Memasuki usia 21 tahun, Kuea sudah cukup dewasa untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri. Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah Lian Kilen Wang ada di dalamnya atau Kirin yang menjadi masa depannya?

Episode 1

review cutie pie 2 You_Episode 1_

Menginjak usia 21 tahun, Kuea (NuNew Chawarin) merasa hidupnya sudah benar-benar sempurna. Kini ia tidak perlu berbohong lagi pada Lian Kilen Wang (Zee Pruk) mengenai identitasnya sebagai Kirin. Bahkan, hubungan mereka menjadi lebih hangat dan mesra dari sebelumnya.

Tepat di hari kelulusannya, Hia Lian mendatanginya dengan seikat bunga dan lamaran pernikahan. Tentu saja Kuea merasa bahagia, namun pria ini sempat terdiam sebelum memberikan jawabannya. Ia mengingat kejadian beberapa waktu lalu, tepatnya saat ia dan Nuea melakukan internship.

Kuea memilih untuk bekerja di sebuah bengkel bersama dengan Nuer (Tutor Koraphat). Selama menjalani masa-masa magang, Kuea dan Nuer selalu mendapatkan pujian atas hasil kerjanya.

review cutie pie 2 You_Episode 1_2_

Sebuah insiden sempat membuat Kuea kesal, saat salah satu seniornya berusaha untuk menggodanya. Berbeda dengan sebelumnya, Kuea terlihat lebih dewasa karena bisa mengatasi masalah ini dengan kepala dingin.

Di sisi lain, Kuea tidak pernah berhenti merasa tersanjung dengan berbagai perhatian dan kejutan yang diberikan oleh Hia Lian. Namun, apakah semua perhatian dan kejutan-kejutan ini cukup untuk membuat Kuea yakin?

Serupa tapi tak sama, hubungan asmara antara Hia Yi (Max Kornthas) dan Khon Diao (Nat Natasitt) juga sedang menikmati kisah cinta mereka. Sepertinya masalah di antara mereka sudah terselesaikan dengan baik, sehingga tidak heran kalau hubungan ini terasa lebih bergairah.

Nasib yang berbeda justru dirasakan oleh Nuer, pria ini tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Berawal dari kesalahpahaman, Nuer bingung harus melakukan apa untuk mengatasi Syn (Yim Pharinyakorn).

Ketika Syn menjadi sosok yang terlalu peka dan overthinking, ketenangan Nuer malah bikin situasi makin rumit. Untungnya, mereka bisa menyelesaikan masalah komunikasi ini dengan baik.

Episode 2

cutie pie 2_Episode 2__

Pagi itu Kuea mendapatkan sebuah telepon yang membuatnya begitu bersemangat. Bahkan aksi menari dan menyanyi di pagi hari yang ia lakukan sampai kepergok oleh Hia Lian. Ternyata Kuea mendapatkan telepon dari perwakilan Cosmic Entertainment dari Korea Selatan.

Namun, Kuea tidak berani mengatakan hal ini pada Hia Lian. Satu-satunya orang yang bisa diajak untuk berbicara hanyalah Khon Diao. Sahabat sejatinya itu menjadi tempat paling nyaman bagi Kuea untuk mengungkapkan keluh kesahnya.

Kuea mengatakan, bahwa ia sangat ingin bertemu dan membangun karier sebagai penyanyi. Namun, ia juga tidak ingin membuat impian Hia Lia soal menikah hancur begitu saja karena keegoisannya. Sebagai sahabat, Khon Diao selalu memberikan saran yang membuat Kuea merasa tenang.

Di hari yang sama, Kuea, Khon Diao, Hia Lian dan Hia Yi akan bertemu dan membahas soal pernikahan. Lucunya, baik Kuea dan Hia Lian justru memiliki pemikiran hingga selera soal tema pernikahan yang sangat berlawanan.

Alhasil, Khon Diao dan Hia Yi kembali harus membantu mencari jalan tengah. Kira-kira, pernikahan impian siapa yang akan dikorbankan?

Hari itu Kuea dan Hia Lian terlihat bersemangat untuk melakukan fitting pakaian pernikahan mereka. Sebuah kejutan tiba-tiba menghampiri Kuea, saat Cosmic Entertainment kembali menghubunginya soal tawaran menandatangani kontrak.

Tentu saja Kuea sangat bahagia, tapi ia tidak tahu apakah ini cukup untuk menjadi alasan menghentikan pernikahannya dengan Hia Lian. Hal ini membuat Kuea sangat dilema, di satu sisi ia merasa sangat excited untuk mempersiapkan pernikahan. Di sisi lain, ia memiliki hasrat yang sangat besar untuk berkarier sebagai Kirin.

Kuea tidak bisa tidur semalaman, hingga ia memutuskan untuk memberanikan diri. Malam itu Kuea akhirnya mengatakan, bahwa ia ingin mengejar impiannya sebagai Kirin.

Di tempat lain, Nuer mempertanyakan soal rencana Syn yang ingin segera ditahbiskan. Seperti yang kita tahu, Syn adalah sosok cowok yang sangat taat beragama.

Hal ini membuat Nuer merasa sedih, namun ia tidak ingin memperlihatkannya pada sang kekasih. Syn hanya diam, ia menyimpan segala kekhawatirannya untuk dirinya sendiri.

Episode 3

cutie pie 2 you_Episode 3_

Mendengarkan pengakuan Kuea, Hia Lian tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya. Namun, pria ini menyadari bahwa ia tidak bisa mengekang kebebasan Kuea untuk memilih masa depannya.

Hia Lian bertanya pada Kuea apa yang ingin dilakukannya. Tapi pertanyaan ini malah membuat Kuea menangis. Ia merasa bahwa Hia Lian tidak menginginkan pernikahan ini.

Kuea mengaku bingung, karena ia juga tidak ingin membatalkan pernikahan mereka. Untungnya Hia Lian menjelaskan maksud dari pertanyaannya tadi.

Ia hanya ingin yang terbaik bagi Kuea, karena ia akan tetap bersama Kuea apapun yang terjadi. Hal ini membuat Kuea sangat lega, karena ia bisa melepaskan satu beban yang membuatnya murung beberapa hari terakhir.

cutie pie 2 you_Episode 3_2_

Setelah meyakinkan hatinya, Kuea bisa mempersiapkan pernikahannya dengan Hia Lian dengan hati yang tenang. Bahkan waktu terasa sangat singkat, tanpa mereka sadari tinggal dua hari lagi sebelum pernikahan dilaksanakan.

Sialnya, semua perencanaan pernikahan yang dibuat benar-benar berantakan. Alhasil, Hia Lian meminta bantuan semua orang untuk membuat rencana pernikahan mereka sesuai dengan rencana dan sesuai dengan ekspektasi mereka.

Di hari yang sama, para sahabat Kuea sengaja memberikan kejutan dengan membuat pesta lajang untuknya. Malam itu mereka berpesta dan bergembira.

Sementara untuk Lian Kilen Wang, ia menghabiskan pesta lajang bersama sahabatnya, Yi Phayak. Mereka berbincang cukup panjang, bahkan Yo menanyakan kenapa Lian begitu ingin meresmikan hubungannya dengan Kuea.

cutie pie 2 you_Episode 3_3_

Padahal mereka sama-sama tahu, meskipun pernikahan ini sah, tapi hukum yang ada tidak melindungi haknya. Lian berkata bahwa keputusannya sudah bulat, karena ia ingin memberikan status yang jelas untuk Kuea sekaligus untuk memenuhi janjinya pada kakek.

Baginya pernikahan bukan hanya hukum dan cinta, mereka sudah yakin untuk hidup bersama selamanya dan hal ini sudah cukup baginya.

Ketika Kuea sudah benar-benar siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, rasa bingung justru mendatangi Khon Diao. Ia merasa bingung dengan perasaannya sendiri, apalagi pasca Hia Yi mengungkapkan keinginannya membawa hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius.

Khon Diao terlihat masih belum yakin, apakah ia sudah siap atau tidak menjalani hubungan tersebut.

Dibuka dengan yang “Manis”

review cutie pie 2 You_Episode 1_3_

Episode perdana Cutie Pie 2 You langsung menyuguhkan romantisme dari tiga pasangan utamanya. Tentu saja pasangan Kuae dan Hia Lian tidak pernah gagal membuat para penggemar gemas.

Hal yang paling saya suka, perubahan karakter dari Kuea yang terlihat lebih dewasa. Singkat, tapi saya bisa melihat bagaimana Kuea jauh lebih dewasa, tenang dan berani. Sementara untuk Lian Kilen Wang, perubahannya dari pria cool ke romantis, tetap jadi pesona utamanya.

Hia Yi dan Khon Diao kembali memberikan kesan misterius, karena pasangan ini terkadang bikin bingung. Setidaknya adegan ciuman keduanya di episode perdana ini menunjukkan angin segar kalau hubungan mereka baik-baik saja.

Pasangan terakhir yang mengambil perhatian saya adalah Nuea dan Syn. Rasanya benar-benar melihat pasangan remaja. Sebenarnya agak terasa cringe, tapi saya masih bisa mentolerirnya.

Yang membuat saya terkejut, Syn terlihat seperti tipe pasangan yang posesif dan mudah overthinking. Sementara Nuea justru jadi cowok yang “stay cool” dan bertindak sesuai dengan pemikirannya saja.

Transisi Alurnya Agak Membingungkan

Transisi Alurnya Agak Membingungkan___

Cutie Pie 2 You menjadi satu-satunya drama Mandee Channel yang saya tonton. Sejak drama pertamanya, saya selalu menyukai sinematografi yang diberikan sutradara Aoftion Kittipat Jampa, mulai dari komposisi gambar, transisi kamera hingga tone warna cool yang digunakan.

Jujur saja, drama ini terasa enjoyable dan memberikan kesan intimate pada para penontonnya. Namun, ada saat ketika saya dibuat bingung dengan transisi plot masa sekarang ke masa lalu.

Pasca Lian Kilen Wang mengutarakan ingin menikahi Kuea, plotnya tiba-tiba pindah ke masa internship Kuea. Transisi alur ini membuat saya agak bingung, karena saya kira plot ini mengisahkan Kuea pasca ia lulus kuliah dan mulai menjalani kehidupan dewasanya.

Ternyata alur ini adalah kisah Kuea sebelum ia lulus kuliah dan ditanya soal menikah oleh Lian Kilen Wang. Saya pikir memberikan keterangan “flashback” saat perpindahan latar, rasanya tidak akan merusak nilai estetik gambarnya.

Jadi, ide soal alur maju-mundur di awal tidaklah buruk, hanya saja tolong berikan keterangan yang jelas agar penonton tidak salah paham.

Cutie Pie 2 You memang mengambil premis cerita yang lebih kompleks dari sebelumnya. Kali ini mengisahkan soal masa depan seperti apa yang akan dipilih Kuea. Hadirnya pasangan baru juga berhasil membawa angin segar dan bikin dramanya anti ngebosenin.

Masalah dan Development Karakternya Kurang Menarik

cutie pie 2_Episode 2_2_

Memasuki episode kedua, saya merasa de javu karena Kuea kembali berhadapan dengan masalah yang sama seperti di musim pertama. Cowok tampan dan cute ini berhadapan dengan kejujuran dan kesulitan untuk mengambil keputusan.

Sejujurnya, saya berharap masalah yang lebih serius akan datang di Cutie Pie 2 You. Agak membosankan jika masalah hanya berawal dari Kuea saja. Justru saya berharap kali ini masalah dan rasa bimbang tersebut datang dari Hia Lian.

Di musim pertama, kisah mengenai Hia Lian tidak terlalu banyak di eksplor. Saya berharap, di musim ini karakternya dan kepribadian Hia Lian bisa lebih dieksplor, sehingga berbagai perubahan sikapnya di musim ini terasa lebih menarik dan greget.

Second dan Third Couple Berjaya

cutie pie 2_Episode 2_Second dan Third Couple Berjaya_

Ketika pasangan utamanya bergulat dengan masalah yang sama, justru dua pasangan barunya terlihat luar biasa. Sebut saja hubungan Khon Diao dan Hia Yi yang terlihat semakin mesra.

Sebenarnya saya sangat menikmati chemistry pasangan misterius ini. Sayangnya, hubungan mereka tidak banyak dieksplor karena sejak awal mereka hanya dijadikan sebagai karakter pendukung.

Atau mungkin, hubungan Khon Diao dan Hia Yi sengaja dibuat tanggung karena mereka akan memiliki series-nya sendiri. Tapi dari musim pertama hingga kedua, setidaknya berikan sedikit gambaran mengenai masa lalu soal keduanya.

Pasangan terakhir yang terlihat mendapatkan alur lebih baik dibandingkan pasangan utamanya adalah hubungan Syn dan Nuer.

Sebenarnya kisah cinta mereka benar-benar mirip hubungan remaja. Keduanya sama-sama tipe yang pendiam dan terkadang hanya sibuk dengan pemikiran tidak jelasnya. Remaja banget, bukan?

Tapi hal inilah yang membuat pasangan Syn dan Nuer terasa lebih menarik untuk diikuti. Dari mereka kita bisa belajar kalau hubungan yang baik artinya harus ada keterbukaan dan komunikasi yang baik.

Keduanya memang terbuka satu sama lain. Namun, mereka tidak pernah berani untuk memulai pembicaraan. Masalah komunikasi di antara Syn dan Nuer agaknya bakalan jadi masalah utama.

Keduanya memiliki pemikiran masing-masing dan terbiasa menyimpan segalanya sendirian. Makanya saya penasaran akan seperti apa hubungan dua anak muda ini.

Pembahasan Soal Hukum Pernikahan Thailand

cutie pie 2 you_Pembahasan Soal Hukum Pernikahan Thailand_

Salah satu hal yang paling saya sukai di episode ketiga adalah pembahasan mengenai hukum pernikahan di Thailand. Meski singkat, saya menyukai perbincangan Hia Lian dan Hia Yi mengenai hukum pernikahan sesama jenis di Thailand yang ternyata tidak terlalu menguntungkan.

Dari perbincangan singkat keduanya diketahui kalau pernikahan ini memiliki resiko yang sangat besar. Seperti yang dikatakan Hia Yi, bahwa dalam pernikahan ini Hia Lian tidak mendapatkan banyak keuntungan terutama di mata hukum.

Pernikahan ini hanya mengikat mereka dalam sebuah status, namun di mata hukum Hia Lian tidak memiliki kekuatan yang melindungi haknya. Jujur saya juga tidak memahami hukum pernikahan sesama jenis di Thailand, selain pernikahan ini sah di sana.

Meski sedikit, setidaknya Cutie Pie 2 You memberikan sebuah materi penting dan nggak selalu soal cinta klise. Sejujurnya saya berharap perbincangan soal hukum ini bisa diperdalam, sehingga rasa khawatir Hia Yi pada Hia Lian bisa lebih mengalir.

Para penonton di luar Thailand juga bisa memahami resiko apa yang harus dipegang oleh Hia Lian dari pernikahannya dengan Kuea.

Chapter Baru Hubungan Syn dan Nuer

cutie pie 2 you_Chapter Baru Hubungan Syn dan Nuer_

Ending episode tiga dari Cutie Pie 2 You akhirnya memberikan jawaban dari rasa penasaran penggemar pasangan Syn dan Nuer.

Setelah dinantikan begitu lama, akhirnya pasangan ini menunjukkan perkembangan hubungan yang lebih jauh. Meski terlihat malu-malu, justru hal inilah yang membuat pasangan ini terlihat sangat menggemaskan dan memiliki vibes yang berbeda dari dua pasangan utama.

Selain itu, chemistry yang ditampilkan oleh Yim Pharinyakorn dan Tutor Koraphat terlihat jauh lebih baik dari musim pertama.

Development karakter keduanya ditampilkan lebih baik di sini, padahal screentime yang mereka miliki lebih sedikit. Tapi alur hubungan asmara keduanya yang simpel, justru menjadi kekuatan dari pasangan muda ini. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram