logo web

Sinopsis & Review Hidden Love, Kisah Sang Zhi dan Jia Xu

Ditulis oleh Suci Maharani R
Hidden Love
3.8
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Siapa bilang kalau kisah cinta klasik itu membosankan? Sepertinya kamu belum menonton drama China berjudul Hidden Love (2023). Dibintangi oleh Zhao Lusi dan Chen Zhe Yuan, drama ini dijamin bikin para penontonnya baper dan teringat dengan cinta pertamanya.

Minim konflik dan hanya fokus pada kisah cinta beda usia dari dua karakter utamanya, Hidden Love (2023) sampai viral dimana-mana. Bahkan, kepopulerannya mengalahkan beberapa k-drama yang sedang tayang di periode yang sama.

Lalu, apa sih yang bikin Hidden Love (2023) jadi drama China yang wajib kamu tonton? Untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca sinopsis dan ulasan dramanya hanya di Showpoiler!

Sinopsis

Hidden Love - Sinopsis_

Sang Zhi (Zhang Xi Wei) baru berusia 14 tahun ketika ia pertama kali bertemu dengan Duang Jia Xu (Chen Zhe Yuan). Sejak pertama kali melihatnya di kamar kakaknya, Sang Zhi langsung merasa jatuh cinta pada pandangan pertama.

Namun, pertemuan keduanya terjadi karena beberapa insiden unik. Sebut saja Sang Zhi yang salah mengira Duan Jia Xu adalah kakaknya, Sang Yan (James Ma) yang sudah melakukan operasi plastik. 

Belum lama mengenal Jia Xu, Sang Zhi langsung memintanya berpura-pura menjadi kakaknya dan menghadap gurunya di sekolah. Meskipun Sang Zhi adalah anak yang penurut untuk kedua orang tuanya, tapi ia agak nakal di sekolah. Selain itu, Sang Yan juga bukan kakak yang bisa diandalkan tanpa imbalan. 

Hidden Love - Sinopsis 1

Kini Sang Zhi (Zhao Lusi) telah menginjak masa-masa SMA. Ia tumbuh menjadi gadis yang cantik dan tetap menjadi anak kesayangan kedua orang tuanya. Tapi hubungannya dengan sang kakak, tetap seperti kucing dan anjing yang selalu berseteru, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. 

Contohnya ketika Sang Yang diminta untuk jadi guru tutor Sang Zhi karena nilai-nilainya kurang baik di sekolah. Bukannya membuat sang adik semakin pintar, masa belajar ini malah membuat mereka selalu ribut. 

Akhirnya, orang tua Sang Zhi meminta Duan Jia Xu menjadi guru tutor Sang Zhi selama musim liburan kuliahnya. Hal ini membuat Sang Zhi sangat senang, dari sini lah hubungan mereka jadi semakin cepat. 

Ketika Sang Zhi semakin jatuh cinta padanya, Duan Jia Xu justru menganggapnya lebih dari itu. Bagi Jia Xu, Sang Zhi sudah seperti adiknya perempuan yang harus dilindunginya. Jia Xu selalu bersikap baik dan membantu Sang Zhi dalam masa-masa kritisnya.

Hidden Love - Sinopsis 2_

Sebut saja ketika Duan Jia Xu menyadari Sang Zhi datang bulan saat mereka sedang jalan-jalan di Mall. Lalu, Jia Xu juga yang membantu Sang Zhi melawan sekelompok gadis perundung. Bisa dikatakan, Jia Xu adalah malaikat penolong Sang Zhi sejak ia masih kecil. 

Tapi cinta tidak selamanya indah, hingga Sang Zhi merasakan patah hati untuk pertama kalinya. Saat itu Duan Jia Xu telah lulus dari universitas dan memutuskan kembali ke kampung halamannya di Yihe. Dari percakapan Sang Yan di telepon, dia berkata bahwa Jia Xu telah memiliki seorang kekasih. 

Hal ini membuat Sang Zhi sedih dan marah, karena jelas-jelas Jia Xu telah berjanji tidak akan berpacaran dengan siapapun. Bahkan, Sang Zhi nekat pergi ke Yihe sendirian untuk membuktikan hal tersebut. Benar saja, saat itu Duan Jia Xu datang dengan seorang wanita cantik untuk menjemputnya di bandara.

Hidden Love - Sinopsis 3_

Sejak saat itu, Sang Zhi berjanji akan melupakan Duan Jia Xu. Ia membuang semua kenangan cinta pertamanya itu, bahkan Sang Zhi tidak membalas satupun pesan yang dikirim Jia Xu padanya. 

Tahun berganti tahun, kini Sang Zhi telah memasuki universitas. Sejak awal, impiannya adalah masuk ke universitas Yihe, agar ia bisa bertemu lagi dengan Jia Xu. Tapi, kali ini Sang Zhi pergi hanya untuk dirinya sendiri.

Hari-hari Sang Zhi sebagai mahasiswi baru di Universitas Yihe terasa sangat menyenangkan. Ia punya teman-teman sekamar yang ramah dan baik, lalu ia juga cukup populer di kampusnya. Hingga suatu malam, Sang Zhi tidak sengaja bertemu lagi dengan Duan Jia Xu. 

Setelah berbagai usahanya untuk move on, kenapa Sang Zhi harus bertemu lagi dengan Duan Jia Xu? Tapi setelah mendengar berbagai kesulitan hidup yang dialami Jia Xu, mungkinkah Sang Zhi membuka lagi hatinya?

Mengingatkan pada Indahnya Cinta Pertama

Mengingatkan Pada Indahnya Cinta Pertama_

Hidden Love (2023) menjadi salah satu drama China yang indah dan enjoyable untuk ditonton. Drama bergenre romantis dan komedi ini menawarkan kisah mengenai indahnya cinta pertama. 

Sejujurnya, saya sempat skeptis ketika tahu kalau Hidden Love (2023) mengambil tema kisah cinta klasik, seperti seorang gadis yang jatuh cinta pada pria yang lebih tua. Terlebih lagi, tema mengenai jatuh cinta pada teman atau sahabat kakak, sudah banyak diadaptasi ke berbagai drama komersial. 

Tapi Hidden Love (2023) memang berbeda. Drama arahan Lee Ching Jung ini punya ciri khasnya sendiri. Sebut saja alurnya yang membuat para penontonnya bernostalgia dengan cinta pertama mereka.

Saya pun merasakan hal yang sama, drama ini mengingatkan saya di masa-sama remaja saat pertama kali mengenal cinta.

Di tahun 2000-an, kebanyakan para gadis masih sangat malu untuk mengungkapkan perasaannya. Cara Sang Zhi mengutarakan isi hatinya secara perlahan dan diam-diam, terasa sangat manis dan konyol, tapi hal itu memang dirasakan oleh kebanyakan gadis di tahun 2000-an.

Saya tidak menyangka, kalau hal-hal klise seperti ini terasa segar ketika diadaptasi ke sebuah drama. Meskipun Hidden Love (2023) fokus pada romansa gadis remaja hingga dewasa, ada elemen lain seperti drama keluarga, persahabatan dan pertumbuhan karakter pribadi yang bikin kisahnya semakin emosional.

Adaptasi dengan Visual dan Kualitas Apik

Adaptasi Dengan Visual dan Kualitas Apik_

Di bagian pembuka, drama ini menuliskan bahwa kisahnya diadaptasi dari sebuah novel. Salah satu web novel populer di China yang berjudul Secretly, Secretly; But Unable to Hide It, karya Zhu Yi memang viral di masanya. 

Ketika kisah ini diadaptasi ke versi drama, tentu saja ada beberapa penggemar yang khawatir. Tapi dari yang saya baca di weibo, kebanyakan penggemar novel jatuh cinta dengan Hidden Love (2023). 

Ada banyak alasan yang membuat mereka jatuh cinta, salah satunya drama ini sangat menjaga keaslian cerita, karakter hingga dialog yang ada di novelnya. Pujian pun diberikan kepada sutradara Lee Ching Jung dan penulis Shen Fei Xian karena berhasil menurunkan ego masing-masing dan tetap mempertahankan keaslian ceritanya.

Memang ada beberapa hal yang dikurangi dan ditambah, tapi dari pengakuan beberapa penggemar novelnya, hal ini tidak terlalu berpengaruh. Terlebih lagi, mereka juga menyukai visualisasi yang ditampilkan. 

Saya sendiri setuju, bahwa visualisasi Hidden Love (2023) memang terasa manis dan pas dengan tema dramanya. Punya banyak nuansa yang berbeda-beda, pengambilan warna-warna nude dan soft jadi bikin emosi ceritanya terjaga dari awal hingga akhir. 

Lalu, momen komedi, romantis, hingga sedih juga ditampilkan dengan sangat baik. Hal ini didukung dengan sinematografinya yang jauh lebih beragam dari kebanyak drama komersial. Tidak hanya itu, pemilihan soundtrack dan background music-nya terasa sangat pas. 

Lalu development karakter dari kedua pemeran utama dan para pemeran pendukungnya terasa stabil. Saya menyukai bagaimana penulis cerita dan sutradara tidak lupa memberikan cerita tambahan untuk karakter pendukungnya, mulai dari solid dan suportifnya keluarga Shang Zhi serta kawan-kawannya, hingga complicated-nya keluarga Duan Jia Xu.

Satu-satunya hal yang kurang hanyalah kualitas audionya. Sebenarnya hal ini sudah jadi penyakit dari drama China, karena kebanyakan mereka melakukan dubbing. Dalam satu scene, kadang ada dua suara yang terdengar berbeda.

Pesona Duan Jia Xu Sulit ditolak

Pesona Duan Jia Xu Sulit ditolak_

Hidden Love (2023) tidak akan lengkap tanpa hadirnya Duan Jia Xu dan karakter tersebut diperankan dengan sangat baik oleh Chen Zhe Yuan. Bagi para penggemar drama China, sebenarnya tidak aneh kalau belum banyak yang mengenal aktor tampan ini. 

Nama Chen Zhe Yuan memang tidak sebeken Yang Yang, Vin Zhang, Dylan Wang atau yang lainnya. Chen Ze Yuan sendiri baru memulai karirnya di tahun 2017. Aktor ini baru dikenal saat membintangi drama berjudul Our Secret (2021) dan Mr. Bad (2022). 

Dipercaya memerankan karakter Duan Jia Xu, tidak ada yang menyangka kalau Chen Zhe Yuan bakal mendapatkan popularitas yang tinggi. Tapi harus diakui, Chen Zhe Yuan memang aktor yang pas untuk memerankan tipe cowok impian yang klasik seperti Duan Jia Xu. 

Selain wajahnya yang tampan, salah satu hal yang identik dengan aktor tampan ini adalah matanya yang selalu berbicara. Selama menonton Hidden Love (2023), saya terpesona dengan mata Duan Jia Xu yang selalu bisa menunjukkan emosi apa yang sedang dirasakannya.

Jujur saja, jarang banget ada aktor yang punya keahlian berbicara dan menunjukkan emosi lewat sorot matanya. Selain itu, pembawaan karakternya juga sangat sempurna. Dari awal hingga akhir, karakternya sangat stabil.

Lalu, soal aktingnya juga setara dengan kemampuan Zhao Lusi. Selain itu, mereka punya kemistri yang sangat kuat. Tidak heran kalau banyak penggemar yang tiba-tiba oleng dan jatuh cinta pada Chen Zhe Yuan.

Zhao Lusi Kembali Tunjukkan Kualitasnya

Zhao Lusi Kembali Tunjukkan Kualitasnya_

Selain Chen Zhe Yuan, Zhao Lusi sebagai pemeran Sang Zhi juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Aktirs kelahiran 1998 ini kembali menunjukkan bakat dan kecantikannya yang tidak lekang akan waktu. 

Telah menginjak usia 26 tahun, siapa sangka Zhao Lusi masih sangat cocok untuk memerankan karakter anak SMA? Hanya lewat gaya rambut dan berpakaian, Zhao Lusi mengeksekusi karakter Shang Zhi remaja dengan sangat baik. 

Terlebih lagi, pipinya yang mengembang seperti ikan buntal, merujuk pada dialog yang dibicarakan oleh Duan Jia Xu. Pipi chubby yang dimiliki oleh Zhao Lusi membuatnya terkesan seperti anak-anak. 

Kalau soal akting, jujur saja penampilannya di Hidden Love (2023) dengan drama-drama lainnya terlihat sangat berbeda. Pertama kali saya menonton akting Zhao Lusi di drama I Hear You (2019), aktingnya memang cukup mentah. 

Tapi di Love Like Galaxy (2022) hingga Hidden Love (2023) kemajuan aktingnya terlihat sangat jauh. Pengendalian emosinya sudah lebih baik, ia tahu kapan harus menahan dan melepaskan emosinya. Lalu, soal ekspresi wajahnya juga lebih berani. Zhao Lusi sudah lebih percaya diri untuk menampilkan berbagai ekspresi di wajahnya. 

Hidden Love (2023) adalah drama romcom yang manis. Drama ini akan membawa para penontonnya bernostalgia dengan indahnya cinta pertama. Tentu saja, dilengkapi dengan kualitas story telling, akting, hingga sinematografi dan scoring yang mumpuni.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram