logo web

Review & Sinopsis Spider-Man 2, Pertarungan Melawan Doctor Oct

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Spider-Man 2
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Spiderman merupakan salah satu karakter superhero yang cukup populer dan banyak disukai banyak orang. Hingga saat ini, karakter Spiderman sudah banyak diangkat di berbagai film. Di setiap filmnya, karakter manusia laba-laba ini juga dikisahkan melawan musuhnya masing-masing. 

Salah satu kisah seru dari karakter superhero ini bisa kamu saksikan dalam film Spider-Man 2. Di film ini, Spiderman akan menghadapi salah satu musuhnya yang cukup kuat hingga jati dirinya terungkap. Berikut review dan sinopsisnya!

Baca juga: Film Adaptasi Komik Marvel Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

Spider-Man 2__
  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Action, adventure
  • Produksi: Columbia Pictures / Sony Pictures Releasing
  • Sutradara: Sam Raimi
  • Pemeran: Tobey Maguire, Kirsten Dunst, James Franco 

Film Spider-Man 2 merupakan sekuel dari film pertama yang rilis beberapa tahun sebelumnya. Pada film sebelumnya, dikisahkan jika Peter Parker telah menjadi Spiderman dan terlibat dalam peristiwa kematian ayah dari Harry Osborn, sahabatnya. Di film kedua ini, diceritakan Peter Parker telah lulus SMA dan tengah menjalani kehidupan perkuliahan. 

Sementara Mary Jane sudah menjadi pemain drama terkenal di sebuah teater. Peter masih harus bekerja keras membiayai hidupnya dengan menjadi pengantar pizza. Namun tanggung jawabnya sebagai Spiderman yang sering membantu banyak orang membuat pekerjaannya terbengkalai sehingga ia dipecat, begitu pula dengan kehidupan akademisnya. 

Pada kehidupan percintaan, Peter juga merasa tak bisa bersama Mary Jane karena ia takut akan membahayakan nyawanya. Di kampusnya, Peter hendak melakukan tugas penelitian dengan narasumber ilmuwan Otto Octavius. Peter kemudian dibantu Harry untuk bisa bertemu Otto karena Harry yang kini memimpin Oscorp juga tengah mendanai penelitian Otto. 

Dengan dana dari Oscorp, Otto tengah melakukan penemuan energi fusi dengan menggunakan tangan dan kaki artifisial berupa tentakel yang menempel di tubuhnya. Pada hari peluncuran karya tersebut, terjadi kekacauan dimana Otto tak bisa mengendalikan kekuatan tersebut. Hal itu membuat istri Otto terbunuh dan semua fasilitas yang didanai oleh Oscorp hancur. 

Saat Otto hendak dioperasi dan dipisahkan dari tentakelnya, ia tiba-tiba bangun dan berubah menjadi monster kejam. Otto membunuh semua dokter dan kabur. Otto yang tak bisa mengendalikan pikiran jahatnya mulai melakukan banyak kejahatan dan kerusakan. Ia kemudian dikenal sebagai Doctor Octopus. 

Sementara itu, Peter tengah patah hati karena pilihannya menjadi Spiderman membuatnya kehilangan Mary Jane yang kini hendak menikah. Peter yang mulai kehilangan kekuatannya kemudian memilih untuk menjadi orang biasa. Kehidupannya menjadi lebih normal dan lebih baik, namun kejahatan di kota semakin merajalela semenjak Spiderman menghilang. 

Doctor Octopus yang hendak menyelesaikan misinya membutuhkan tritium yang dimiliki oleh Harry. Ia kemudian membuat kesepakatan dengan Harry. Harry akan memberikan tritium asalkan Doctor Octopus bisa membawa Spiderman ke hadapannya. Agar bisa bertemu Spiderman, Doctor Octopus menculik Mary Jane yang tengah bersama Peter. 

Peter akhirnya muncul sebagai Spiderman dan menyelamatkan banyak orang yang nyaris terbunuh karena ulah Doctor Octopus, namun ia tertangkap. Doctor Octopus kemudian membawanya ke rumah Harry. Di rumahnya, Harry terkejut saat mengetahui jika sosok Spiderman yang dibencinya adalah sahabatnya sendiri. 

Harry tak sanggup membunuh Peter. Ia pun melepaskan Peter untuk melawan Doctor Octopus. Peter kemudian kembali ke tempat Doctor Octopus menyandera Mary Jane.

Di tempat tersebut, sosok Peter Parker dibalik topeng Spiderman akhirnya terungkap. Namun Peter berhasil membuat Doctor Octopus mengendalikan dirinya dan menyadari bahwa apa yang ia lakukan membahayakan seisi kota. 

Doctor Octopus yang menyadari bahwa perbuatannya salah akhirnya mengorbankan diri untuk menenggelamkan mesin tersebut. Ia pun mati tenggelam bersama mesinnya.

Sementara Peter akhirnya bisa menyelamatkan Mary Jane yang kini mengetahui jati dirinya sebagai Spiderman. Di hari pernikahannya, Mary Jane kabur dan mengambil resiko untuk mencintai Peter Parker. 

Sekuel Cerita dan Adegan Aksi yang Lebih Seru

Review Spider-Man 2_Sekuel Cerita dan Adegan Aksi yang Lebih Seru_

Seperti yang sudah diketahui, Spider-Man 2 merupakan sekuel dari film pertama Spider-Man yang rilis beberapa tahun sebelumnya. Oleh karena itu, alur cerita film ini merupakan lanjutan dari film Spider-Man 1 dan menuntaskan cerita yang masih menggantung dalam film pertamanya. Jadi, tentunya kamu harus menonton film pertamanya terlebih dahulu agar bisa memahami alur cerita film ini. 

Jika pada film pertama masih banyak teka-teki yang belum terungkap, maka hal tersebut bisa kamu saksikan dalam film ini. Misalnya saja mengenai persahabatan Harry dan Peter yang seolah merenggang sejak kematian sang ayah akibat Spiderman. Begitu pula dengan teka-teki mengenai kematian Paman Ben yang akhirnya diakui Peter di film ini. 

Di film kedua ini, Spiderman juga menyajikan aksi yang semakin seru dengan musuhnya yang baru. Seperti film-film superhero pada umumnya, adegan-adegan pertarungan dan aksi berbahaya pun banyak ditampilkan dan akan membuatmu ikut tegang saat menyaksikan perlawanan Spiderman melawan Doctor Octopus di sepanjang durasi film selama 127 menit ini. 

Adegan aksi dan pertarungan ini juga semakin seru dan menegangkan dengan banyaknya penggunaan efek visual CGI serta sinematografi yang membuat efek tersebut terlihat semakin epik. 

Sisi Manusia dari Karakter Spiderman

Review Spider-Man 2_Sisi Manusia dari Karakter Spiderman_

Di film ini, kita juga akan melihat bagaimana sisi lain dari seorang superhero. Pada pertengahan film, Peter Parker sendiri bahkan mempertanyakan jati dirinya sebagai Spiderman yang membuatnya kehilangan banyak hal dalam hidup.

Pada film kedua ini, karakter Peter Parker digambarkan sebagaimana orang-orang biasa menginginkan kehidupan normal yang bahagia. Hal ini tentu menjadi hal yang cukup unik.

Jika biasanya seorang superhero akan digambarkan dengan karakter yang selalu kuat dan tangguh, lain halnya dengan Peter Parker dalam film ini. Kekuatan peter Parker bahkan diceritakan bisa hilang ketika dirinya tengah putus asa. Bahkan di film ini Peter sempat memilih untuk meninggalkan identitasnya sebagai Spiderman. 

Identitas Spiderman yang Semakin Terungkap

Review Spider-Man 2_Identitas Spiderman yang Semakin Terungkap_

Spiderman dikisahkan sebagai sosok superhero yang menutupi identitasnya dengan topeng laba-laba menutupi seluruh wajahnya. Identitas tersebut juga tak pernah terungkap dalam film pertamanya. Namun di film kedua ini, identitas tersebut semakin terungkap dan perlahan kita akan melihat semakin banyak orang yang mengetahui siapa orang dibalik sosok Spiderman tersebut. 

Pada film ini, akan ada banyak kejutan saat jati diri Spiderman mulai diketahui oleh orang-orang terdekatnya, seperti Mary Jane dan Harry Osborn. Bahkan pada satu adegan di film ini diceritakan jika topeng Spiderman terlepas dan wajah Peter Parker pun diketahui oleh banyak orang yang ia selamatkan dalam sebuah kereta.

Terungkapnya identitas Spiderman ini pula yang kelak akan menjadi konflik baru antara Peter Parker, Harry Osborn, serta melibatkan Mary Jane dalam film Spider-Man selanjutnya. Jadi, pastikan kamu menonton kelanjutan ceritanya pada film Spider-Man 3 setelah selesai menonton film ini ya! 

Bagaimana denganmu? Apa hal yang menurutmu paling seru dari petualangan Spiderman di film keduanya ini? Ceritakan di kolom komentar yang telah Showpoiler sediakan, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram