logo web

Sinopsis & Review Drama Cina The Big Boss Season 1 (2017)

Ditulis oleh Suci Maharani R
The Big Boss
2.6
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Agak berbeda dengan kebanyakan drama Cina pada umumnya, The Big Boss memang selalu bikin penontonnya tertawa. Mengisahkan tentang Ye Mu Xi yang nekat jadi ketua kelas supaya bisa terbebas dari aturan Liao Dan Yi, si siswa jenius yang hobi mengaturnya dari kecil.

Berpikiran jadi ketua kelas adalah hal yang mudah, tak disangka Ye Mu Xi malah dihadapkan dengan berbagai jenis siswa yang aneh.

Inilah yang akan kamu temukan saat menonton drama berjudul The Big Boss (2017). Dibintangi oleh Eleanor Lee dan Huang Jun Jie, drama ini memiliki jalan cerita yang unik.

Setiap episodenya selalu membahas permasalahan yang berbeda, tapi lekat dengan kehidupan remaja. Belum lagi dunia khayalan ala Ye Mu Xi, bikin kisah anak-anak SMA ini sangat dramatis dan kocak banget.

Lalu apa yang akan dilakukan Ye Mu Xi supaya bisa jadi ketua kelas yang baik dan terbebas dari kekangan Liao Dan Yi? Untuk mengetahui cerita lebih lengkapnya, kamu bisa membaca sinopsis dan review dramanya di bawah ini.

Sinopsis

the-big-boss-1_

Memasuki tahun ajaran pertama, Ye Mu Xi (Eleanor Lee) merasa sangat excited untuk pergi bersekolah. Sekolah Menengah menjadi saat-saat yang paling dinantikan dalam hidupnya, karena akhirnya ia bisa mendapatkan kebebasan.

Bukan bebas dalam artian hidup mandiri, tapi Ye Mu Xi akhirnya bisa terbebas dari kekangan dan aturan Liao Dan Yi (Huang Jun Jie).

Sebenarnya hal ini dikarenakan hubungan mereka yang tidak pernah akur selama bersekolah. Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi tinggal dilingkungan yang sama sejak kecil, bahkan mereka berada di kelas yang sama. Namun sifat keduanya sangat bertolak belakang, hal inilah yang membuat hubungan mereka tidak akur.

Ketika Liao Dan Yi adalah seorang jenius yang selalu mementingkan pelajaran dan pemikirannya dewasa. Maka hal sebaliknya ada di Ye Mu Xi, gadis ini memang sangat energik dan pecicilan.

Dibanding belajar, Ye Mu Xi lebih menyukai menggambar dan sibuk dengan berbagai kegiatan yang tidak penting. Apalagi ketika Liao Dan Yi menjadi ketua kelas selama sembilan tahun, hidup Ye Mu Xi seperti di neraka.Gadis ini benar-benar sangat membenci Liao Dan Yi dan segala aturan belajarnya yang membosankan.

Kembali ke hari pertama sekolah, Ye Mu Xi merasa terkejut ketika melihat sosok pria yang sangat dikenalnya duduk di kelas 10/10. Liao Dan Yi berada di kelas paling terbelakang, padahal sekolah mereka menempatkan kelas bagi para muridnya sesuai dengan nilai yang didapat.

ernyata Liao Dan Yi tidak sempat ikut ujian terakhir, alhasil ia masuk ke kelas 10/10 yang diisi orang-orang buangan.

Sialnya lagi, hidup Ye Mu Xi makin terancam ketika Liao Dan Yi kembali mengajukan diri sebagai ketua kelas dengan rancangan belajarnya. Tak ingin menambah penderitaan selama tiga tahun, Ye Mu Xi nekat mengajukan menjadi ketua kelas, hebatnya ia terpilih jadi ketua kelas.

Dari sinilah persaingan antara Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi makin berkobar, apalagi pria itu mengatakan bahwa Ye Mu Xi tidak akan tahan menjadi ketua kelas.

Tak ingin kalah begitu saja, Ye Mu Xi menjamin bahwa ia akan jadi ketua kelas yang peduli pada seluruh siswa di kelasnya. Tapi belum lama ia menjabat sebagai ketua kelas, ia dihadapkan dengan masalah siswa yang hobi bolos.

Bahkan setiap siswa dalam kelasnya tidak hanya memiliki kepribadian yang unik dan sekumpulan anak-anak bodoh.

Ternyata setiap anak memiliki masalah yang cukup serius, yang membuat Le Mu Xi harus meminta bantuan Liao Dan Yi untuk mengatasi hal ini. Apakah Le Mu Xi bisa bertahan lama menjadi ketua kelas, atau ia akan menyerahkan tahtanya pada Liao Dan Yi?

Drama yang Dikemas Seperti Nonton Live Action Kocak

the-big-boss-2_

Sejak pertama kali menonton The Big Boss (2017), jujur saya saya merasa agak kaget dengan konsep yang diberikan. Drama yang disutradarai oleh Shen Wen Shuai ini sangat berbeda dengan kebanyakan drama Cina pada umumnya.

Drama bergenre fantasi memang sudah biasa, tapi drama ini membuat penonton merasa sedang melihat cerita dari komik di kehidupan nyata.

Contoh singkatnya, drama ini mengambil sudut pandang kehidupan Ye Mu Xi secara general. Gadis yang super ceria ini memiliki hidup yang agak konyol, pemikirannya sangat pendek dan cenderung bodoh. Namun Ye Mu Xi sangat berbakat soal menggambar kartun, sampai-sampai ia memiliki dua teman khayalan yaitu Wo Long dan Sima Yi.

Uniknya lagi teman khayalan Ye Mu Xi selalu tampil dalam balutan kostum kuda dan kostum naga berwarna hijau. Setiap kesulitan yang dihadapinya, Ye Mu Xi seakan masuk kedalam alam bawah sadarnya sambil berdiskusi dengan Wo Long dan Sima Yi.

Yang bikin lucu, latar alam bawah sadarnya selalu berbeda-beda, entah itu di hutan, peperangan, hingga pengadilan.

Dengan konsep seperti ini, saya cukup mengerti kenapa drama ini tidak terlalu hits di Cina. Konsep yang diberikan memiliki target pasar yang spesifik, jadi tidak semua orang akan menyukainya.

Apalagi penonton harus benar-benar fokus saat menonton dramanya, supaya tidak bingung. Meski cerita yang diberikan sebenarnya sangat sederhana, hanya seputar anak-anak kelas 10/10 yang di dramatisir.

Belum lagi berbagai plot twist yang dihadirkan, bikin penonton menerka-nerka setiap episodenya. Bahkan saya terkejut, ketika tahu drama ini bukanlah adaptasi dari novel atau webtoon.

Kalau dilihat-lihat drama ini memiliki konsep yang mirip dengan live action, yang biasanya ditemukan di film Jepang. Tapi sisi komedinya memang top, saya yakin siapapun akan tertawa melihat tingkah anak-anak kelas 10/10.

Kepribadian mereka yang berbeda-beda memiliki benang merah yang saling menghubungkan berkat adanya Ye Mu Xi.

Secara keseluruhan saya menyukai background music yang digunakan di drama ini, karena cocok untuk menggambarkan suasana. Bahkan soundtrack-nya juga terdengar lucu, kalau akting overall semuanya cukup memuaskan hanya ada beberapa orang yang less expression.

Kemistri Unik Eleanor Lee, Huang Jun Jie dan Deng Yu Li

the-big-boss-3_

Season pertama The Big Boss (2017) memang memfokuskan pada dua karakter utamanya, yaitu Eleanor Lee dan Huang Jun Jie.

Saya paham, dengan kisah dan konsep yang niche, penulis ceritanya melakukan langkah yang tepat dengan membuat penonton fokus pada karakter yang ada di kelas 10/10. Hal ini akan membuat penonton, bisa memahami bagaimana drama ini berjalan.

Mengusung tema friendship ala ABG, saya menyukai cinta segitiga yang tidak langsung antara Eleanor Lee, Huang Jun Jie dan Deng Yu Li.

Ketiganya memberikan kemistri yang unik, ketika Deng Yu Li merasa cemburu melihat Eleanor Lee dan Huang Jun Jie. Di sisi lain Eleanor malah merasa heran dan aneh, kenapa Deng Yu Li selalu mengganggu kelasnya setelah Huang Jun Jie menolak pindah kelas.

Lalu hubungan hubungan Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi terlihat seperti kucing dan anjing yang selalu bertengkar. Dalam sekejap mereka bisa saling bermusuhan, tapi di waktu lainnya mereka bisa bekerjasama untuk menyelesaikan masalah. Tapi hal yang lebih dramatis dan lebay banget datang dari Liao dan Yi dan Guan Xin Yi

Deng Yu Li memerankan Guan Xin Yi, si ketua OSIS dari kelas 10/1 yang pintar dan cantik. Guan Xin Yi berpikir bahwa ia dan Liao Dan Yi adalah pasangan yang sudah ditakdirkan, sesuai dengan ramalan aneh dari Shen Wei (Jin Di).

Alhasil gadis ini sering menghayal, bahwa kisah cintanya sangat dramatis karena cinta mereka terhalang dengan berbagai rintangan dari anak-anak kelas 10/10.

Season 2 yang Diharapkan Memberikan Sisi Romance

the-big-boss-4_

Memiliki 18 episode, musim pertama The Big Boss (2017) memang lebih menitik beratkan pada pengenalan anak-anak kelas 10/10. Sebenarnya sepanjang 18 episode saya sangat enjoy menonton setiap cerita yang nyeleneh dengan berbagai aksi konyol para pemerannya. Tapi, saya sedikit menyayangkan kurangnya sisi romance antara Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi.

Padahal hal ini sangat saya nantikan, tapi romansa di antara keduanya tidak pernah terjadi di musim pertama. Meski begitu saya cukup terhibur dengan si romance antara Lioa Dan Yi dan Guan Xin Yi yang benar-benar dramatis.

Untungnya di musim kedua The Big Boss (2017) memberikan porsi romance yang lebih banyak untuk Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi. Saya sendiri tidak bisa membayangkan, romansa seperti apa yang akan didapatkan oleh Ye Mu Xi dan Liao Dan Yi di musim keduanya.

Saya tidak memiliki bayangan sedikitpun, karena musim pertamanya juga memiliki jalan cerita yang tidak bisa diprediksi. Tapi saya berharap sisi romantis keduanya tidak menghilangkan sisi komedi yang paling menonjol di drama ini.

The Big Boss (2017) adalah drama remaja yang cocok banget jadi tontonan santai di akhir pekan. Drama ini memberikan kesan seperti sedang menonton live action dengan cerita yang ringan.

Apalagi unsur komedinya tidak pernah gagal membuat penonton tertawa, terutama sikap konyol Ye Mu Xi. Pokoknya drama ini terasa sangat fresh, karena jalan ceritanya tidak mudah ditebak dengan plot twist yang wow.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram