logo web

20 Drama Wuxia Terbaik, Rugi Kalau Belum Nonton!

Ditulis oleh Suci Maharani R
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Wuxia termasuk salah satu genre yang difavoritkan oleh para penggemar drama China. Wuxia memiliki inti cerita tentang dunia silat atau bela diri, namun saat ini drama Wuxia juga diwarnai oleh genre lain seperti romance, fantasi, hingga komedi.

Dunia hiburan China juga sudah memproduksi banyak drama Wuxia dengan berbagai cerita yang menarik. Nah, kalau kamu masih asing dengan C-drama, khususnya drama Wuxia, Showpoiler punya beberapa rekomendasinya. Yuk, langsung saja simak daftar serial Wuxia terbaik di bawah ini!

1. My Journey to You

My Journey to You_

Gong Zi Yu (Zhang Ling He) tiba-tiba diangkat menjadi Pemimpin Pedang di keluarga Gong pasca ayah dan kakaknya tewas secara misterius. Posisi tertinggi dalam keluarga Gong ini akan membawa Gong Zi Yu berhadapan dengan berbagai tantangan berbahaya.

Semuanya berawal ketika Gong Zi Yu memilih Yu Wei Shan (Esther Yu) sebagai calon istrinya. Siapa sangka, gadis cantik ini adalah mata-mata yang dikirim oleh klan Wufeng untuk mencari tahu kelemahan dan senjata rahasia keluarga Gong. Sudah terlanjur cinta, Gong Zi Yu berupaya sekuat tenaga untuk melepaskan Yu Wei Shan dari hukuman kelurga Gong. 

Dalam perjalanannya, Yu Wei Shan pun mulai jatuh cinta pada Gong Zi Yu. Ketulusan cintanya membuat Yu Wei Shan nekat berkhianat pada klan Wufeng. Bahkan, Yu Wei Shan berusaha membantu Gong Zi Yu untuk menjalani tiga ujian sebelum dia diangkat sebagai Pemimpin Pedang. 

Sialnya, musuh yang mereka hadapi tidak hanya Klan Wufeng yang kejam. Gong Zi Yu dan Yun Wei Shan harus berhadapan dengan Gong Shang Je (Ryan Cheng). Pria itu adalah kakak tiri Gong Zi Yu yang terobsesi menjadi Pemimpin Pedang. Karakternya yang dingin dan tidak kenal ampun, hampir membuat Gong Zi Yu dan Yun Wei Shan kesulitan.

Proyek reuni antara Zhang Ling He dan Esther Yu pasca membintangi Love Between Fairy and Devil ini memang layak untuk kamu tonton. Drama ini memiliki alur cerita yang dipenuhi misteri dan adegan laga yang luar biasa. Namun, yang membuat saya merinding adalah kualitas akting Esther Yu dan sinematografinya yang sangat indah enjoyable.

2. The Untamed

The Untamed

Mendapatkan rating 9.0/10 di MyDramaList, hasil ini membuktikan kalau The Untamed adalah drama China bergenre Wuxia terbaik. Diadaptasi dari novel berjudul Grandmaster of Demonic Cultivation karya Mo Xiang Tong Xiu, tema ceritanya memang menarik. Namun, hal yang patut untuk kamu antisipasi adalah deretan karakter kuat yang diperankan oleh aktor dan aktris berbakat. 

Kisahnya mengikuti perjalanan Wei Wu Xian (Xiao Zhan), seorang pemuda yang memiliki bakat luar biasa dalam seni kultivasi dan dikenal sebagai orang yang kontroversial. Ia memiliki kemampuan unik dalam menggunakan musik sebagai senjata dalam pertempuran. 

Bersama dengan sahabatnya, Lan Wang Ji (Wang Yibo), mereka berdua berusaha mengungkap konspirasi dan kejahatan di dunia mereka. Namun, takdir berubah saat Wei Wu Xian menjatuhkan diri dari tebing. Rupanya ia merasa bertanggung jawab atas kematian saudari angkatnya, Yanli, dan suaminya.

Enam belas tahun kemudian, Wei Wu Xian bangkit kembali. Dengan identitas yang disembunyikan di balik topeng dan nama palsu, Wei Wu Xian kembali ke dunia yang kacau.

Bersama dengan Lan Wang Ji, mereka menggali lebih dalam untuk mengungkap rahasia kelam yang melibatkan pembunuhan, kultivasi terlarang, dan konspirasi yang melibatkan klan-klan kuat, termasuk mengungkap misteri kematian Yanli yang sebenarnya.

3. Ashes of Love

Ashes of Love

Ashes of Love yang diproduksi tahun 2018 adalah drama Wuxia yang berhasil menarik perhatian masyarakat awam. Drama ini mengisahkan perjalanan seorang dewi bunga bernama Zi Fen (Zhang Yan Yan) yang meninggal setelah melahirkan seorang putri bernama Jin Mi (Yang Zi). Sebelum kematiannya, Zi Fen meramalkan bahwa Jin Mi akan menghadapi kisah cinta yang rumit.

Untuk mencegah hal tersebut, Zi Fen memberikan sebuah pil yang akan membuat hati Jin Mi tidak pernah merasakan cinta. Zi Fen juga memerintahkan pemimpin-pemimpin Kerajaan Bunga untuk merahasiakan identitas Jin Mi dan membuatnya tetap terkurung dalam batas air di Kerajaan Bunga.

Berabad-abad kemudian, Jin Mi tumbuh menjadi gadis yang polos dan naif, namun sangat penasaran dengan dunia di luar. Di waktu yang bersamaan, Xu Feng (Deng Lun), Dewa Api dan putra kedua Kaisar Surgawi, secara tidak sengaja mendarat di Kerajaan Bunga. 

Saat itu Xu Feng masih berbentuk burung phoenix. Sebuah serangan membuat Xu Feng terluka, dan Jin Mi pun merawatnya. Sebagai gantinya, Ji Min meminta Xu Feng membawanya keluar dari Kerajaan Bunga untuk melihat dunia luar. Inilah awal petualangan dan ujian cinta Jin Mi saat ia menjelajahi dunia luar dan bertemu dengan banyak dewa serta iblis.

4. Eternal Love

Eternal Love

Bai Qian (Yang Mi) adalah rubah berekor sembilan dan merupakan putri bungsu dari Raja Rubah. Dia dibawa ke Gunung Kunlun untuk menjadi murid Dewa Perang, Mo Yuan (Mark Chao). Namun, Mo Yuan harus mengorbankan nyawanya untuk menyegel seorang raja iblis yang kejam.

Tujuh puluh ribu tahun kemudian, Bai Qian mencoba mengorbankan dirinya sendiri untuk kembali menyegel raja iblis tersebut. Akan tetapi, Bai Qian malah terlempar ke dunia manusia di mana dia kehilangan semua kenangan dan kekuatan ilahinya.

Hidup sendirian di sebuah gunung terpencil, Bai Qian tidak sengaja menyelamatkan Pangeran Mahkota Ye Hua dari Sembilan Surga yang parasnya sangat mirip dengan Mo Yuan, gurunya yang telah meninggal. Bahkan, Ye Hua adalah bertunangan dari Bai Qian di Surga, meski keduanya belum pernah bertemu.

Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Apakah pada akhirnya keduanya akan mengetahui identitas masing-masing?

5. Love Between Fairy and Devil

Love Between Fairy and Devil_

Love Between Fairy and Devil juga wajib berada dalam list rekomendasi drama Wuxia terbaik untuk kamu tonton. Drama ini berhasil dinobatkan sebagai TV Series of The Year di Weibo Awards, ajang penghargaan terbesar di Tiongkok. Hal ini tidak mengherankan, karena drama ini punya kualitas cerita, akting, sinematografi, kostum hingga CGI yang sangat baik. 

Kisah pada drama ini bermula ketika Peri Anggrek (Esther Yu) tidak sengaja membebaskan Raja Iblis Dongfang Qing Cang (Dylan Wang) dari kurungannya di langit Shuiyuntian, dunia tempat tinggal para peri.

Kejadian ini pun membuat Sang Raja Iblis terkena kutukan dari Peri Anggrek, di mana jiwa dan hati mereka jadi saling terikat. Alhasil, Dongfang Qing Cang pun terpaksa tinggal di rumah Peri Anggrek untuk sementara waktu.

Singkat cerita, Peri Anggrek akhirnya mengetahui bahwa pria yang diselamatkannya adalah musuh langit Shuiyuntian. Sialnya lagi, semua Dewa dan peri di langit Shuiyuntian jadi menganggapnya sebagai pengkhianat. Padahal kenyataannya, Peri Anggrek tidak mengetahui kalau pria yang ada di rumahnya adalah Raja Iblis kejam.

Untuk mengamankan nyawa Peri Anggrek dan dirinya sendiri, Dongfang Qing Cang membawanya ke tempat tinggalnya di Suku Bulan. Dari sinilah kisah cinta tragis antara Peri Anggrek dan Dongfang Qing Cang dimulai.

6. Word of Honor

Word of Honor

Bercerita tentang Zhou Zi Shu (Zhang Zhe Han), seorang pemimpin organisasi pembunuh yang dikenal sebagai "The Window of Heaven." Namun, Zhou Zi Zhu memutuskan untuk keluar dari organisasi.

Keputusan ini membuatnya harus mengembara selama tiga tahun penuh. Ia menyembunyikan identitasnya dan berusaha menjalani sisa hidup sebagai seorang pemabuk.

Tiga bulan kemudian, Zhou Zi Zhu bertemu dengan Wen Ke Xing (Simon Gong), seorang pria misterius yang segera menyadari penyamarannya. Keduanya semakin dekat ketika mereka terjerat dalam konspirasi yang melibatkan "Glazed Armor," sebuah kunci legendaris yang membuka pintu ke gudang senjata yang sangat kuat.

Dalam perjalanannya, Zhou Zi Shu dan Wen Ke Xing mengejar kebenaran di balik rahasia Glazed Armor sambil menghadapi musuh-musuh berbahaya yang ingin menguasainya.

Inilah sepenggal kisah yang dapat kamu tonton dalam drama China berjudul Word of Honor. Drama satu ini mempersembahkan cerita yang penuh aksi, konspirasi, dan persahabatan yang erat. Dengan pertempuran seni bela diri yang spektakuler dan intrik-intrik yang menegangkan, Word of Honor adalah salah satu drama Wuxia terbaik yang harus ditonton oleh penggemar genre ini.

7. Who Rules the World

Who Rules the World_

Who Rules the World berputar pada kisah dua pendekar sakti bernama Hei Feng Xi (Yang Yang) dan Bai Feng Xi (Zhao Lusi). Hei Feng Xi adalah pendekar tampan dan berkelas, sementara Bai Feng Xi adalah pendekar agung berjiwa bebas. Meski punya kepribadian bertolak belakang, cinta tumbuh saat mereka terjebak dalam berbagai masalah, salah satunya adalah yang menimpa Bai Feng Xi.

Ketika salah satu klan terkenal kehilangan artefak bersejarahnya, klan tersebut membuat pengumuman bakal memberikan apa pun kepada orang yang menemukan artefak mereka. Hal ini membuat banyak klan berlomba untuk menemukan artefak tersebut dengan berbagai cara.

Tak lama, Bai Feng Xi bertemu dengan orang yang berhasil menemukan artefak tersebut. Dia membantu orang itu melarikan diri dari ancaman yang datang dari klan-klan yang berusaha merebut artefak tersebut. Namun, tindakan ini malah membuat Bai Feng Xi juga menjadi buronan banyak klan.

Mengetahui hal ini, Hei Feng Xi ikut membantu meskipun tidak secara langsung menjelaskan motifnya. Apakah rencana Hei Feng Xi sebenarnya? Dan, berhasilkah mereka menyelesaikan masalah ini?

8. Love and Redemption

Love and Redemption

Kolaborasi apik dari Chen Yi dan Yuan Bing Yan dalam drama Love and Redemption memang tidak bisa dianggap remeh. Drama ini mengangkat konflik di surga sekaligus lika-liku percintaan antara Yu Si Feng dengan Zhu Xuan Ji. Hebatnya, penulis ceritanya dapat membuat ide cerita yang rumit menjadi alur sederhana dengan development karakter yang kuat.

Kisahnya dimulai dengan pertarungan antara iblis dan surga yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Jiwa dari Bintang Mosha dan Dewa Perang dikirim ke dunia manusia untuk menebus dosa mereka. 

Di dunia manusia, Zhu Xuan Ji (Yuan Bing Yan) terlahir sebagai putri dari pemimpin Sekte Shaoyang yang kehilangan keenam indranya. Saat bergabung dalam sebuah turnamen, ia bertemu dengan Yu Si Feng (Cheng Yi), murid dari Istana Lize yang lahir di tanggal yang sama dengan dirinya. 

Mereka membentuk persahabatan yang kuat dan berjanji untuk bertemu lagi di masa depan. Namun, Si Feng harus kembali ke sekte tempatnya berasal, di mana ia dihukum karena melanggar aturan dan dipaksa untuk mengenakan topeng yang dapat membahayakan nyawanya. Sementara itu, Xuan Ji meninggalkan rumahnya untuk menjalani pelatihan seni bela diri. 

Empat tahun kemudian, takdir mereka kembali bersinggungan. Ketika mereka melakukan perjalanan bersama, kenangan-kenangan dari kehidupan masa lalu muncul. Di sisi lain, Yu Si Feng dan Zhu Xuan Ji harus mengungkap rahasia dan konspirasi yang melibatkan diri mereka dan tiga dunia yang berbeda; dunia iblis, surgawi, dan manusia.

9. Till the End of the Moon

Till the End of the Moon_

Till the End of the Moon adalah drama China bergenre Wuxia yang paling saya nantikan di tahun 2023. Setelah Love is Sweet, akhirnya Luo Yun Xi dan Bai Lu kembali berakting dalam satu drama yang sama. Drama kostum ini diadaptasi dari web novel bergenre fantasi karya Teng Luo Wei Zhi. 

Dari kualitas, alur ceritanya memang rumit tapi sutradara dan penulis ceritanya berhasil membuat timeline alur maju mundur yang pas. Saya jamin, alurnya tidak akan bikin bingung malah bikin penasaran. Dari kostum, makeup, sinematografi, scoring hingga CGI yang digunakan sanga underrated

Drama ini bercerita tentang usaha Li Su Su (Bai Lu) kembali ke masa lalu untuk menemukan dan membunuh Janin Raja Iblis yang masih berbentuk manusia. Hidup sebagai Ye Xi Wu, dia adalah anak perempuan dari jenderal penting pada masanya. Ye Xi Wu telah memiliki suami, seorang pangeran yang sedang disandera, oleh karenanya ia disebut sebagai 'pangeran sandera.' Selama menjadi suami Ye Xi Wu, ia diperlakukan lebih rendah dari budak oleh keluarganya. 

Beruntungnya, suami Ye Xi Wu adalah janin iblis yang selama ini dicari oleh Li Su Su. Pria itu bernama Tantai Jin (Luo Yun Xi), seorang pria yang penyendiri, pendiam dan sangat lemah secara fisik. 

Setelah mengenal Tantai Jin lebih dekat, Li Su Su berpikir jika janin iblis ini tidak seburuk yang orang-orang kira. Nyatanya, Tantai Jin masih memiliki belas kasih dan cinta. Lantas, apakah Li Su Su akan tetap membunuh Tantai Jin atau justru melepaskannya begitu saja?

10. The Starry Love

The Starry Love_

Sebuah kesalahpahaman, tandu pengantin dari dua putri alam manusia tertukar sebelum pernikahan. Putri Ye Tan (Landy Li) yang lahir dengan tanda kutukan, malah dikirim ke Surga untuk menikah dengan Pangeran Xuan Shang (Cheng Xing Xu). Sementara Putri Qing Kui yang baik hati dan lembut, malah dikirim ke Neraka dan bertemu dengan Pangeran Ketiga bernama Chao Feng (Luke Chen).

Tidak ingin mati sia-sia, Ye Tan dan kakaknya, Qing Kui, sepakat untuk merahasiakan identitas mereka dari kedua alam. Namun, sebuah tragedi membuat identitas asli Ye Tan diketahui oleh Dewa Agung di Surga. Terlanjur jatuh cinta, Pangeran Xuan Shang rela melakukan apapun untuk menyelamatkan nyawa Ye Tan. 

Situasi semakin tidak terkendali, ketika keempat dunia mengetahui takdir Ye Tan dan Qing Qui. Ternyata dua putri kembar ini adalah reinkarnasi dari bunga kembar yang berasal dari Tanah Kehancuran. Klan Surga dan Neraka pun sepakat untuk membunuh reinkarnasi dari bunga kembar karena dianggap sebagai pembawa kehancuran untuk dunia.

Pangeran Xuan Shang dan Chao Feng berupaya sekuat tenaga untuk menyelamatkan wanita yang mereka cintai. Naas, Qing Kui memilih untuk merelakan nyawanya demi menyelamatkan Ye Tan. Untuk membalaskan kematian kakaknya, Ye Tan menerima kekuatan sebagai penguasa Neraka dan berniat untuk membantai seluruh klan Surga.

11. Legend of Fu Yao

Legend of Fuyao

Di dunia ini ada lima kerajaan yang dipimpin oleh Kota Kekaisaran Tianquan. Fu Yao (Yang Mi) lahir dari setangkai bunga teratai yang muncul dari langit kuno. Diadopsi sebagai seorang yatim piatu, ia menjadi seorang budak untuk sekte Xuanyuan dari Kerajaan Taiyuan. 

Serangkaian tragedi membawa Fu Yao dalam sebuah perjalanan melintasi dunia untuk mengumpulkan artefak magis yang dapat mengangkat kutukan di hidupnya.

Dalam perjalanannya, Fu Yao bertemu dengan Pangeran Mahkota Tianquan (Ethan Juan), yang menyamar sebagai pewaris Taiyuan. Ternyata, sang pangeran sedang menjalankan misi rahasia untuk meredakan ketidakstabilan di Lima Kerajaan. 

Singkat cerita, mereka berdua jatuh cinta di tengah konflik politik yang sedang melanda. Dalam usahanya, Fu Yao akhirnya mengetahui identitas aslinya sebagai "Putri Teratai." Meski begitu, kisah cintanya dan sang pangeran masih dihadapkan dengan rentetan masalah. 

Kisah yang rumit tadi adalah penggalan cerita dari drama China paling populer yang berjudul Legend of Fu Yao. Berhasil memadukan elemen-elemen fantasi, aksi, dan romantis dengan sempurna, drama ini layak disebut sebagai drama bergenre Wuxia yang sempurna. Ceritanya runtut dan fokus, akting para pemerannya luar biasa dan adegan laganya dijamin bikin kagum.

12. Eternal Love of Dream

Eternal Love of Dream

Bagi para penggemar Dilraba Dilmurat,  Eternal Love of Dream adalah drama Wuxia terbaik sang aktris. Memadukan unsur mitologi dengan aksi dan romansa, alur ceritanya berhasil membuat penonton terkesan. Belum lagi kemistri Dilraba Dilmurat dengan Gao Wei Guang yang apik, selalu bisa bikin greget dan baper.

Eternal Love of Dream bercerita tentang Ratu Qing Qiu, Bai Feng Jiu (Dilraba Dilmurat), yang merupakan satu-satunya rubah sembilan ekor merah di dunia. Saat Feng Jiu melakukan kultivasi di pegunungan, ia tiba-tiba diserang oleh binatang buas. Saat itulah Feng Jiu bertemu dan diselamatkan oleh Kaisar Surga pertama, Dong Hua (Gao Wei Guang). 

Merasa berterima kasih dan berhutang budi, Feng Jiu membantu Dong Hua untuk mengalahkan Raja Iblis. Namun, seiring berjalannya waktu, Feng Jiu menyadari bahwa perasaan terima kasihnya kepada Dong Hua perlahan berubah menjadi cinta. Sayangnya, Dong Hua telah lama melupakan apa itu cinta. Lantas, bagaimana kelanjutan cinta Feng Jiu pada Dong Hua?

13. The Blue Whisper

The Blue Whisper_

Ji Yun He (Dilraba Dilmurat) adalah seorang master spiritual kuat dan berbakat yang tinggal di Lembah Bunga. Memiliki sebuah rahasia gelap, hal ini membuat Ji Yun He tidak bisa menjelajahi dunia dengan bebas.

Di sisi lain ada Changyi (Ren Jia Lun), seorang duyung yang diperintahkan oleh Putri Shunde (Cristy Guo) yang kejam pergi ke lembah iblis. Sang putri memberikannya tiga tugas penting, jika dia ingin terbebas dari kekangan. Dari sinilah untuk pertama kalinya Ji Yun He dan Changyi bertemu.

Seiring berjalannya waktu, mereka mengenal satu sama lain hingga benih-benih cinta mulai tumbuh di hati masing-masing. Sayangnya, cinta dari dua makhluk yang berbeda alam ini harus dihadapkan dengan berbagai konflik. Belum lagi ada orang-orang yang berusaha untuk memisahkan mereka. 

14. Princess Agents

Princess Agents_

Berlatar di dinasti Wei Utara tahun 386 hingga 535 masehi, saat itu masyarakat tidak berdosa sering diculik untuk dijadikan budak paksa. Seorang gadis bernama Chu Qiao (Zhao Liying) dibawa ke dalam hutan bersama para budak lainnya. 

Chu Qiao diserahkan kepada Pangeran Yan Xun (Shawn Duo), yang membawanya dari Yan Utara ke kediaman keluarga Yuwen. Di sanalah Chu Qiao menjadi saksi mata dari perebutan kekuasaan yang dipenuhi dengan konflik. 

Ingin memanfaatkan situasi, Chu Qiao berniat untuk kabur setelah dirinya berhasil membebaskan adik perempuannya yang juga dijadikan budak. Sialnya, rencana Chu Qiao gagal karena kehadirannya malah menarik perhatian Yuwen Yue (Lin Gengxin), pangeran keempat di kediaman Yuwen. 

Terpaksa mengabdi, Chu Qiao harus mengikuti rentetan pelatihan ketat dan berat untuk menjadi seorang agen yang handal. Di saat yang bersamaan, Chu Qiao membangun persahabat dengan Pangeran Yan Xun. Namun, hal ini membawa masalah baru karena Pangeran Yan Xu dituduh sebagai pengkhianat. 

Akhirnya, hal tersebut membuat Chu Qiao berhadapan dengan banyak masalah baru. Gadis ini tidak menyadari kalau dirinya telah dimanfaatkan oleh Pangeran Yan Xun untuk balas dendam pribadinya. Di sisi lain, Pangeran Yuwen Yue menyimpan perasaan pada Chu Qiao. Lantas, akankah nasib membawa Chu Qiao pada kebebasan yang di idam-idamkannya?

Dari sekian banyak drama Wuxia yang telah kita bahas, Princess Agent menjadi drama paling populer dan iconic di genre tersebut. Drama ini berhasil memecahkan rekor sebagai drama dengan rating tinggi pada slot non-prime time dan drama pertama yang memecahkan 40 miliar penayangan. Saya pribadi sangat menyukai drama ini karena punya alur cerita yang unik dan sinematografinya yang begitu indah. 

15. One and Only

One and Only_
Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ren Jia Lun Bai Lu
Review Baca di sini

Berbeda dengan K-drama, C-drama tidak pernah takut untuk membuat akhir yang menyedihkan. Salah satu drama sad ending yang paling saya sukai adalah One and Only. Drama Wuxia ini diadaptasi dari novel berjudul One Life, One Incarnation – Beautiful Bones, karya Mao Bao Fei Bao. Drama ini bercerita tentang cinta seorang guru dan muridnya yang terjegal oleh janji untuk keamanan negara.

Kisahnya berawal ketika Pangeran Nanchen Zhou yaitu Zhou Sheng Chen (Ren Jia Lun) bersumpah pada Raja, bahwa ia tidak akan menikah dan memiliki keturunan. Semua ini dilakukan untuk menjaga kestabilan negara dan mengurangi resiko perebutan kekuasaan. 

Suatu hari, Pangeran Nanchen diminta oleh Keluarga Cui untuk menerima anak perempuan mereka sebagai muridnya. Gadis itu bernama Cui Shi Yi (Bai Lu), yang jatuh cinta pada sastra, puisi dan selalu dipenuhi dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Satu-satunya kekurangan dalam diri Shi Yi adalah dia tidak dapat berbicara dengan jelas. 

Sejak pertama kali bertemu, Shi Yi langsung jatuh cinta kepada gurunya. Di sisi lain, Pangeran Nancheng pun mulai merasakan hal yang sama. Apalagi keduanya sama-sama sangat menyukai sastra, hubungan murid dan guru ini akhirnya berubah jadi cinta. 

Sayangnya, saat itu Shi Yi telah dijodohkan dengan Pangeran Mahkota. Mengetahui calon istrinya jatuh cinta pada pria lain, Pangeran Mahkota sengaja membuat sebuah skandal dan memfitnah Pangeran Nanchen. Dari sinilah takdir cinta Pangeran Nancheng dan Cui Shi Yi harus berakhir tragis. 

16. Immortal Samsara

Imortal Samsara_

Drama ini bercerita tengan Yan Dan (Yang Zi) dan saudara kembarnya, Zhi Xi (Meng Zi Yi), merupakan satu-satunya keturunan dari suku kuno Empat Daun Teratai. Seluruh tubuh Yan Dan adalah harta karun untuk berbagai ramuan obat. Saat menghadiri Pesta Ratu Surga, Yan Dan berhasil berubah menjadi manusia, lebih cepat 100 tahun dari perkiraan. 

Namun, perubahan ini akan membuat Yan Dan berhadapan dengan ujian terbesar dalam hidupnya yaitu prahara cinta. Yan Dan jatuh cinta pada Raja Ying Yuan (Cheng Yi), namun cinta ini harus dibayar dengan harga yang sangat mahal. Yan Dan menghabiskan 800 tahun hanya untuk melupakan cintanya pada Raja Ying Yuan. 

Setelah berupaya keras, rupanya takdir masih mempertemukan keduanya. Saat itu Yan Dan bertemu Tang Zhou yang ternyata reinkarnasi dari Ying Yuan. Namun, Yan Dan belum menyadarinya karena ingatan mengenai masa lalunya telah terhapus.

Bersama Yu Mo (Ray Chang), sahabat Yan Dan, mereka beraliansi untuk mengumpulkan 4 artefak untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Dalam perjalanan mereka yang sarat dengan petualangan, misteri, dan pertempuran melawan kegelapan, Yan Dan, Yu Mo, dan Tang Zhou harus menghadapi berbagai tantangan dan mengungkapkan rahasia-rahasia kuno yang selama ini tersembunyi.

17. Ancient Detective

Ancient Detective
Tahun Rilis -
Genre
Sutradara
Pemeran

Dalam jagat drama Wuxia yang penuh dengan misteri dan petualangan, Ancient Detective adalah salah satu drama yang akan memikat lewat cerita dan karakter-karakternya. Alur ceritanya penuh dengan misteri dan teka-teki yang bikin penasaran. Namun, yang tidak terlupakan adalah emosi para penonton saat misteri tersebut akhirnya berhasil terpecahkan.  

Berkisah tentang Jian Bu Zhi (Tim Yu), seorang detektif yang mengalami amnesia setelah mengalami luka parah dalam sebuah pertempuran. Bahkan, pertempuran ini telah merenggut nyawa ayah Jian Bu Zhi. 

Selama bertahun-tahun, Jian Bu Zhi berjuang untuk mencari kebenaran di balik kematian ayahnya yang misterius. Dalam pencariannya, Jian Bu Zhi bertemu dengan sahabat-sahabat yang setia yang tidak segan membantunya dalam menyelesaikan berbagai kasus. Mereka adalah Zhao Wo Hai (Wang Yan Yang), Ming Yue (Miranda Ma), dan Zhan Shi Qi (Rachel Wang).

Mereka berhasil memecahkan banyak misteri dan menjalani petualangan yang menegangkan, Jian Bu Zhi juga belajar tentang arti cinta sejati dan pengorbanan. Namun, tantangan terbesarnya adalah menemukan pembunuh ayahnya yang kabarnya masih hidup. Lewat petunjuk yang ditemukan, Jian Bu Zhi berjuang untuk membongkar kebenaran yang telah lama terpendam.

18. Nirvana in Fire

Nirvana in Fire

Berlatar di Tiongkok pada abad keenam, di mana Kaisar Dinasti Liang Agung memerintahkan eksekusi yang tidak adil. Korbanya adalah saudara iparnya, Marsekal Lin Xie, bersama seluruh keluarga Lin, 70.000 tentara pasukannya, dan Putra Mahkota Qi. 

Satu-satunya yang selamat dari pembantaian tersebut adalah putra Lin Xie, Lin Shu (Hu Ge). Dia harus menjalani perawatan medis untuk mengubah penampilan dan meninggalkan dirinya yang lemah dan tidak mampu untuk berlatih seni bela diri. Kini Lin Shu dikenal sebagai Mei Chang Su, kepala dunia persilatan dan pendiri dari Aliansi Jiangzuo.

Dua belas tahun berlalu, Mei Chang Su kembali ke ibu kota dengan rencana rahasia setelah dicari oleh Pangeran Yu (Victor Huang) dan Pangeran Xiang (Jin Jia) dalam pertarungan untuk menduduki takhta. Ia memutuskan untuk membantu Pangeran Jing  secara diam-diam dan membersihkan istana dari para pejabat yang jahat dan licik.

Dalam perjalanan yang penuh dengan intrik politik dan pertempuran seni bela diri, Mei Chang Su harus menggunakan kecerdasannya untuk mengungkapkan kebenaran. Apalagi ada banyak konspirasi yang merajalela, saat ia membantu Pangeran Jing untuk mendapatkan haknya. 

Inilah kisah yang akan kamu temukan saat menonton Nirvana in Fire. Drama Wuxia ini layak disebut sebagai drama terbaik karena alur ceritanya yang kompleks tapi runtut. Konfliknya selalu diceritakan dengan jelas, tapi lewat teka-teki yang membuat kamu harus berpikir keras.

19. The King's Woman

The King's Woman_

Satu lagi drama Wuxia yang punya sad ending paling mengharukan, inilah The King’s Woman. Drama yang dibintangi oleh Dilraba Dilmurat dan Vin Zhang ini dijamin bikin kamu baper, emosi dan menangis.

Diadaptasi dari novel berjudul The Legend of Qin: Li Ji Story, fokus ceritanyanya mengisahkan kehidupan seorang wanita bernama Gong Sun Li (Dilraba Dilmurat). Terlahir dari keluarga militer, sejak kecil Gong Sun Li telah menguasai berbagai bela diri dan berjuang untuk melawan ketidakadilan yang dilakukan oleh kerajaan. 

Demi menyelamatkan pria yang dicintainya, Gong Sun Li terpaksa menyerahkan diri ke Istana Qin dan jadi selir Raja Ying Zheng (Vin Zhang). Meski usianya masih muda, Raja Ying Zheng dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan tidak kenal ampun. Hanya karena cinta, Raja Yin Zheng rela melakukan apapun untuk Gong Sun Li. 

Mengetahui selir kesayangannya tengah mengandung anak dari laki-laki lain, Raja membiarkannya untuk melahirkan anak tersebut. Raja pun kerap bersikap lembut dan penuh perhatian pada Gong Sun Li, hal ini tidak pernah dilakukannya untuk Ratu atau selir-selirnya. Melihat perjuangan Raja, hati Gong Sun Li perlahan-lahan tersentuh dan dari sinilah cinta muncul di hatinya. 

Namun, ada banyak orang yang berusaha untuk memisahkan mereka. Alhasil, Raja dan Gong Sun Li selalu dihadapkan dengan berbagai kesalahpahaman. Bahkan, Raja terlambat untuk menyadari bahwa Gong Sun Li tidak pernah berkhianat. Sebaliknya, dia hanya ingin melindungi Raja dan anaknya. 

20. Handsome Siblings

Handsome Siblings

Handsome Siblings berkisah tentang dua saudara kembar, Jiang Xiao Yu (Chen Zheyuan) dan Hua Wu Que (Hu Yitian), yang memiliki kehidupan yang sangat berbeda. Mereka sengaja dipisahkan sejak lahir sebagai bagian dari rencana jahat balas dendam Putri Yao Yue (Mao Lin Lin).

Jiang Xiao Yu dibesarkan di Lembah Penjahat dan dilatih untuk menjadi seorang penjahat ulung. Meskipun tumbuh sebagai pemuda cerdas dan licik, sebenarnya ia memiliki hati yang baik. 

Suatu hari, Jiang Xiao Yu secara tidak sengaja bertemu dengan Hua Wu Que. Namun, keduanya tidak menyadari bahwa mereka adalah saudara kembarnya. Selama ini, Hua Wu Que dibesarkan di Istana Yi Hua dan memiliki kehidupan yang sangat berbeda dengan Jiang Xiao Yu. Bahkan, dia tidak pernah mendengar sedikitpun cerita tentang saudara kembarnya. 

Awalnya takdir mengarahkan mereka untuk saling bermusuhan, namun Jiang Xiao Yu dan Hua Wu Que malah menjadi sahabat baik. Mereka membentuk ikatan yang kuat, dari sinilah rahasia-rahasia di masa lalu mereka mulai terungkap. 

Itulah beberapa judul serial drama Wuxia yang wajib untuk ditonton. Semua memiliki cerita yang menarik dan dibintangi oleh aktor/aktris ternama. Kalau kalian punya rekomendasi lain mengenai drama Wuxia yang juga asyik untuk diikuti, jangan ragu berbagi di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram