logo web

Inilah 10 Ultraman Tertua, Ada yang Berusia 300 Ribu Tahun

Ditulis oleh Siti Hasanah

Ultraman adalah makhluk yang berasal dari luar galaksi Bumi dan telah hidup sangat lama. Dia adalah karakter super hero dalam franchise Ultraman series yang pertama kali diperkenalkan tahun 1966 di jaringan televisi TBS.

Kreator seri ini adalah Eiji Tsuburaya dan digarap oleh Tsuburaya Production yang dikenal sebagai pelopor efek khusus. 

Ultraman adalah titik awal kesuksesan dari rumah produksi tersebut. Hingga kini, karakter ini tetap punya penggemarnya meskipun banyak sekali karakter super hero baru yang bermunculan.

Karakter Ultraman adalah sebuah fenomena, sama halnya dengan superhero dari Marvel dan DC Comics. Nah, sampai saat ini ada banyak sekali karakter pahlawan Ultra, dan berikut inilah 10 karakter yang paling tua. 

1. Ultraman Jack 

ultraman tertua-1_

Ultraman Jack adalah Pahlawan Ultra dari seri Return of Ultraman. Ketika itu, Ultraman belum menyandang nama Jack di namanya. Tapi, setelah ia menyatu dengan seorang racer muda bernama Hideki Go, nama itu baru dipakainya. 

Hideki adalah human house bagi Ultraman selama tinggal di Bumi. Pahlawan Ultra ini pertama kali bertemu dengan Hideki saat seorang Kaiju menyerang rumah sakit. Sebenarnya tidak ada hitungan yang pasti mengenai usia Ultraman Jack. Namun, diduga Ultraman Jack berusia 17 ribu tahun, jika dilihat dari catatan di serinya. 

2. Original of Ultra 

ultraman tertua-2_

Ini adalah Ultraman Warrior pertama yang tiba di Bumi saat mengejar Bermular yang kabur dari kuburan monster.

Dalam pengejarannya, ia tidak sengaja bertabrakan dengan Shin Hayata, seorang polisi patroli sains yang sedang mengerjakan misi kepanduan dengan pesawat jetnya. Hayata tewas dalam kecelakaan itu sehingga Ultraman merasa bersalah dan menghidupkan kembali sosok ini. 

Pahlawan Ultra ini pun menggabungkan dirinya dengan tubuh Hayata dan membuatnya tetap hidup. Setelah Bermular berhasil dikalahkan, Ultraman tinggal di Bumi dan menjaga kedamaian Bumi dari serangan monster dan Kaiju

Namun, waktunya di Bumi berakhir setelah pertempuran Zetton. Pewaktu warnanya rusak. Serangan musuh berhasil menghancurkan lampu Ultra. 

3. Ultraseven 

ultraman tertua-3_

Ultraseven muncul sebelum Ultraman Jack. Bedanya, di sini Ultraseven tidak mencari seorang manusia untuk dijadikan sebagai Human House, melainkan dia menyamar sebagai manusia dan menggunakan nama samaran Dan Moroboshi. 

Ultraseven tidak mempunyai batas waktu 3 menit seperti kebanyakan pahlawan Ultra lainnya. Ia mendapatkan kekuatan dari matahari. Namun, ia lemah terhadap udara dingin dan kegelapan. Itu sebabnya, malam hari dan udara dingin memberinya batasan waktu 3 menit. 

Ultraseven dapat menyusut ke ukuran manusia pada umumnya, bahkan ke ukuran mikroskopik. Nah, dilihat dari usianya, Ultraseven berusia 17 ribu tahun, sama seperti Ultraman Jack.

4. Ultraman Zoffy 

ultraman tertua-4_

Pahlawan Ultra satu ini adalah Komandan dari Pasukan Pertahanan Antara Galaksi, serta anggota dari Ultra Brothers. Dia pertama kali muncul dalam episode terakhir Ultraman original. Ultraman Zoffy terkenal dengan perangainya yang serius tapi tenang. Ia hampir tidak menunjukkan emosi. 

Ia pun sangat tegas dalam bekerja. Ketika Ultraman Taro melakukan pelanggaran, ia menggunakan otoritasnya sebagai komandan dan melucuti sang pahlawan itu dari posisinya. 

Ultraman Zoffy adalah satu-satunya karakter yang tidak punya seri khusus. Ia biasa muncul sebagai cameo dan pendukung Ultraman lainnya. Sekalipun begitu, ia adalah karakter yang penting dalam serial ini. Usianya termasuk tua, yakni 25 ribu tahun, lebih tua 500 tahun dari Ultraman Hayata. 

5. Ultraman Joneus 

ultraman tertua-5_

Ultraman Joneus adalah Ultraman yang paling beda. Apalagi ia muncul dalam format anime dan bukan live action seperti seri Ultraman lainnya. Ia adalah prajurit terkuat dari Delapan Besar yang memakai simbol bintang sebagai identitas Delapan Besar-nya. 

Ultraman Joneus ditugaskan ke Bumi jauh sebelum seri ini dimulai. Dia menyaksikan keberanian Choichiro Hikari mempertahankan stasiun luar angkasa dari satu Goglan yang menghancurkan pesawat. 

Joneus termasuk Ultraman yang lebih tinggi dari Ultra pada umumnya yang biasanya mencapai tinggi 40-50 meter. Sementara itu, usia Ultraman Joneus termasuk tua, yakni sekitar tahun 28 ribu tahun. Dari sini kita bisa melihat bahwa Joneus sudah hidup sangat lama. 

6. Mother of Ultra (Ultrawoman Marie)

ultraman tertua-6_

Ultraman Marie adalah ibu dari Ultraman Taro dan ia adalah satu tokoh penting di Nebula M78. Ultraman Marie bertugas di unit medis. Dia muncul di Ultraman versi film bersama dengan Father of Ultra untuk melatih putranya, Taro, menjadi anggota Ultra Brothers. Mereka merasa harus turun tangan sebab Tari masih sangat muda. 

Setelah Taro berhasil mengalahkan Grand King, Ultraman Marie dan suaminya baru mengakui kemampuan putranya itu. Dia pun mengizinkan Taro untuk menjadi Ultra Brothers. 

Meskipun Ultraman Marie adalah bagian dari unit medis, namun ia mempunyai kekuatan yang besar, seperti beam dan water shower.

Dia juga mempunyai kekuatan yang membuatnya mampu menghidupkan kembali Ultraman yang telah tewas. Nah, Mother of Ultra ini sudah berusia 100 ribu tahun. Ini menjadikan dia sebagai Ultrawoman paling tua di planetnya. 

7. Father of Ultra (Ultraman Ken)

ultraman tertua-7_

Ini dia Father of Ultra dan juga suami dari Ultrawoman Marie. Karakter bernama asli Ken ini adalah pemimpin tertinggi di Pasukan khusus Antar Galaksi. Ia pertama kali muncul dalam seri Ultraman Ace episode 27. 

Father of Ultra ini punya ciri khusus, yakni bentuk fisik yang gagah dan sangat tinggi serta kepala yang mempunyai tanduk. Tanduk ini bukanlah hiasan semata, melainkan mempunyai fungsi khusus, yakni untuk memanipulasi energi. Selain itu pula, tanduknya dapat menjadi antena yang mendeteksi peristiwa di Bumi. 

Tanduk itu pula menjadikan Father of Ultra memiliki pengetahuan yang sangat luas bak seorang dewa. Ukuran Tanduk yang dimiliki olehnya menandakan usia tua. Ia lebih tua dari istrinya 200 ribu tahun.

Selain itu, ia memiliki jenggot yang menurut teori, jenggot itu hanya akan dimiliki oleh pria yang usianya sudah menginjak lebih dari 40 ribu tahun. 

8. Ultraman Belial 

ultraman tertua-8_

Ultraman jahat ini berasal dari Light of Land, dan merupakan nemesis dari Ultraman Zero. Ultraman Belial adalah ayah dari Ultraman Geed. Dia dulu adalah petarung hebat yang berkontribusi besar dalam Ultimate Wars. Namun, ia dikuasai oleh keserakahan yang mendorongnya untuk mencuri Plasma Spark. 

Akhirnya, dia pun diusir kemudian diubah oleh alien Reiblood menjadi Reionik, penguasa kegelapan. Dulu, Belial adalah rekan Ultraman Ken melawan Alien Empera. Ia juga bertemu dengan Ultrawoman Marie dan dalam pertempuran itu dan menyaksikan bagaimana ia mengusir Alien Empera menggunakan kekuatan Ultimate Blade. 

Keberhasilan Ultraman Ken membuatnya diangkat menjadi Komandan. Namun, Belial cemburu dan ia karena itulah ia mencuri Plasma Spark demi menjadi lebih kuat. Karena cahaya dari Plasma terlalu kuat, Belial pun terpental dan ketahuan Pasukan Antar Galaksi.

Tanpa menunggu waktu lama, Utraman yang diketahui berusia 150 tahun itu pun ditangkap dan diasingkan dari Land of Light. 

9. Ultraman King 

ultraman tertua-9_

Ultraman King adalah salah satu pahlawan Ultra terkuat di seri ini, sekaligus Ultra tertua kedua dari seluruh universe Ultraman.

Layaknya Ultraman tua, ia mempunyai jenggot. Usianya kini sudah lebih dari 300 tahun, dan dia sudah lahir sebelum penciptaan Plasma Spark yang dia buat. Ia adalah seorang legenda di alam semesta, bahkan di tetangga konstelasi Leo, lokasi Planet L77. 

Sebuah teori mengungkapkan bahwa Ultraman yang paling dihormati ini dilahirkan dari Supernova. Dari seri Ultra tentang Nebula M78, King terbukti dihormati sebagai Dewa dari seluruh Pahlawan Ultra. Ketika Land of Light menghadapi musibah yang sangat besar, ia menjadi hero yang menyelamatkan planet tersebut. 

Kendati namanya King, dia bukanlah Raja di Land of Light, melainkan figur yang sangat dihormati. Dia adalah pemimpin Ultra Garrison di istana Kerajaan tempat Plasma Spark disimpan. Nama King bukanlah nama aslinya. Ia hanya mengadopsi nama itu dari manusia. 

10. Ultraman Noa 

ultraman tertua-10_

Inilah Ultraman paling tua di jaga Ultra series. Ultraman Noa adalah bagian dari proyek Ultra N yang dimaksudkan untuk franchise Ultraman. Ia adalah makhluk cahaya yang datang dari galaksi jauh. secara teori dia dilahirkan dari Supernova dan ditugaskan untuk melindungi perdamaian alam semesta. 

200 ribu tahun sebelum Ultraman Nexus, dia tiba di M80 Messier untuk bertarung melawan Space Beast yang mengancam penduduk Nebula. Ultraman Noa digambarkan telah terikat dengan berbagai Deunamist karena keinginan mereka memberi kekuatan besar pada para Ultra. 

Ultraman Noa mempunyai kekuatan yang sangat menakjubkan. Dia menggabungkan kekuatan dengan Garnisun ruang dan berhasil mengusir Dark Zagi. Namun, upaya itu membuat kekuatannya berkurang sehingga dia di-evolusikan. 

Nah, itulah 10 Ultraman tertua yang pernah ada dalam Ultra series. Super hero ciptaan Eiji Tsuburaya ini adalah sebuah fenomena. Franchise-nya melahirkan produk-produk multimedia lain seperti manga, sampai action figure.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram