logo web

10 Film Horror Jepang yang Menyeramkan dan Menegangkan

Ditulis oleh Linda

Jepang termasuk salah satu negara Asia penghasil film-film horror yang paling menakutkan. Bahkan, sudah banyak film horror Jepang yang dilirik oleh Hollywood dan dibuatkan versi Amerikanya. Selain ceritanya yang menarik, hampir semua film horror Jepang mampu menghadirkan atmosfer suram yang semakin menambah ketegangan.

Setidaknya ada dua jenis film horor yang sangat diminati oleh banyak orang, yaitu yang berhubungan dengan hantu dan juga film yang penuh adegan gore atau berdarah-darah.

Tapi untuk kali ini, Showpoiler akan merekomendasikan deretan film horor Jepang yang berkaitan dengan makhluk tak kasat mata. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftarnya di bawah!

1. Ringu / The Ring

The Ring

Adegan ikonik seorang wanita berambut panjang yang keluar dari sebuah sumur dan berjalan ke arah layar kaca yang sedang dilihat penontonnya memang susah untuk dilupakan. Ya, adegan tersebut bisa kamu temukan dalam film Ringu atau The Ring.

Film yang dirilis pada tahun 1998 sudah beberapa kali di-remake. Bahkan, ada versi film Amerika-nya juga. Namun, rasanya kurang afdol jika kamu belum pernah menonton versi originalnya yang dirilis tahun 1998 ini.

Cerita film ini berpusat pada sebuah kaset video terkutuk di mana setiap orang yang menontonnya akan meninggal dalam waktu tujuh hari ke depan. Seorang jurnalis bernama Reiko Asakawa menyelidiki misteri di balik kaset video tersebut setelah keponakannya ditemukan meninggal bersamaan dengan tiga orang temannya.

Reiko dan mantan suaminya, Ryuji, mencoba memecahkan misteri di balik kutukan video itu. Mereka menemukan fakta bahwa sosok wanita dalam video tersebut adalah Sadako Yamamura, yang tewas dibunuh. Roh Sadako lah yang membuat ‘kutukan’ pada rekaman video tersebut dan menelan banyak korban jiwa.

2. Audition

Audition

Film horor psikologis yang disutradarai oleh Takashi Miike ini terkenal karena adegan-adegan yang membuat bulu kuduk berdiri dan plot yang membuat para penontonnya terkesima. Kisahnya dimulai saat Shigeharu Aoyama, seorang duda yang memutuskan mencari istri baru melalui audisi yang diselenggarakan bersama seorang produser film.

Dari audisi tersebut, Aoyama bertemu dengan Asami, seorang wanita muda yang tampak lembut dan pemalu. Pada saat mereka berdua mulai menjalin hubungan, rahasia Asami terungkap. Di balik penampilannya yang terlihat seperti wanita lemah lembut, Asami punya trauma masa kecil dan pengalaman pahit yang membuat dirinya menjadi sosok yang sadis.

Audition yang dirilis pada tahun 1999 ini menawarkan jalan cerita yang menegangkan dan plot twist yang akan membuatmu tercengang.

3. Ju- On: The Grudge

Ju- On: The Grudge

Karya Sutradara Takashi Shimizu ini merupakan salah satu franchise film horor yang sangat terkenal di Jepang, bahkan di negara-negara lain. Ceritanya berputar di sebuah rumah yang dikutuk, di mana siapa pun yang memasuki rumah tersebut akan diteror oleh arwah yang marah.

Kutukan tersebut berasal dari kematian tragis Kayako, yang dibunuh secara brutal oleh suaminya di rumah itu. Salah satu karakter utama film ini adalah seorang pekerja sosial bernama Rika. Ia ditugaskan untuk merawat seorang wanita tua di rumah tersebut dan kemudian menjadi target selanjutnya dari roh Kayako.

Apakah Rika akan bernasib tragis seperti orang-orang lain yang akhirnya meregang nyawa di rumah itu?

4. Tetsuo: The Iron Man

Tetsuo: The Iron Man

Tidak seperti film horor kebanyakan, Tetsuo: The Iron Man adalah sebuah film horor dengan jalan cerita unik. Dikisahkan seorang pengusaha tidak sengaja menabrak seseorang hingga meninggal. Sialnya, orang yang menjadi korban ini memiliki fetisisme logam.

Untuk membalas dendam, si korban perlahan mengubah tubuh pria pengusaha itu menjadi campuran logam berkarat dan daging.

Kamu tidak akan mendapati banyak dialog pada film keluaran tahun 1989 ini. Namun, kamu akan melihat adegan sadis saat pria pengusaha itu dijadikan kelinci percobaan, di mana potongan-potongan baja dimasukkan secara paksa ke dalam tubuhnya.

Meskipun terdengar aneh dan tidak masuk akal, tetapi nyatanya Tetsuo: The Iron Man menjadi salah satu film horor yang dianggap canggih pada masanya.

5. House

House

Di tahun 1970-an, efek visual dari film House atau Hausu memang terlihat sangat kasar. Namun, sekali kamu menonton film ini, kamu pasti akan terbayang-bayang oleh beberapa scene yang terlihat aneh tapi sangat creepy.

Sinopsis film ini menceritakan tentang tujuh gadis remaja yang pergi berlibur ke rumah pedesaan milik bibi salah satu dari mereka. Pada awalnya, liburan tersebut terasa menyenangkan, tapi seketika menjadi mimpi buruk saat gadis-gadis itu satu per satu menjadi korban dari kejadian-kejadian supranatural yang aneh dan mengerikan.

Bibi yang semula terlihat seperti wanita tua yang ramah ternyata memiliki niat jahat kepada gadis-gadis itu. Bahkan, ia tak menggunakan ilmu hitam untuk ‘menyiksa’ gadis-gading malang tersebut.

6. Cure

Cure

Serangkaian pembunuhan terjadi di sebuah tempat. Sekilas, kasus-kasus tersebut tidak terkait satu sama lain, tapi ada satu kesamaan di setiap korbannya, yakni setiap korban memiliki tanda "X" yang tergores di leher mereka.

Seorang detektif bernama Kenichi Takabe sangat terobsesi dengan kasus ini. Ia memulai penyelidikan dan bertemu dengan Mamiya. Mamiya mempunyai kemampuan untuk menghipnotis orang lain agar melakukan pembunuhan. Kenichi berusaha mencari tahu motif Mamiya melakukan serangkaian pembunuhan itu.

7. Tag

Tag

Menggabungkan unsur horor, thriller, dan psikologis, Tag adalah sebuah film mind-blowing yang cukup membuat penontonnya ngeri. Kisahnya berfokus pada Mitsuko, gadis yang selamat dari pembataian massal di sekolahnya.

Mitsuko terjebak di dalam sebuah dimensi seperti sebuah game. Gadis itu harus melalui berbagai tahap (stage) layaknya sedang bermain game. Di setiap tahapan, Mitsuko dikejar oleh ‘sesuatu’ yang ingin membunuhnya. Apakah Mitsuko berhasil keluar dari dimensi aneh itu?

Bagi kita yang tidak terbiasa menonton film dengan jalan cerita mind-blowing, film Tag ini akan susah dipahami. Namun tak dapat dipungkiri bahwa film yang tayang perdana pada tahun 2015 ini menjadi salah satu film horor Jepang terbaik. Ada sejumlah adegan kekerasan dan pertumpahan darah di film ini.

8. Onibaba

Onibaba

Satu lagi film horor Jepang lawas yang harus ditonton setidaknya sekali seumur hidup, terutama bagi kamu yang memang suka dengan film horor klasik. Mengambil setting perang saudara di Jepang pada abad ke-14, dua wanita mencoba bertahan hidup dengan membunuh menggunakan samurai dan menjual barang-barang para korbannya.

Setelah menghabisi nyawa para korbannya, dua wanita ini langsung membuang mayat-mayat mereka ke dalam sebuah lubang. Jalan cerita jadi terasa semakin mencekam saat muncul sosok samurai bertopeng iblis yang mengusik kehidupan mereka. Siapa sosok samurai misterius ini? Apakah ia merupakan arwah korban dua wanita itu yang ingin menuntut balas?

9. Noroi: The Curse

Noroi: The Curse

Mengusung plot dokumenter, Noroi: The Curse berkisah tentang Masafumi Kobayashi, seorang pembuat film yang mengeksplorasi fenomena supranatural dan kematian yang misterius. Kobayashi menyelidiki serangkaian kejadian aneh dan teror supernatural yang tampaknya terkait dengan "Kagutaba", entitas roh jahat di Jepang.

Kobayashi melacak fenomena yang berhubungan dengan seorang gadis berkebutuhan khusus yang tampaknya memiliki koneksi dengan roh tersebut dan seorang ibu yang mengklaim memiliki kekuatan supranatural.

Tak lama kemudian, teror mulai membayangi penyelidikan, dengan Kobayashi dan rekan-rekannya menjadi sasaran dari kekuatan jahat itu.

Alih-alih bertabur jump scare, Noroi: The Curse lebih terasa mengerikan karena setting-nya yang kelam dan menakutkan, serta alur cerita yang kompleks sehingga memberikan pengalaman menonton film horor yang lebih nyata.

10. Dark Water

Dark Water

Yoshimi Matsubara, seorang ibu tunggal, berjuang meraih hak asuh putrinya, Ikuko, sambil berusaha untuk memulai hidup baru. Mereka pindah ke sebuah apartemen tua dan mengalami peristiwa-peristiwa aneh dan menakutkan.

Terdapat bercak air di langit-langit apartemen mereka yang tak kunjung hilang dan justru semakin membesar. Dari kejadian aneh ini, Yoshimi menemukan bahwa semua yang ia alami berkaitan dengan roh Mitsuko, seorang anak perempuan yang dinyatakan hilang beberapa tahun lalu.

Roh Mitsuko nampak tertarik dengan Ikuko. Sebagai seorang ibu, Yoshimi pun berusaha keras agar putrinya tidak dicelakai oleh entitas jahat.

Itulah 10 film horror Jepang yang dijamin bisa membuat kalian ketakutan. Jika kamu pecinta film Jepang, ketahui banyak informasi menarik mengenai perfilman Jepang hanya di Showpoiler.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram