logo web

10 Film Jepang Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2024

Ditulis oleh Sera Serinda A

Tidak kalah serunya dengan film barat atau pun film Korea, Jepang juga kerap kali menelurkan berbagai macam film apik. Bahkan, beberapa film Jepang juga punya banyak variasi genre yang membuat penonton tidak kebosanan saat menontonnya.

Khusus di tahun sekarang, ada banyak pilihan film Jepang terbaru yang tentu saja layak dan patut ditonton. Bukan hanya sekedar mengisi waktu luang, beberapa film baru ini juga bisa dijadikan hiburan yang seru saat sedang quality time bersama orang-orang terdekat.

Penasaran dengan daftar film terbaru Jepang? Showpoiler akan memaparkannya untuk kamu di bawah ini.

 

1. Teasing Master Takagi-san Movie

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Mei Nagano Fumiya Takahashi
Selengkapnya →

Film ini merupakan kisah lanjutan dari drama live-action Teasing Master Takagi-san. Bila versi dramanya menampilkan kisah Nishikata dan Takagi versi SMP, kini keduanya akan bertemu kembali dalam umur yang sudah sama-sama dewasa.

Takagi kini sudah menjadi seorang guru. Ia memutuskan untuk magang di sekolah lamanya, SMP Momomi. Tak disangka ia bertemu lagi dengan Nishikata yang juga bekerja di sana sebagai guru olahraga.

Pertemuan ini tentu membuat kebiasaan Takagi saat di SMP dulu kembali muncul. Ia kembali menggoda Nishikata dengan kata-kata gombalnya. Keduanya juga saling bantu ketika memiliki masalah dan di sinilah bunga cinta di antara keduanya kembali bermekaran.

2. The Women in the Lakes

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Sota Fukushi Marika Matsumoto
Selengkapnya →

Di sebuah panti jompo di tepi danau, seorang pria berusia 100 tahun ditemukan tewas. Kasus ini lantas ditangani oleh Keisuke Hamanaka, seorang detektif muda dari Departemen Kepolisian Saiko yang dibantu oleh detektif senior Tasuku Isami. Mereka melakukan interogasi terhadap beberapa orang di panti jompo tersebut, berusaha mengurai misteri di balik kematian pria tua itu.

Di sisi lain, seorang jurnalis bernama Yuki Ikeda menemukan keterkaitan yang tak terduga antara pembunuhan tersebut dengan kasus penyalahgunaan narkoba yang sepertinya disembunyikan oleh pihak kepolisian.

Meski mengangkat kisah penyelidikan kriminal, film satu ini cukup kelam karena menyajikan beberapa elemen yang mungkin akan terasa mengintimidasi dan kontroversial bagi para penonton wanita. Terlepas dari itu, film yang diangkat dari novel karya Yoshida Shuichi ini cocok untuk kamu yang menyukai kisah-kisah noir.

3. Buzzy Noise

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Takumi Kawanishi Hiyori Sakurada
Selengkapnya →

Kepiawaian akting anggota grup Idola Jepang JO1 Takumi Kawanishi dalam drama, kini membuat banyak produser film tertarik untuk bekerja sama dengannya. Di film perdananya ini, Takumi bahkan langsung dipasangkan dengan Hiyori Sakurada, aktris yang sudah menghiasi dunia film dan drama Jepang sejak tahun 2015.

Takumi memerankan karakter pemuda nolep bernama Kiyosumi, yang menghabiskan sebagian besar waktunya sendirian di rumah dengan membuat musik di komputernya. Namun, hidupnya berubah ketika tentangganya, Ushio (Hiyori Sakurada) mendengar musik buatan Kiyosumi.

Ushio ingin lebih banyak orang mendengar musik yang dibuat Kiyosumi, sehingga ia mendorong Kiyosumi untuk mulai membagikan musiknya kepada orang lain lewat sosial media. Dan benar saja, tak lama, musik Kiyosumi menjadi hit.

Kiyosumi bahkan diajak untuk membentuk sebuah band. Sayangnya keadaan berubah ketika band Kiyosumi kehilangan popularitas. Di saat bersamaan, seorang produser menawarkan Kiyosumi kontrak bernilai fantastis untuk bakatnya. Sekarang, Kiyosumi harus memutuskan apa yang sebenarnya dia inginkan untuk musiknya.

4. Kokuhaku Confession

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ikuta Toma Yang Ik Jun
Selengkapnya →

Asai Keisuke dan Ryu Ji Yong berada di klub pendakian gunung yang sama di universitas. Meskipun sudah 16 tahun sejak mereka lulus, mereka masih berteman baik. Mereka memutuskan untuk mendaki gunung bersama untuk mengenang teman mereka, Nishida Sayuri, yang meninggal dalam kecelakaan pendakian 16 tahun yang lalu.

Selama pendakian, mereka terjebak dalam badai salju dan tersesat di tengah cuaca buruk. Ji Yong terluka dan mulai berpikir bahwa ia akan gagal mencapai puncak.

Keisuke pun mencoba menyemangati Ji Yong untuk tidak menyerah. Untungnya mereka menemukan sebuah gubuk di gunung dimana mereka bisa berteduh sementara. Namun, di sinilah keanehan dimulai. Ji Yong tiba-tiba mengungkapkan sebuah rahasia pada Keisuke. Dan sejak itu, perilaku Ji Yong menjadi sangat aneh. Ia bahkan beberapa kali berusaha melukai Keisuke.

Film ini merupakan live-action dari seri manga populer karangan Nobuyuki Fukamoto yang terbit di tahun 1998. Pada tahun 2024, studio Gaga Corporation tertarik untuk memproduksi film ini lewat tangan Nobuhiro Yamashita selaku sutradaranya.

5. City Hunter (Live Action 2024)

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ryohei Suzuki Misato Morita
Selengkapnya →

Penggemar manga dan anime City Hunter yang populer di akhir tahun 1990an pasti sudah tahu dengan jalan cerita utamanya. Namun, bila kamu mengaku penggemar, maka kurang afdal bila tidak menyaksikan aksi Ryohei Suzuki sebagai Ryo Saeba di film live action ini.

Ryo Saeba sendiri merupakan seorang playboy yang bekerja sebagai “sweeper”. Ketika para kliennya meminta Ryo untuk melakukan misi, pria ini akan menyelesaikannya dengan baik menggunakan kemampuan menembak jitunya yang sangat terampil. Saat beraksi, pribadi Ryo juga akan berubah menjadi dingin dan tangguh.

Suatu ketika, Ryo menerima misi untuk mencari seorang cosplayer bernama Kurumi. Bersama temannya, Hideyuki, Ryo pun berusaha untuk menemukan gadis tersebut. Sayangnya, misi ini tidak mudah dijalankan karena Hideyuki malah menjadi korban.

Kini, selain harus menyelesaikan misinya untuk menemukan Kurumi, Ryo merasa bertanggung jawab untuk mencari penyebab kematian rekannya. Bersama adik Hideyuki, Kaori, Ryo pun memutuskan untuk menuntaskan semua misinya ini.

6. Onmyoji Zero

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kento Yamazaki Shōta Sometani
Selengkapnya →

Di Jepang kuno tepatnya pada zaman Heian, Seimei Abe adalah siswa di Onmyoryo yakni sebuah sekolah yang mengajarkan sihir. Seimei sebenarnya sangat pintar dalam ilmu sihir, tapi dia tidak tertarik untuk menjadi onmyoji, sebutan bagi mereka yang melindungi kota dari hal-hal buruk seperti kutukan dan roh jahat.

Suatu hari, seorang bangsawan bernama Hiromasa Minamoto meminta bantuan Seimei karena hal aneh terjadi pada anggota keluarga Kerajaan. Menggunakan kemampuan dan kepintarannya, Seimei dan Hiromasa bekerja sama untuk memecahkan misteri itu bersama-sama.

Sudah beberapa kali diadaptasi, kisah Onmyouji pertama hadir sebagai seri novel karya Yumemakura Baku. Selain Jepang, kisah ini juga dijadikan film oleh negara Tiongkok dengan judul The Yin Yang Master pada tahun 2021.

7. April, Come She Will

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Takeru Satoh Masami Nagasawa Nana Mori
Selengkapnya →

Menggemari novel-novel Genki Sawamura? Bila iya, maka kamu harus menonton film adaptasinya ini. April, Come She Will atau yang berjudul asli Shigatsu ni Nareba Kanojo wa akan mengantarkan penonton pada kisah cinta penuh misteri. Setelah If Cats Disappeared From the World, film ini juga kembali diperankan oleh Takeru Sato, lho!

Di film ini Takeru memerankan karakter seorang psikiater bernama Shun Fujishiro yang tiba-tiba mendapatkan surat dari cinta pertamanya, Iyota Haru. Isi surat tersebut menceritakan tentang momen-momen indah yang mereka lalui 10 tahun lalu.

Shun sendiri sebenarnya sudah memiliki tunangan yang bernama Sakamoto Yayoi dan mereka akan segera melangsungkan pernikahan. Tapi anehnya bersamaan dengan kemunculan surat tersebut, Yayoi juga tiba-tiba menghilang.

Keanehan ini tentu membuat Shun kebingungan karena ia tak tahu harus ke mana mencari Yayoi. Tanpa ia sadari rupanya surat yang ia terima dari Haru ternyata berhubungan dengan hilangnya sang tunangan.

8. Golden Kamuy (2024)

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kento Yamazaki Anna Yamada
Selengkapnya →

Setelah dibuat adaptasi anime, Golden Kamuy akhirnya resmi dirilis sebagai film live-action di tahun 2024. Jagoan kita, Saichi Sugimoto atau si Immortal Sugimoto diperankan oleh Kento “Yamaken” Yamazaki. Tak hanya Yamaken, film ini juga dilakoni oleh aktor dan aktris populer Jepang lain seperti Gordon Maeda, Anna Yamada, hingga Hiroshi Tachi.

Ceritanya sendiri persis seperti yang disajikan dalam manga maupun animenya namun dalam versi lebih padat. Pasca perang Rusia-Jepang di awal abad ke-20, Sugimoto memutuskan untuk mengubah jalur hidupnya dari veteran perang menjadi pencari emas.

Suatu ketika, Sugimoto mengetahui tentang bongkahan emas milik suku Ainu yang dicuri oleh seorang penjahat yang disebut Noppera-bo. Noppera-bo menyembunyikan emas itu sebelum ditangkap, dan menato lokasi penyimpanannya pada 24 tahanan. Setiap tahanan memiliki sebagian kecil dari peta emas itu.

Dalam pencariannya, Sugimoto diserang oleh beruang. Untungnya ia diselamatkan oleh seorang gadis Ainu bernama Asirpa. Ayah Asirpa adalah korban pencurian emas milik sukunya, dan karena itu Asirpa ingin membalas dendam pada pembunuh ayahnya. Sugimoto dan Asirpa pun akhirnya bersatu dalam misi pencarian emas tersebut.

9. The Parades

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Masami Nagasawa
Selengkapnya →

Kita mungkin akan menafsirkan istilah arwah gentayangan secara negatif karena potret ini di Indonesia kerap kali disangkutpautkan dengan jin menyeramkan yang mengganggu kehidupan manusia. Namun, di film The Parades, para arwah gentayangan terjebak di dunia manusia karena mereka punya penyesalan yang belum terselesaikan selama masa hidupnya.

Salah satu arwah yang terjebak adalah Minako, seorang ibu yang meninggal karena tsunami di pantai. Ia berusaha mencari keberadaan putranya, Ryo, namun malah berjumpa dengan seorang pemuda bernama Akira. Ada juga seorang mantan yakuza bernama Shori dan mantan produser film bernama Michael yang ia jumpai.

Tak lama kemudian, Minako sadar bahwa ia sebenarnya sudah meninggal dan teman-teman barunya itu adalah arwah. Mereka terjebak karena belum menyelesaikan urusan dengan orang-orang terdekat mereka yang masih hidup.

Para arwah ini juga berkelompok dan setiap satu bulan sekali mereka akan mengadakan parade untuk bertemu dengan orang-orang yang mereka rindukan di dunia.

10. Silent Love

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ryosuke Yamada Minami Hamabe
Selengkapnya →

Seorang pemuda bernama Aoi kehilangan kemampuan berbicara setelah mengalami kecelakaan. Ia lantas menjalani hidup seadanya: murung dan tanpa tujuan. Secercah harapan kembali muncul kala ia bertemu dengan Mika, seorang gadis yang gigih berlatih piano. Mika rupanya sangat ingin menjadi seorang pianis, namun ia kehilangan penglihatan akibat kecelakaan.

Aoi jatuh cinta pada Mika dan ia jadi ingin melindungi gadis itu dari bahaya. Aoi mengungkapkan perasaannya melalui sentuhan lembut atau suara lonceng kecil. Gerakan sederhana namun tulus dari Aoi ini pun mengubah Mika yang awalnya pesimis akan tujuan hidupnya.

Meski preminya simpel bukan berarti kisah cinta Aoi dan Mika berjalan tanpa hambatan. Selain terhalang keterbatasan fisik, backstory dari keduanya juga akan menjadi jurang terjal yang membuat sulitnya cinta mereka bersatu.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram