logo web

20 Film Malaysia Terbaru yang Wajib Ditonton di 2024

Ditulis oleh Suci Maharani R

Kalau drama Thailand dan drama China sudah biasa kita tonton, merasa asing gak sih nonton film dari Malaysia? Nah, makannya, kita ajak kalian buat sama-sama simak ulasan film Malaysia terbaru di bawah ini.

1. Duan Nago Bogho

film malay terbaru_Duan Nago Bogho_

Duan Nago Bogho menjadi salah satu film Malaysia terbaru yang cukup dinantikan. Film ini digarap oleh sutrdara Sabri Yunus. Beberapa nama besar di Malaysia seperti Asrulfaizal Kamaruzaman, Jojo Goh hingga Arjunasukma didapuk jadi pemeran utamanya.

filmnya mengisahkan mengenai Duan, seorang seniman Mak Yong yang merantau ke Kuala Lumpur. Sebenarnya ia terpaksa pindah ke Kuala Lumpur karena keributan yang terjadi di desanya.

Hidup di tempat baru, memang tidak mudah bagi Duan. Ada banyak kesibukan yang harus diurusnya, namun kecintaannya pada Mak Yong tidak pernah berubah. Sialnya, Duan terkena masalah dengan seorang kriminal karena menolong seorang gadis dari penculikan.  

2. Eva

film malay terbaru_Eva 2023_

Eva (2023) menjadi salah satu film horor dan thriller Malaysia yang harus dinantikan. Film ini digarap oleh sutradara Suhaiza Aziz yang juga menyutradarai film Ada Apa Dengan Dosa. Kali ini Suhaiza Aziz mendapuk Nadia Aqila, Nadia Brian dan Shamsul Danish sebagai pemeran utamanya.

Kisahnya berpusat pada seorang wanita bernama Eva, pengacara muda yang hidupnya tidak mudah. Bayangkan saja, Eva memiliki dua kepribadian lain dalam tubuhnya. Mereka adalah Mike dan Amy, dua kepribadian yang terbentuk karena kekerasan seksual yang dilakukan sang ayah.

Muak dengan sang ayah, Eva dan kepribadian lainnya berniat melakukan balas dendam. Namun, rencana ini diketahui oleh Miqal. Apakah aksi balas dendam ini berhasil?

3. Jerangkung Dalam Almari

film malay terbaru_Jerangkung Dalam Almari_
Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Adi Putra

Dari judulnya saja sudah bisa dipastikan kalau Jerangkung Dalam Almari adalah film Malaysia bergenre horor. Disutradarai oleh Shadan Hashim, film ini jadi kerjasama Akid Productions Sdn Bhd dan Northstar Prodigy Picture Sdn Bhd. Film ini dibintangi oleh Dato Adi Putra, Sophia Albarakbah, Hasnul Rahmat dan Wan Hanafi Su.

Sedangkan untuk ceritanya, ia mengisahkan seorang pemuda bernama Fikri yang tidak pernah bisa tenang karena kerap diganggu oleh sosok gaib yang mengancam nyawa keluarganya. Selalu saja ada hal yang hampir membuat istri dan anaknya tewas.

Berbekal ilmu yang diberikan oleh Pak Hassan, ternyata semua ini ada sangkutannya dengan sang kakak yang melakukan ritual Jerangkung Dalam Almari.

4. Air Force The Movie: Selagi Bernyawa

film malay baru_Air Force The Movie Selagi Bernyawa_

Beralih ke film aksi dan peperangan, Air Force The Movie: Selagi Bernyawa menyuguhkan banyak sekali aksi heroic para tentara Malaysia.

Film garapan sutradara Zulkarnain Azhar dan Frank See ini menampilkan pasukan khusus Malaysia yang sedang mengatasi masa krisis. Filmnya ini dibintangi oleh deretan selebriti ternama, sebut saja Aiman Hakim Ridza, Adi Putra, Nas-t hingga Iman Corinne Adrienne.

Mengisahkan tim PASKAU yang dipimpin oleh Kapten Adib dan mentornya Mayor Adnan yang baru saja pulang bertugas. Mereka berniat pulang ke rumah, namun pesawat yang mereka tumpangi tiba-tiba ditembak jatuh oleh militan lokal.

Untuk menyelamatkan pasukannya, pasukan Angkatan Udara mengerahkan pasukannya untuk melakukan operasi penyelamatan.

5. 3 Janda Melawan Dunia

3 Janda Melawan Dunia

Hanya lewat judulnya saja, pasti sudah bisa menebak kalau film berjudul 3 Janda Melawan Dunia ini pasti kocak banget untuk ditonton. Film yang digarap oleh Hyrul Anuar ini mendapuk Khatijah Tan, Normah Damanhuri, Raja Azura dan Norman Hakim sebagai pemeran utamanya.

Sementara untuk alurnya, Midah, Rohayu dan Ani adalah fans berat dari penyanyi Aiman Zalini. Demi bertemu dengan idolanya, ketiganya berusaha mencari uang dengan cara berjualan vape bebas aditif.

Barang jualannya memang laku keras di pasaran, tapi hal ini malah membuat ketiga janda ini berhadapan dengan kartel berbahaya. Sebenarnya kesalahan apa yang sudah diperbuat Midah, Rohayu dan Ani?

6. Mat Kilau

Mat Kilau

Bagi para fans Yayan Ruhian pasti sudah mengenal film asal Malaysia berjudul Mat Kilau ini. Di sini, Syamsul Yusof dipercaya untuk mengarahkan filmnya.

Menariknya, film ini menampilkan Yayan Ruhian sebagai salah satu pemainnya. Di filmnya, ia beradu akting dengan aktor/aktris terkenal Malaysia, seperti Dato Adi Putra, Beto Kusyairy, Fattah Amin, Johan As'ari, Ali Karimie hingga Khir Rahman.

Adapun filmnya mengisahkan seorang pejuang asli Malaysia yang berani menantang pemerintahan penjajahan Inggris di Pahang. Mat Kilau dijadikan pemimpin dan pemikir bagi kelompoknya, itulah kenapa ia begitu disegani dan dikagumi banyak orang.

Mat Kilau sangat aktif dalam menyuarakan kesejahteraan masyarakat Malaysia, inilah yang mendalangi aksi pemberontakannya.

7. Musyrik

Musyrik

Beralih ke film horor, sudah tidak aneh lagi kalau film berbau horor asal Malaysia memang memberikan vibes yang sangat menegangkan.

Hal ini juga bisa kamu rasakan saat menonton film berjudul Musyrik yang disutradarai oleh Arjin Uppal. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Aishah Ilias, Asyraf Muslim, Nur Ruhainies, Qaseh Shuhada, Arwan Umar dan Aeril Zafrel.

Kisahnya sendiri berpusat pada hidup seorang pria bernama Aril, yang penuh amarah dan sangat arogan. Bahkan segala kesialan terus saja mendatanginya, salah satunya adalah bisnisnya bangkrut karena ditipu oleh temannya sendiri.

Lalu, hubungan rumah tangganya yang terancam porak poranda ini, ternyata ada kaitanya dengan perbuatan musyrik Aril di masa lalu.

8. Rumah

Rumah

Rumah (2022) adalah film horor asal Malaysia yang tidak boleh sampai kamu lewatkan dalam watchlist mu. Film garapan sutradara Kay ini dibintangi oleh Erra Fazira, Puteri Balqis dan Mak Jah, sebagai pemeran utamanya.

Filmnya mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal bernama Maya, yang tinggal di sebuah rumah bersama anak perempuannya. Setelah pencarian yang panjang, mereka memilih sebuah rumah yang harganya sangat jauh dari pasaran.

Namun ia tidak mengetahui, ternyata rumah yang ditempatinya ternyata menyimpan kisah yang sangat menyeramkan.

9. 35mm

35mm

Ditayangkan dalam platform Astro First, 35mm menjadi salah satu rekomendasi film Malaysia terbaru yang bisa kamu tonton. Film garapan Syahmi Sazli dan Senibayan ini bahkan berada di peringkat pertama sebagai film terlaris Malaysia lho.

Film bergenre komedi dan fantasi ini juga dibintangi oleh Syahmi Sazli, Asif Suhaimi dan Yoe Parey, yang bikin kamu tertawa terbahak-bahak.

Selepas membeli sebuah kamera antik, Syahmi, Asif dan Yoe, malah kembali ke masa lalu. Ketiganya harus bertahan hidup di zaman yang berbeda, mulai dari Dinasti Cina, penjajahan Jepang, penjajahan Inggris hingga masuk ke tahun 90-an.

Tapi tidak hanya kesulitan yang mereka temui, pasalnya Yoe bisa bertemu dengan kedua orang tuanya lagi yang sudah lama meninggal di tahun 1997.

10. Rajawali

Rajawali

Rajawali (2022) adalah film aksi dan misteri yang akan membuat kamu merasa deg-degan. Disutradarai oleh Mamat Khalids dan Amin Shahab, film ini dibintangi oleh nama-nama populer di Malaysia. Sebut saja M. Nasir, Faizal Hussein, Siti Saleha, Wan Hanafi Su, Bil Azali, hingga Umarul Mahdzar Embong.

Adapun filmnya mengisahkan komplotan perampok yang dipimpin oleh Maya, harun dan Shahrul. Mereka berhasil membobol sistem dari Badan Keuangan Negara dan membawa kabur jutaan ringgit.

Namun kali ini mereka akan dihadapkan dengan hal yang lebih besar, yaitu sebuah pemujaan ilmu hitam yang aneh. Bahkan ritual ini tidaklah mudah, pasalnya nyawa mereka juga bisa menjadi taruhannya.

11. Talbis Iblis

Talbis Iblis

Kembali lagi ke film horor, kali ini Showpoiler akan membicarakan soal film Malaysia yang berjudul Talbis Iblis.

Film yang dibintangi oleh Azira Shafinaz, Nasha Aziz dan Zul Ariffin ini memang bikin merinding dan menakutkan bagi para penontonnya. Bahkan film ini mendapatkan sambutan meriah, saat tayang di 24th Far East Film Festival (FEFF) di Italia.

Adapun Talbis Iblis mengisahkan seorang wanita bernama Hajar, yang hamil di luar nikah dan memutuskan untuk melarikan diri. Dibantu oleh Arshad, Hajar tinggal bersama Mak Ju yang dikenal sebagai seorang bidan yang sangat ahli.

Namun Hajar tidak menyadari, ternyata Mak Ju yang baik hati ini ternyata sedang mencari wadah untuk arwah putrinya yang ia panggil kembali.

12. Renjana

Renjana
Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Nabila Huda

Renjana adalah film asal Malaysia yang bisa kamu saksikan lewat platform Astro First. Film satu ini disutradarai oleh Mohd Fazli Yahya dan mengisahkan sosok wanita hebat asal Malaysia. Nabila Huda didapuk untuk memerankan karakter utamanya yang bernama Che Aminah dari Pulau Pinang.

Semasa hidupnya, Che Aminah memang kerap dipandang sebagai wanita pembawa sial oleh warga kampungnya. Ia sempat menikah dengan seorang pria bernama Ramlee, tapi ia dikhianati dan kini Che Aminah memilih hidup sebagai janda.

Tapi semenjak bertemu dengan Johan, ia seperti mendapatkan semangat hidup baru dan menjelma menjadi guru wanita pertama di sebuah sekolah tahun 1900-an.

13. Lari Cabi Lari

Lari Cabi Lari

Dari judulnya saja, pasti kamu sudah bisa menebak bahwa Lari Cabi Lari adalah film komedi yang akan membuat kamu tertawa. Film satu ini disutradarai oleh Megat Sharizal dan mendapuk Eric Fuzi, Syrul Ezwan dan Jasper Supayah sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang pria bernama Rahmat yang kerap dipanggil dengan nama Cabi. Alasannya, karena Cabi memang memiliki tubuh yang gempal dan kerap di-bully oleh beberapa teman-temannya.

Tak rela melihat Cabi di bully, Selvan malah menantang teman-temannya bahwa Cabi akan melakukan lomba lari 5000 meter. Kira-kira bisakah lomba ini terealisasi?

14. Ceroboh

Ceroboh

Ceroboh adalah film Malaysia bergenre fantasi dan thriller, yang cukup unik untuk kamu tonton. Film garapan sutradara Feisal Azizuddin ini membicarakan soal alien yang datang ke bumi.

Untuk melengkapi filmnya, ia mendapuk Nia Atasha, Grace Ng, Charles Roberts, Sasidaran, Mia Sara Shauki, Kent Tan dan Syazani Zikry sebagai pemeran utamanya.

Kisahnya bermula ketika bumi kedatangan koloni alien yang disebut dengan nama “Binatang Langit”. Alien ini memiliki kemampuan mengendalikan pikiran manusia untuk melakukan apapun yang diinginkannya.

Enam orang yang berusaha menyelamatkan diri, caranya dengan bersembunyi di sebuah bangunan tua. Namun mereka tidak sadar, ternyata paranoid mereka juga sama mematikannya dengan alien itu.

15. Nasi Lemak 1.0

nasi lemak 1.0_

Film Malaysia berjudul Nasi Lemak 1.0, menjadi film komedi yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Alasannya bukan karena filmnya yang sangat lucu, tapi ceritanya juga sangat dekat dengan masyarakat Malaysia.

Adapun kisahnya bermula ketika Hang Dua berusaha mencari resep Nasi Lemak terbaik untuk melawan para juru masak Cina. 

Sayangnya karena suatu insiden, Hang Dua dan beberapa orang lainnya terlempar ke Kesultanan Melayu Melaka 600 tahun yang lalu. Di sinilah berbagai macam tingkah kocak mereka malah menimbulkan banyak masalah yang berpotensi mengubah sejarah Malaysia.

Tapi dari sinilah akhirnya Hang Dua mendapatkan resep Nasi Lemak terbaiknya yang diberi nama Nasi Lemak 1.0.

16. Syahadan

Syahadan_

Yang namanya anak muda, bertarung hingga babak belur memang bukan lagi hal yang aneh. Tapi karena terlalu sering pulang dalam keadaan bonyok, akhirnya Omar dikirim oleh ayahnya ke kediaman Pak Daud. Ternyata anak ini disuruh untuk mempelajari ilmu bela diri tradisional yaitu silat.

Meski sempat menolak, akhinya Omar berangkat juga ke rumah Pak daun dan sejak saat itu anak ini berubah drastis. 

Pasalnya dari Pak Daud, Omar memahami ternyata silat bukan sekedar ilmu bela diri biasa. Tapi silat mengajarkan berbagai macam pelajaran hidup, yang bisa mengatur karakter seseorang.

Meski film ini terlihat seperti film action, ternyata di bagian akhir trailer filmnya ada spoiler unik lho. Pasalnya ketika Omar sedang shalat, tiba-tiba saja sosok hantu anak kecil yang mengganggunya.

17. C144 Human x Nature

c144_

Beralih ke film thriller, kali ini kita akan membahas C144 Human x Nature yang bikin bulu kuduk merinding. Film ini mengisahkan 2 pekemah amatir yang menemukan sisa bangkai pesawat militer Amerika C-47B yang jatuh di Malaysia.

Temuan ini tidak hanya menjadi berita heboh, tapi menghasilkan pundi-pundi uang bagi mereka. Akhirnya, mereka membuat ekspedisi eksklusif yang diikuti oleh 10 orang dari berbagai negara berbeda.

Sayangnya ekspedisi ini tidak berjalan lancar, pasalnya mereka malah berakhir tersesat di dalam hutan. Sejak saat itu berbagai gangguan aneh mulai menghampiri mereka, sebenarnya ada rahasia tersembunyi apa di hutan itu?

18. Hantu Kuat Ketawa

hantu kuat ketawa_

Menjadi film kedua yang disutradarai oleh Mawi, Hantu Kuat Ketawa tidak hanya seram tapi kocak juga, lho. Film ini mengisahkan empat penjahat, yaitu Amirul, Aminah, Datin Nilam dan Dato Nizam yang berusaha melarikan diri dan mencari tempat sembunyi.

Maklum saja mereka sedang dikejar-kejar polisi dan kini mereka memilih untuk bersembunyi di sebuah Rumah Sakit di daerah pedalaman.

Sialnya, ternyata Rumah Sakit itu diisi oleh hantu misterius; alasannya karena selalu saja terdengar suara-suara tertawa yang kencang dan menyeramkan. Belum lagi satu persatu dari kelompok penjahat ini menghilang secara misterius, setelah sebelumnya tanpa mereka tiba-tiba tertawa. Kira-kira ada apa dengan rumah sakit tersebut?

19. The Assistant

the assistant_

Menjadi film blockbuster pertama di bioskop Malaysia pasca wabah Covid-19, The Assistant (2022) bisa bikin adrenalin naik, lho. Pasalnya film bergenre aksi dan thriller ini dibintangi aktor ternama Malaysia, seperti Iedil Dzuhrie Alaudin dan Hairul Azreen.

Adapun film ini menceritakan mengenai Zafik usai meringkuk di dalam penjara karena berbagai macam kejahatannya.

Kini ia hidup sendiri, pria ini tidak sengaja bertemu dengan Feroz yang selalu saja muncul untuk membantunya. Tapi kehadiran Feroz di kehidupannya ternyata penuh dengan misteri dan rahasia yang sulit dipecahkan. Sebenarnya siapa sosok Feroz yang sebenarnya?

20. Gila Gusti

gila gusti_

Masih bergenre action, kali ini kita akan membahas film Malaysia berjudul Gila Gusti. Film yang dibintangi oleh Ayez Shaukat Fonseka Farid ini mengisahkan hidup para pegulat pro.

Kisahnya bermula ketika Mamat dan Zul adalah sahabat karib yang sangat terobsesi dengan gulat pro. Bahkan keduanya adalah fans fanatik dari Naga, seorang pegulat profesional yang sangat terkenal.

Namun hari itu Naga tiba-tiba saja kalah, hal ini membuat idola mereka seakan kehilangan semangat. Pasalnya Naga tidak pernah terlihat di arena tanding, pria ini seakan menghilang ditelan bumi.

Tak rela melihat idolanya terpuruk, Mamat dan Zul mati-matian mencari cara agar Naga mau bertanding lagi. Mereka membantu sang idola untuk bisa bangkit dan memenangkan kejuaraan Asia Pasifik lagi.

Beberapa film di atas seru sekali sih. Jadi jangan lupa streaming untuk menonton film-nya ya. Oh iya sebagian ada yang ditayangkan di Netflix juga, jadi kalian cuma tinggal pencet-pencet remote saja untuk menontonnya.

Dijamin ketagihan deh meski isi dramanya tidak jauh beda dengan drama Thailand dan China yang sudah sempat kita bahas di artikel sebelumnya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram