logo web

20 Rekomendasi Drama Thailand Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Syuri K.N.

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang selalu sukses dalam bidang perfilman. Negeri Gajah Putih ini tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan film yang unik dan seru.

Identik dengan humor yang dapat mengundang gelak tawa, genre film Thailand selalu sukses menyita banyak penggemar dari berbagai penjuru negeri. Tak hanya film saja, drama-drama Thailand juga tak kalah menarik untuk disaksikan.

Pasalnya, drama Thailand selalu menyuguhkan alur cerita yang seru untuk ditonton. Horror, romantis, ataupun komedi, drama Thailand memang patut diacungi jempol berkat alurnya yang selalu dibuat apik. Drama Thailand sering kali sukses mengudara sehingga memiliki banyak penggemar di berbagai negara.

Untuk kamu yang penasaran dengan keseruan dari drama Thailand, maka jangan lewatkan beberapa rekomendasi drama Thailand terbaik versi Showpoiler di bawah ini ya!

Baca juga: 15 Rekomendasi Drama Thailand yang Bertema Office Love

1. Thai Cave Rescue

Thai Cave Rescue

“Thai Cave Rescue” (2022) berhasil menjadi drama Thailand yang menyentuh hati banyak orang. Drama original Netflix ini mengadaptasi peristiwa nyata, loh!

Drama ini dibintangi oleh deretan aktor muda seperti Beam Papangkorn, Pangpond Songphon dan masih banyak lagi. Aktor papan atas seperti Ek Tahneth, Donut Manatsanun dan Yaya Urassaya juga hadir sebagai pemeran pendukungnya.

Hujan lebat yang menerjang Thailand membuat 12 anggota sepakbola lokal terjebak di dalam gua Tham Luang selama lebih dari 17 hari. Drama ini mengisahkan perjuangan tim penyelamat dari seluruh dunia untuk mengeluarkan 12 anak di dalam Gua Tham Luang tersebut. Akankah mereka selamat?

2. Girl From Nowhere

Girl From Nowhere Season 3_

“Girl From Nowhere” (2018) sangat populer di Indonesia pada masa penayangannya. Tapi, bukan cuma di sini, di berbagai negara lain juga series ini sangat sukses!

Wajar saja, soalnya tiap episode dari “Girl From Nowhere” memang berhasil bikin orang deg-degan. Bercerita mengenai Nanno (Kitty Chicha), seorang gadis misterius yang selalu saja berpindah-pindah tempat. Nanno juga sepertinya tidak pernah bisa mati, walau sudah berkali-kali dihajar hingga dibunuh oleh orang-orang.

Nanno memang bukan manusia biasa. Dia seperti ‘bertugas’ untuk membongkar kebohongan, kejahatan, dan kebobrokkan yang dilakukan oleh siswa hingga staf di tiap sekolah yang dia kunjungi. Di musim keduanya, Nanno mendapatkan lawan yang sepadan, yakni Yuri (Nink Chanya).

3. Delete

Delete

Kehidupan Lilly (Fah Sarika) berubah ketika seorang gadis tak dikenal memintanya memotret gadis itu dengan sebuah ponsel berkamera besar. Ketika ditekan, bukannya mengambil gambar, ponsel itu malah ‘mengambil’ eksistensi dari obyek yang dipotretnya. Ya, gadis itu menghilang setelah difoto oleh Lilly.

Mari kembali ke seminggu sebelumnya. Diceritakan Lilly berselingkuh dengan Aim (Nat Kitcharit), seorang author buku, juga penulis dan editor di sebuah media terkenal. Padahal Lilly telah menikah dengan pemilik perkebunan kaya raya bernama Too (Ice Natara).

Parahnya, Aim juga sudah memiliki kekasih, seorang fotografer bernama Orn (Aokbab Chutimon). Sepertinya Too dan Orn sudah curiga terhadap pasangan masing-masing, hingga Too merancang pertemuan antara dirinya, Lilly, dan Aim. Sementara Orn memasang kamera tersembunyi di apartemennya dengan Aim.

Akhirnya, hubungan gelap Lilly dan Aim terbongkar. Memiliki ponsel dengan kamera yang bisa menghapus orang, Lilly dan Aim pun berencana menghapus pasangan resmi masing-masing untuk bisa bersama. 

Well, seharusnya semuanya sesimpel itu, kan? Aim sudah ‘menghapus’ Orn, kini giliran Lilly menghapus Too. Tapi, sebelum berhasil melakukannya, malah Lilly yang menghilang. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

4. Midnight Museum

Midnight Museum

“Midnight Museum” (2023) adalah drama yang diproduksi oleh GMMTV dan VIU. Drama bergenre horor-fantasi ini dibintangi oleh Gun Atthaphan, Tor Thanapob, Saiparn Apinya, Foei Patara, dan Namtan Tipnaree. 

Adapun ceritanya berpusat pada seorang pemuda bernama Dome yang berhenti menjadi barista karena kafe tempatnya bekerja akan ditutup. Di hari yang sama, dia menerima tawaran pekerjaan sebagai penjaga museum. Sesuai namanya, Midnight Museum hanya buka pada malam hari.

Yang aneh adalah, museum tersebut berisi benda-benda keramat yang mengandung kutukan. Pada hari pertama Dome bekerja, dia dilarang memasuki Zona 16 karena berisi ‘hal-hal mengerikan’. Tak percaya dengan takhayul, Dome nekat memasuki Zona 16.

Karena rasa penasarannya yang tinggi, Dome tidak sengaja membuat benda-benda di sana jadi hidup dan bergerak tidak terkendali. Satu per satu benda keramat pun menghilang. Khatha, pemilik museum, memerintahkan Dome untuk mengembalikan semuanya sebelum terjadi kekacauan.

5. The Gifted

The Gifted 1_

Serial yang satu ini berhasil bikin banyak orang tercengang karena ceritanya yang cukup kompleks. Ditambah bumbu supernatural, thriller, dan psikologikal, “The Gifted” berhasil membawakan kisah yang jarang ada di layar kaca. 

Series ini menceritakan anak-anak berbakat yang memiliki kemampuan super di SMA Ritdha Wittayakom. Sang Kepala Sekolah, Supot Chuamanee, membuat sistem yang dibenci oleh semua murid. Selain memberikan tekanan berat pada pendidikan, Supot (Bird Wanchana) juga memisahkan kelas para murid berdasarkan nilai.

Kelas A untuk anak sangat pintar, kelas B untuk anak pintar, dan begitu seterusnya sampai kelas paling bobrok. Lalu, ada Kelas Spesial yang isinya bukan anak pintar, bukan pula anak bodoh, tapi anak berkekuatan super. Ini menyebabkan kesenjangan sosial antara anak-anak ‘normal’ dengan anak Kelas Spesial terasa sangat kentara.

Para murid yang tidak masuk Kelas Spesial seperti dianaktirikan. Sementara anak-anak dari kelas spesial tentu saja merasa angkuh. Bayangkan, mereka diberi kelas dan kantin khusus. Bahkan toilet anak-anak spesial pun dibedakan dengan anak biasa. 

Tapi, ternyata mereka harus menghadapi banyak masalah yang berasal dari kepala sekolah mereka. Pang (Nanon Korapat), dan para murid lainnya di Kelas Spesial, ternyata dimanfaatkan untuk diambil kekuatannya demi kepentingan orang berkuasa.

Pang CS pun melakukan berbagai cara dengan kekuatan mereka untuk menjatuhkan Kepala Sekolah Supot dan menghentikan program Kelas Spesial untuk selama-lamanya.

Drama ini mendulang kesuksesan luar biasa, hingga dibuat sekuelnya “The Gifted Season 2: Graduation” (2020). Sayang, musim keduanya tidak seterkenal musim pertama.

6. Hormones

Hormones (2013)_

Bisa dibilang series “Hormones” merupakan salah satu yang paling sukses sepanjang masa. Drama yang terdiri dari tiga musim ini ditayangkan sejak Mei 2013 hingga September 2015. 

Keseluruhan franchise memiliki tema yang sama, yaitu tentang siswa SMA Thailand yang melalui pasang surut yang biasa terjadi pada remaja di Thailand. Ceritanya sendiri meliputi masalah internal keluarga, romansa, perundungan, kekerasan di sekolah, seks, hingga pertanyaan seputar identitas seksual.

“Hormones” musim pertama dan kedua diperankan oleh aktor dan aktris yang sama. Sementara “Hormones Season 3” memiliki cerita yang cukup berbeda dari dua musim sebelumnya, dan pemerannya pun baru semua. Walau begitu, ketiga drama ini tetap mendulang kesuksesan pada masanya.

Dilansir dari artikel The Review Geek, “Hormones” merupakan lakorn yang mempopulerkan BL, loh! Pada season pertamanya, drama ini menampilkan cerita sampingan yang membahas boys’ love. Secara mengejutkan, BL jadi sangat populer di Thailand. Jadi, “Hormones” telah memberikan template untuk drama BL di negara Gajah Putih itu.

7. The Crown Princess

The Crown Princess_

Putri Alice berada dalam bahaya karena berita mengenai penobatan dirinya. Ada pihak yang ingin menggulingkannya, yang menyebabkan Putri Alice dalam bahaya. Saat ini, dia sedang terombang-ambing di pantai. Saat itulah Letnan Davin menemukannya dan mencoba menolongnya.

Meski sempat terjadi kesalahpahaman, pada akhirnya Letnan Davin menjadi satu-satunya orang yang menyelamatkan Putri Alice. Sejak kejadian itu, sang Letnan dijadikan ajudan pribadinya.

Kembali ke istana, Putri Alice mendapatkan banyak kesulitan dan sabotase dari orang-orang yang menginginkan kematiannya. Berkat kesigapan Letnan Davin, Putri Alice selalu terhindar dari berbagai macam hal buruk.

Karena kedekatan inilah cinta mulai tumbuh di antara keduanya. Meski begitu, Putri Alice dan Letna Davin berada dalam keadaan yang sulit, karena cinta mereka dirasa mustahil untuk diperjuangkan.

8. Heart of Stone

Heart of Stone (2)_

Drama ini memiliki judul Thailand yang disebut “Hua Jai Sila”, sementara judul dalam bahasa Inggrisnya adalah “Man of Vengeance”. Drama ini sangat populer, karena sebelumnya sudah dua kali diangkat menjadi lakorn. 

Tor Aran Ritthinatkosol (Tor Thanapob) adalah anak dari wanita simpanan pria kaya raya. Kebahagiaan keluarga kecil ini tidak bertahan lama karena sang ibu ditelantarkan, kemudian meninggal dunia. Tor pun terpaksa tinggal bersama keluarga ayahnya, yang tentu saja, membencinya. 

Hidup sehari-harinya diwarnai oleh siksaan dari ibu tiri dan saudari tirinya. Suatu malam, saat dikejar oleh ibu tirinya, Tor terdesak dan melompat ke sungai, yang kemudian diasumsikan telah tewas. Namun, kenyataannya, dia berhasil selamat.

Tor ditemukan dan dirawat oleh seorang pekerja seks yang kebetulan adalah teman lama ibunya. Kini, Tor menjalani hidup dengan identitas baru: Si Sila Wisetworawet.

Setelah beberapa tahun, Sila telah berubah menjadi pimpinan organisasi hiburan malam yang kaya raya. Dia memiliki misi untuk membalas dendam atas semua penderitaan yang ia alami dari ibu tiri dan saudari tirinya. Namun, rencana ini menjadi terganggu saat dia jatuh cinta pada Min (Fern Nopjira), seorang teman masa kecilnya, yang tidak termasuk dalam rencana awal Tor.

9. KinnPorsche

drama thailand terbaik_KinnPorsche_

Jika membicarakan soal drama Thailand terbaik, tentu saja "KinnPorsche" (2022) tidak boleh sampai dilewatkan. Drama yang dibintangi oleh Mile Phakphum dan Apo Nattawin ini dijamin akan membuat kamu ketawa, deg-degan sampai menangis.

Drama satu ini bisa membuat perasaan penontonnya campur aduk, apalagi akting dan kemistri para pemainnya juga sangat baik. Drama boys' loves ini bisa kamu saksikan di situs streaming iQIYI.

Dramanya mengisahkan seorang putra mafia bernama Kinn Anakin yang diselamatkan oleh seorang pria bernama Porsche. Pertemuan ini membuat Porsche mendapatkan pekerjaan sebagai pengawal pribadi Kinn dan dari sinilah petualangan cinta keduanya dimulai.

Baca juga: 10 Drama Thailand Mirip KinnPorsche, Lakorn Mafia & Crime

10. GAP

GAP

Jika dibandingkan dengan drama biasa ataupun boys’ love, tidak banyak drama ber-genre girls’ love di pasaran. Makanya, ketika “GAP” dirilis, muncul banyak kontra pada awalnya. Akan tetapi, setelah penayangan, ternyata antusiasme penonton sangat tinggi.

Drama ini dibintangi oleh Becky Amstrong dan Freen Sarochana sebagai pemeran utamanya. Sedangkan untuk ceritanya, drama ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Devil Planoy.

Kisah ini tentang Mon (Becky Amstrong), seorang gadis yang baru saja lulus dari kuliah. Dia sangat ingin bekerja di perusahaan milik Sam (Freen Sarochana). Karena, sudah lama Mon mengagumi sosok Sam yang dikenalnya sebagai pengusaha muda yang sukses, dan juga seorang putri kerajaan Thailand.

Tapi, Mon tidak menyangka, ternyata sosok Sam yang dilihatnya di media sangat berbeda dengan aslinya. Sam di kantor sangat galak dan tidak punya hati. Walau begitu, Mon tidak ingin menyerah karena akhirnya dia menyadari, kalau rasa kagum yang dia simpan selama ini ternyata adalah cinta. 

Semakin hari, Mon dan Sam jadi kian dekat. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk pacaran. Masalahnya, Sam sudah bertunangan dengan pria bernama Krit. Nenek Sam sebagai pihak dari kerajaan pun sangat menentang cucunya menjadi lesbian. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya pada hubungan Mon dan Sam?

11. Love Destiny

Love Destiny_

Diadaptasi dari novel "Bupphesanniwat" karya Rompaeng, ini adalah lakorn yang menggabungkan tentang budaya, cinta, karma, dan mantra. Diceritakan ada seorang arkeolog bertubuh gemuk bernama Kadesurang (Bella Ranee Campen). Dia hidup di masa sekarang. 

Karena suatu keajaiban, dia terlempar ke dalam tubuh wanita lain, Karakade, yang hidup pada era Ayutthaya (300 tahun sebelum masanya). Karakade–sebelum tubuhnya dirasuki Kadesurang–dikenal sebagai wanita yang kejam dan egois. Dia punya tunangan yang bernama Por Date (Pope Thanawat). 

Date tidak menginginkan pertunangan ini, karena dia sangat membenci orang jahat seperti Karakade. Date lebih memilih mendekati wanita baik hati yang sederhana. 

Karakade, yang cemburu, berusaha membunuh wanita yang dicintai Date. Namun, upayanya berakhir tragis dengan kematian pelayannya sendiri. Meskipun Karakade menjadi tersangka utama, bukti nyata tidak dapat ditemukan. Jadi, Date dan ayahnya melakukan ritual suci untuk menghukum si pembunuh. 

Saat ritual itu berlangsung, Karakade meninggal dan rohnya digantikan oleh Kadesurang. Setelah bangun dalam tubuh Karakade, Kadesurang justru merasa ingin mempelajari lebih jauh tentang sejarah yang pernah dia pelajari sebelumnya.

Semua orang di sekitarnya bingung, karena Karakade bertingkah seperti orang yang sama sekali berbeda. Karakade yang sekarang tiba-tiba ingin berbuat baik dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Lalu, dengan perubahan sikap ini, akankah Date sudi menikahinya?

12. Bad Genius

Bad Genius_

Ya, “Bad Genius” awalnya adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2017. Karena sangat beken hingga seluruh penjuru negeri, dibuat pula serialnya tiga tahun kemudian.

Sistem pendidikan di Thailand terkenal sangat keras. Makanya, tak jarang siswa hingga orang tua atau wali murid ikut 'turun tangan'. Banyak dari mereka yang rela melakukan apa saja, asalkan nilai-nilai sekolah anaknya menjadi bagus.

Peluang ini dilihat oleh Lin (June Plearnpichaya), siswi terpintar di sekolah. Awalnya, dia hanya membantu temannya, Grace (Nana Sawanya), dengan memberikan contekan saat ujian. Kemudian Bank (Jaonaay Jinjett) dan Pat (Ice Paris) ikut bergabung untuk tujuan yang lebih besar.

Mereka pun bersatu untuk mencuri soal ujian nasional, mengerjakannya, lalu membagikan jawabannya pada siapa saja yang bisa membayar mereka. Apa yang mereka lakukan ini merupakan cerminan kecurangan yang memang normal terjadi di masyarakat Thailand.

13. Scent of Love

Scent of Love_

Drama ini dikenal juga dengan judul “The Scent of Memory” atau “Klin Kasalong”. Ini adalah kisah dua anak kembar. Yang lebih tua bernama Kasalong (Yaya Urassaya) yang dibesarkan oleh ibunya. Karena diajari untuk bersikap manis dan lembut, juga pandai menari dan melakukan tugas-tugas rumah tangga, semua orang menganggapnya dewi. 

Sementara adiknya, Songpeep, dibesarkan oleh ayahnya yang kejam dan egois. Jadi, dia tumbuh besar persis seperti sang ayah. Dia selalu cemburu pada Kasalong karena dia pikir ibu mereka lebih mencintai Kasalong daripada dirinya. Naas, kedua anak kembar yang sifatnya bertolak belakang ini meninggal secara tragis. 

Salah satu dari mereka ternyata bereinkarnasi. Mendapatkan kesempatan kehidupan kedua, Songpeep terlahir kembali sebagai Pimpisa, putri seorang dokter yang kaya raya. 

Mungkin karena dulunya anak kembar, tapi hanya dia yang dihidupkan kembali, dia jadi memiliki dua kepribadian. Saat suasana hatinya buruk, orang-orang memanggilnya Prompee. 

Dia memiliki tunangan yang sangat dia cintai, namanya Krit Tinnakrit (James Ma). Tapi, cinta Pimpisa tidak berbalas. Krit selalu mencari-cari alasan untuk mengakhiri pertunangan mereka. 

Di tempat lain, Kasalong menjadi roh gentayangan yang menyimpan dendam. Dia membawa roh Pimpisa ke tubuh Kasalong di kehidupan masa lalu. Kemudian dia memberitahukan segalanya, tentang bagaimana Kasalong diperlakukan dan disakiti hingga meninggal. 

Dia juga memberi tahu Pimpisa bahwa ibu mereka mencintai mereka berdua secara adil. Setelah merelakan dendamnya, Kasalong terlahir kembali sebagai Pimmada, anak perempuan Pimpisa.

14. My Sassy Psychic

drama thailand terbaik_My Sassy Psychic_

“My Sassy Psychic” (2022) adalah drama Thailand yang cocok untuk kamu tonton saat akhir pekan. Drama besutan Kasap Sammabut ini dapat kamu saksikan di situs streaming VIU. 

Soal cerita dan alurnya, drama romantis satu ini memiliki premis yang cukup unik. “My Sassy Psychic” mengisahkan Sonklin yang tiba-tiba bisa melihat hantu dan memori orang lain pasca mengalami kecelakaan. 

Menggunakan kemampuannya untuk mencari uang, Sonklin dipertemukan dengan Pran oleh takdir. Bersama pria itu, Sonklin berusaha untuk membuat Moo, tersangka penyebab kecelakaan tragisnya, masuk penjara.

15. How to Be a Perfect Dad

How to Be a Perfect Dad

Drama ini terkesan santai, tapi bisa membuat siapapun tersentuh. Di sini, Toni Rakken beradu akting dengan aktris cantik Kaew Jarinya dan aktris cilik Carol Carolreen.

Drama ini mengisahkan Aoey, seorang pengusaha muda yang dikenal playboy. Tiba-tiba saja dia menjadi seorang ayah untuk gadis kecil bernama Wansuk. Padahal anak itu bukanlah anak kandungnya.

Aoey menjaga Wansuk karena ibu gadis ini tengah terbaring koma. Ketika Aoey dan Wansuk bertemu dengan Jan, ketiganya berusaha mencoba untuk menjadi keluarga yang utuh dan harmonis.

16. Bad Romeo

Bad Romeo

“Bad Romeo” (2022) sangat layak untuk masuk dalam list drama Thailand terbaik. Pada waktu penayangannya, drama ini menjadi trending no.1 di Netflix beberapa negara.

Dibintangi oleh Yaya Urassaya dan Mario Maurer, drama garapan Channel 3 Thailand ini dijamin bakalan bikin penontonnya emosi. Sutradara Aew Ampaiporn Jitmaingong dan penulis skenario Danaya Supying sukses mengaduk-aduk emosi penonton hingga episode terakhir.

Kisahnya bermula ketika Khim dan Kla tidak sengaja menghabiskan malam bersama. Berniat untuk bertanggung jawab, ayah Khim yang seorang pengusaha malah memfitnah Kla yang bukan-bukan dan membiarkan putrinya keguguran.

Tak terima dengan perlakuan ayah Khim, Kla berusaha untuk membalas dendam dan mengembalikan nama baiknya dengan berbagai macam cara. Bertahun-tahun pun berlalu.

Kini, Kla sudah menjadi orang kaya karena dulu dia diangkat anak oleh pebisnis. Kla siap membalas dendam. Yang dia tidak siap adalah bertemu lagi dengan Khim, yang ternyata masih dia cintai sampai sekarang.

17. 2gether

2Gether_Poster (copy)

Tine Teepakorn (Win Metawain) adalah seorang mahasiswa tingkat pertama jurusan Hukum yang desperate sekali untuk mendapatkan pasangan. Berkali-kali dia mencoba untuk memiliki kekasih pasti saja kandas di tengah jalan, entah karena tidak cocok atau memaksakan hubungan. 

Suatu kali, dirinya bertemu dengan cowok genit bernama Green yang suka kepada Tine dan terang-terangan mengejarnya. Meski Tine tidak ada rasa sama sekali, bahkan menjurus ke geli setiap Green muncul di hadapannya, Green tidak menyerah.

Mencari akal untuk menjauhkan Green, Tine pun meminta saran teman-temannya. Salah satu teman Tine memberi saran supaya Tine mencari kekasih saja, namun harus laki-laki supaya Green patah hati dan mundur. Tine akhirnya meminta bantuan dari cowok ganteng dan populer di kampus, Sarawat Guntithanon (Bright Vachirawit) namanya.

Kocaknya, aksi pacaran pura-pura mereka malah menjadi serius karena Sarawat ternyata menyukai Tine sejak lama. Mengaku bukan gay, lama kelamaan Tine juga jatuh cinta pada Sarawat. Terus, mereka akan pacaran betulan atau tidak, ya, setelah ini?

18. Game Sanaeha

Game Sanaeha_

Nok sangat terpukul ketika kedua orang tuanya akan bercerai. Berusaha mencari tahu sebabnya, Nok justru terlibat salah paham dengan Nai yang ternyata keponakan dari ibunya. Nai dan Nok sebenarnya bukanlah orang asing, mereka saling mengenal sejak kecil. Tapi, Nok sangat membenci Nai. 

Singkat cerita, Nok terkena skandal pelecehan yang dilakukan oleh seorang pria dan Nai menyelamatkannya. Demi menyelamatkan harkat dan martabat Nok, Nai memutuskan untuk menikahi gadis yang sebenarnya sangat dia cintai tersebut. 

Sempat menikmati masa-masa indah pernikahan, hubungan mereka menegang saat Nai kehilangan ibu kandungnya. Mereka saling menyakiti meski dihati masing-masing masih saling mencintai. Keangkuhan dan sifat kanak-kanak Nok memperburuk semuanya.

19. A Tale Of Thousand Stars

drama thailand terbaik_A Tale Of Thousand Stars_

Beralih ke drama boys love, “A Tale Of Thousand Stars” (2022) juga tidak boleh dilewatkan. Drama garapan sutradara Backaof Noppharnach ini menyuguhkan chemistry dan akting ciamik dari Mix Sahaphap dan Earth Pirapat. 

Premis cerita yang diadaptasi dari novel pasti bikin penonton gregetan. Drama ini mengisahkan seorang pria bernama Tian yang mendapatkan donor jantung. Pemilik jantung ini adalah seorang guru volunteer di sebuah desa terpencil.

Mengikuti jejak sang pendonor, Tian tidak melanjutkan kuliah tekniknya dan memutuskan untuk jadi guru di desa tersebut. Di sana lah Tian bertemu dan jatuh cinta pada forest ranger bernama Phupha Viriyanon. 

Setelah membaca diari Torfun, gadis yang menjadi pendonor jantungnya, Tian mengetahui kalau Phupha ‘punya sejarah’ dengan Torfun. Jadi, ketika jantungnya berdetak kencang ketika melihat Phupha, itu karena Torfun atau dirinya sendiri?

20. My Dear Donovan

drama thailand terbaik_My Dear Donovan_

Beralih ke drama romantis komedi, “My Dear Donovan” (2022) juga wajib masuk daftar drama Thailand terbaik. Ditulis dan disutradarai oleh Golf Sakon, drama GMMTV ini menyuguhkan cerita dan sinematografi yang memanjakan mata.

Kemistri Namtan Tipnaree dan Luke Ishikawa sebagai main protagonist memang tidak ada duanya. Drama ini mengisahkan seorang guru TK yang terpaksa menjadi manajer seorang model tampan bernama Donovan. 

Sempat memiliki pemikiran buruk mengenai artisnya, Pam jadi tahu kalau Donovan sebenarnya pria yang baik. Semakin sering menghabiskan waktu bersama, Pam bisa melihat sisi lain dari diri Donovan yang tidak tersorot media.

Dari sinilah benih-benih cinta muncul di antara keduanya. Tapi, tentu saja cinta ini dipenuhi dengan berbagai rintangan. Tidak ada penggemar yang senang mendengar skandal model kesukaan mereka berpacaran dengan manajernya sendiri. Akankah Donovan dan Pam dapat bersatu?

Itulah beberapa rekomendasi drama Thailand terbaik yang wajib kamu tonton. Deretan drama di atas menyajikan kisah yang seru, menarik, dan mampu membuat penontonnya terbawa suasana. So, jangan lupa untuk mencatat sederet judul drama di atas untuk kamu jadikan daftar tontonan di waktu-waktu luang, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram