logo web

10 Film Petualangan Anak Paling Seru Untuk Ditonton!

Ditulis oleh Gerryaldo

Tidak bisa dipungkiri kalau film-film petualangan menjadi salah satu film paling asyik untuk ditonton apalagi bagi anak-anak. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga bisa ikut bergabung dan terpesona dengan cerita petualangan anak di film-film beken seperti E.T. (1982) dan Home Alone (1990).

Baca Juga: 10 Film tentang Anak Kecil Psikopat yang Bikin Merinding

Film-film tersebut sukses membuat masa kecil kita jadi super seru, dengan imajinasi melawan para penjahat, berteman dengan alien, atau bahkan pergi ke luar angkasa dalam misi tertentu. Semua bisa kita nikmati dalam film petualangan tersebut. Dari sekian banyak judul, Showpoiler sudah merangkumnya menjadi 10 yang terbaik!

1. E.T. The Extra Terrestrial

E.T._Poster (Copy)

Pemerintah mendeteksi adanya benda asing yang masuk ke bumi. Benar saja, sekelompok alien datang untuk mengambil contoh tanaman bumi. Sayangnya, salah satu alien tertinggal. Sosok alien yang tertinggal itu ditemukan oleh seorang anak lelaki bernama Elliot (Henry Thomas) dan Elliot senang bertemu dengannya.

Alien itu dinamakan E.T., sosoknya lembut dan tak berbahaya. Elliot pun mengenalkannya pada kakak laki-lakinya, Mike (Robert MacNaughton) dan adik perempuannya Gertie (Drew Barrymore). Satu kali, E.T. sakit dan keberadaannya tercium oleh pemerintah. Elliot bersama adik-kakaknya pun saling bantu untuk menyelamatkan E.T.

2. Home Alone

Home Alone_Poster (Copy)

Keluarga besar McCallister baru saja bertolak dari Amerika untuk berangkat liburan bersama ke Paris. Saat berada di dalam pesawat, salah satu member keluarga paling kecil dan bandel, Kevin (Macaulay Culkin), tertinggal di rumah akibat malam sebelumnya menimbulkan kekacauan, sehingga Kevin di hukum di loteng.

Kevin awalnya sangat senang karena bisa bebas melakukan apa pun di rumahnya sendiri. Namun ketika komplotan bandit Harry (Joe Pesci) dan Marv (Daniel Stern) menyambangi kediaman Kevin, ia mulai ketakutan. Tapi Kevin sadar kalau rumahnya itu adalah miliknya dan kini Kevin bersiap melawan para bandit itu sendiri dengan caranya.

3. Jumanji

Film Petualangan Terbaik_Jumanji [1995]_

Peter (Bradley Pierce) dan Judy Shepherd (Kirsten Dunst) adalah sepasang kakak beradik. Mereka tinggal di sebuah mansion mewah bersama dengan kedua orang tua mereka. Satu ketika, saat mengeksplor penjuru rumah, mereka menemukan sebuah papan permainan bertema hutan menarik yang disebut Jumanji.

Saat mulai bermain, papan ajaib itu membebaskan seorang pria bernama Alan (Robin Williams), yang ternyata anak dari pemilik mansion yang ditempati Peter dan Judy saat ini. Alan terjebak di Jumanji akibat bermain papan itu. Kini petualangan Peter, Judy dan Alan pun kembali dimulai ketika ribuan binatang hutan ikut keluar dari papan permainan Jumanji tersebut.

4. The Little Rascals

The Little Rascals_Poster (Copy)

Spank (Travis Tedford) dan Buckwheat (Ross Elliot Bagley) merupakan sepasang anak berandal. Mereka mendirikan sebuah organisasi anti-berpacaran. Selain itu, mereka juga menyukai aneka balapan. Keduanya memilih teman dekat mereka yang juga merupakan driver terbaik, Alfalfa (Bug Hall), untuk ikut dalam kompetisi reli mobil kotak sabun bergengsi.

Satu ketika, Spank dan Buckwheat mengetahui bahwa Alfalfa sedang bermesraan dengan teman sekolah mereka, Darla (Brittany Ashton Holmes), dan itu membuat keduanya kesal. Mereka pun mencoba untuk merusak hubungan Alfalfa dan Darla.

Akan tetapi, karena sibuk mencampuri urusan dua sejoli, mereka malah melupakan kompetisi reli. Apakah mereka akan berakhir tak mengikuti kompetisi tersebut?

5. Matilda

Matilda_Poster (Copy)

Pasangan Harry (Danny DeVito) dan Zinnia (Rhea Perlman) memiliki seorang anak perempuan bernama Matilda (Mara Wilson). Namun, keduanya kerap berperilaku kasar padanya dan sering mengabaikan Matilda. Hal tersebut membuat Matilda menjadi anak perempuan yang mandiri, kuat, dan pintar dalam segala hal.

Matilda disekolahkan di sebuah sekolah yang memiliki kepala sekolah doyan merundung anak didiknya, kepala sekolah Agatha Trunchbull (Pam Ferris) sering membuat repot Matilda dan teman-temannya. Satu ketika, Matilda menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan telekinesis. Lewat kekuatan itu, Matilda mulai melawan balik kepala sekolahnya.

6. The Parent Trap

The Parent Trap_Poster (Copy)

Annie dan Hallie (Lindsay Lohan) merupakan sepasang anak kembar. Namun saat kedua orang tuanya bercerai, masing-masing ikut Ayah dan Ibunya dan tidak pernah bertemu lagi. Satu kesempatan, keduanya bertemu di sebuah kamp musim panas; mereka kaget bukan main karena menyadari muka mereka mirip satu sama lain.

Akibat terlibat satu masalah, keduanya dihukum dan ditempatkan di satu pondok. Dari situ, kenyataan terkuak. Berpikir keras, mereka pun memiliki ide untuk bertukar tempat demi menyatukan kedua orangtua mereka kembali. Annie kini tinggal dengan sang Ayah, Nick (Dennis Quaid) dan Hallie tinggal dengan sang Ibu, Elizabeth (Natasha Richardson). Apakah rencana mereka berhasil?

7. Zathura: A Space Adventure

Zathura_Poster (Copy)

Sepasang kakak beradik, Walter (Josh Hutcherson) dan Danny (Jonah Bobo) bermain sebuah papan permainan misterius bernama Zathura yang bisa mempengaruhi realitas. Begitu permainan dimulai, keduanya memasuki petualangan seru di mana mereka harus berhasil melawan serangan alien dan bertemu seorang astronot.

Astronot (Dax Shepard) ini membantu keduanya agar bisa berhasil memenangkan permainan tersebut dan mengembalikan keadaan seperti semula. Selama permainan, Walter dan Danny selalu bertengkar; sehingga Astronot tadi harus terus melerai mereka. Begitu permainan selesai, identitas Astronot itu pun terbongkar. Siapakah dia?

8. It

It_Poster (Copy)

Musim panas sedang berlangsung, namun Bill (Jaeden Lieberher) masih merasa kehilangan atas kepergian adiknya, Georgie (Jackson Robert Scott) yang hilang setelah bermain perahu kertas 1 tahun lalu. Merasa butuh jawaban atas hilang nya Georgie, Bill pun membentuk sebuah klub bernama The Losers Club.

Klub ini beranggotakan 7 anak: Bill, Ben (Jeremy Ray Taylor), Beverly (Sophia Lillis), Richie (Finn Wolfhard), Stanley (Wyatt Oleff), Mike (Chosen Jacobs), dan Eddie (Jack Dylan Grazer). Mereka semua menyelidiki kasus hilangnya Georgie.

Sampai satu waktu, mereka sadar bahwa kota mereka tengah dihantui sosok badut yang dipercaya dalang dari semua misteri yang terjadi, termasuk kematian Georgie.

9. Finding Nemo

Finding Nemo_Poster (Copy)

Setelah kejadian yang melumat habis keluarganya, Marlin (Albert Brooks), seekor ikan badut, terlalu berhati-hati terhadap anaknya, Nemo (Alexander Gould). Ia tidak ingin kehilangan siapa pun lagi yang dicintainya. Namun hal tersebut malah membatasi Nemo dalam eksplorasi, sehingga Nemo kesal dan menganggap Ayahnya berlebihan.

Malang, apa yang ditakuti Marlin benar terjadi. Nemo ditangkap oleh seorang penyelam dan dibawa ke atas perahu. Marlin pun segera mengajar anaknya itu. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan ikan karang biru yang memiliki ingatan sangat pendek bernama Dory (Ellen DeGeneres). Petualangan Marlin yang dibantu Dory untuk mencari Nemo pun dimulai!

10. Up

Up_Poster (Copy)

Carl Fredricksen (Ed Asner) bersedih pasca meninggalnya sang istri, dan kini, dia harus hidup seorang diri. Ia mulai lelah dengan keadaan hidupnya. Sampai satu ketika, ia berniat untuk membawa rumah mereka ke tempat di mana dulu Carl pernah menjanjikan istrinya untuk pergi bersama. Sebuah ngarai air terjun di Amerika Selatan yang disebut Paradise Falls.

Carl yang merupakan mantan penjual balon, menggunakan ribuan balon untuk menerbangakn rumahnya itu ke sana. Petualangannya dimulai bersama dengan seorang anak kecil bernama Russell (Jordan Nagai) yang awalnya hendak membantu Carl karena ia sudah tua. Mampukah Carl menyelesaikan misinya untuk sampai di Paradise Falls?

Ternyata tidak hanya komedi saja yang bisa ditawarkan dalam kisah petualangan anak-anak. Sedikitnya genre horor-thriller pun ternyata bisa masuk menjadi salah satu kisah petualangan anak terbaik, seperti yang ditawarkan dalam film It. Dari kesepuluh film di atas, mana yang sangat membekas di ingatan kalian, moviegoers?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram