logo web

20 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Robert Downey Jr.

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Sempat menjadi pecandu narkoba, siapa sangka jika Robert Downey Jr. kini menjadi salah satu artis dengan bayaran termahal. Konon, Downey menerima gaji hingga USD 75 juta atau kurang lebih 1 triliun rupiah berkat perannya sebagai Iron Man di sejumlah film Marvel Cinematic Universe (MCU).

Pesona Robert Downey Jr. memang sangat kuat. Di usianya yang telah menginjak lebih dari setengah abad Downey tetap memiliki kharisma yang sangat kuat. Kharisma tersebut juga diimbangi dengan kemampuan akting yang luar biasa.

Nah, bagi kamu yang juga menggemari Robert Downey Jr., ketahuilah sejumlah judul film terbaik yang dibintangi  oleh aktor tersebut. Showpoiler sudah merangkumnya khusus untukmu, lho.

1. Sherlock Holmes

Sherlock Holmes_Poster (Copy)

Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) merupakan seorang Detektif legendaris yang bekerja bersama rekannya Dr. Watson (Jude Law). Satu kali, sebuah rangkaian kasus pembunuhan brutal terjadi di London. Hal tersebut menyita perhatian Sherlock dan Watson, sehingga mereka bergerak melakukan investigasi.

Hasil investigasi mereka pun mengarah kepada seorang pemuja ilmu hitam bernama Lord Blackwood (Mark Strong). Semakin ditelaah, keduanya sepakat bahwa pelaku pembunuhan brutal itu adalah Blackwood. Berusaha menghindar, Blackwood pun menarik Sherlock dan Watson ke dalam dunia hitam guna menutup mulut mereka.

2. Chaplin

Robert Downey Jr._Chaplin

Dalam film karya sutradara Richard Attenborough ini, Robert Downey Jr. dipercaya untuk memerankan tokoh legendaris, Charlie Chaplin. Penonton akan dibawa ke dalam cerita hidup Chaplin semasa muda, lewat sebuah percakapan yang ia lakukan bersama editor otobiografinya, George Hayden (Anthony Hopkins).

Chaplin mengatakan bahwa dulu, sebelum ia setenar saat ini, ia memiliki masa kecil yang suram. Ia tinggal dalam lingkungan miskin, yang menjadi alasan ia bekerja keras supaya mendapatkan kehidupan layak dan lebih baik, namun perjuangannya tersebut berbenturan dengan banyak tuduhan, dan masalah hidupnya yang kompleks.

3. Oppenheimer

Robert Downey Jr._Oppenheimer (Copy)

Film Oppenheimer ini benar-benar para aktor dan aktris A-List. Salah satunya adalah Robert Downey Jr. Dalam film ini, ia memerankan tokoh bernama Lewis Strauss. Strauss sendiri dikenal sebagai orang yang menyokong Manhattan Project, sebuah proyek pengembangan senjata bom atom yang dibuat oleh Oppenheimer, rekan kerjanya.

Strauss yang merupakan keturunan Yahudi ini pun merupakan seorang pemodal usaha, industrialis juga dermawan sebelum akhirnya semua hidupnya dicurahkan pada proyek Manhattan yang terkenal kejam. Ia bahkan menjadi orang yang memohon pada Presiden langsung kektika mengetahui Oppenheimer mengubah pikirannya tentang bom atom.

4. Iron Man

Robert Downey Jr._Iron Man

Tony Stark (Robert Downey Jr.) merupakan seorang penemu jenius kaya raya yang tengah mengembangkan sebuah senjata untuk kepentingan militer. Namun hal ini dimanfaatkan oleh sekelompok teroris untuk merampas senjata itu guna kepentingan kriminal. Tidak terima temuannya dicuri, Tony pun segera bertindak.

Ia segera membuat baju lapis baja yang sangat kuat, supaya siapapun yang mengenakannya nanti mampu mengalahkan musuh. Benar saja, Tony pun akhirnya mampu menjungkirbalikkan para teroris tersebut. Kembalinya ia Amerika, Tony Stark menyempurnakan setelan tersebut dan menggunakannya untuk memerangi kejahatan.

5. Short Cuts

Robert Downey Jr._Short Cuts

Tak berperan banyak, Robert Downey Jr. memerankan tokoh bernama Bill Bush. Bill diceritakan sebagai salah satu dari sekian banyak karakter yang ada di film ini. Ia merupakan seorang penata rias yang sudah memiliki seorang istri bernama Honey (Lili Taylor). Bill memiliki tetangga yang kisah hidupnya juga tertuang dalam film Short Cuts.

Para tetangga Bill punya cerita yang berkaitan dengan kehidupan Bill. Salah satunya adalah kenyataan bahwa istri Bill, Honey merupakan anak dari Doreen Pigot (Lily Tomlin), salah satu tetangga Bill yang bekerja sebagai pelayan. Semua cerita berputar pada sebuah apartemen di Los Angeles tempat Bill tinggal.

6. Zodiac

Robert Downey Jr._Zodiac

Walaupun filmnya sudah rilis pada tahun 2007, tapi Zodiac tetap menjadi film thriller yang seru dan menegangkan. Apalagi di film ini sejumlah bintang Hollywood ternama dipertemukan, mulai dari Robert Downey Jr., Jake Gyllenhaal, dan Mark Ruffalo (pemeran Hulk).

Zodiac sendiri merupakan film yang mengisahkan pembunuh berantai yang selalu mengirimkan kode-kode rahasia pada kantor surat kabar setelah ia melakukan aksi brutalnya.

Paul Avery (Robert Downey Jr.) adalah jurnalis yang meliput kasus-kasus sang pembunuh. Avery tertarik untuk memecahkan kode-kode rahasia yang dikirim oleh si pembunuh.

Bersama seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), Avery mulai melakukan penyelidikan untuk mengungkap misteri pembunuhan berantai ini. Apakah Avery dan Graysmith berhasil memecahkan teka-teki ini? Atau justru mereka lah yang menjadi korban si pembunuh berikutnya?

7. Kiss Kiss Bang Bang

Kiss Kiss Bang Bang

Harry Lockhart (Robert Downey Jr.) adalah seorang kriminal. Saat dalam pengejaran, ia malah masuk ke sebuah tempat audisi untuk sebuah film misteri Hollywood. Kocaknya, sang sutradara menyukai akting Harry yang benar-benar murni layaknya penjahat sedang mencoba bersembunyi dari kejaran polisi.

Harry yang disangka sebagai kandidat casting itu pun akhirnya mendapatkan peran dan memulai ‘pekerjaan’ barunya. Di Hollywood, ia pun bertemu dengan seorang wanita yang ditaksir bernama Harmony (Michelle Monaghan), Harry siap memulai hidup baru. Sayang, sebuah kasus pembunuhan menyeret namanya.

8. Good Night, and Good Luck

Good Night, and Good Luck

Robert Downey Jr. berperan sebagai Joseph Wershba dalam film ini. Ia diceritakan sebagai seorang jurnalis yang bekerja di studio berita CBS bersama sang istri, Shirley (Patricia Clarkson). Pada era Red Scare, Joseph dan Shirley diminta untuk menandatangani sumpah bahwa mereka tidak pernah menjadi anggota Partai Komunis.

Tidak menyukai hal tersebut, Joseph pun segera meliput berita-berita yang menentang metode dan tindakan senator yang meminta ia melakukan sumpah itu, meski tekanan dari sang senator sangat menekan dirinya. Namun Joseph yang berdedikasi tidak menyerah, ia akan terus melakukan liputan itu meski dirinya harus terancam bahaya.

9. The Judge

Robert Downey Jr._The Judge

Hank Palmer (Robert Downey Jr.) adalah seorang pengacara ulung yang brilian. Namun jabatan yang ia emban saat ini tidak pernah mendapat restu dari sang Ayah, Joseph Palmer (Robert Duvall), yang merupakan seorang hakim. Hal itu membuat hubungan mereka berdua meregang dan tidak pernah akur satu sama lain.

Pada satu hari, Hank harus kembali ke Indiana, kampung halamannya, untuk hadir dalam pemakaman Ibunya. Alih-alih berdamai karena masa duka, Hank malah bertengkar hebat dengan sang Ayah. Begitu hendak pulang kembali ke kota, Ayah Hank terlibat kasus tabrak lari, dan Hank, meskipun berat hati, harus membela Ayahnya.

10. Richard III

Richard III

Diadaptasi dari karya William Shakespeare, “Richard III” merupakan sebuah film yang menceritakan tentang seorang raja yang licik. Bahkan sebelum menjadi raja, Richard (Ian McKellen) mendapatkan tahtanya dengan cara mengadu domba Raja Edward IV (John Wood) dengan saudaranya, George (Nigel Hawthorne).

Peran Robert Downey Jr. dalam film ini memang tidak terlalu besar. Ia berperan sebagai Rivers, adik dari Ratu Elizabeth (Annette Benning), yang menjadi penengah antara konflik Raja Edward IV dan George. Namun, Richard membunuh Rivers dan memanfaatkan situasi tersebut untuk merusak reputasi sang ratu.

11. Natural Born Killers

Natural Born Killers

Mickey (Woody Harrelson) dan Mallory (Juliette Lewis) adalah sepasang kekasih berjiwa psikopat yang gemar menghabisi nyawa orang lain tanpa sebab. Mereka membunuh korbannya secara random.

Anehnya, ketika mereka berdua menghabisi nyawa sekelompok orang, mereka selalu membiarkan satu orang di antara korbannya tetap hidup agar bisa menyampaikan kepada dunia bahwa Mickey dan Mallory lah pelakunya.

Wayne Gale (Robert Downey Jr.) adalah seorang jurnalis yang tertarik dengan kejahatan yang dibuat Mickey dan Mallory. Gale nampak mencari celah agar bisa mewawancarai sepasang kekasih berbahaya itu.

Obsesinya terhadap Mickey dan Mallory membuat nyawa Gale sendiri terancam. Jurnalis malang itu tidak sadar bahwa dirinya berurusan dengan orang-orang psikopat yang tak membutuhkan alasan untuk menghabisi nyawa orang lain.

12. Wonder Boys

Robert Downey Jr._Wonder Boys

Profesor Grady Tripp (Michael Douglas) adalah seorang novelis yang mengajar penulisan kreatif di sebuah universitas di Pennsylvania. Ia memiliki seorang editor bernama Terry Crabtree (Robert Downey Jr.) yang berbakti padanya. Terry digambarkan sebagai seseorang yang sangat tertarik dengan karya dan kesuksesan Grady.

Satu waktu, ia terlibat dalam hubungan dengan salah satu murid Profesor Grady, James (Tobey Maguire). Naas, hubungan tersebut malah membuat keduanya terseret dalam rangkaian peristiwa yang berkaitan dengan Profesor Grady. Ini membuat Terry dan James harus bisa membersihkan namanya kembali.

13. Chef

Robert Downey Jr._Chef

Carl (Jon Favreau) merupakan seorang chef yang bekerja di sebuah restoran di Los Angeles. Sayangnya, ia malah berseteru dengan sang pemilik restoran sehingga ia kehilangan pekerjaannya dan hidupnya berantakan. Bahkan hubungannya dengan keluarga pun menipis, namun mantan istrinya, Inez (Sofía Vergara) tetap peduli padanya.

Melihat Carl terpuruk, mantan suami Inez lainnya, Marvin (Robert Downey Jr.) menawarkan sebuah truk usang pada Carl untuk dipakai berjualan. Mendapat tawaran itu, hasrat Carl untuk menjadi chef kembali mencuat. Ia pun mulai membenahi hidupnya, dan memperbaiki hubungan dengan keluarganya kembali.

14. A Scanner Darkly

A Scanner Darkly

Bob Arctor (Keanu Reeves) merupakan seorang anggota polisi yang menyamar menjadi agen pengawas sistem berteknologi tinggi untuk menekan kasus penggunaan obat halusinogen kuat yang disebut Substance D. Dalam kehidupan sehari-seharinya, ia tinggal di sebuah rumah bersama teman dekat bernama Barris (Robert Downey Jr.)

Di saat Bob menjadi agen pengawas, ternyata Barris malah menggunakan obat tersebut bersama rekan-rekannya yang lain. Begitu semua rahasia masing-masing terbongkar, hubungan Bob dan Barris pun jadi kacau, mereka juga jadi terlibat dalam operasi polisi yang rumit. Mampukah keduanya kembali berdamai setelahnya?

15. A Guide to Recognizing Your Saints

A Guide to Recognizing Your Saints

Dito Montiel (Robert Downey Jr.) merupakan seorang penulis sukses asal Los Angeles. Satu waktu, ia harus kembali ke kampung halamannya di New York karena Ayahnya sedang sakit. Begitu sampai di rumah masa kecilnya, Dito segera kilas balik pada kehidupannya di masa muda pada tahun 1986.

Kembali ke tahun itu, Dito mengingat banyak teman-temannya yang bermasalah. Ada Antonio (Eric Roberts) yang membunuh ketua geng akibat usaha balas dendam, Giuseppe (Adam Scarimbolo) yang ceroboh dan tewas mengenaskan, Mike (Martin Compston) yang punya mimpi soal musik namun menemui akhir yang tragis.

16. Charlie Bartlett

Charlie Bartlett

Charlie (Anton Yelchin) merupakan seorang remaja ADHD kaya raya yang baru saja dikeluarkan dari sekolah swasta. Ia pun akhirnya mencoba kembali mendaftar di sekolah lainnya, dan berhasil. Selama menjadi siswa di sekolah tersebut, ia berteman baik dengan putri dari kepala sekolah Nathan Gardner (Robert Downey Jr.).

Susan (Kat Dennings) merupakan gadis rebel namun mau berteman dengan Charlie yang disukai banyak orang karena menjadi "terapis" yang memberikan nasihat dan obat-obatan untuk membantu seorang siswa yang depresi. Kepala Sekolah Nathan pun bahkan amaze saat Charlie mampu mengubah putrinya menjadi lebih baik.

17. Heart and Souls

Robert Downey Jr._Heart and Souls

Seorang bayi bernama Thomas (Robert Downey Jr.) lahir di dalam mobil tepat di saat sebuah bus terjungkir dan menewaskan semua penumpangnya. Di saat sang supir bus itu mampu melewati ‘kehidupan berikutnya’, keempat penumpang lain terjebak di dunia bersama dengan Thomas yang mereka pun tidak mengerti mengapa.

Akhirnya keempat hantu tersebut yang terdiri dari Harrison (Charles Grodin), Penny (Alfre Woodard), Julia (Kyra Sedgwick) dan Milo (Tom Sizemore) menemani Thomas dari bayi hingga dewasa. Satu waktu, Thomas menghadapi krisis hidup dan ‘teman-temannya’ itu mulai membantunya supaya Thomas bisa hidup damai.

18. The Soloist

The Soloist 2009

Sinopsis film ini dibuka dengan kisah Nathaniel Anthony Ayers (Jamie Foxx), musisi berbakat yang ternyata harus mengadu nasibnya di jalanan. Nathaniel menjadi musisi jalanan yang mungkin hanya dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Steve Lopez (Robert Downey Jr.) adalah seorang wartawan yang bisa melihat talenta dalam diri Nathaniel. Keduanya akhirnya bersahabat. Steve dengan kepiawaiannya menulis artikel berusaha membantu Nathaniel mewujudkan mimpinya, yakni bisa bermain musik di Walt Disney Concert Hall.

19. True Believer

True Believer

Sebelum banting setir menjadi pengedar narkoba, Eddie Dodd (James Woods) berprofesi sebagai pengacara yang membela hak dan kebenaran bagi warga sipil. Dodd nampak sudah mantap beralih profesi karena merasa profesi lamanya begitu melelahkan.

Di sisi lain, ada Roger Baron (Robert Downey Jr.), pekerja muda di instansi hukum. Baron berusaha meyakinkan Dodd untuk kembali menjadi pengacara dan membela Kim (Yuji Okumoto), pemuda Korea yang dipenjara terkait kasus pembunuhan anggota geng di Chinatown New York.

Hukuman Kim semakin berat tatkala ia mendapat tuduh membunuh sesama narapidana. Namun Kim menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan karena membela diri. Ibu Kim juga meyakini bahwa anaknya hanyalah korban salah tuduh.

20. Restoration

Restoration

Seorang dokter muda bernama Robert Merivel (Robert Downey Jr.) tiba-tiba diangkat menjadi dokter kerajaan karena telah berhasil menyelamatkan anjing spaniel kesayangan Raja Charles II (Sam Neil). Merivel begitu menikmati hidupnya yang bergelimang harta dan kemewahan di kerajaan.

Suatu saat, Raja mengatur skenario untuk Merivel. Merivel dinikahkan dengan Celia (Polly Walker), selir favorit raja. Tujuan dari pernikahan pura-pura ini adalah untuk menipu selir-selir lain yang selama ini merasa cemburu dengan Celia yang selalu diistimewakan.

Merivel diberi perkebunan dan rumah. Ia tinggal bersama Celia di sana. Namun, ada perjanjian yang harus ia sanggupi, yakni raja bisa datang kapan saja mengunjungi Celia dan Merivel tidak boleh jatuh cinta kepada Celia.

Awalnya, Merivel menikmati semua fasilitas mewah yang diberikan raja. Akan tetapi, ia harus rela diusir keluar ketika raja mendapati dirinya telah jatuh cinta pada selir kesayangannya itu.

Usai ditendang keluar dari kerajaan, Merivel bertemu dengan Katharine (Meg Ryan), wanita bermasalah yang ditinggal oleh suaminya setelah putri mereka meninggal. Tak disangka Merivel dan Katharine saling jatuh cinta dan menjadi pasangan kekasih. Bahkan, Katharine mengandung anak Merivel.

Kebahagiaan Merivel dan Katharine tak berlangsung lama karena wabah penyakit mematikan menyerang. Katharine yang sedang hamil tua terinfeksi wabah tersebut. Bayi mereka lahir dengan sehat dan selama, tapi tidak dengan Katharine. Sebelum kematian Katharine, Merivel sempat berjanji untuk menjaga putri mereka, Margaret.

Merivel yang malang menyadari bahwa kebahagiaannya bersama Katharine dan putri kecilnya yang baru saja melihat dunia itu lebih berarti dibanding kehidupan hingar bingarnya saat masih di kerajaan.

Dari 20 judul film Robert Downey Jr. ini, manakah yang ingin kamu saksikan lebih dulu? Kamu pun bisa menambahkan judul film Downey lainnya yang mungkin belum kami bahas di sini. Tulis rekomendasimu di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram