logo web

10 Film Romantis Terbaik Sepanjang Masa, Ini Daftarnya!

Ditulis oleh Gerryaldo

Jika sudah lelah menyaksikan film dengan genre aksi, thriller, atau horor, maka coba tonton film genre romantis. Tidak hanya soal kisah cinta yang manis, film genre romantis juga diselingi beragam elemen yang membuatnya semakin menarik, mulai dari elemen komedi, duka, hingga rasa kehilangan.

Film-film romnatis ini juga dikerjakan secara profesional oleh tangan dingin para sutradara ternama, dan dijamin ceritanya akan sangat membekas di hati para penonton untuk tahun-tahun mendatang. Lalu, ada judul film romantis apa saja yang pantas diberikan predikat terbaik sepanjang masa? Berikut daftarnya!

Salah satu film romantis yang harus ditonton setidaknya sekali seumur hidup. Kisah film Titanic memang banyak memikat hati penonton karena menawarkan premis indah tentang pengorbanan cinta. Kesuksesan film ini juga seakan tak lekang waktu, karena pada tahun 2023, ia sampai dibuat dalam versi remastered dengan grafis yang lebih modern.

Dikisahkan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) berangkat ke New York dengan ibu dan tunangannya di atas Titanic pada tahun 1912. Meski berlayar dengan kapal megah, Rose tidak bahagia dengan pertunangannya dan merasa hidupnya hampa. Kehampaan ini pun membuatnya nekat untuk bunuh diri. Untungnya, seorang pria bernama Jack Dawson berhasil menolongnya.

Dari pertemuan itu, keduanya pun jatuh cinta meski berjanji untuk merahasiakan hubungan mereka. Meski begitu, bukan berarti hubungan mereka berjalan mulus. Rose dan Jack (Leonardo DiCaprio) harus saling menguatkan ketika hubungan mereka diuji, salah satunya adalah saat Jack dituduh mencuri sebuah kalung.

Yang lebih mendebarkan lagi adalah ketika terjadi kecelakaan pada Titanic karena bertabrakan dengan sebuah gunung es. Semua orang berusaha untuk menyelamatkan diri, termasuk Rose dan Jack. Namun pada akhirnya, Jack mengorbankan dirinya demi menyelamatkan hidup sang kekasih hati.

2. Casablanca

Tahun Rilis 1942
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Humphrey Bogart Ingrid Bergman Paul Henreid Claude Rains
Selengkapnya →

Berlatar belakang pada Perang Dunia II di Casablanca, film ini mengisahkan seorang ekspatriat Amerika yang menghadapi dilema antara cinta, dan membantu seorang pemimpin perlawanan Ceko melarikan diri dari Nazi.

Film Casablanca secara tak terduga menjadi film klasik yang diakui setelah dirilis pada tahun 1942, dan memenangkan banyak Oscar sehingga dianggap sebagai salah satu film terbesar dalam sejarah.

Rick Blaine (Humphrey Bogart) merupakan pemilik sebuah kafe di kota Casablanca. Saat Perang Dunia II berlangsung, ia bertemu dengan mantan kekasihnya, Ilsa (Ingrid Bergman) dan suaminya, Victor Laszlo (Paul Henreid) yang merupakan seorang pemimpin Perlawanan Cekoslowakia. Mereka meminta bantuan Rick untuk mendapatkan surat transit agar bisa melarikan diri.

Mengetahui hal tersebut, Rick sakit hati. Hal itu disebabkan ia masih mencintai Ilsa namun di sisi lain ia harus menyelamatkannya bersama dengan pria lain untuk pergi dari Casablanca. Meski pahit, Rick akhirnya membantu Ilsa dan Laszlo melarikan diri, mengorbankan kebahagiaannya sendiri dan memberi arahan supaya mereka berdua bisa selamat.

3. The Notebook

Tahun Rilis 2004
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ryan Gosling Rachel McAdams James Garner Gena Rowlands
Selengkapnya →

Noah Calhoun (Ryan Gosling) dan Allie Hamilton (Rachel McAdams) bertemu di karnaval di Carolina Selatan. Awalnya Allie menolak Noah, tetapi akhirnya jatuh cinta juga pada pria itu. Mereka pun menghabiskan musim panas bersama.

Sayangnya, tekanan dari orang tua Allie memaksa mereka berpisah. Meski Noah mencoba mempertahankan hubungan mereka dengan mengirim surat setahun penuh, Allie tak pernah membalas.

Ketika Noah mendaftar sebagai tentara di Perang Dunia II, Allie rupanya bertunangan dengan Lon Hammond Jr. (James Marsden), seorang pengacara muda yang kaya. Setelah perang selesai, betapa terlukanya Noah ketika melihat Allie berciuman dengan Lon. Hal ini tentu membuatnya bertanya-tanya tentang masa depan cinta mereka.

The Notebook adalah salah satu film romantis terbaik sepanjang masa yang sayang bila dilewatkan. Dengan latar belakang era Perang Dunia II, film ini menarasikan cerita cinta, pengorbanan, dan keputusan hidup antara Noah dan Allie.

4. When Harry Met Sally

Tahun Rilis 1989
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Billy Crystal Meg Ryan Carrie Fisher Bruno Kirby Steven Ford
Selengkapnya →

Kisah dalam film komedi romantis berjudul When Harry Met Sally ditulis oleh Nora Ephron berdasarkan inspirasi dari kejadian di kehidupan nyata loh! Film ini bercerita tentang dua orang sahabat yang telah menjalin hubungan selama dua belas tahun dan mulai mempertanyakan apakah pria dan wanita dapat berteman. 

Pertemuan pertama Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan) terjadi secara kebetulan di tahun 1977. Mereka awalnya tidak setuju dengan konsep persahabatan antara pria dan wanita, namun demikian, mereka berusaha untuk tetap berteman dan berjuang untuk tidak jatuh ke dalam hubungan yang lebih jauh. 

Bak pinang dibelah dua, riwayat percintaan keduanya pun sama-sama selalu kandas dan gagal. Namun lama kelamaan setelah melewati momen-momen canggung, mereka akhirnya menyadari cinta mereka satu sama lain.

Akhirnya tepat di pesta malam tahun baru, Harry menyatakan cintanya secara tulus pada Sally. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk menikah dan hidup bahagia.

5. The Fault in Our Stars

Tahun Rilis 2014
Genre ,
Sutradara
Pemeran Shailene Woodley Ansel Elgort
Selengkapnya →

Sukses banget bikin tissue habis, film The Fault in Our Stars wajib jadi daftar tontonan kalian yang bisa disaksikan bersama pasangan atau sahabat. Jamin banjir! Film karya sutradara Josh Boone ini diangkat dari novel berjudul sama yang rilis tahun 2012.

Adalah Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley), ia merupakan gadis remaja berusia 16 tahun yang menderita kanker. Di saat tidak memiliki semangat hidup, ia bertemu dengan seorang pria bernama Gus Waters (Ansel Elgort) yang sama-sama mengidap kanker di sebuah pertemuan para pejuang penyakit mematikan itu.

Keduanya saling dekat dan menemui situasi bahwa mereka memiliki banyak kesamaan. Akhirnya dari teman, keduanya jadi sepasang kekasih. Mereka bahkan berlibur bersama untuk bertemu penulis kesukaan mereka di Eropa.

Namun, penyakit kanker Gus muncul dan tambah parah, hidupnya pun divonis tidak akan lama lagi. Bagaimanakah Hazel harus menghadapi kenyataan pahit tersebut? 

Film ini sukses menggemparkan dunia film internasional. Bukan hanya karena kesuksesan Bradley Cooper yang debut menjadi seorang sutradara untuk film ini saja, melainkan juga karena penampilan si penyanyi fenomenal Lady Gaga yang dianggap sangat baik dengan kualitas aktingnya yang semakin baik dari dua film sebelumnya.

Jackson Maine (Bradley Cooper) merupakan seorang musisi jenius yang juga pecandu alcohol. Ia jatuh hati pada seorang penyanyi yang sedang berusaha menggapai karir puncaknya, Ally (Lady Gaga). Keduanya pun saling support dalam karir masing-masing, dan ini membuat Ally selalu bersama dengan Jack kemanapun pria itu konser.

Ally pun ikut mengisi stage dengan bernyanyi duet bersama Jack. Ketika karir Ally bersinar, penyakit mental Jackson kembali mengganggu Jack hingga ia tidak mampu lagi bertahan.

Hubungan keduanya terganggu, namun Ally tetap bertahan bersama Jack, sampai satu waktu Jack pun mengakhiri hidupnya membuat Ally sedih. Meski demikian, karya-karya Ally yang terinspirasi dari kisah cinta mereka berdua semakin melejit setelahnya.

Kalau sudah menonton film ini, pasti bakal gamon alias gagal move on deh dari cerita manisnya! Tak hanya kisahnya saja yang seru, soundtracknya pun meledak di pasaran! Thanks berat untuk sutradara Garry Marshall karena sukses membuat kisahnya menjadi film paling dikenang sepanjang masa!

Kisahnya bermula dari seorang pebisnis bernama Edward Lewis (Richard Gere) yang tak sengaja bertemu dengan pekerja seks di Hollywood bernama Vivian Ward (Julia Roberts). Pertemuan yang bermula dari usaha minta tolong berubah sedemikian rupa menjadi jalinan asmara antar keduanya.

Edward tidak membuat Vivian menjadi wanita rendah di matanya, Edward bahkan menyanjungnya. Vivian pun merasa demikian, ia merasa Edward menghormatinya sebagai seorang wanita, bukan sebagai seorang prostitusi. Menghadapi banyak rintangan bersama, keduanya pun akhirnya berhasil menjadi sepasang kekasih dan hidup bahagia bersama.

Romeo + Juliet menjadi salah satu film romantis yang laku keras karena kisahnya yang manis. Karakter Romeo dan Juliet merupakan hasil karya William Shakespeare, seorang penulis drama juga penyair legendaris dari Inggris. Film tersebut dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Claire Danes sebagai tokoh utamanya.

Romeo (Leonardo DiCaprio) merupakan anggota keluarga Montague, sedangkan Juliet (Claire Danes) adalah anggota keluarga Capulet. Kedua keluarga besar mereka memiliki hubungan buruk sehingga tidak pernah akur satu sama lain. Satu waktu, Romeo menyelinap masuk ke dalam kediaman Keluarga Capulet dan bertemu Juliet.

Mereka jatuh cinta dan hendak hidup bersama meski hubungan keluarga keduanya tidak baik. Satu waktu, karena tak ingin dijodohkan, Juliet menelan obat yang membuatnya ‘mati’ dalam beberapa jam. Naas, karena komunikasi yang salah, Romeo menyangka Juliet bunuh diri sehingga ia pun ikut bunuh diri bersama dengan Juliet yang sebenarnya masih hidup. Tragis banget!

9. Ghost (1990)

Tahun Rilis 1990
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Patrick Swayze Demi Moore Whoopi Goldberg Tony Goldwyn
Selengkapnya →

Ghost merupakan film drama romantis asal Amerika yang berhasil menjadi salah satu film terbaik yang pernah ada di pasar film. Tak hanya sukses dari segi ulasan saja, film karya sutradara Jerry Zucker ini masuk ke dalam kategori film tahun 1990-an yang mendapat pendapatan tertinggi sejak penayangannya.

Film ini menceritakan tentang Sam Wheat (Patrick Swayze), seorang bankir yang jatuh cinta pada seorang seniman bernama Molly (Demi Moore). Satu waktu, Sam dibunuh oleh rekan bisnisnya yang korup, Carl Bruner (Tony Goldwyn) akibat kesepakatan bisnis yang flaw. Alih-alih masuk ke dalam kehidupan selanjutnya, arwah Sam terjebak.

Ia tidak bisa melanjutkan ‘perjalanannya’ karena ada urusan dunia yang belum terselesaikan. Sam pun meminta bantuan dari seorang cenayang bernama Oda Mae (Whoopi Goldberg) untuk menyampaikan fakta, menyelesaikan urusan dunia Sam dan melindungi Molly dari Carl dan para penjahat yang mengincarnya.

10. The Bodyguard (1992)

Tahun Rilis 1992
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kevin Costner Whitney Houston Gary Kemp Bill Cobbs Ralph Waite
Selengkapnya →

Untuk kalian penggemar Whitney Houston, maka film satu ini tidak mungkin terlewat. Saking manisnya kisah yang ditawarkan dalam film karya sutradara Mick Jackson ini, The Bodyguard berhasil menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi di tahun 1992 dan menelurkan soundtrack klasik sepanjang masa yang tetap hits sampai saat ini.

Film ini menceritakan tentang Rachel Marron (Whitney Houston) yang merupakan seorang diva kelas kakap. Ketenarannya itu membuat banyak penguntit yang mengganggunya. Awalnya hanya mengusik kehidupan pribadinya, namun semakin lama, penguntit ini jadi mengancam hidup Rachel. Manager Rachel pun menyewa pengawal, Frank Farmer (Kevin Costner).

Frank sangat tidak disukai oleh Rachel karena dianggap terlalu mengekang. Namun lama-kelamaan, hati Rachel luruh saat mengetahui betapa pedulinya Frank terhadap keselamatan jiwanya. Akhirnya Rachel jatuh hati pada Frank begitu pun sebaliknya, kisah cinta mereka diuji saat penguntit hendak menyakiti Rachel.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram