showpoiler-logo

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Kuntilanak Cinematic Universe!

Ditulis oleh Suci Maharani R
Kuntilanak Cinematic Universe

Berbeda dengan yang lain, MVP Pictures dan Rizal Mantovani dengan bangga mempersembahkan Kuntilanak Cinematic Universe. Jadi satu-satunya semester non-superhero di Indonesia, perbincangan soal semester film horor ini sudah berlangsung sejak tahun 2019.

Fyi, Kuntilanak Cinematic Universe adalah kumpulan film horor Indonesia yang mengisahkan teror dari sosok hantu legendaris “Kuntilanak”.

Setiap filmnya bukan hanya prekuel atau sekuel, tapi ada tiga film utama yang semuanya berporos pada “Mangkujiwo”. Pembuatan Universe Kuntilanak ini membuat penonton penasaran, karena ide ini memang terasa original dan sangat unik. Apalagi tanpa sepengetahuan penggemar, mereka sudah memulai proyek ini sejak tahun 2006 lho.

Buat kamu yang masih penasaran dengan Kuntilanak Cinematic Universe buatan MVP Pictures. Kali ini Showpoiler akan mengupas tuntas soal film-film apa saja yang termasuk dalam semesta horor ini. Sudah penasaran? Kalau gitu kamu bisa membaca informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Mengenal Kuntilanak Cinematic Universe

Mengenal Kuntilanak Cinematic Universe

Terinspirasi dari Marvel Cinematic Universe dan DC Cinematic Universe, Rizal Mantovani berkeinginan untuk membuat semestanya sendiri. Tak mau menampilkan sosok pahlawan super yang hebat, Rizal Mantovani memilih bergerak di genre yang jadi kemampuan terbaiknya.

Sebuah semesta bertema horor, Rizal Mantovani menjadikan sosok hantu legendaris “Kuntilanak”. Semua ini berawal dari kesuksesan film Kuntilanak (2018) yang mendulang 1,2 juta penonton selama masa penayangannya.

Banyak orang yang menyebut, bahwa film tersebut adalah sekuel dari film Kuntilanak (2006) yang dibintangi oleh Julie Estelle. Namun Rizal Mantovani mengatakan, bahwa kedua film tadi murni sebagai bagian dari semesta Kuntilanak, bukan sekuel atau prekuel.

Ia hanya ingin menciptakan sebuah semesta Kuntilanak yang seluruhnya berporos pada “Sekte Mangkujiwo”. Dalam film-filmnya, Rizal Mantovani ingin memperlihatkan perjuangan orang-orang yang berusaha keluar dan membebaskan diri dari sekter tersebut.

Berbagai hal-hal mengerikan juga bakalan jadi salah satu daya tarik yang membuat penonton semakin penasaran.

2. Terbagi dalam Tiga Trilogi

Terbagi dalam Tiga Trilogi

Sama halnya seperti film-film Marvel dan DC, Kuntilanak Cinematic Universe terbagi dalam beberapa film. Menjadikan mangkujiwo sebagai porosnya, kisah-kisah Kuntilanak ini terbagi dalam tiga trilogi. Uniknya, ketiga film tadi tidak dirilis secara berurutan lho. Film pertama yang dirilis oleh Rizal Mantovani dan Multi Vision Plus adalah Kuntilanak (2009).

Film yang dibintangi oleh Julie Estelle, Evan Sanders dan Ratu Felisha ini memang sangat menyeramkan. Kuntilanak (2006) mengisahkan masa-masa kehancuran Mangkujiwo. Dibuat dalam format trilogi, kedua sekuelnya dirilis pada tahun 2007 dan 2008. Sekitar 10 tahun kemudian, Rizal Mantovani dan MVP Pictures bekerjasama untuk merilis Kuntilanak (2018).

Film ini mengisahkan keturunan terakhir dan usaha mereka untuk membangkitkan Mangkujiwo. Berbeda dengan film lainnya, kali ini deretan aktor cilik jadi pemeran utamanya.

Contohnya Kuntilanak 3 (2022) filmnya dibuat dalam format horor dan fantasi dibintangi oleh Sandrina Michelle dan Nicole Rossi. Justru kisah awal hadirnya Mangkujiwo dan lahirnya Kuntilanak Merah dirilis belakangan. 

Meski tidak digarap oleh Rizal Mantovani, Mangkujiwo (2020) jadi salah satu film horor paling menyeramkan.  Dibintangi oleh Yasamin Jasem, Sujiwo Tejo, Djenar Maesa Ayu dan Karina Suwandi ini lebih intense dan etnik.

Digarap oleh sutradara Azhar Kinoi Lubis, Mangkujiwo (2020) mengisahkan masa jaya sekte Mangkujiwo dan cara mengubah seorang wanita hamil menjadi sosok Kuntilanak Merah.

3. Membuat Pusat Studi Sendiri?

Membuat Pusat Studi Sendiri

Dari penjelasan soal tiga film yang ada dalam Kuntilanak Cinematic Universe, kita tahu kalau filmnya dirilis secara acak. Sejujurnya hal ini sangat merugikan, pasalnya tidak mudah untuk menyambungkan alur satu dengan yang lainnya.

Apalagi jalan ceritanya mundur, mereka harus bisa membuat silsilah masa lalu Mangkujiwo sejalan dengan film-film yang sudah terlebih dahulu dirilis.

Rizal Mantovani dipercaya untuk menggarap film enam film Kuntilanak, yaitu kisah masa depan pasca Mangkujiwo runtuh. Sementara Azhar Kinoi Lubis didapuk sebagai sutradara yang mengisahkan kelahiran Mangkujiwo dan Kuntilanak Merah.

Untuk menjaga agar benang merah dari enam film pertamanya dengan silsilah Mangkujiwo, MVP Picture membuat sebuah tim penelitian. PSK atau Pusat Studi Kuntilanak adalah tim yang bertugas menjaga alur ceritanya tetap sejalan.

Mereka menelaah seluruh film Kuntilanak yang sudah dirilis hingga melakukan riset untuk trilogi Mangkujiwo. Hasilnya memang tidak mengecewakan, kedua film Mangkujiwo (2020-2022) memang luar biasa. Terasa sangat etnik akan kebudayaan, sejarahnya jelas, brutal dan bikin bulu kuduk merinding. 

4. Urutan Film Kuntilanak Cinematic Universe

Urutan Film Kuntilanak Cinematic Universe

Sejauh ini sudah ada delapan film Kuntilanak Cinematic yang dirilis dan bisa kamu tonton. Showpoiler akan mengurutkannya dari awal mula hadirnya Mangkujiwo hingga ke klan terakhir Mangkujiwo. Jadi film mana nih yang harus kamu tonton terlebih dahulu? Jawabannya ada di bawah ini!

  • Mangkujiwo (2020)

Mangkujiwo (2020) menjadi awal mula dari lahirnya Kuntilanak Merah dan sekte Mangkujiwo. Persaingan antara Brotoseno dan Tjokro Kusumo, ternyata melibatkan ilmu hitam.

Film yang digarap oleh Azhar Kinoi Lubis ini bakalan dibintangi oleh deretan aktor populer. Mulai dari Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, Djenar Maesa Ayu hingga Asmara Abigail dan Roy Marten.

  • Mangkujiwo 2 (2023)

Meneruskan kejayaan Brotoseno dan perusahaan kainnya yang bernama Mangkujiwo. Pria ini menggunakan Uma untuk mengendalikan Kuntilanak Merah. Ia membuat skenario sendiri untuk menjadi penguasa dan menaikkan kejayaan Mangkujiwo.

Dalam film keduanya, aktor terbaik Indonesia yaitu Marthino Lio juga didapuk sebagai salah satu pemeran utamanya.

  • Mangkujiwo 3

Mangkujiwo 3 menjadi sekuel terakhir dari film garapan Azhar Kinoi Lubis. Meski belum banyak yang diketahui, tapi Uma diperlihatkan akan dijadikan Kuntilanak Merah selanjutnya. Kemungkinan juga film ini mengisahkan masa-masa kejayaan hingga jatuhnya sekte Mangkujiwo.

  • Kuntilanak (2006)

Kuntilanak (2006) adalah film pertama yang dirilis oleh Kuntilanak Cinematic Universe. Film ini dibintangi oleh Julie Estelle, Evan Sanders dan Ratu Felisha.

Pasca pabrik Mangkujiwo terbakar habis, satu-satunya yang tersisa hanyalah rumah Brotoseno. Di rumah tersebut, Samantha berhadapan dengan sosok Kuntilanak dan mendapatkan wangsit untuk mengendalikan Kuntilanak.

  • Kuntilanak 2 (2007)

Dalam film keduanya, Julie Estelle kembali akan berperan sebagai Samantha yang kini sudah jadi medium Kuntilanak. Ia bisa membalaskan dendam pada orang yang tidak disukainya lewat Kuntilanak, tapi hal ini membuat Samantha tidak bisa tidur nyenyak.

Sialnya lagi, ada beberapa pengikut sekte Mangkujiwo yang ingin mengembalikan kejayaan sekte dan mengendalikan Samantha.

  • Kuntilanak 3

Pasca Samantha meminta Kuntilanak untuk membunuh sisa-sisa pengikut Sekte Mangkujiwo, ia ingin mencabut wangsitnya. Ia pergi ke Oejong Sedo, disaat yang bersamaan sepasang kekasih tiba-tiba menghilang di dalam hutan.

Dari sinilah Samantha tahu bagaimana Kuntilanak dibuat oleh Sekte Mangkujiwo. Bahkan Sam memutuskan untuk bunuh diri demi mengakhiri rantai Mangkujiwo.

  • Kuntilanak (2018)

Satu tahun pasca hal mengerikan yang terjadi pada Samantha, satu-satunya cermin yang tersisa dibawa ke sebuah panti asuhan. Disanalah berbagai kejadian astral terus bermunculan. Dari sinilah Dinda secara misterius mendapatkan wangsit dan bisa mengendalikan Kuntilanak.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Sandrina Michelle, Andryan Bima, Ciara Nadie dan Ali Fikry didapuk jadi pemeran utamanya.

  • Kuntilanak 2 (2019)

Masih dibintangi oleh deretan aktor cilik dan sutradara yang sama, Kuntilanak 2 (2019) pada anak-anak panti asuhan ternyata belum usai. Diketahui sebagai keturunan terakhir Mangkujiwo, salah satu abdi berhasil memanggil Kuntilanak.

Dari sinilah Dinda harus kembali ke Hutan Keramat dan pergi ke Oejong Sedo untuk menancapkan tusuk konde Karmila demi mengalahkan Kuntilanak.

  • Kuntilanak 3 (2022)

Sempat terjanggal pandemi, akhirnya Rizal Mantovani bisa menggarap Kuntilanak 3 (2022) dengan format horor fantasi. Karakter Dinda akan diperankan oleh Nicole Rossi dan kali ini mereka akan kembali berhadapan dengan Kuntilanak di sebuah sekolah sihir.

Dinda yang diketahui sebagai keturunan terakhir Mangkujiwo, hampir saja menjadi santapan Ratu Kuntilanak ulah dari pengikut sekte Mangkujiwo.

Inilah penjelasan lengkap mengenai Kuntilanak Cinematic Universe dan film apa saja yang tergabung di dalamnya. Harus diakui, usaha keras MVP Picture, Rizal Mantovani dan Azhar Kinoi Lubis dalam menggarap semesta Kuntilanak ini memang luar biasa.

Apalagi dari alur sat uke lainnya terasa sangat etnik dan menampilkan banyak unsur budaya hingga kebiasaan Jawa.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram