logo web

6 Pemeran Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Ada Pendatang Baru!

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Ant-Man and the Wasp: Quantumania menjadi gerbang pembuka Phase Five Marvel Cinematic Universe yang tidak mampu memenuhi ekspektasi para penggemarnya. Tapi kita tidak dibuat kecewa berlebihan karena efek visual yang ditampilkan cukup megah dan indah dalam menggambarkan alam kuantum.

Selain itu, performa akting para pemerannya tetap tampil apik dalam membawakan karakter masing-masing, sama seperti di dua film sebelumnya. Bahkan dua pemeran yang baru tampil di film ini sukses mencuri perhatian. Siapa saja mereka? Artikel berikut akan memaparkan 6 karakter utama yang beraksi di film MCU ke-31 ini.

1. Scott Lang (Paul Rudd)

karakter ant man quantumania_Scott Lang_

Scott Lang adalah salah satu anggota Avenger tersisa setelah pertempuran melawan Thanos. Kini dia menjadi terkenal setelah menulis buku Look Out for the Little Guy yang menceritakan perannya dalam mengalahkan Thanos dari sudut pandangnya sendiri.

Dahulu dia adalah seorang pencuri yang profesi lamanya diungkit kembali oleh Kang the Conqueror, demi meminta dia mengambil bola reaktor yang merupakan sumber energi baginya. Scott berhasil melalui Badai Kemungkinan yang menduplikasi dirinya dalam jumlah ribuan untuk mengambil bola reaktor tersebut.

Kekuatan yang dimiliki Ant-Man adalah mengecilkan dan membesarkan tubuh, seperti yang sudah dia perlihatkan di dua film sebelumnya. Dan kini dia memamerkan kekuatan baru yaitu membesarkan tubuhnya hingga berukuran raksasa.

Namun, efek dari kemampuan ini adalah lebih cepat menghabiskan energinya. Setidaknya dia merasa sangat lapar. Semua dia lakukan untuk menjaga keselamatan Cassie, putrinya. Meski sedikit kesulitan memahami sikap dan pola pikir Cassie yang ini sudah remaja, Scott tetap berusaha menjadi ayah yang baik bagi putrinya itu.

2. Hope van Dyne (Evangeline Lilly)

karakter ant man quantumania_Hope van Dyne_

Putri dari Hank Pym dan Janet van Dyne ini adalah pimpinan Pym van Dyne Foundation yang merupakan penerus perusahaan milik ayahnya. Dia tetap menggunakan kostum Wasp yang diwariskan dari ibunya.

Hope kini sibuk dalam melakukan berbagai riset dengan menggunakan Partikel Pym untuk kemaslahatan masyarakat bumi di segala bidang. Dia membantu Cassie dalam melakukan riset dan membangun teknologi untuk berkomunikasi dengan alam kuantum.

Emosinya begitu tinggi saat menyadari Janet tidak memberi tahu semua tentang alam kuantum. Namun, setelah mendengar penjelasan ibunya, dia paham dan membantu Scott mengalahkan Kang the Conqueror dan membuka jalan kembali ke alam dunia.

Dengan model rambut baru, penampilan Evangeline Lilly tampak lebih segar. Hanya sangat disayangkan karakternya tidak berkembang dengan baik, karena fokus cerita kini berada pada Scott dan Cassie. Tapi dia hadir di saat yang tepat saat Scott membutuhkan bantuan di Badai Kemungkinan.

3. Kang the Conqueror (Jonathan Majors)

pemeran ant man quantumania_Kang the Conqueror_

Kang the Conqueror adalah seorang penjelajah waktu yang akan menjadi musuh besar Avengers di Multiverse Saga ini. Dia terperangkap di alam kuantum setelah diasingkan dan kapalnya disabotase oleh versi lain dirinya.

Saat bertemu Janet yang membantunya memperbaiki bola reaktor, dia menceritakan latar belakang dirinya yang penuh rasa sedih dan kesendirian serta dendam.

Dia adalah sosok jenius yang mampu dengan mudah menguasai berbagai teknologi dari berbagai masa dan semesta. Sebagai penjelajah waktu, dia mampu menembus semesta mana saja di waktu yang dia inginkan, bahkan mungkin mengubah jalannya sejarah.

Setelah rencananya digagalkan oleh Janet, Kang membangun kekaisaran sendiri dengan teknologi canggih yang dikuasainya. Dia membuat ribuan pasukan untuk menghancurkan semua semesta. Tapi untuk memaksimalkan kekuatannya, dia membutuhkan Partikel Pym atau bola reaktor yang belum bisa dia dapatkan.

Seluruh penghuni alam kuantum sangat takut padanya, termasuk Janet yang pernah berada di alam itu selama 30 tahun lamanya.

Selain memiliki pasukan dalam jumlah besar, dia sendiri memiliki kekuatan luar biasa yang mampu melumpuhkan para superhero. Awalnya Ant-Man pun tidak mampu melawannya, karena dengan gerakan jarinya saja, Ant-Man bisa terlempar jauh.

Kang the Conqueror hanyalah salah satu varian dari sekian banyak Kang yang ada di berbagai semesta. Karakter ini pertama kali hadir di MCU lewat serial Loki dengan nama He Who Remains. Diperankan juga oleh Jonathan Majors, kekuatan Kang ini sudah diantisipasi sebelumnya oleh Loki.

Di adegan post-credit film ini, setidaknya kita melihat tiga varian Kang lainnya, yaitu Immortus, Rama-Tut dan Scarlet Centurion. Mereka memimpin sebuah dewan yang terdiri dari ribuan varian kang dalam berbagai bentuk.

Baca juga: Post Credit Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023)

Akting Jonathan Majors sangat prima di film ini. Meski sepintas karakter Kang hampir sama dengan para supervillain Marvel lainnya, namun dia berhasil membawakannya dengan kesan intimidatif yang kuat. Ekspresi dan intonasi bicaranya mampu membuat siapa pun takut bila berhadapan dengannya.

4. Janet van Dyne (Michelle Pfeiffer)

pemeran ant man quantumania_Janet van Dyne_

Janet yang berhasil keluar dari alam kuantum setelah 30 tahun terperangkap di sana, kini sedang menikmati masa tuanya bersama Hank dan keluarganya. Dia adalah Wasp asli yang kini telah diwariskan kepada Hope. Dia mengenal Kang the Conqueror saat pertama kali penjelajah waktu itu masuk ke alam kuantum.

Awalnya, hatinya tersentuh oleh cerita Kang dan membantu memperbaiki bola reaktor yang menjadi sumber energi kapalnya. Namun, setelah mendapat penglihatan bahwa Kang adalah sosok jahat, Janet membuat bola reaktor itu membesar sehingga tidak lagi berfungsi. Tapi dia tahu, bahwa Kang memiliki kekuatan yang sangat besar.

Sebenarnya dia tidak mau mengungkit tentang Kang setelah kembalinya dia ke alam dunia. Namun karena terseret kembali ke alam kuantum, dia terpaksa membeberkan semua tentang Kang dan perjalanan hidupnya di alam ini. Dia ahli dalam berdiplomasi dan dikenal oleh penghuni alam kuantum yang beragam jenisnya.

5. Hank Pym (Michael Douglas)

pemeran ant man the wasp quantumania_Hank Pym_

Hank Pym kini menikmati masa pensiun. Perusahaannya diteruskan oleh Hope, namun dia tetap melakukan riset dan eksperimen terhadap semut.

Dia adalah Ant-Man pertama yang juga mantan agen S.H.I.E.L.D. dan ahli fisika penemu Partikel Pym yang sangat bermanfaat bagi manusia, sekaligus sangat berbahaya apabila berada di tangan yang salah.

Dia tetap tenang saat tersedot masuk ke alam kuantum dan melakukan apa yang bisa dilakukannya, seperti menerbangkan pesawat dengan kendali yang unik. Dan di saat keluarganya berada dalam kondisi terjepit, dia datang dengan pasukan semut yang bisa diperintahnya untuk menggusur Kang.

Ada wacana film Ant-Man berikutnya menceritakan Hank di masa muda saat masih beraksi sebagai superhero tersebut. Akankah kisah ini bisa diwujudkan? Kita tunggu saja.

6. Cassie Lang (Kathryn Newton)

pemeran ant man the wasp quantumania_Cassie Lang_

Cassie Lang kini sudah berusia 18 tahun. Sebagai remaja, dia memiliki sikap pemberontak, meski sedikit dan tidak begitu berdampak buruk. Dia memiliki otak yang cerdas dan melakukan riset sendiri dengan bantuan Hank dan Hope dalam membuat alat yang bisa berkomunikasi dengan alam kuantum.

Eksperimen inilah yang membuat mereka semua tersedot ke alam kuantum dan harus berhadapan dengan Kang the Conqueror.

Cassie sudah memiliki kostum superhero sendiri dan memiliki keberanian seperti ayahnya. Meski masih dalam tahap belajar, namun dia berhasil mendampingi Scott dalam menghalangi rencana jahat Kang.

Akting Kathryn Newton juga mencuri perhatian. Gadis berusia 26 tahun ini terlihat masih pantas berperan sebagai gadis remaja. Kemungkinan besar dia akan memiliki peran yang lebih besar dalam kelanjutan MCU dan menjadi generasi penerus superhero seperti ayahnya.

Itulah 6 karakter utama yang hadir di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Hadir dalam konsep yang lebih besar dari dua film sebelumnya, film ini justru menghilangkan beberapa elemen penting dalam genre superhero yang berpengaruh besar bagi jalan ceritanya.

Meski hasilnya kurang memuaskan, film ini akan tetap menjadi gerbang pembuka Phase Five dan jembatan yang penting bagi jalan cerita MCU selanjutnya. Bagi fans Marvel, kalian wajib menonton film ini! Selamat menyaksikan.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram