logo web

Sinopsis & Review Destined With You, Cinta Melawan Kutukan

Ditulis oleh Suci Maharani R
Destined With You
2.7
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Destined With You adalah drama romantis fantasi yang awalnya kurang mendapat perhatian dari penonton dibandingkan dengan K-drama lainnya seperti Moving, padahal keduanya tayang bersamaan. 

Namun, drama yang ditayangkan oleh Netflix ini mulai menarik perhatian dengan alur ceritanya yang slow burning. Rowoon dan Jo Bo Ah berperan sebagai pasangan yang terlibat dalam legenda kuno yang penuh misteri.

Buat kamu yang masih ragu untuk menonton atau tidak, Showpoiler bakal memberikan sinopsis dan ulasan singkat mengenai drama Destined With You. Penasaran? Kamu bisa menemukan informasi lengkapnya di bawah ini!

Sinopsis

Destined With You - Sinopsis_

Untuk pertama kalinya, takdir mempertemukan Lee Hong Jo (Jo Bo Ah) dan Jang Shin Yu (Rowoon) saat mereka melakukan inspeksi sebuah kuil tua di Gunung Onju. Ternyata pertemuan ini menjadi awal mula bagi keduanya berhadapan dengan karma, bencana, dan cinta yang telah mengikat mereka dalam satu takdir yang sama.

Lee Hong Jo tampaknya tidak pernah bisa lepas dari bayang-bayang kemalangan. Setelah ayahnya meninggal dunia, dia menjalani hidup sebagai seorang yatim piatu. Di sekolah, dia menjadi sasaran perundungan dari teman-temannya. Bahkan setelah berhasil menjadi seorang pegawai negeri sipil, dia masih harus menghadapi intimidasi dan isolasi dari para senior di kantornya.

Di sisi lain, Jang Shin Yu adalah seorang pengacara ulung yang berasal dari keluarga berkecukupan. Meskipun dikenal dengan pesona yang luar biasa, kepribadiannya sangat dingin, arogan, dan sombong. Namun, ada satu hal yang menjadi beban besar dalam hidupnya, yaitu kutukan keluarga yang mengancamnya setiap hari. 

Destined With You - Sinopsis 2_

Hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa Jang Shin Yu menderita penyakit misterius yang mematikan. Namun, hal yang bikin merinding adalah gangguan dari sosok misterius berupa sebuah tangan berlumuran darah yang kerap kali mengambil energi hidupnya. 

Satu-satunya yang bisa menyelamatkan Jang Shin Yu adalah sebuah buku mantra yang konon ditulis oleh seorang penyihir 300 tahun lalu. Buku itu terkubur di bawah kuil di Gunung Onju. Namun, pemilik kuil tua itu telah mewariskan buku tersebut kepada Lee Hong Jo. 

Awalnya, Lee Hong Jo skeptis terhadap buku mantra tersebut, namun sebuah insiden tak terduga mengubah segalanya. Ramuan cinta yang semula ditujukan untuk menarik perhatian Kwon Jae Gyeong (Ha Joon), seorang senior di Balai Kota Onju, secara tidak sengaja diminum oleh Jang Shin Yu.

Destined With You - Sinopsis 3_

Ramuan tersebut tidak hanya memicu kisah cinta yang mendalam di antara keduanya, tetapi membuka pintu akan kisah tragis di masa lalu. Kisah tentang seorang prajurit kerajaan yang membunuh wanita yang dicintainya karena dianggap sebagai penyihir jahat.

Faktanya, kisah memilukan tadi adalah masa lampau dari kehidupan Lee Hong Jo dan Jang Shin Yu. Pasca mengetahui hal ini Lee Hong Jo merasa sangat bersalah karena dirinyalah yang membuat hidup Jang Shin Yu menderita. Apalagi Lee Hong Jo menyadari bahwa masa depan mereka akan berakhir tragis. 

Di sisi lain, Jang Shin Yu tidak mau memedulikan kutukan dan ramalan tersebut. Dia hanya ingin mempertahankan cintanya kepada Lee Hong Jo. Sialnya, ada orang yang sangat membenci hubungan keduanya. 

Destined With You - Sinopsis 4_

Na Jung Beom (Ahn Sang Woo) adalah tukang kebun yang bekerja untuk Balai Kota Onju. Di balik kepribadiannya yang sangat ramah, rupanya pria ini sangat terobsesi untuk mendapatkan cinta Lee Hong Jo.

Mengetahui kedekatan wanita yang dicintainya dengan Jang Shin Yu, dia tidak segan berbuat hal nekat. Kira-kira mampukah Jang Shin Yu dan Lee Hong Jo mengubah takdir tragis ini menjadi akhir bahagia yang mereka idamkan?

Kolaborasi Genre yang Kurang Memuaskan

Kolaborasi Genre yang Kurang Memuaskan_

Kolaborasi genre bukanlah hal baru di industri K-drama. Hal inilah yang diterapkan dalam Destined With You. Drama yang ditulis oleh No Ji Sul ini menyatukan cukup banyak genre, mulai dari romantis, komedi, thriller hingga supernatural. 

Saat menonton dramanya, jujur saya merasa penasaran dengan sosok di balik tangan berdarah yang mengganggu Jang Shin Yu. Lalu, saya pun dibuat penasaran dengan kutukan apa yang diderita oleh keluarga Jang Shin Yu. Semua teka-teki tadi dihadirkan di episode perdananya. 

Masuk ke episode dua hingga pertengahan, alur ceritanya berubah dari fokus pada misteri kutukan Jang Shin Yu menjadi lebih berorientasi pada plot romantis komedi.

Jujur saja, plot romansa ini terasa klise karena mengikuti pola yang sudah umum. Cara Jang Shin Yu mendekati Lee Hong Jo ini mirip dengan cara Gu Won (Lee Jun Ho) mendekati Cheon Sa Rang (Im Yoona) dalam King the Land dan masih banyak drama lain yang juga mengadaptasi plot serupa. 

Masuk ke bagian supernatural, datang dari kisah masa lalu Jang Shin Yu dan Lee Hong Jo. Kisah cinta mereka yang tragis jadi daya tarik utama karena membuat penonton baper. Selain itu, latar belakang Lee Hong Jo sebagai penyihir juga dipenuhi dengan teka-teki.

Sementara itu, unsur thriller dalam cerita dipersembahkan oleh karakter antagonisnya, Na Jung Beom yang diperankan oleh aktor senior Ahn Sang Woo.

Sejujurnya, plot yang mengupas kisah psikopat ini berhasil menghapus cerita dari kesan membosankan dan monoton. Sayangnya, latar belakang karakter Na Jung Beom kurang dikupas mendalam. Pertanyaan tentang apa yang mendorongnya menjadi psikopat dan apa yang ia inginkan dari Lee Hong Jo masih belum terjawab dengan jelas hingga akhir cerita.

Rowoon Memukau tapi Membosankan

Rowoon Memukau tapi Membosankan_

Rowoon awalnya dikenal sebagai anggota dari boygroup populer bernama SF9. Terjun ke dunia seni peran sejak tahun 2017, kini nama Rowoon tercatat sebagai idol yang sukses berkarir sebagai aktor. 

Rowoon dalam peran Jang Shin Yu di Destined With You tampil sangat memukau, dan saya tidak bisa menyangkal kehebatan aktingnya. Selain itu, kemampuannya dalam menggambarkan emosi karakter juga sangat mengesankan.

Meskipun demikian, harus saya akui bahwa penampilannya bisa terasa sedikit monoton ketika dia sering kali berperan dalam karakter yang memiliki ciri khas yang serupa.

Sebelumnya saya sempat menonton akting Rowoon di beberapa K-drama lainnya. Karakter Jang Shin Yu benar-benar mirip dengan karakter Ha Ru dalam Extraordinary You dan Jung Ji Woo dalam The King’s Affection. Semua karakter ini merupakan sosok cowok ganteng yang awalnya terlihat dingin, namun setelah mengalami perjalanan cinta, berubah menjadi sangat romantis.

Bagi saya, penampilan Rowoon yang paling membekas adalah saat ia berperan sebagai Choi Joon Woong di Tomorrow. Kehadirannya dalam geng malaikat pencabut nyawa bikin suasananya terasa lebih fresh.

Saya berharap kedepannya Rowoon bisa mengambil proyek drama dan karakter yang jauh dari kata flower boy atau boy crush. Misalnya drama aksi dan kriminal yang sungguhan, menjadi polisi atau perampok jenius mungkin akan membuat Rowoon keluar dari zona nyaman.

Antagonis yang Kurang Greget

Antagonis yang Kurang Greget_

Salah satu hal yang membuat drama ini menarik adalah antagonis utamanya. Dalam Destined With You ada dua karakter antagonis yang paling mencolok, pertama Yoon Na Yeon yang diperankan oleh Yura Girls Day. 

Awalnya karakter Na Yeon diperlihatkan sebagai perempuan cantik yang manis dan baik hati. Kenyataannya, Yoon Na Yeon memiliki banyak perangai buruk. Perempuan ini mudah iri dengan orang lain, makanya dia tidak segan untuk memfitnah dan mem-bully Lee Hong Jo saat SMA. 

Mengetahui Jang Shin Yu jatuh cinta kepada Lee Hong Jo, Yoon Na Yeon bekerjasama dengan Na Jung Beom untuk memisahkan keduanya. 

Na Jung Beom sendiri bukanlah orang lain untuk Lee Hong Jo, mereka bertemu dalam proyek penghijauan di Kota Onju. Na Jung Beom adalah ahli tanaman yang menyediakan berbagai bibit pohon hingga bunga yang digunakan untuk memperindah Kota Onju. 

Kepribadiannya sangat ramah dan menyenangkan, namun di balik semua itu Na Jung Beom adalah seorang psikopat yang kejam. Kesal karena istrinya kerap tersenyum pada pria lain, Na Jung Beom membunuh sang istri dengan kejam. Bahkan, dia menaruh mayat istrinya di bawa pohon yang terletak di sebuah taman.

Setelah jatuh cinta pada Lee Hong Jo, Na Jung Beom berubah jadi seorang stalker menyeramkan. Dengan bantuan Yoon Na Yeon, Na Jung Beom melakukan aksi pembobolan, penculikan, penyekapan hingga percobaan pembunuhan. 

Dua antagonis ini membuat saya semakin tertarik untuk menonton Destined With You, sayangnya development karakter mereka kurang memuaskan. Untuk saya, background story mereka terlalu singkat dan kurang kuat. Kita jadi tidak tahu apa yang membuat Yoon Na Yeon iri pada Lee Hong Jo dan apa yang membuat Na Jung Beom berubah jadi psikopat.

Sinematografi dan Scoring Sederhana

Sinematografi dan Scoring-nya Sederhana_

Salah satu hal yang membuat K-drama selalu lebih unggul dari drama seri negara Asia lainnya adalah sinematografi dan scoring. Namun, keunggulan ini tidak dapat saya temukan saat menonton Destined With You. 

Drama original JTBC ini terkesan sangat sederhana dan agak low budget. Salah satu yang bikin saya tersenyum getir adalah saat melihat efek cahaya ketika Jang Shin Yu melihat Lee Hong Jo di episode kedua. 

Saat itu Jang Shin Yu dan seluruh keluarga besarnya akan melakukan sembahyang sebelum kuil dihancurkan, dengan Lee Hong Jo berdiri di depannya. Berniat untuk membuat adegan ini lebih dramatis, pancaran cahaya tiba-tiba muncul di belakang Lee Hong Jo. 

Dari adegan ini, terlihat bahwa efek visualnya terasa agak dipaksakan, karena tone warnanya tidak sesuai dengan keseluruhan tone cerita. Cahaya ini terlalu terang dan mencolok. Selain itu, penggunaan berbagai angle kameranya juga sangat monoton, sehingga sense menegangkan dan romansanya terasa kurang intens.

Begitu pula dengan skoringnya, saya sendiri tidak bisa mengingat satu pun soundtrack dari drama ini. Soundtrack-nya kurang menarik dan memorable. Setelah selesai menonton drama ini, tidak ada hal spesial yang menempel dikepala saya.

Destined With You sebenarnya drama yang menyenangkan, apalagi chemistry antara Rowoon dan Jo Bo Ah berhasil bikin penonton geregetan. Lalu, akting yang diberikan oleh deretan aktor pendukungnya juga luar biasa. Hanya saja, mix genre dan alur ceritanya kurang dalam, sehingga para penonton dibuat bingung di awal hingga pertengahan dramanya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram