logo web

Musuh Bebuyutan Shazam, Inilah 7 Fakta Anti-Hero Black Adam

Ditulis oleh Suci Maharani R

Berbeda dengan superhero pada umumnya, sosok Black Adam adalah karakter anti-hero terbaru yang ditampilkan oleh DC Extended Universe. Diperankan oleh Dwayne Johnson, sosok Black Adam ternyata musuh bebuyutan dari Penyihir Shazam dan keluarga Shazam.

Sosok Black Adam sendiri pertama kali muncul di tahun 1945, tepatnya dalam komik The Marvel Family dari Fawcett Comics. Namun Black Adam tidak hadir sebagai pahlawan, justru karakter ini hadir sebagai sosok penjahat utama dalam komiknya.

Karakter Black Adam sendiri dibuat oleh Otto Binder dan C. C. Beck, ia memiliki latar belakang paling kompleks diantara superhero DC lainnya. Asal usulnya hingga kehidupannya di masa lalu memang sangat menyedihkan.

Mau tahu seberapa menyedihkannya kehidupan masa lalu Black Adams dan apa yang membuatnya bermusuhan dengan Shazam? Buat kamu yang penasaran, kali ini Showpoiler akan memberikan informasi lengkapnya hanya di bawah ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Black Adam (2022), Antihero dari Kahndaq

1. Asal Usul Black Adam

Asal Usul Black Adam

Black Adam adalah sosok anti-hero terbaru dari DC Universe yang ternyata kisah hidupnya sangat menyedihkan. Dalam versi komik, Black Adam terlahir sebagai manusia biasa bernama Teth-Adam.

Pria ini hidup di sebuah negara bernama Kahndaq yang terletak di Timur Tengah. Berusaha melawan para diktator, seluruh keluarga Teth-Adam dibunuh dengan sangat kejam.

Satu-satunya yang tersisa hanyalah keponakannya yang bernama Aman dan ia dipenjara oleh para diktator. Saat menyelamatkan keponakannya, Adam mengalami luka parah dan dalam usaha kaburnya mereka terlempar ke Rock of Eternity.

Di sana mereka disambut oleh Penyihir Shazam yang kemudian memberikan bantuan pada Aman dan Teth-Adam yang terluka parah. Shazam memberikan sebuah perintah pada Aman untuk menghentikan para diktator di Kahndaq. Aman menyetujui perintah tersebut, tapi dengan sebuah perjanjian.

Ia meminta Penyihir Shazam untuk menyelamatkan pamannya dari kematian. Penyihir Shazam membekali Aman dengan kekuatan darinya untuk melawan para diktator dan menyelamatkan pamannya dari Kematian.

2. Kekuatan dari 6 Dewa Mesir Kuno

Kekuatan dari 6 Dewa Mesir Kuno

Kekuatan Penyihir Shazam yang diberikan oleh Aman kepada Teth-Adam berhasil menyelamatkannya dari kematian. Bahkan Adam kemudian berubah menjadi Black Adam, karena ia mewarisi kekuatan dari Dewa Mesir Kuno.

Black Adam dan keponakannya Aman kembali ke Kahndaq, mereka membunuh para diktator sebagai bentuk balas dendam atas tewasnya keluarga mereka.

Perbedaan cara Black Adam dan Aman dalam membebaskan Kahndaq dari para diktator, membuat keduanya bersitegang. Pada akhirnya Black Adam membunuh Aman dan merebut kekuatan keponakannya itu untuk dirinya sendiri.

Bagi Adam, semua ini adalah pengorbanan Aman untuk kebaikan dan kini Black Adam memiliki kekuatan dari enam Dewa Mesir. Mereka adalah Dewa Shu, Dewa Horus, Dewa Amun, Dewa Zehuti, Dewa Aten dan Dewa Mehen yang memiliki kekuatan dahsyat.

Uniknya, kekuatan para Dewa Mesir Kuno ini akan datang ketika Black Adam menyebutkan kata “Shazam”. Kekuatannya memang tidak main-main, Black Adam memiliki petir sebagai kekuatan utamanya dan tubuhnya kebal dari serangan apapun.

3. Awal Mula Permusuhannya dengan Shazam

Awal Mula Permusuhannya dengan Shazam

Setelah mendapatkan enam kekuatan dari Dewa Mesir Kuno, Teth-Adam dijuluki sebagai Might-Adam. Penyihir Shazam memilih Teth-Adam untuk mewarisi kekuatan itu dengan sebuah alasan. Ia melihat Adam sebagai sosok manusia yang memiliki moral yang murni.

Makanya saat Teth-Adam mengucapkan kata “Shazam”, ia akan berubah menjadi Mighty-Adam dengan kekuatan yang tidak terkalahkan. Sialnya, saat itu Teth-Adam malah dikuasai oleh niat jahat dan nafsunya untuk menguasai dunia.

Mighty-Adam dengan caranya yang kejam turun ke Bumi dan membunuh Firaun untuk mengambil tahtanya. Penyihir Shazam marah dan geram dengan perbuatan Mighty-Adam, bahkan ia sampai mengubah namanya Teth-Adam menjadi Black Adam.

Tak ingin melihat keburukan lain yang dilakukan oleh Black Adam, Penyihir Shazam berusaha untuk mencabut kekuatan para dewa darinya.

Sayangnya usaha Penyihir Shazam gagal total, hingga ia memutuskan untuk membuang Black Adam ke bintang terjauh di jagat raya. Namun 5.000 tahun kemudian Black Adam kembali lagi ke Bumi dan disinilah ia bertemu dengan Shazam versi Billy Batson.  

4. Dibangkitkan oleh Musuh Bebuyutan Shazam

Dibangkitkan oleh Musuh Bebuyutan Shazam

Pertemuan Black Adam dan Shazam versi Billy Batson di bumi, ternyata berakibat sangat fatal. Tepatnya pada tahun 1945, Shazam berhasil mengalahkan dan membunuh Black Adam.

Pertarungan antara keduanya memang sangat seru, kamu bisa membacanya di versi komik. Sekitar 30 tahun kemudian, salah satu musuh bebuyutan Shazam nekat membangkitkan Black Adam.

Lewat sebuah mesin canggih, Dr. Thaddeus Sivana berhasil membawa kembali Black Adam ke dunia. Namun hal pertama yang dilakukan oleh Black Adam adalah menghancurkan mesin tersebut.

Pada awalnya mereka memang bekerjasama untuk mencuri kekuatan Shazam. Namun pada akhirnya Dr. Sivana malah berbalik mengkhianati Black Adam dengan mengambil Power of Champions darinya.

5. Black Adam Setara dengan Superman?

Black Adam Setara dengan Superman

Memiliki kekuatan yang sangat besar, Black Adam disebut-sebut menjadi lawan yang seimbang untuk Superman. Sebenarnya pertemuan Black Adam dengan Superman sudah beberapa kali terjadi dalam versi komik.

Sebagai sosok villain, Black Adam selalu bisa membuat superman kewalahan dengan berbagai intrik dan kekuatannya yang tidak terduga.

Apalagi Black Adam memiliki kekuatan yang jelas-jelas menjadi kelemahan utama bagi Superman. Sihir yang dimiliki Black Adam menjadi salah satu senjatanya yang sulit untuk dikalahkan oleh Superman.

Pertarungan dua karakter super ini memang bikin penggemar penasaran. Banyak orang yang berharap akan ada film yang menunjukkan pertarungan sengit antara Black Adam dan Superman di masa depan.

6. Black Adam Memiliki Kekasih?

Black Adam Memiliki Kekasih

Sosok Black Adam memang dikenal dengan perilakunya yang kejam dan keji, namun bukan berarti ia tidak memiliki cinta. Kenyataannya, Black Adam memiliki seorang wanita yang sangat ia cintai dan hormati.

Wanita itu bernama Adrianna Tomaz atau dikenal juga dengan nama Isis. Saat bersama dengan Isis, Black Adam tidak pernah menunjukkan sisi kejamnya sama sekali.

Justru di hadapan Isis lah, Black Adam selalu bertingkah sangat lembut dan penuh perhatian. Sayangnya Isis tewas dengan sangat mengenaskan di tangan Horsemen of the Apocalypse.

Black Adam yang murka sampai melakukan hal-hal yang tidak terduga untuk membalaskan kematian kekasihnya. Sosok Isis kemungkinan akan ditampilkan dalam film Black Adam selanjutnya.

7. Alasan Black Adam Urung Muncul di Film Shazam

Alasan Black Adam Urung Muncul di Film Shazam

Seperti yang kita ketahui, Black Adam adalah musuh bebuyutan dari Shazam. Makanya tidak aneh jika Warner Bross awalnya akan memunculkan sosok ini dalam film Shazam! (2017). Namun hal ini urung dilakukan, karena Dwayne Johnson meminta Black Adam untuk dibuatkan film sendiri.

Menurutnya, ada kisah penting yang perlu diberikan kepada para penggemar tentang bagaimana Black Adam hidup dan apa saja yang sudah dilaluinya hingga dikenal sebagai sosok anti-hero.

Jika background story mengenai Black Adam sudah kuat, barulah karakter ini bisa ditampilkan sebagai villain dan bertemu langsung dengan Shazam. Sehingga permusuhan diantara keduanya bakalan terasa lebih kuat dan mempesona para penggemar.

Black Adam memang jadi sosok anti-hero yang paling mempesona dalam DC Extended Universe. Memiliki kehidupan tragis, tak aneh kalau Black Adam memiliki pandangan tersendiri mengenai sosok pahlawan.

Ia menginginkan kehidupan yang damai, namun untuk mendapatkan hal itu Black Adam tidak segan untuk membunuh siapapun yang menghalanginya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram