logo web

11 Film Korea Terbaru yang Lagi Hits di Tahun 2024

Ditulis oleh Sera Serinda A

Korea Selatan merupakan kiblat hiburan yang tengah digandrungi publik. Mulai dari K-Pop, K-Drama, bahkan kini industri film negeri ginseng pun menjadi pusat perhatian terutama setelah beberapa film yang diproduksinya memenangkan penghargaan bergengsi internasional. Karenanya, kini para sutradara, penulis skenario dan para aktor Korea Selatan semakin produktif menghasilkan karya.

Setiap bulannya selalu ada film Korea terbaru yang ditelurkan dan berhasil menembus pasar internasional. Tidak sedikit dari film-film tersebut yang menyuguhkan kisah lebih fresh dan unik yang siap menghibur para penontonnya. Nah, Showpoiler sudah mengumpulkan film-film Korea terbaru yang bisa kamu tonton. Berikut daftarnya:

1. 8 Suspects

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Seo Han Gyeol Lee Sol Gu
Selengkapnya →

Di era pendudukan Jepang di Korea, tepatnya tahun 1944, seorang filmmaker ternama ditemukan tewas. Untuk mengungkap misteri ini, seorang pengacara cerdas, Chan Keun, dan seorang penulis misteri berbakat, So Yoon, mengumpulkan delapan orang yang dicurigai sebagai pelaku.

Delapan tersangka yang terdiri dari dokter gigi, pengusaha muda, pemilik kafe, operator telepon, dan seorang arsitek, dikumpulkan dalam satu ruangan. Suasana tegang mewarnai ruangan saat Chan Keun memulai interogasi. Masing-masing tersangka harus menceritakan alibi mereka dan membuktikan bahwa mereka bukan pembunuhnya.

Namun, sebelum penyelidikan selesai, satu per satu tersangka diracuni dan terbunuh secara misterius. Kepanikan pun melanda, dan mereka menyadari bahwa mereka terjebak dalam permainan maut. Dengan waktu yang tersisa hanya 3 jam, para tersangka yang tersisa harus bekerja sama untuk menemukan pembunuh sebenarnya sebelum mereka semua menjadi korban.

Film indie korea Selatan ini merupakan karya sutradara sekaligus penulis Oh Incheon. Meski pembuatan filmnya terkesan sangat sederhana, plot yang diangkat 8 Suspect akan menarik bagi penggemar film misteri.

2. Again 1997

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Cho Byeong Kyu
Selengkapnya →

Di usianya yang 40tahunan, Woo Seok adalah tulang punggung keluarganya. Ia berprofesi sebagai seorang stuntman, padahal saat masih muda ia bercita-cita menjadi aktor populer. Sayang, bekas luka di wajahnya menjadi alasan mengapa Woo Seok tak bisa menjadi aktor sungguhan.

Suatu hari, Woo-Seok membantu seorang biksu tua yang hampir tertabrak mobil. Ia membeli lima jimat dari biksu tersebut. Tak disangka, jimat itu membawanya kembali ke tahun 1997, tepatnya saat ia masih duduk bangku SMA.

Antara kaget sekaligus senang, Woo-Seok pun berjanji untuk mengubah kehidupannya. Ia ingin menjadi murid yang rajin dan meraih mimpinya sebagai aktor. Bahkan, ia juga menghindari Ji-Min, wanita yang akan menjadi istrinya di masa depan. Pasalnya, karena pertemuannya dengan Ji Min lah, Woo Seok mendapat luka di wajahnya.

Film drama supernatural ini disutradarai oleh Shin Seung Hoon. Jajaran pemainnya pun kebanyakan diisi oleh aktor muda, termasuk Koo Jun Hoe dari grup idola IKON.

3. The Sin

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Kim Yoon Hye Song Yi Jae
Selengkapnya →

Si Young terpilih menjadi cast utama dalam sebuah film seni yang syutingnya dilakukan di sebuah sekolah tua. Si Young yang merupakan penari bersama temannya, Chae Yoon, mempersembahkan sebuah tarian yang tampak seperti ritual perdukunan sebagai bagian dari scene film yang diproduksi.

Meski bisa merasakan hawa “aneh” sejak pertama kali datang ke lokasi tersebut, baik Si Young dan staf lain tetap mencoba melanjutkan syuting. Namun, situasi menjadi kacau ketika seorang staf terjatuh dari atap dengan gerak-gerik seperti kerasukan.

Para staf dan aktor lain pun menyaksikan tubuh staf tersebut hancur. Anehnya, perlahan staf tersebut malah bangkit kembali seperti zombie. Teror pun dimulai ketika zombie tersebut mulai menyerang dan menginfeksi staf lainnya. Selain harus mengungkap keanehan yang terjadi, para penyintas juga berusaha untuk keluar dari terror mengerikan ini.

Sebagai sutradara, Han Dong Seok memadukan aspek keberagaman agama di Korea dengan kengerian zombie dalam film ini. Han Dong Seok juga mengatakan bahwa film garapannya ini diilhami dari film-film zombie populer karya Umberto Renzi dan Lamberto Bava.

4. Troll Factory

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Son Suk Ku Kim Sung Cheol Kim Dong Hwi Hong Kyung
Selengkapnya →

Mengambil tema jurnalisme dan gelapnya dunia daring, Troll Factory akan mengajak kita pada kisah yang dialami oleh seorang reporter yang diperankan oleh Son Suk Ku.

Im Sang Jin (Son Suk Ku) bekerja sebagai jurnalis sebuah perusahaan surat kabar. Namun, ia diskrors akibat menulis berita tentang kasus korupsi seorang konglomerat dari Grup Manjeon.

Suatu hari, Sang Jin menerima sebuah informasi mengenai satu kelompok yang disebut Tim Alley. Tim ini konon bertanggung jawab atas manipulasi opini publik secara daring. Regu ini pula yang membuat beritanya tentang Grup Manjeon dinilai fake oleh publik. Anggotanya sendiri terdiri atas Jjing Ppeot Kking (Kim Sung-Cheol), Chat Tat Kat (Kim Dong-Hwi), dan Paeb Taek (Hong Kyung).

Karena ingin mengembalikan reputasinya sebagai jurnalis, Sang Jin pun menyelidiki keberadaan Tim Alley. Namun, apa yang ditemukannya cukup mengejutkan karena ternyata ada pihak kuat yang jadi backingan kelompok tersebut.

5. 1980: The Unforgettable Day

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Kang Shin Il Kim Gyu Ri Baek Sung Hyun Han Soo Yeon
Selengkapnya →

Sama seperti negara lainnya, Korea Selatan juga punya sejarah kelam yang pernah dilalui warganya, seperti halnya yang menjadi inspirasi dalam film ini. The Unforgettable Day mengambil latar waktu saat adanya Gerakan Demokratisasi Gwangju pada 18 Mei tahun 1980.

Gerakan ini terjadi karena presiden Chun Doo Hwan yang diktator mengambil alih kekuasaan dan memberlakukan darurat militer, menyebabkan banyak kerusuhan dan penyerangan dari pihak militer.

The Unforgettable Day sendiri mengambil sudut pandang satu keluarga yang memiliki sebuah restoran di Gwangju. Sebagai kepala keluarga, kakek dari Cheol Su sudah sangat lama mendambakan restorannya sendiri. Namun, kebahagiaannya saat berhasil membuka restoran Cina pertamanya ini tak bertahan lama ketika perlahan mulai terjadi banyak kericuhan di Gwangju.

Tak hanya restorannya saja yang berada dalam bahaya, akibat kericuhan ini kakek pun harus melindungi keluarganya. Apalagi keluarganya sering dicap sebagai komunis oleh warga sekitar dan kabar ini tercium oleh pihak militer.

6. My Name Is Loh Kiwan

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Song Joong Ki Choi Sung Eun
Selengkapnya →

Menandai debut sutradara Kim Hee Jin, film ini menceritakan kisah mengharukan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Loh Kiwan (Song Joong Ki) dalam membangun kehidupan baru. Kiwan adalah pengungsi Korea Utara yang berusaha untuk bertahan hidup di Belgia.

Kiwan dan ibunya, Ok Hee (Kim Sung Ryung), melarikan diri dari Korea Utara menuju China. Sayangnya mereka hidup dalam bayang-bayang deportasi dan eksploitasi di sana. Bahkan pada malam ulang tahun Kiwan, tragedi melanda keduanya.

Saat Kiwan mengantarkan payung untuk Ok Hee, polisi berhasil melacak mereka. Ok Hee pun tertabrak truk saat berusaha melindungi Kiwan, dia meninggal di tempat. Di tengah dukacita itu, Kiwan berusaha memenuhi permintaan terakhir ibunya untuk pergi ke Belgia dan mencari kehidupan yang lebih baik.

Kiwan berjuang untuk belajar bahasa baru hingga mendapatkan pekerjaan. Ia lalu bertemu Marie (Choi Sung Eun), seorang wanita Korea yang sudah jadi warga negara Belgia. Berbeda dengan Kiwan yang datang untuk mencari kehidupan baru, Marie merasa hidupnya tak berarah. Pertemuan pertama mereka yang tidak menyenangkan di awal, perlahan menumbuhkan benih cinta.

7. The Roundup: Punishment

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ma Dong Seok Kim Mu Yeol Lee Dong Hwi
Selengkapnya →

Ma Seok Do (Ma Dong Seok), sang "Monster Cop", kembali beraksi! Kali ini dia berhadapan dengan Baek Chang Ki (Kim Mu Yeol), seorang mantan tentara bayaran kejam yang memimpin sebuah organisasi perjudian online ilegal.

Bersama Tim Investigasi Cyber, Ma Seok Do memburu Baek Chang Ki dan jaringannya. Penyelidikan ini membawa mereka ke Filipina, di mana mereka menemukan hubungan antara aplikasi perdagangan narkoba dan organisasi perjudian online.

Baek Chang Ki rupanya bukan penjahat biasa. Dia menggunakan kekerasan dan teror untuk mengendalikan pasar; dan tidak segan-segan untuk menculik, menyerang, serta membunuh orang-orang yang menghalangi jalannya.

Dalam menjalankan aksinya, Baek Chang Ki juga ternyata dibantu oleh Jang Dong Cheol (Lee Dong Hwi), seorang jenius IT yang merencanakan skema jahat yang sama dengan skala lebih besar di Korea. Ma Seok Do dan timnya pun harus segera menghentikan rencana ini sebelum memakan banyak korban.

Per akhir Februari, Exhuma digadang sebagai film box office Korea terlaris tahun 2024 dengan pendapatan yang fantastis. Kisah film yang mengangkat gerne thriller horror ini dimulai ketika satu keluarga kaya di Los Angeles diteror oleh serangkaian kejadian supranatural. Bayi mereka menjadi sasaran kekuatan jahat. Hal ini tentu mengancam keselamatan sang bayi.

Dua dukun muda berbakat, Hwa Rim (Kim Go Eun) dan Bong Gil (Lee Do Hyun), menjadi harapan terakhir keluarga ini. Hwa Rim yang punya intuisi tajam, merasakan bahwa kekuatan yang menghantui keluarga tersebut berasal dari leluhur mereka sendiri. Dia menyebutnya "Panggilan Kubur", sebuah kutukan yang terbawa dari masa lalu.

Hwa Rim lalu meminta bantuan seorang ahli Feng Sui bernama Sang Deok (Choi Min Shik), dan seorang petugas pemakaman berpengalaman, Yeong Geun (Yoo Hae Jin), untuk menyelesaikan persoalan mistis ini. Mereka mengusulkan sebuah langkah berani untuk menenangkan roh-roh yang gentayangan, yakni dengan menggali kuburan leluhur keluarga tersebut.

Kuburan yang dimaksud rupanya terletak di sebuah desa terpencil di Korea. Mereka pun memulai penggalian, tanpa menyadari bahwa apa yang mereka lakukan ternyata membuka pintu gerbang bagi kekuatan jahat yang terkubur selama berabad-abad.

9. Dead Man

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Cho Jin Woong Kim Hee Ae Lee Soo Kyung
Selengkapnya →

Menjadi debut penyutradaraan film dari sutradara Ha Joon Won, Dead Man mengisahkan tentang upaya seorang pria dalam mencari dalang di balik kasus yang mengotori namanya sendiri. Film ini juga dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Cho Jin Woong, Kim Hae Ae, juga Choi Soo Young.

Lee Man Jae (Cho Jin Woong) dulunya adalah pria yang pandai mencari uang. Caranya? Cukup dengan menyewakan namanya kepada perusahaan-perusahaan yang ingin mendongkrak kredibilitas mereka. Suatu hari, dia menerima tawaran menggiurkan: 5 juta won untuk "meminjamkan" namanya. Namun, nasib berkata lain.

Lee Man Jae justru dijebak dan dituduh mencuri uang dalam jumlah fantastis: 100 miliar won. Untuk menyelamatkan diri, ia pun terpaksa berpura-pura mati di Korea Selatan sambil mendekam di balik jeruji di Cina.

Beruntung, Man Jae tidak kehilangan akal. Dengan bantuan seorang penasihat politik handal bernama Nyonya Sim (Kim Hee Ae), ia berhasil melarikan diri dari penjara dan kembali ke tanah airnya. Kini, Man Jae memiliki misi baru: mencari dalang di balik semua skandal yang menjerumuskannya.

10. Badland Hunters

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ma Dong Seok Lee Hee Joon Lee Jun Young Roh Jeong Eui
Selengkapnya →

Dibintangi Ma Dong Seok, Badland Hunters merupakan sekuel dari Concrete Utopia. Keduanya sama-sama menceritakan tentang dunia pasca-apokaliptik setelah perang nuklir menghancurkan dunia. Seoul sendiri menjadi tempat yang tandus dan berbahaya, hanya ada gurun pasir yang terbentang luas.

Yang lebih mengerikannya lagi, warga kesulitan mencari pasokan air bersih. Mereka mencoba bertahan hidup sebisa mungkin dengan menyaring air kotor dan melakukan barter barang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dikisahkan salah satu distrik penyintas didatangi oleh sekelompok orang yang mencari remaja berusia 18 tahun. Seorang gadis bernama Su Na dan neneknya pun dibawa ke pusat kota dan dijanjikan untuk diberi kehidupan layak. Namun, dalam perjalanan, Su Na malah dipisahkan dengan sang nenek. Dia juga dibawa ke sebuah rumah sakit, sementara nyawa neneknya malah dihabisi.

Untungnya, dua orang warga distrik yang juga tetangga Su Na, Nam San dan Ji Wan, menyaksikan keanehan ini. Mereka pun bertekad untuk menyelamatkan Su Na. Meski tidak mudah, karena harus melawan banyak pihak termasuk para mutan aneh yang berkeliaran, akhirnya mereka memecahkan misteri yang terjadi di rumah sakit tempat Su Na disekap.

11. Citizen of a Kind

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ra Mi Ran Gong Myung Yeom Hye Ran Park Byung Eun Jang Yoon Ju
Selengkapnya →

Memadukan genre aksi, drama, dan komedi, film ini menawarkan perjuangan nekat yang menghibur dari korban penipuan suara (phising scam). Semuanya bermula ketika seorang ibu rumah tangga menjadi korban penipuan ini.

Deok Hee tak pernah menyangka hidupnya akan berubah 180 derajat ketika ia menjadi korban penipuan suara dan kehilangan uang dalam jumlah besar. Meski terpukul, Deok Hee pantang menyerah. Ia memutuskan untuk balas dendam dan mencari para penipu yang telah merenggut uangnya.

Dalam perjalanannya, Deok Hee bertemu dengan Jae Min (Gong Myung), Bon Rim (Yum Hye-Ran), dan Sook Ja (Jang Yoon-Ju). Jae Min adalah seorang pemuda misterius yang rupanya bekerja sama dengan para penipu, namun juga bertekad membantu Deok Hee. Bong-Rim, sahabat Deok Hee di tempat kerja, turut bergabung dalam misi ini. Sementara Sook-Ja, adalah korban yang juga tertipu oleh para penipu.

Bersama-sama, mereka membentuk tim yang unik dan nekat. Ketiganya bertekad untuk membongkar jaringan penipuan suara dan membawa para penipu tersebut ke hadapan hukum.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram