logo web
Cari Film

I Told Sunset About You

Tahun Rilis
:
2020
Negara
:
Durasi
:
1 jam
Rating Showpoiler:
4.4

PLOT & SINOPSIS

I Told Sunset About You menceritakan tentang apa?

Kisah dimulai dengan Teh dan Oh-aew yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka berteman dengan baik pada waktu itu. Bermain bersama, duduk di bangku sekolah yang sama, latihan akting bersama, dan bermimpi yang sama: untuk menjadi aktor terkenal di masa depan. Namun, karena kesalahpahaman dan keegoisan masing-masing, Teh dan Oh-aew jadi renggang. Begitu pula teman-teman circle mereka yang jadi terpecah. Bertahun-tahun kemudian, tepatnya saat masa-masa terakhir SMA, Teh dan Oh-aew bertemu lagi di tempat les Bahasa Mandarin. Karena, dengan menguasai bahasa tersebut, kemungkinan diterima di universitas bagus jadi semakin tinggi. Seperti mengulang masa lalu, Teh dan Oh-aew menjadi saingan di sekolah Bahasa Mandarin.

Persaingan antara Teh dan Oh-aew kembali terjadi. Tapi, Teh yang memang turunan Cina memiliki keunggulan, sementara nilai-nilai tes Bahasa Mandarin Oh-aew selalu jelek. Awalnya Oh-aew marah pada Teh yang mengintip kertas ujiannya. Ia juga malu karena nilainya jauh di bawah Teh. Mengejutkannya, Teh menawarkan untuk menjadi tutor Oh-aew. Mereka pun berbaikan, dan mulai jadi teman dekat lagi seperti waktu kecil. Geng mereka pun jadi bersatu lagi. Mereka semua sering berkumpul di rumah Teh dan makan mi hokkian karena keluarga Teh memang membuka restoran masakan Cina tersebut. Tapi, Oh-aew yang memiliki jadwal tutoring dengan Teh tentunya lebih sering mampir daripada yang lain.

Teh membantu Oh-aew sampai memutar otak untuk menemukan metode mudah agar temannya itu lebih cepat mengerti Bahasa Mandarin. Dia bahkan merelakan buku-bukunya digunting dan dijadikan buku latihan khusus untuk Oh-aew. Tadinya enggak ada hal spesial di antara Teh dan Oh-aew. Mereka berteman biasa-biasa aja, bersama dengan kawan-kawan yang lain juga: Teh, Mod, Kai, dan Phillip. Teh dan Oh-aew bahkan saling menceritakan siapa yang dekat dengan masing-masing dari mereka. Teh menceritakan kisah cintanya, lalu Oh-aew juga mengaku kalau dia suka laki-laki, dan orang itu adalah Bas, teman sekolah dan teman les Oh-aew. Didukung penuh oleh Teh, Oh-aew sempat berpacaran dengan Bas. Namun, setelah itu justru Oh-aew merasa udah enggak ada rasa lagi untuk Bas. Hal ini disadari oleh Bas, dan akhirnya Bas pun merelakan Oh-aew.

Seiring waktu, persahabatan Teh dan Oh-aew tumbuh menjadi rasa yang lain. Oh-aew yang pertama mengutarakan perasaannya, namun Teh dilanda kebingungan karena selama ini dia hanya menyukai perempuan. Dia bahkan punya teman wanita yang dekat dengannya, yaitu Tan. Teh dan Tan udah dekat selama 2 tahun belakangan, mereka saling mendukung dalam pelajaran dan juga hobi masing-masing. Tapi, mereka enggak pernah membuat hubungan ini jadi official. Kehadiran Oh-aew di hati Teh membuatnya gundah. Di sisi lain dia menyadari perasaannya untuk Oh-aew bukanlah sekedar teman lagi, dia juga enggak enak pada Tan yang selama ini menunggu untuk di'tembak'.

Namun, hati Teh sudah lebih banyak diisi oleh Oh-aew. Mereka bahkan berbagi ciuman di dalam laut di sekitar resort keluarga Oh-aew. Ketika ditanya apa kelanjutan hubungan mereka oleh Oh-aew, Teh mundur karena takut dicap gay oleh lingkungannya. Selain urusan hati yang masih belum selesai, Teh dan Oh-aew dihadapkan dengan ujian masuk universitas. Teh yang sebenarnya mendapatkan beasiswa tinggal daftar ulang aja tanpa perlu pusing-pusing tes lagi. Tapi, dia merasa khawatir Oh-aew enggak akan diterima di kampus dan jurusan impian mereka berdua, sehingga merelakan spot-nya untuk Oh-aew.

INFORMASI LAINNYA

Produksi
:
Judul Lain
:
Tagline
:
Soundtrack
:

TRAILER

YouTube video

FILM SERUPA

ARTIKEL TERKAIT

FILM TERBARU
Film Lainnya →

ULASAN PEMBACA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram