logo web

11 Film Indonesia Tentang Psikopat Terbaik yang Menegangkan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Dari deretan kriminal seperti pencuri, pembunuh atau pemerkosa, ada satu paket lengkap yang disebut sebagai sosok kriminal sejati. Siapa dia? Tepat sekali, sosok itu dikenal dengan sebutan “psikopat.” Secara harfiah, psikopat adalah sebutan medis untuk seseorang yang menunjukkan perilaku menyimpang karena gangguan kejiwaan sehingga kesulitan dalam bergaul.

Psikopat adalah sosok yang sulit untuk dikenali. Kepribadian mereka bisa berubah-ubah dalam waktu singkat. Mereka tidak memiliki emosi dan rasa takut, akan tetapi sangat menikmati untuk menyakiti seseorang.

Ketika tema ini diadaptasi ke layar lebar, para penonton dapat merasakan kengerian yang dirasakan oleh para korbannya. Ada banyak film tentang psikopat yang menghiasi layar kaca, termasuk di Indonesia. Film-film psikopat buatan sineas dalam negeri ini tidak kalah mengerikan dan menegangkan untuk ditonton.

Di bawah ini Showpoiler telah merekomendasikan film Indonesia tentang psikopat terbaik yang sangat menengangkan. Berani untuk menontonnya?

1. Rumah Dara

Rumah Dara_

Rumah Dara adalah film yang asing untuk masyarakat awam, tapi populer di kalangan pecinta perfilman Indonesia. Diarahkan oleh The Mo Brothers, film tentang psikopat ini sukses melanglang buana di kancah internasional. 

Tayang perdana di Festival Film Fantasi Internasional Bucheon tahun 2019, Rumah Dara berhasil memukau para juri dan penonton. Bahkan, Shareefa Daanish sebagai pemeran utamanya dinobatkan sebagai Aktris Terbaik di ajang tersebut. 

Mari masuk ke alur ceritanya, film ini mengisahkan sekelompok orang yang singgah di rumah milik Ibu Dara (Shareefa Daanish). Mereka termasuk Adji (Ario Bayu) dan istrinya Astrid (Sigi Wimala), yang sedang dalam kondisi hamil delapan bulan. Selain itu, ada Ladya (Julie Estelle), adik dari Adji, dan beberapa teman lainnya, termasuk Eko (Dendy Subangil), Alam (Mike Lucock), dan Jimmy (Daniel Mananta).

Malam itu Ibu Dara dan anak bungsunya Maya (Imelda Therinne) mengajak para tamunya untuk makan malam dan menginap di rumahnya. Mereka pun berkenalan dengan anak-anak ibu Dara yang lainnya, termasuk Adam (Arifin Putra), anak kedua yang sopan; dan si sulung Armand (Ruli Lubis) yang pendiam.

Awalnya para tamu ini dilayani dengan sangat baik, mereka sangat menikmati berbagai hidangan yang lezat yang dimasak oleh Ibu Dara. Namun, saat malam datang, suasana hangat tadi berubah jadi mencekam. Satu persatu dari tamu di rumah Ibu Dara dihadapkan dengan teror yang mengancam nyawa.

Rupanya Ibu Dara, Armand, Adam dan Maya adalah keluarga psikopat yang senang menyiksa dan menyantap daging para korbannya. Lantas, bagaimana cara Adji, Astrid, Ladya dan tiga kawannya menyelamatkan diri dari kejaran keluarga Ibu Dara? 

2. Modus Anomali

Modus Anomali_
Tahun Rilis 2012
Genre
Sutradara
Pemeran Rio Dewanto

Joko Anwar dikenal sebagai sutradara film horor yang beken di Indonesia, tapi Modus Anomali bukanlah film horor yang menampilkan deretan setan menyeramkan khas film-film arahannya. Film ini hanya menampilkan seorang psikopat yang kejam dan cerdik. 

Ceritanya bermula ketika John (Rio Dewanto) tengah menikmati liburan keluarga bersama istrinya (Hannah Al Rashid) dan kedua anaknya. Mereka menyewa sebuah kabin sederhana yang letaknya berada di tengah hutan. 

Liburan keluarga ini awalnya terasa menyenangkan, hingga seseorang mengetuk pintu kabin mereka dan sejak saat itu John tidak sadarkan diri. Saat sadar, John menemukan dirinya berada di sebuah lubang kubur sendirian. John berusaha mencari keberadaan istri dan kedua anaknya, tapi mereka tidak bisa ditemukan. 

John berjalan tanpa arah, hingga dia sampai di sebuah pondok kecil di dalam hutan. Di sana ada sebuah televisi yang menampilkan rekaman yang sangat menyeramkan. Seorang pria tidak dikenal dengan kejam menghabisi nyawa seorang wanita hamil. Sialnya lagi, John menemukan kalau jasad wanita itu ada pondok yang sama dengannya.

Namun, John tersentak saat menemukan sebuah foto dari dompet yang ditemukannya di hutan. John tersadar, kalau wanita hamil yang berada di video tersebut adalah istrinya. Kini John pun berusaha menemukan kedua anaknya. 

Inilah penggalan kisah dari salah satu film Indonesia tentang psikopat terbaik yang menyeramkan. Sedikit bocoran, Modus Anomali memiliki banyak plot twist yang saya jamin bakal membuat kamu kesal dan marah. Jadi apakah kamu berani untuk menonton film ini?

3. Fiksi.

Fiksi_

Alisha (Ladya Cheryl) adalah seorang wanita muda yang hidup kesepian di rumah mewah milik ayahnya. Trauma masa kecil membuat Alisha enggan untuk pergi keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang. Untuk melepaskan rasa sepi, Alisha lebih suka bermain cello yang dianggapnya sebagai pelarian. 

Suatu hari, seorang pekerja bernama Bari (Donny Alamsyah) datang ke rumah Alisha untuk membersihkan kolam renang. Entah apa yang terjadi padanya, tapi Alisha sangat terobsesi terhadap Bari. Bahkan, diam-diam Alisha tinggal di sebuah rumah susun yang sama dengan Bari tanpa memberi tahu keluarganya. 

Memakai nama samaran bernama Mia, Alisha menyaksikan kehidupan Bari dan pacarnya, Renta (Kinaryosih), dari balik dinding rumah susun. Tidak terima pria yang disukainya telah memiliki kekasih, Alisha malah terjebak dalam permainan psikologisnya sendiri. 

Awalnya Alisha mencoba untuk mengubah alur cerita hidup Bari dan Renta sesuai dengan imajinasi pribadinya. Namun, hal ini membuat Alisha tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang khayalan. Kisah semakin gelap dan menegangkan ketika Alisha terlibat dalam peristiwa-peristiwa yang mengancam keselamatan Bari dan Renta. 

Saya yakin tidak banyak yang tahu kalau Indonesia memiliki film tentang psikopat yang bagus berjudul Fiksi. Diproduksi tahun 2008, film arahan Mouly Surya ini bergenre thriller-psikologis dengan plot menegangkan dan menggambarkan berbagai kekejaman yang mengerikan. 

Fyi, Fiksi berhasil membawa pulang empat Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia 2008. Mulai dari nominasi Film Cerita Panjang Terbaik, hingga kesuksesan Mouly Surya yang dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

4. Sleep Call

Sleep Call_

Tidak ada yang menyangka, kalau Sleep Call bakal mengusung tema tentang kesehatan mental, termasuk perilaku anti-sosial dan tanda-tanda psikopat. Tema tersebut berhasil membuat film arahan Fajar Nugros ini populer di kalangan pecinta film thriller

Ceritanya berpusat pada seorang gadis bernama Dina (Laura Basuki). Dulu dia bercita-cita menjadi seorang pramugari, tapi impiannya ini harus dikubur dalam-dalam karena Dina harus mengurus ibunya yang sakit-sakitan. 

Tidak memiliki pekerjaan yang jelas, Dina pun terpaksa masuk dalam gelapnya dunia pinjaman online (pinjol). Bahkan, untuk melunasi hutang-hutangnya Dina terpaksa bekerja jadi penagih hutang di pinjol tersebut.

Pekerjaan ini membuat Dina stres karena dia bukan pribadi yang galak dan kasar seperti rekan-rekannya. Hal yang membuat Dina semakin tidak kerasan untuk bekerja adalah manajer dan bos di kantornya. Kedua pria tadi selalu saja berusaha untuk mendekati Dina. 

Berusaha menghibur diri, Dina pun memakai fitur “Sleep Call” yang disediakan oleh aplikasi kencan yang digunakannya. Dari sinilah Dina berkenalan dengan Rama (Bio One), seorang pria misterius yang bisa membuatnya merasa bahagia. Berbicara dengan Rama terasa sangat adiktif, makanya Dina tidak pernah melewatkannya setiap malam.

Semula hal hal ini membuat Dina sangat bahagia, tapi lama-lama fitur ini membuat Dina berhadapan dengan teror menakutkan dari seseorang yang tidak dikenalnya. Orang itu nekat untuk melukai dan membunuh orang-orang terdekat Dina. Siapakah dia?

5. Losmen Melati

Losmen Melati_

Melati (Alexandra Gottardo) menjalankan bisnis penginapan bernama Losmen Melati. Berbeda dengan penginapan pada umumnya, losmen Melati tidak hanya ditinggali oleh manusia, tapi ditinggali juga oleh mereka yang sudah mati. Jauh sebelum Melati memulai bisnisnya, losmen tersebut dimiliki oleh seorang dokter bernama Kusno (Kiki Narendra).

Tepatnya di tahun 1900-an, saat itu Ibu kandung Melati bertemu dengan Dokter Kusno. Wanita itu meminta tolong kepada sang dokter untuk menyembuhkan penyakitnya yang aneh. Dari sekian banyak dokter yang telah didatanginya, hanya Dokter Kusno yang bersedia menolong ibunya Melati. 

Di sisi lain, Dokter Kusno adalah sosok yang aneh dan misterius. Masyarakat mengucilkannya karena tahu ketertarikannya terhadap hal-hal yang tidak normal. Dokter Kusno pun sangat terobsesi dengan berbagai misteri di dunia medis. Hal inilah yang membuat Kusno mau menolong ibunya Melati, penyakitnya yang aneh membuat Dokter Kusno tertantang. 

Kenyataannya, Dokter Kusno adalah seorang psikopat yang terobsesi dengan mayat. Bersama anak laki-lakinya (Bima Sena), Dokter Kusno membeli mayat-mayat untuk mereka teliti. Eksperimen itu dilakukan oleh Kusno dan anaknya di ruang bawah tanah rumah mereka. 

6. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang_

Selain Modus Anomali, Joko Anwar sudah pernah membuat film bertema psikopat di tahun 2009. Film tersebut berjudul Pintu Terlarang, yang dibintangi oleh deretan aktor papan atas Indonesia. Hal yang paling saya sukai dari film ini adalah tema cerita dan cara Joko Anwar mengarahkan filmnya.

Film ini mengisahkan seorang pematung yang sedang berada di puncak karirnya, pria itu bernama Gambir (Fachri Albar). Kehidupan Gambir sangat sempurna. Dia memiliki istri yang cantik bernama Talyda (Marsha Timothy), ibu yang pengertian (Henidar Amroe), serta kawan-kawan yang suportif seperti Rio (Otto Djauhari) dan Dandung (Ario Bayu). 

Di balik kesuksesan dan kesempurnaan hidup Gambir, ada kisah mengerikan yang membuatnya tidak tenang. Semuanya berawal ketika sang istri menolak untuk meneruskan kandungannya. Setelah aborsi, Talyda meminta Gambir untuk memasukkan janin miliknya ke dalam perut patung wanita hamil yang dibuat sang suami.

Perangai aneh sang istri tidak berhenti di situ. Ketika Gambir berada di galeri, dia tidak sengaja menemukan sebuah pintu misterius. Saat Gambir ingin membukanya, Talyda datang dan berkata bahwa pintu tersebut “terlarang” untuk Gambir masuki. Talyda menambahkan, dia akan sedih jika Gambir membuka pintu itu. Kira-kira, ada apa di balik pintu tersebut?

Ada banyak plot twist dan adegan mengerikan yang ditampilkan oleh Joko Anwar dalam Pintu Terlarang. Buat kamu yang penakut, sebaiknya jangan menonton film ini sendirian.

7. Killers

Killers_

Dalam film Killers, kamu bakal diajak untuk melihat pertarungan antara dua psikopat kejam dan gila. Film psikopat ini jadi salah satu karya terbaik dari The Mo Brothers lho. Selain itu, Killers adalah kerjasama pertama antara Indonesia dan Jepang di bidang entertainment

Ceritanya bermula di Jepang, Nomura Shuhei (Kazuki Kitamura) dikenal sebagai eksekutif muda yang dikagumi banyak orang. Di balik sosoknya yang karismatik, Nomura memiliki ambisi dan hobi yang gila. 

Nomura sangat suka menyiksa dan membunuh para gadis yang memikat perhatiannya. Aksi kejamnya ini bahkan sengaja ia dokumentasikan dalam rekaman video. Untuk mendapatkan kepuasan, Nomura akan mengunggah video tersebut ke dark web agar bisa ditonton semua orang.

Video penyiksaan dan pembunuhan yang dibuat Nomura ini pun menginspirasi seorang bernama Bayu Aditya (Oka Antara). Di kehidupan sehari-harinya, Bayu bekerja sebagai jurnalis ambisius, tapi karirnya hancur karena ulah seorang politisi berkuasa. 

Bayu melampiaskan emosinya dengan menonton video pembunuhan Nomura. Saat itulah Bayu terinspirasi untuk menjadi pembunuh berantai yang membunuh atas nama keadilan. Bayu pun memakai cara yang sama dengan Nomura, yaitu menyiksa korbannya hingga tewas dan mengunggah aksinya ke dark web

Berkat video buatannya, akhirnya Bayu dan Nomura saling mengenal. Mereka saling membagikan keluh kesah dan inspirasi apa yang membuat mereka menjadi psikopat kejam. Tanpa disadari, hubungan inilah yang akan membawa Bayu pada babak baru yang lebih gila.

8. Belenggu

Belenggu_

Elang (Abimana Aryasatya) kerap dihantui berbagai bayangan yang mengerikan di dalam mimpinya. Dalam penglihatannya, dia melihat sosok misterius dalam balutan kostum kelinci membawa sebuah kapak dan membunuh seseorang dengan keji.  

Di saat yang bersamaan, seluruh kota tengah dihantui dengan rumor pembunuh berantai yang mengincar para perempuan. Pihak kepolisian telah mengambil alih kasus tersebut, akan tetapi mereka belum bisa menangkap pelakunya. Hal inilah yang membuat masyarakat kota saling menaruh curiga pada satu sama lain. 

Mendengar hal tersebut, Elang pun yakin jika pembunuh dalam kostum kelinci itu adalah pembunuh yang sama yang dicari oleh polisi. Saat itulah Elang tergerak untuk mencari tahu siapa sosok misterius tersebut.

Ada desas-desus kalau pembunuh bertopeng kelinci itu adalah Guntur (Verdi Solaiman). Guntur bukanlah orang asing untuk Elang, pria itu adalah tetanga apartemennya. Mereka Elang pun mengenal dan diam-diam menyuaki pada istri Guntur yang bernama Djenar (Laudya Cynthia Bella). Benarkah Guntur adalah pelakunya?

Belenggu adalah film Indonesia tentang psikopat yang cukup mengerikan. Diarahkan oleh Upi Avianto, film ini akan membuatmu berpikir keras karena ada banyak misteri dan karakter yang dicurigai sebagai pelaku.

Vibes filmnya juga terasa sangat dark, apalagi adegan pembunuhannya lumayan bikin mual. Fyi, setelah menonton film ini mungkin kamu akan membenci dan takut saat melihat boneka berbentuk kelinci.

9. Love and Edelweiss

Losmen Melati_

Love and Edelweis sebenarnya memiliki efek visual dan sinematografi yang sangat amatir, tapi film ini punya ide cerita yang tidak biasa. Film ini mengisahkan kehidupan seorang psikopat kejam dan ganas bernama Ryo (Mike Lucock). 

Sejak masih kecil Ryo telah mengalami berbagai hal yang menyeramkan. Terlahir dari keluarga yang mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), Ryo dijadikan pelampiasan emosi oleh kedua orang tuanya. Selain menyaksikan sang ayah menyiksa ibunya dengan kejam, Ryo pun tidak luput dari siksaan. 

Ryo kecil juga pernah menjadi korban pelecehan seksual dari orang terdekatnya yang ternyata seorang pedofilia. Rentetan kejadian naas tadilah yang membuat Ryo menjadi seorang psikopat. Apa pun yang Ryo inginkan harus terwujud meski harus didapatkan dengan cara yang brutal.

Suatu hari, Ryo tidak sengaja menolong seorang gadis cantik bernama Cinta (Mentari). Cinta juga memiliki seorang kekasih bernama Bugi (Chris Hatta), sosok pria yang sombong, emosional, dan posesif. Hal inilah yang membuat Cinta merasa jenuh dengan hubungannya bersama Bugi.

Di saat yang bersamaan, Ryo hadir sebagai sosok malaikat yang selalu menolong Cinta dari bahaya. Sampai kemudian Cinta menganggap Ryo sebagai seseorang yang baik karena berkali-kali menolongnya. Namun, ada satu hal yang tidak diketahui Cinta: sebenarnya Ryo terobsesi kepada Bugi, bukan pada cinta. Dan, dari sinilah rentetan kekejaman Ryo dimulai.

10. Tarian Lengger Maut

Tarian Lengger Maut_

Tarian Lengger Maut adalah film horor yang mengusung tema budaya dari Kota Banyumas, yaitu Tari Lengger. Film ini diarahkan oleh Yongki Ongestu. Selain menguak sisi mistis dari Tarian Lengger, ada premis tentang psikopat yang terobsesi dengan jantung manusia. 

Tarian Lengger Maut mengisahkan usaha Sukma (Della Dartyan) menjadi penari Lengger terkenal di desanya. Namun, untuk mendapatkan kepopuleran itu, Sukma harus melakukan ritual yang berbahaya. 

Di saat yang bersamaan, masyarakat desa tengah dihebohkan dengan kasus pembunuhan sadis. Suatu hari masyarakat di Desa Pagelaras menemukan sesosok mayat tanpa jantung. Kasus ini telah diselidiki oleh pihak berwenang, tapi sampai sekarang belum ada hasilnya. 

Sayangnya, korban dari pembunuh berantai tersebut semakin banyak. Sontak, hal ini menimbulkan kepanikan dan membuat masyarakat ketakutan untuk keluar rumah. 

Tak lama berselang, Desa Pagelaras kedatangan seorang dokter bernama Jati Arya Permana (Refal Hady). Dokter Jati diajak oleh masyarakat untuk berkenalan dengan budaya mereka, salah satunya menonton pagelaran Tari Lengger. Di sanalah Dokter Jati bertemu dengan Sukma. 

Dokter Jati jadi terpikat pada Sukma. Bukan hanya karena kecantikannya, dia juga menyukai deru jantung Sukma yang terdengar merdu di telinganya. Rupanya pertemuan Sukma dan Dokter Jati berhubungan dengan teror pembunuh berantai yang mengincar jantung warga desa.

11. Midnight Show

Midnight Show_

Di tengah malam yang sunyi, sekelompok penonton berkumpul di sebuah bioskop tua untuk menyaksikan film yang kontroversial. Film yang diputar bercerita tentang seorang anak berusia 12 tahun yang membunuh dan memutilasi seluruh keluarganya. 

Para penonton bergidik ngeri karena adegan-adegannya sangat sadis. Namun, kengerian itu tidak hanya terjadi di layar bioskop, tetapi juga di dunia nyata.

Ketika film sedang ditayangkan, sebuah pembunuhan misterius terjadi di dalam bioskop itu sendiri. Sontak kejadian ini menciptakan kekacauan dan ketegangan di antara penonton yang hadir. 

Naya (Acha Septriasa), Juna (Gandhi Fernando), Sarah (Ratu Felisha), dan penonton lainnya yang semula datang untuk menikmati film, tiba-tiba terlibat dalam peristiwa mengerikan. Mereka harus bekerja sama untuk mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan yang terjadi dalam bioskop tersebut.

Itulah beberapa film psikopat Indonesia terbaik yang worth untuk ditonton, terutama bila kamu sangat menyukasi tema ini. Dari deretan film di atas, adakah yang sudah kamu tonton? Atau, kamu tahu film psikopat Indonesia lain yang tak kalah menarik? Silahkan tulis di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram